Pengalamanku Ikut Pembekalan Pengajar Praktik

Sabtu, Desember 02, 2023

Halo semuanya! Kali ini saya akan berbagi pengalaman mengikuti seleksi pengajar praktik pendidikan Guru Penggerak Angkatan X. 

Kali ini dimulai dari kisah mengenai seleksi tahap I yakni menjawab esai. Sebenarnya dalam pengalaman menulis esai untuk pengajar praktik lebih mudah. Hal ini karena saya sudah memiliki bekal menulis esai saat seleksi pendidikan guru penggerak di angkatan sebelumnya. Saya kira menulis esai untuk pengajar praktik lebih simpel dan sedikit pertanyaannya. Saat saya menuliskan esai mengalir begitu saja karena pengalaman pada satu tahun terakhir sudah begitu banyak. Malah kadang, saking mengalirnya melebihi dari jumlah karakter yang dibutuhkan. Saya menceritakan praktik baik yang saya alami baik di sekolah maupun komunitas atau organisasi di luar sekolah. Selanjutnya, saya memberikan deskripsi yang sangat jelas, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dan tentunya harus memerhatikan ejaan yang baik dan benar.

Untuk seleksi tahap 2 simulasi mengajar dan wawancara, saya hanya mengikuti tahap wawancara saja. Untuk simulasi mengajar karena saya merupakan seorang guru penggerak angkatan V jadinya kebijakan simulasi mengajar tidak saya lakukan. Saya hanya seleksi wawancara saja. Untuk seleksi wawancara, saya siapkan sebaik mungkin. Baik itu jaringan internet dan jawaban-jawaban yang mantap agar saat ditanyakan oleh asesor saya lebih percaya diri. Saya bersiap tiga puluh menit sebelum wawancara dilakukan. Saya mengambil air minum guna persiapan kalau tenggorakan kering karena keasyikan menjawab pertanyaan dari asesor. Benar saja kurang lima menit, asesor sudah memasuki ruangan gmeet. Berbeda saat melakukan wawancara pada seleksi pendidikan guru penggerak, pada seleksi calon pengajar praktik tidak grogi sama sekali. Saya dengan lancar menjawab dan menceritakan hal-hal yang ditanyakan kleh asesor. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan meliputi pengalaman mengembangkan orang lain, kendala yang dihadapi saat mengembangakan orang lain, solusi, aksi, dan lain sebagainya.

Saat seleksi ketiga yakni pembekalan calon pengajar praktik yang dilakukan selama lima belas hari berjalan dengan lancar. Katanya kuncinya lms dikerjakan dengan baik, aktif saat daring, dan terus berdoa. Semoga saya lolos menjadi pengajar praktik angkatan X. Semoga pengalaman-pengalaman saya ini menjadi bekal untuk lebih baik ke depannya. 

Untuk kalian yang sedang seleksi Pengajar Praktik tetap semangat dan yakin bahwa mimpi kalian pasti akan menjadi kenyataan. 

You Might Also Like

0 Komentar