BIOGRAFI

Senin, April 03, 2023

Sudah memasuki materi kedua yaitu biografi. Siapa yang pernah membaca biografi? Siapa yang suka membaca biografi? Siapa yang pernah membuat biografi? Apa yang kalian ketahui tentang biografi? Apa saja manfaat yang kalian dapatkan setelah membaca biografi? Tentu ada beberapa dari kalian yang sudah mengenal biografi atau ada yang baru tahu istilah biografi. Kali ini kita akan membahas biografi. Kita akan belajar dari kisah hidup sesorang dari biografi ini. Hal ini bertujuan agar kalian mendapat inspirasi, motivasi, pelajaran yang bermanfaat, serta hal-hal positif lainnya.

Namun sebelumnya kita bahas dulu apa pengertian dari biografi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia biografi adalah riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Biografi ditulis lengkap untuk mendapatkan informasi mengenai kehidupan tokoh sejak kecil, riwayat pendidikan, karier, perjuangan, bahkan sampai tokoh tersebut meninggal dunia. Bahasa yang digunakan dalam teks biografi harus lugas, jelas, dan tidak bertele-tele agar tidak menimbulkan pemahaman yang berbeda dan bias pada pembaca.

Ciri-ciri teks biografi:

-memberikan pengetahuan mengenai kelebihan tokoh.

-memberikan pelajaran dari kehidupan tokoh.

-menerangkan kejadian-kejadian hidup tokoh.

Teks biografi dan teks rekon berisi kisah kehidupan atau pengalaman seseorang yang berbentuk cerita dengan penyajian secara kronologis sesuai urutan waktu.

Silakan simak struktur teks biografi dengan melihat video di bawah ini.

https://youtube.com/shorts/bvd0ur5L1MU?feature=share

Sumber: Buku Intan Pariwara, Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X

Setelah kalian membaca materi dan melihat video di atas. Buatlah kelompok beranggotakan dua orang. Carilah satu contoh biografi di internet lalu koreksilah apakah biografi tersebut sudah lengkap strukturnya? Jika sudah berikan alasannya dan jika belum tuliskan perbaikannya di kolom komentar!

Pembagian tema:

XE biografi pahlawan

XF biografi olahragawan

XG biografi sastrawan

XH biografi musisi

Contoh format mengerjakan:

Anak-anak untuk redaksi tugasnya seperti ini ya

Kelompok:

1. Stevan William

2. Natasya Wilona

Kelas:

XH


Biografi Musisi dari Internet: 

             Ahmad Dani Prasetyo 

Ahmad Dani lahir di Surabaya,……….. Dia menikah dengan Maia Estiati pada……dan dikaruniai tiga orang anak laki-laki. Lahir sebagai musisi……

……

…………….dst (dicopy paste tulisan diinternet sampai selesai)

Sumber: wwww.google.ahmaddanisiahmad.com


Hasil analisis dari kelompok kami:

Struktur teks biografi sudah lengkap karena……..

Atau

Struktur teks biografi di atas belum lengkap karena tidak ada reorientasi. Untuk itu di bawah ini perbaikannya

Ahmad Dani Prasetyo

……….(ditulis perbaikannya menurut kelompok kalian sampai selesai)


Selamat mengerjakan ya


You Might Also Like

85 Komentar

  1. NAMA= INGGIATARI NIKMATUL FADILLA
    KELAS= XE
    NOMER ABSEN =15

    BIOGRAFI RADEN ADJENG KARTINI

    Raden Adjeng Kartini atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini adalah seorang pejuang kemerdekaan dan kedudukan kaumnya, pada saat itu terutama wanita Jawa.
    Berikut adalah biodata dari RA Kartini
    Kelahiran: 21 April 1879, Jepara
    Meninggal: 17 September 1904, Kabupaten Rembang
    Saudara kandung: Roekmini, Kardinah, Soematri, Kartinah, Sosrokartono, Busono, lainnya
    Anak: Soesalit Djojoadhiningrat
    Pasangan: Raden Adipati Joyodiningrat (m. 1903–1904)
    Cucu: Boedhy Setia Soesalit
    Orang tua: Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, M.A. Ngasirah

    Tanggapan=Jadi,setelah menganalisis dari berbagai sumber biodata dari internet yang ditampilkan diatas biografi RA Kartini sudah benar dan tepat,tetapi menurut saya biografi tersebut kurang lengkap dikarenakan tidak ada yang menceritakan bagaimana caranya beliau bisa membuat kedudukan wanita sama dengan laki laki,bagaimana perjuangannya dan bagaimana akhirnya setelah memperjuangkan kemerdekaan kaumnya itu

    Dan yang benar adalah=

    Raden Adjeng Kartini atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini adalah seorang pejuang kemerdekaan dan kedudukan kaumnya, pada saat itu terutama wanita Jawa.
    Berikut adalah biodata dari RA Kartini
    Kelahiran: 21 April 1879, Jepara
    Meninggal: 17 September 1904, Kabupaten Rembang
    Saudara kandung: Roekmini, Kardinah, Soematri, Kartinah, Sosrokartono, Busono, lainnya
    Anak: Soesalit Djojoadhiningrat
    Pasangan: Raden Adipati Joyodiningrat (m. 1903–1904)
    Cucu: Boedhy Setia Soesalit
    Orang tua: Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, M.A. Ngasirah

