KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.1

Sabtu, Juni 04, 2022

Assalamualaikum wr.wb Saya Rizky Fitriyanti Pradani calon guru penggerak Angkatan V. Izinkan saya menyimpulkan dan merefleksi pemikiran ki hajar dewantara pada modul 1.1

Ada tiga pertanyaan pemantik, yaitu:

  1. Apa yang Anda percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum Anda  mempelajari modul 1.1?
  2. Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku Anda setelah mempelajari modul ini? 
  3. Apa yang dapat segera Anda terapkan lebih baik agar kelas Anda mencerminkan pemikiran KHD?

Untuk pertanyaan pertama, Apa yang Anda percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum Anda  mempelajari modul 1.1?

yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum mempelajari modul 1,1 yaitu

a.     Saya kadang masih menggunakan metode pembelajaran yang tidak berpihak pada murid. Saya kadang masih memaksakan kehendak dalam pengumpulan tugas Bahasa Indonesia pada kelas yang saya ampu. Misalnya saja, pengumpulan dilakukan dua hari berikutnya tanpa membangun kesepakatan-kesepakatan dengan murid.

b.     Saya kadang masih suka memberikan hukuman bagi murid yang datang terlambat atau tidak mengerjakan tugas. Menasihati, membimbing dengan sabar serta menghormatinya hak-haknya tentu akan memberikan dampak yang positif daripada menghukum murid.

c.     Kodrat murid bermain gawai saat diterangkan di pembelajaran saya. Saya kadang menegur dan menyita gawai anak tersebut, namun setelah saya membaca modul bahwa kodrat anak memang senang bermain. Membimbing dan mengarahkan akan menjadikan dampak yang lebih positif.

d.     Saya kadang menginginkan murid untuk menyukai pelajaran saya. Setelah saya membaca modul ternyata anak sudah memiliki kodratnya sendiri-sendiri, jadi biarlah dia berkembang dan sukses sesuai kodratnya sendiri-sendiri.

Pertanyaan kedua Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku Anda setelah mempelajari modul ini? 

Yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini yaitu saya tidak akan lagi memaksa murid, saya akan menghormati hak-haknya. Saya juga akan dengan tulus, dan ikhlas, sabar mendekati dalam melakukan pembimbingan kepada murid. Saya akan mejadi guru yang menghamba pada murid.

Pertanyaan ketiga Apa yang dapat segera Anda terapkan lebih baik agar kelas Anda mencerminkan pemikiran KHD?

Yang dapat segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD

a.     Mengemas materi pelajaran Bahasa Indonesia di kelas saya dengan menggunakan media yang menyenangkan. Hal tersebut dapat membuat murid tertarik dalam belajar tanpa adanya paksaan.

b.     Memahami kodrat tiap murid. Saya akan memaklumi bahwa jika usaha saya telah menggunakan media yang menyenangkan namun ada beberapa murid yang tidak memiliki ketertarikan di mata pelajaran saya. Makah hal tersebut tidak akan membuat saya kehilangan semangat dalam mengajar, saya akan tetap bersemangat mengajar dan akan meyakini bahwa di mata pelajaran lain dia akan unggul.

c.     Bahwa guru dan murid harus melakukan merdeka belajar. Merdeka belajar ditunjukkan dengan cara seorang guru harus menggali potensi siswa sehingga mampu mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing.

Itulah simpulan dan reflekasi pemikiran Ki Hajar Dewantara pada modul 1.1 menurut saya. Salam guru penggerak. Tergerak, bergerak, dan menggerakkan. Terima kasih. Wassalamualaikum wr.wb

You Might Also Like

0 Komentar