Pengalamanku Lolos Tes Tahap 2 Guru Penggerak

Selasa, April 05, 2022

Menjadi guru penggerak? Siapa mau siapa mau? 

Yaha semangat bergerak, tergerak, dan menggerakkan. Salam! Lolos guru penggerak? 

Alhamdulillah pada awal bulan April 2022 ini sudah diumumkan bahwa saya lolos seleksi guru penggerak tahap 2. Pengalaman ini merupakan sesuatu yang baru bagi saya. Saya selalu berdoa agar lolos hingga seleksi tahap 2 lalu juga akan semangat mengikuti pendidikan selama enam bulan hingga akhirnya menjadi guru penggerak yang sesungguhnya. Saya pun sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik itu kepala sekolah tempat saya mengajar, orang tua, teman-teman guru, murid, dan para asesor serta pihak-pihak lain yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu. Tujuan saya mengikuti program guru penggerak ini karena saya ingin belajar ilmu baru dalam dunia pendidikan. Program pendidikan guru penggerak ini, saya nilai cocok untuk perkembangan diri saya. Selain itu saya juga ingin mendapatkan kenalan baru yang nantinya dapat saling berbagi informasi dalam dunia pendidikan. Belajar dari pengalaman tentunya sangat berpengaruh terhadap kemajuan diri. Meskipun untuk melampaui ini semua membutuhkan proses yang sangat panjang dan sulit namun saya akan semangat bergerak dan terus maju. Berusaha, berdoa kepada Tuhan, dan meminta restu orang-orang di sekeliling kita.

Sebelumnya saya jelaskan apa itu guru penggerak itu?

Guru penggerak merupakan guru yang bersedia bergerak, tergerak, dan menggerakkan. Guru penggerak harus menjadi pemimpin dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, untuk menjadi seorang guru penggerak harus melampaui seleksi yang sangat ketat. Ada dua tahap seleksi yang harus ditempuh oleh peserta. Seleksi tahap pertama menjawab soal esai, seleksi kedua simulasi mengajar dan wawancara.

Seleksi tahap pertama, saya harus menjawab beberapa soal esai yang membutuhkan jawaban yang panjang-panjang. Soal-soal tersebut dijawab dengan ketentuan tertentu yakni dengan menjawab ada minimal jumlah karakter. Jika jumlah karakter tidak terpenuhi, maka tidak akan berlanjut ke pertanyaan-pertanyaan berikutnya. Soal esai ini meliputi pengalaman-pengalaman ketika menjadi guru. Juga motivasi apa yang menjadikan saya ingin menjadi guru penggerak. Tips yang saya berikan jawab sesuai dengan pengalaman pribadi Anda dan jangan mengada-ngada. Jawaban Anda jangan lupa disalin ke word untuk jaga-jaga jika Anda lolos pada tahap 1 seleksi calon guru penggerak. Semoga Anda yang membaca ini dapat lolos pada tahap 1 ya. Amin. Yakin dan berdoalah kepada Tuhan agar mimpi Anda dapat terwujud.

Setelah menunggu hari demi hari tibalah pengumuman dan saya telah dinyatakan lolos seleksi calon guru penggerak pada tahap 1. Perjuangan tidak hanya sampai di sini, saya harus bergerak maju untuk menuntaskan seleksi pada tahap 2. ada seleksi simulasi mengajar dan wawancara. Jika pada tahap 1 saya harus menjawab esai yang panjang-panjang, pada tahap 2 mengasah ketrampilan dengan membuktikan kepada asesor bahwa kita bisa mengajar dengan baik dan terampil. Pada tahap wawancara kita harus membuktikkan kepada asesor bahwa kita mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan asesor dengan baik dan lancar. Gunakan bahasa yang santun dan mudah dipahami ya. Pada seleksi simulasi mengajar ini saya harus membuat RPP terlebih dahulu, RPP yang dibuat tentu diharuskan RPP yang berpihak kepada murid. Pilihan KD pada setiap mapel sudah ditentukan. Saya waktu itu memilih KD menulis cerita pendek. Dalam pembelajaran tersebut, saya memotivasi siswa untuk berkarya dan berkarya. Setelah saya membuat RPP, saya mengunggahnya di akun Guru Belajar dan Berbagi yang ada di SIMPKB. Hal ini digunakan agar memudahkan asesor untuk mendownload RPP saat nanti digunakan untuk tes simulasi mengajar.

Pada tahap 2 belum selesai kerena masih ada tahapan wawancara. Saat itu saya diwawancarai oleh dua asesor. Dua asesor tersebut bertanya-tanya seputar esai yang saya tulis. Saran saya: jawab pertanyaan-pertanyaan asesor sesuai dengan jawaban esai yang Anda tulis. Berikan semangat Anda, antusias Anda, dan tunjukkan kepada asesor bahwa Anda pengen diterima dan layak untuk diterima menjadi seorang guru penggerak.

Nah itu dia cerita dari saya. Semoga membantu dan salam guru penggerak. Tergerak, bergerak, dan menggerakkan.



Ini bukti di SIM PKB bahwa saya telah lolos seleksi calon guru penggerak tahap 2.


Jumat, 8 April 2022 saat saya dan teman-teman calon guru penggerak SMAN 1 Rengel mendapatkan sosialisasi dan penguatan dari Cabang Dinas Tuban Bojonegoro

Baca juga link di bawah ini ya agar menambah wawasan Anda 

You Might Also Like

0 Komentar