    Awal perjuangan Kartini dimulai saat dia mendirikan sekolah khusus putri di Jepara. Di sekolah tersebut, mereka diajarkan cara menjahit, menyulam, dan memasak. Kartini juga kerap menuliskan surat untuk temannya di Belanda bernama Rosa Abendanon, yang berisikan keinginannya untuk menaikkan derajat wanita Indonesia,perjuangan emansipasi perempuan yang dilakukan RA Kartini agar memperoleh kebebasan, otonomi, persamaan mendapatkan pendidikan dan pengajaran, serta persamaan hukum sebagai bagian dari gerakan yang lebih luas.
    Habis Gelap Terbitlah Terang adalah buku kumpulan surat yang ditulis oleh Kartini. Kumpulan surat tersebut dibukukan oleh J.H. Abendanon dengan judul Door Duisternis Tot Licht. Setelah Kartini wafat, J.H. Abendanon mengumpulkan dan membukukan surat-surat yang pernah dikirimkan R.A Kartini pada teman-temannya di Eropa.

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelas: X-E
      Kelompok:
      1. Dela Nur Cahaya Rasa Fitri/08
      2. Della Anggi Julia Pratiwi/09

      Biografi Sultan Hasanuddin dari internet:
      Sultan Hasanuddin

      Sultan Hasanuddin lahir di Makassar pada 12 Januari 1631. Dia lahir dari pasangan Sultan Malikussaid, Sultan Gowa ke-15, dengan I Sabbe To’mo Lakuntu. Jiwa kepemimpinannya sudah menonjol sejak kecil. Selain dikenal sebagai sosok yang cerdas, dia juga pandai berdagang. Karena itulah dia memiliki jaringan dagang yang bagus hingga Makassar, bahkan dengan orang asing.

      Hasanuddin kecil mendapat pendidikan keagamaan di Masjid Bontoala. Sejak kecil ia sering diajak ayahnya untuk menghadiri pertemuan penting, dengan harapan dia bisa menyerap ilmu diplomasi dan strategi perang. Beberapa kali dia dipercaya menjadi delegasi untuk mengirimkan pesan ke berbagai kerajaan.

      Saat memasuki usia 21 tahun, Hasanuddin diamanatkan jabatan urusan pertahanan Gowa. Ada dua versi sejarah yang menjelaskan kapan dia diangkat menjadi raja, yaitu saat berusia 24 tahun atau pada 1655 atau saat dia berusia 22 tahun atau pada 1653. Terlepas dari perbedaan tahun, Sultan Malikussaid telah berwasiat supaya kerajaannya diteruskan oleh Hasanuddin.

      Selain dari ayahnya, dia memperoleh bimbingan mengenai pemerintahan melalui Mangkubumi Kesultanan Gowa, Karaeng Pattingaloang. Sultan Hasanuddin merupakan guru dari Arung Palakka, salah satu Sultan Bone yang kelak akan berkongsi dengan Belanda untuk menjatuhkan Kesultanan Gowa.

      Pada pertengahan abad ke-17, Kompeni Belanda (VOC) berusaha memonopoli perdagangan rempah-rempah di Maluku setelah berhasil mengadakan perhitungan dengan orang-orang Spanyol dan Portugis. Kompeni Belanda memaksa orang-orang negeri menjual dengan harga yang ditetapkan oleh mereka, selain itu Kompeni menyuruh tebang pohon pala dan cengkih di beberapa tempat, supaya rempah-rempah jangan terlalu banyak. Maka Sultan Hasanuddin menolak keras kehendak itu, sebab yang demikian adalah bertentangan dengan kehendak Allah katanya. Untuk itu Sultan Hasanuddin pernah mengucapkan kepada Kompeni "marilah berniaga bersama-sama, mengadu untuk dengan serba kegiatan". Tetapi Kompeni tidak mau, sebab dia telah melihat besarnya keuntungan di negeri ini, sedang Sultan Hasanuddin memandang bahwa cara yang demikian itu adalah kezaliman.

      Pada tahun 1660, VOC Belanda menyerang Makassar, tetapi belum berhasil menundukkan Kesultanan Gowa. Tahun 1667, VOC Belanda di bawah pimpinan Cornelis Speelman beserta sekutunya kembali menyerang Makassar. Pertempuran berlangsung di mana-mana, hingga pada akhirnya Kesultanan Gowa terdesak dan semakin lemah, sehingga dengan sangat terpaksa Sultan Hasanuddin menandatangani Perjanjian Bungaya pada tanggal 18 November 1667 di Bungaya. Gowa yang merasa dirugikan, mengadakan perlawanan lagi. Pertempuran kembali pecah pada Tahun 1669. Kompeni berhasil menguasai benteng terkuat Gowa yaitu Benteng Sombaopu pada tanggal 24 Juni 1669. Sultan Hasanuddin wafat pada tanggal 12 Juni 1670 karena penyakit ari-ari.

      Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sultan_Hasanuddin

      Hasil analisis dari kelompok kami:
      Struktur teks biografi di atas belum lengkap karena tidak ada reorientasi. Untuk itu di bawah ini perbaikannya

      Berikut ini adalah tambahan dari kelompok kami agar struktur teks biografi pada Pahlawan Sultan Hasanuddin tersebut ada Reorientasi nya

      Orientasi: terletak di Kelahiran Sultan Hassanudin

      Terjadinya masalah: terletak di Sultan Hasanuddin mendapat pendidikan keagamaan, di angkat menjadi r
      Raja.

      Reorientasi: Sultan Hassanuddin ialah salah satu pahlawan yang jiwa kepemimpinnanya, kecerdasannya sudah terlihat sejak kecil, pada usia muda Sultan Hasanuddin di angkat menjadi raja pada umur 22 tahun. Maka dari itu kita semua wajib mempunyai jiwa kepemimpinan sejak kecil. Seperti Sultan Hassanuddin yang begitu cerdas dan menjaga amanah dengan baik.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Kelompok:
    1. Khotimatun Najwa
    2. Suntamah Nuraeni
    Kelas:
    X-E

    Biografi penulis dari Internet:
    Sitor Situmorang (1924 – 2014) adalah tokoh yang kompleks. Ia adalah penyair Indonesia terkuat, penulis cerita pendek yang karyanya harus diperhitungan bagi siapa saja yang hendak membuat kumpulan cerita pendek terbaik dunia, tokoh film karena dari tangannya lahir cerita film Darah dan Doa (1950) yang dianggap sebagai tonggak pertama film Indonesia, dan eseis kebudayaan yang buah pikirannya memberikan sumbangan penting bagi pencerahan serta pembaruan dalam alam kebudayaan Indonesia. Selain itu ia juga seorang penulis naskah drama, jurnalis, penerjemah, sejarawan sekaligus antropolog Batak.

    Akan tetapi dari semua yang paling menarik adalah kepribadiannya. Ia adalah sedikit dari sastrawan yang tidak mengalami ambiguitas moral dan politik yang membebani kaum intelektual sekular Indonesia modern. Dalam dirinya tiada keterbelahan antara kepenyairan dan aktivitas politik. Sitor menempuh jalan individual yang eksistensialistik dan romantik sekaligus jalan Angkatan yang melibatkan penciptaan dengan berbagai pengalamannya melalui bermacam-macam zaman, mulai tahap perkembangan nasionalisme, perang kemerdekaan, modernisme, sampai konflik ideologi-ideologi besar. Sitor menganggap umurnya yang panjang dan kehidupannya yang luas jangkauan geografinya—dari masa kecil di pedalaman Batak yang terpencil sampai kota-kota dunia dengan perubahan politik sejak zaman kolonial, demokrasi terpimpin, orde baru hingga era reformasi sekarang dengan berbagai penjaranya dan pemikiran pasca modernisme yang dihadapi serta dialaminya—sebagai kawasan historis yang kaya dan perlu dirayakan dalam aneka penciptaan. Hidup dan karyanya menjadi adalah gambaran perjalanan Indonesia modern.

    Sumber: https://www.goodreads.com/id/book/show/25557290

    Hasil analisis dari kelompok kami:
    Struktur biografi diatas sudah lengkap. Namun ada kata yang salah ketik yaitu 'diperhitungan' seharusnya 'diperhitungkan', selain itu menurut saya semuanya sudah bagus, termasuk reorientasi yang disambungkan dengan kejadian karena terasa lebih cocok ketika disambungkan

    BalasHapus
  4. NAMA: NASYWA AZAHRA/25
    ANGGI DWI AGUSTIN/05

    Biografi Olahragawan Bulu tangkis:
    Jonatan Christie atau sering disapa Jojo lahir di Jakarta, 15 September 1997 dari pasangan Andreas Adi dan Marianti Djaja. Ayahnya berperan besar dalam perjalanan kariernya di dunia bulutangkis.

    Jonatan dikenalkan bulutangkis oleh ayahnya sejak kecil. Ia mulai bermain bulutangkis ketika usianya menginjak 6 tahun. Sebelumnya, ia juga bermain olahraga lain, basket dan sepak bola. Namun, ayahnya menginginkan dirinya fokus pada bulutangkis.

    Sejak itulah, ia mulai serius menekuni bulutangkis. Baik mengikuti di sekolah maupun di luar sekolah. Jonatan juga berlatih di klub Taurus. Hasil latihan yang keras, ia memperoleh sejumlah piala dari berbagai turnamen.

