Pengalamanku Menghadiri Lokakarya Orientasi CGP angkatan V

Sabtu, Juni 11, 2022

Seru!

Satu kata yang membuatku menjadi-jadi saat mengikuti lokakarya orientasi ini. Menjadi bagian dari calon guru penggerak merupakan mimpi saya. Hal yang paling saya kuasai pada lokakarya orientasi adalah pengalaman mendapatkan teman baru. 


Saya berkenalan dengan teman-teman CGP dari sekolah lain. Pak Ali, Bu Kris, Bu Heni, Bu Ririn, Bu Yuli, Bu Yuni, Bu April, Pak Ruri, dan Pak Adi. Sedangkan saya dan dua teman saya berasal dari sekolah yang sama yakni SMAN 1 Rengel. Dua teman saya tersebut Pak Cip dan Pak Husein.


Bu Kris dan Pak Al merupakan pengajar praktik yang menemani saya pada lokakarya ini. Pada lokakarya orientasi dibuka oleh Bu Kris dengan game pengenalan diri. Setelah itu dilanjutkan dengan game kesepakatan kelas. Kesepakatan kelas bertujuan untuk mengawali pembelajaran dan membuat CGP merasa nyaman. Setelah itu satu per satu CGP menulis di kertas kuning untuk menuliskan harapan dan kekhawatiran. Tulisan tersebut kemudian di tempel di kertas buffalo besar. Pak Ali selaku PP membacakan tulisan-tulisan dari CGP tersebut. Ada yang merasa khawatir karena khawatir setelah lulus dari CGP tidak terpakai apa-apa, ada yang khawatir karena sedang hamil sehingga membuat beliau tidak bisa mengikuti pendidikan ini dengan baik, ada yang khawatir tidak lulus, dan lain sebagainya. Saya sendiri menuliskan khawatir karena mempunyai bayi. Jujur saya, kadang jika disibukkan dengan tugas khawatir si bayi tidak mendapatkan perhatian. 



Tidak terasa waktu berjalan begitu cepat, tibalah waktunya membahas materi tentang posisi diri. Setelah itu dilanjutkan dengan pengenalan portofolio digital. Hal yang belum saya kuasai hari ini adalah masih kurang percaya diri kalau sedang berbicara di depan. Untuk mengatasi ini saya akan belajar berbicara di depan cermin untuk melatih keterampilan berbicara saya, saya akan membuat konsep-konsep isi pembicaraan yang akan saya utarakan nantinya, dan gemar membaca sebagai sarana menimba ilmu. Hal yang masih membingungkan dari pelajaran hari ini tentang mengisi lampiran posisi diri perihal manajemen sekolah. Hal tersebut dikarenakan karena saya belum mempunyai pengalaman terkait manajemen sekolah. 



Pembelajaran kali ini berjalan dengan lancar. Pukul 16.00 WIB lokakarya sudah ditutup oleh PP. Kami pulang ke rumah masing-masing dengan mantap berbekal ilmu yang kami dapat pada hari ini.

You Might Also Like

0 Komentar