    Pada 2008 menjadi tahun milik Jonatan. Dalam usia 11 tahun, ia mendapatkan 7 trofy kemenangan pada kejuaaran tingkat DKI, nasional, dan internasional. Bahkan ia merai medali emas pada ajang Olimpiade Pelajar Sekolah Dasar se-Asia Tenggara, Jakarta, 2008

    Atas sejumlah prestasi tersebut, tentunya mengharumkan nama bangsa, Jonatan Christie mendapatkan penghargaan Satya Lencana dari Presiden RI ke-5 Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2009.

    Sejumlah penghargaan yang diraihnya tak membuat Jonatan terlena. Ia terus berlatih dan ingin memiliki prestasi seperti idolanya pebulutangkis dunia Lin Dan. Tahun demi tahun, ia peroleh kemenangan. Salah satunya, ia meraih Juara Junior Asia U-15 Ichiba, Jepang, 2010.

    Sementara untuk gelar seniornya, pertama kali ia raih pada ajang International Challenge 2013 di Indonesia. Saat itu usianya masih tergolong muda, 15 tahun.

    Meski begitu, namanya mulai jadi pembicaraan publik saat mengikuti Indonesia Open 2015. Saat itu ia berhasil masuk perempat final. Wajahnya yang tampan menambah popularitas Jontan di mata kaum hawa yang terpesona ketika melihat aksi-aksinya.

    Walaupun usianya terbilang masih muda, ia beberapa kali memperkuat Tim Nasional di Piala Sudirman, SEA Games, dan Thomas Uber Cup. Pada 2015, Jojo ikut berpartisipasi dalam skuad timnas di Piala Sudirman dan menjadi salah satu bagian timnas meraih emas SEA Games 2015. Ia juga menjadi bagian tim Thomas-Uber Cup 2016.

    Seiring bertambah jam terbangnya, permainan Jonatan makin berkembang dan matang. Ia menjadi pemain andalan Indonesia pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia. Ia pun menyumbangkan satu medali emas dari tunggal putra. Sebuah hasil yang membanggakan. (AA/DN) (Photo/badmintonindonesia.org)


    KELUARGA
    Ayah : Andreas Adi
    Ibu : Marianti Djaja


    PRESTASI
    Juara I kejuaraan daerah (kejurda) DKI Jakarta, 2008
    Juara I kejuaraan usia dini BM-77,2008
    Juara I kejuaraan Astec, 2008
    Juara I Olimpiade Olahraga dan Siswa Nasional (O2SN), 2008
    Juara I “Tetra Pak Open Milk Cup”, 2008.
    Medali Emas Olimpiade Pelajar Sekolah Dasar se-Asia Tenggara, Jakarta, 2008
    Juara Junior Asia U-15 Ichiba, Jepang, 2010
    Juara ASEAN School 2013
    Medali Perak Beregu World Junior Championships 2013, 2014
    Juara Indonesia International Challenge 2013
    Runner Up Indonesia International Challenge 2014
    Juara International challenge Swiss Open 2014
    Perempatfinal Indonesia Super Series Premier 2015
    Medali Emas SEA Games Beregu Putra 2015

    Sumber :
    https://www.viva.co.id/siapa/

    Hasil Analisis dari kelompok kami:
    Orientasi mulai dari latar belakang tokoh,tempat tanggal lahir sampai latar belakang pendidikan.Namun peristiwa / paparan penting tokoh tersebut tidak dijelaskan dengan jelas dalam teks biografi di atas.

    BalasHapus
  5. Kelompok:
    1.aulia ardhina rasti
    2.lailatul kaidah
    Kelas:X-F
    Biografi:olahragawan(Steven Gerrard)

    Steven Gerrard

    Orientasi

    Steven Gerrard lahir di Whiston, Merseyside, Inggris pada 30 Mei 1980. Kiprahnya dikenal publik saat membela Liverpool dan tim nasional Inggris. Ia memulai karier sepak bola juniornya dengan memperkuat tim asal kotanya Whiston Juniors. Baru pada usia sembilan tahun, Gerrard bergabung dengan akademi sepak bola Liverpool.Ia menandatangani kontrak profesional bersama Liverpool pada 5 November 1997 di usia 17 tahun. Debutnya di tim utama Liverpool baru terjadi pada 29 November 1998 di ajang liga Inggris saat menghadapi Blackburn Rovers. Dalam musim debutnya, Gerrard mencatatkan 13 kali penampilan bersama The Reds. Ia juga mengisi posisi vital gelandang tengah yang ditinggalkan Jamie Redknapp.

    Peristiwa dan masalah

    Pada Oktober 2003, sang pelatih Gerard Houllier memberikan ban kapten kepadanya. Pada musim ini juga Gerrard memutuskan untuk memperpanjang kontraknya selama 4 tahun. Setelah tidak meraih gelar apapun pada musim 2003-2004, dirinya sering dikaitkan dengan klub Inggris lainnya Chelsea. Bahkan klub asal London Utara ini menawarnya dengan harga 20 juta pounds.Setelah melalui negosiasi yang alot, Gerrard akhirnya batal hengkang dan memilih bertahan di Liverpool bersama pelatih baru Rafael Benitez. Bersama pelatih asal Spanyol ini Gerrard menjadi kunci permainan Liverpool. Dirinya mampu mengantarkan Liverpool menjuarai Liga Champions pada 2005. Dirinya juga menjadi bagian skuad Liverpool saat menjuarai piala FA pada tahun 2006.Menjelang akhir kariernya, Gerrard melewatkan kesempatan terbaik untuk menjuarai liga Inggris di musim 2013/2014 setelah melakukan blunder fatal saat melawan Chelsea. Gerrard tidak hanya menjadi kapten di Liverpool, Ia juga sosok pemimpin yang disegani di timnas Inggris. Akan tetapi, selama berkiprah di timnas Gerrard belum mampu memberikan satu gelarpun.

    Reorientasi

    Sebagai pesepakbola profesional Gerrard telah menerima beberapa penghargaan yang sifatnya individu. Penghargaan tersebut di antaranya adalah UEFA Club Footballer of The Year, PFA Player of The Year dan nominasi Ballon d’ Or. Selain itu, Gerrard juga menerima penghargaan non olahraga berupa beasiswa dari Liverpool John Moores University dan anggota Orde kerajaan Inggris.

    Sumber:https://sahabatnesia.com/contoh-teks-biografi-singkat/


    Hasil analisis kelompok kami:
    Struktur teks biografi kami sudah lengkap,karna didalam teks tersebut sudah mencakup peristiwa kehidupan seseorang runtut berdasarkan strukturnya dari awal hingga akhir.

    BalasHapus
  6. Nama kelompok:
    1. Amelia Dwi Nur biqolbi
    2. Handika Tri Damayanti
    Kelas: X-F
    Biografi : olahragawan( Cristiano Ronaldo)




    *Orientasi*


    Cristiano Ronaldo Dos Santos Aveiro atau akrab disapa Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola terkenal asal negara Portugal. Ronaldo dilahirkan di Madeira, 5 Februari 1986. Ronaldo dikenal sebagai pemain terbaik di dunia berkat perjalanan kariernya yang luar biasa. Beragam gelar berhasil di persembahkan olehnya baik untuk tim maupun negara. Tak kalah menarik, gelar individu sangat beragam yang telah ia raih, satu di antaranya ialah menjadi pemain terbaik di dunia selama empat kali. Cristiano, yang berposisi sebagai playmaker, berhasil mencetak banyak gol setiap musimnya.

    *Peristiwa Penting*

    Karier sepak bola Ronaldo di mulai saat masih bermain untuk tim masa kecil di Andorinha pada usia delapan tahun. Berkat penampilan impresifnya, ia kemudian berpindah ke beberapa tim, seperti CD Nasional, di mana Ronaldo berhasil mendapatkan gelar. Prestasi awal yang cemerlang membuat Sporting Lisbon tertarik untuk memboyongnya. Karier pesepak bola rupawan ini terus menanjak hingga Manchester United resmi mendatangkannya pada 2003. Bersama MUm pria kebangsaan Portugal ini berhasil meningkatkan permainan puncaknya pada 2018, dengan membawa gelar Premier League dan Liga Champions. Pada tahun bersamaan juga Ronaldo dinobatkan menjadi pemain terbaik di dunia.

    *Reorientasi*

    Segudang prestasi yang telah diraih di level tim maupun negara membuat klub kenamaan Spanyol, Real Madrid, rela mengeluarkan uang satu triliun lebih untuk dapat memboyongnya. Bersama tim tersebut Ronaldo tetap tampil menggila dengan segudang prestasi. Saat ini Ronaldo telah membela klub Liga Italia, Juventus, dan masih dalam performa yang terbaik. Cristiano Ronaldo telah menjadi idola bagi kebanyakan pencinta sepak bola. Perjuangan, tekad, dan usaha kerasnya telah membawanya ke tingkat kesuksesan tertinggi

    *Sumber*

    https://www.bola.com/ragam/read/4491069/contoh-contoh-teks-biografi-pendek-beserta-strukturnya



    Hasil analisis dari kelompok kami: Struktur teks biografi diatas sudah lengkap sesuai unsur-unsur yang ada

    BalasHapus
  7. Nama kelompok:
    1. Farel Aidil Fikri R.G
    2. M Davien. M
    Kelas: XF
    Biografi: Olahragawan (Andakara Prastrawa Dhyaksa)


    Orientasi
    Nama Andakara Prastawa Dhyaksa sudah tidak asing di telinga para pecinta olahraga basket Indonesia. Pria ini lahir di Jakarta pada tanggal 16 Agustus 2022, saat ini dia menginjak usia 30 tahun. Dilansir dari beberapa sumber pebasket asal Jakarta ini menganut Agama Islam. Andakara Prastawa Dhyaksa atau akrab disapa Pras ini merupakan anak dari pasangan legenda basket Indonesia. Ayahnya, Rastafari Horongbala, populer berkat kariernya sebagai pelatih basket tim nasional.Begitupun ibunya, Juliani Rastafari, seorang legenda basket putri indonesia yang pernah menorehkan prestasi dengan membawa medali perak pada ajang SEA Games 1991. Tidak heran jika dirinya sangat mahir bermain basket. Hal ini dikarenakan Pras telah mengenal permainan bola basket sejak dirinya masih kecil berkat ayah dan ibunya.

    Peristiwa penting
    Andakara Prastawa Dhyaksa memulai karir basket pertama kalnya bergabung di tim Aspac Jakarta di NBL Indonesia yang saat ini menjadi IBL. Pada awal karirnya tersebut dia langsung menyabet gelar Rookie of The Year. Gelar Sixth Man of The Year pun berhasil diraihnya di tahun 2013. Dilansir dari laman iNews.id gelar Sixth Man of The Year kembali jadi miliknya pada IBL 2016 dan 2018. Andakara telah mencatatkan banyak penghargaan selama menjadi atlet bola basket.Setelah menyelesaikan kariernya di Aspac kemudian Andakara Prastawa Dhyaksa bergabung dengan tim Pelita Jaya Harapan pada IBL 2018-2019.

    Reorientasi
    Pada IBL 2022 dirinya kembali dipercaya untuk menjadi kapten Pelita Jaya Bakrie. Prestasi yang diraihnya bersama tim Pelita Jaya Bakrie cukup gemilang. Dirinya mampu memperoleh 4 kemenangan dan O kekalahan dalam seri 1 laga ini. Prestasi lainnya adalah dirinya pernah mendapat penghargaan IBL Three-point Contest tiga kali berturut-turut pada tahun 2017, 2018 dan 2019. Ada juga segudang prestasi lainnya dari Andakara Prastrawa Dhyaksa seperti 2× NBL Indonesia Indonesia
    Champion (2013, 2014) NBL Indonesia Finals MVP (2014) 2x All-IBL Indonesia First Team (2016, 2017)
    First Team NBL Indonesia (2013) 3x IBL All-Star (2017, 2019-2020)
    NBL Indonesia All-star (2013)
    2x IBL Sixth man Of the Year (2016, 2018) NBL Indonesia Sixth man Of the Year (2013)
    NBL Indonesia Rookie Of the Year (2013) SEABA Cup Top Assists (2014),juga mendapat medali emas pada SEA GAMES pada tahun 2021 kemarin.

    Sumber
    https://www.sportstars.id/amp/biodata -dan-agama-andakara-prastawa-dhyaksa -atlet-basket-indonesia-2H88Yr

    https://id.m.wikipedia.org/wiki/Andakara _Prastawa_Dhyaksa


    Hasil analisis kelompok
    Struktur teks Biografi diatas sudah lengkap. Karena didalam teks tersebut sudah mencakup peristiwa kehidupan seseorang dengan runtut berdasarkan strukturnya dari awal hingga akhir.

    BalasHapus
  8. Nama Kelompok :
    1.Parsa Maheswara(27)
    2.Putra Naufal Nugraha(28)
    Kelas : X-F.Biografi olahragawan(Anthony Sinisuka Ginting)







    Anthony Sinisuka Ginting atau yang biasa dipanggil Anthony Ginting lahir di Cimahi, Jawa Barat, 20 Oktober 1996. Ia memiliki garis keturunan dari sang ayah. Ginting sangat mencintai olahraga bulu tangkis.

    Bakatnya sudah terlihat sejak kecil, bahkan ketika masih duduk di Sekolah Dasar (SD) ia menjuarai kompetisi bulutangkis MILO School Competition nomor Tunggal Putera 2008. Anthony kembali menjadi juara pada ajang yang sama ketika masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada 2012.

    SGS PLN Bandung adalah klub yang dibelanya dan karier profesionalnya dimulai pada tahun 2013. Permainannya semakin berkembang dengan seiring berjalannya waktu, dan pengalaman bertandingnya cukup banyak. Mulai dari kejuaraan nasional hingga internasional telah dia ikuti.
    Salah satu prestasi terbaiknya ketika meraih medali perunggu untuk Indonesia pada kompetisi BWF World Junior Championship 2014. Ia juga pernah menjadi salah satu punggawa merah putih pada ajang Piala Thomas 2016.

    Anthony menjadi salah satu altet yang diandalkan untuk mengembalikan kejayaan bulutangkis Indonesia pada nomor tunggal putera. Ia kini berlatih keras baik mental maupun fisik di pelatnas Cipayung.

    Pengalamannya terus ditambah dengan mengikuti banyak kejuaraan bergengsi, mulai dari Indonesia Open, Korea Open, Japan Open, Australia Open, All England hingga Thomas Cup.

    Salah satu kelebihan yang dimiliki Anthony Ginting adalah kecepatannya. Hal itu pernah menjadi perhatian pebulutangkis andalan China sekaligus juara dunia 2015, Chen Long. Chen Long pernah dikalahkan Anthony pada kejuaraan Australian Open Superseries pada babak perempatfinal. Menurutnya, Anthony memiliki pergerakan yang cepat.
    Anthony menjadi salah satu dari tiga pemain Indonesia yang dikirimkan pada ajang Kejuaran Dunia Bulu Tangkis 2017 di Glasgow, Skotlandia. Ini adalah ajang perdana yang ia ikuti pada kejuaraan dunia. Sayangnya langkah Anthony Ginting terhenti pada babak ketiga Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017.

    Ginting menebus prestasi kelamnya pada ajang Korea Terbuka 2017. Ia menjuarai setelah mengalahkan Jonatan Christie dalam pertarungan rubber game, 13-21, 21-19 dan 20-22 di babak final. Ia pun mempersiapkan kembali untuk kejuaraan internasional lainnya. (AA/DN) (Photo: badmintonindonesia.org)
    PRESTASI
    Juara MILO School Competition, SD, Tunggal Putera, 2008
    Juara MILO School Competitionm, SMP, Tunggal Putera, 2012
    Semifinalis Kejurnas, 2012
    Juara Sirnas Surabaya, 2012
    Juara Sirnas Bandung, 2012
    Semifinalis World Junior Badminton Championship 2014
    Meraih Medali Perunggu di Youth Olympic Games 2014
    Juara Korea Terbuka, 2017


    Sumber : https://www.viva.co.id/siapa/


    hasil analisis dari kelompok kami :
    teks biografi tersebut sudah sesuai dengan unsur dan kaidah kebahasaan biografi

    BalasHapus
  9. Kelompok:
    1. Vivian Ardhia Erianti
    2. Riski Alfi Nurzahroh
    Kelas:
    X-F

    Biografi olahragawan:

    *Orientasi*
    Rivan Nurmulki lahir dari pasangan ayah Nasrin dan ibu Ika Nuryati pada 16 Juli 1995 di Jambi, namun kedua orang tuanya telah berpisah. Rivan ini merupakan seorang pemain bola voli tim Nasional Indonesia dan dia pun bermain di klub voli Surabaya Bhayangkara Samator. Awal karier Rivan di dunia voli ia mulai dari mengikuti turnamen-turnamen di daeranya yakni Jambi.

    *Peristiwa dan Masalah*
    Sebenarnya, pada awalnya Rivan tidak terlalu tertarik dengan voli, tapi karena tingginya mendukung untuk olah raga tersebut, akhirnya pada usia 17 tahun di tahun 2012 ia mulai mencoba bermain voli. Dengan mengikuti turnamen-turnamen yang diadakan di daerahnya Bangka, Jambi. Dari sana kemampuannya makin berkembang meski belum menguasai teori dasar voli.

    Hingga pada saat pemandu bakat dari klub Surabaya Samator melihat kemampuan Rivan ketika bermain di ajang Kapolda Cup jambi. Mereka tertarik mengajak bergabung Rivan terlebih tinggi badannya yang yakni 194 cm sangat ideal untuk pemain voli. Sebagai klub besar tingkat voli nasional tentunya Rivan tertarik untuk bergabung, apalagi ia telah mengantongi izin dan restu dari orang tuanya.

    Pada awal bergabung Rifan agak kesulitan mengikuti alur latihan Samantor, tapi lambat laun ia dapat beradaptasi terlebih di sana dia bisa berlatih bersama idolanya Ayip Rizal, tentunya hal ini menjadi penyemangat bagi Rifan. Kemampuan Rizal pun makin diasah di sana hingga ia berhasil menorehkan kemenangan untuk klubnya dan penghargaan prestisius di bidangnya.

    Sukses menjadi juara Proliga 2016 untuk klubnya, hal ini pun membuat ia mendapat penghargaan sebagai Most Valuabe Player. Ia pun berhasil mempertahankan emas di PON 2016 untuk Jawa Timur. Pada tahun 2017 Rivan memperoleh penghargaan the best Opposite Spiker di kejuaraan Asia, penghargaan tersebut memposisikannya menjadi yang terbaik di antara para spiker kelas atas asia.

    *Reorientasi*
    Usia Rifan masih tergolong muda namun ia telah memberi kontribusi lebih dari usianya, karenanya diyakini Rifan memiliki karier panjang. Ibarsjah Djanu sebagai pelatih Samantor pun meminta pemain asal Jambi ini tak cepat puas dan terus mengembangkan serta mengasag permainannya menjadi lebih baik lagi.

    Dengan begitu, ia bisa menjadi tulang punggung untuk tim nassional voli putra di masa depan menggantikan senior-seniornya di timnas. Besar harap kehadiran Rifab akan mengembalikan kejayaan Voli nasional saat di era Djoni Sugianto danm kawan-kawan.

    Sumber:https://sekolahnesia.com/contoh-teks-biografi/

    Hasil analisis dari kelompok kami:
    Struktur teks biografi di atas sudah lengkap dan runtut.

    BalasHapus
  10. *Nama kelompok:*
    1. Belgis Sasmita
    2. Syifinatun Nazza. A
    *Kelas:* X-F
    *Biografi :* OLAHRAGAWAN (Rival Nurmulki)




    *Orientasi*

    Rivan Nurmulki lahir dari pasangan ayah Nasrin dan ibu Ika Nuryati pada 16 Juli 1995 di Jambi, namun kedua orang tuanya telah berpisah. Rivan merupakan seorang pemain bola voli Tim Nasional Indonesia dan dia bermain di klub voli Surabaya Bhayangkara Samator. Awal karier Rivan di dunia voli ia mulai dari mengikuti turnamen-turnamen di daerahnya, yakni Jambi.


    *Peristiwa Penting*

    Sebenarnya, pada awalnya Rivan tidak terlalu tertarik dengan voli, tetapi karena tingginya mendukung untuk olahraga tersebut, akhirnya pada usia 17 tahun di tahun 2012, ia mulai mencoba bermain voli. Dengan mengikuti turnamen-turnamen yang diadakan di daerahnya, Bangka, Jambi. Dari sana kemampuannya makin berkembang, meski belum menguasai teori dasar voli.

    Hingga pada saat pemandu bakat dari klub Surabaya Samator melihat kemampuan Rivan ketika bermain di ajang Kapolda Cup jambi. Mereka tertarik mengajak bergabung Rivan, terlebih tinggi badannya, yakni 194 cm, sangat ideal untuk pemain voli. Sebagai klub besar tingkat voli nasional, Surabaya Samator tentunya membuat Rivan tertarik untuk bergabung, apalagi ia telah mengantongi izin dan restu dari orang tuanya.
    Pada awal bergabung Rivan agak kesulitan mengikuti alur latihan Samator. Tetapi, lambat laun ia dapat beradaptasi. Terlebih di sana dia bisa berlatih bersama idolanya, Ayip Rizal. Tentunya hal ini menjadi penyemangat bagi Rivan. Kemampuan Rizal makin diasah di sana hingga ia berhasil menorehkan kemenangan untuk klubnya dan penghargaan prestisius di bidangnya.

    Sukses menjadi juara Proliga 2016 untuk klubnya, hal ini membuat ia mendapat penghargaan sebagai Most Valuabe Player (MVP). Ia berhasil mempertahankan emas di PON 2016 untuk Jawa Timur. Pada 2017, Rivan memperoleh penghargaan the best Opposite Spiker di kejuaraan Asia, penghargaan tersebut memposisikannya menjadi yang terbaik di antara para spiker kelas atas Asia.

    *Reorientasi*

    Usia Rivan masih tergolong muda, namun ia telah memberi kontribusi lebih dari usianya, karenanya diyakini Rivan memiliki karier panjang. Ibarsjah Djanu sebagai pelatih Samator, meminta pemain asal Jambi ini tak cepat puas dan terus mengembangkan serta mengasah permainannya menjadi lebih baik lagi.

    Dengan begitu, ia bisa menjadi tulang punggung untuk tim nasional voli putra di masa depan menggantikan senior-seniornya di timnas. Besar harap kehadiran Rivan akan mengembalikan kejayaan voli nasional saat di era Djoni Sugianto dan kawan-kawan.

    *Sumber:*
    https://www.bola.com/ragam/read/4491069/contoh-contoh-teks-biografi-pendek-beserta-strukturnya

    *Hasil Analisis kelompok kami:*
    Struktur teks biografi diatas sudah lengkap. Karna didalam teks tersebut sudah mencakup peristiwa kehidupan seseorang runtut berdasarkan strukturnya dari awal hingga akhir .

    BalasHapus
  11. NAMA KELOMPOK:
    -INGGIATARI NIKMATUL FADILLA (15)
    -LARASATI PRAMESNING YUWARNO

    *BIOGRAFI R.A KARTINI*

    Nama Lengkap Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat Nama lain RA Kartini
    Tempat dan Tanggal Lahir: Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 Wafat Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904
    Agama: Islam
    Orang Tua : Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat (Ayah) MA Ngasirah (Ibu)
    Saudara Kandung :
    RM Slamet Sosroningrat, PA Sosrobusono, RA Soelastri, Drs RMP Sosrokartono, RA Roekmini, RA Kardinah, RA Kartinah, RM Muljono, RA Soematri, RM Rawito
    Suami: KRM Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat Anak: Soesalit Djojoadhiningrat
    Pendidikan RA Kartini
    Terkait riwayat pendidikan RA Kartini, Ayahnya menyekolahkan anaknya di ELS (Europese Lagere School). Disinilah ia kemudian belajar Bahasa Belanda dan hadir disana hingga ia berusia 12 tahun. Sebab ketika itu menurut kebiasaan ketika itu, anak perempuan harus tinggal dirumah untuk 'dipingit.
    Pemikiran-Pemikiran RA Kartini Tentang Emansipasi Wanita
    Meskipun berada di rumah, ia aktif melakukan korespondensi atau menyurat surat dengan temannya yang berada di Belanda. Sebab beliau juga fasih dalam berbahasa Belanda.
    Dari sinilah kemudian, saya mulai tertarik dengan pol A perempuan Eropa yang saya baca dari surat kabar, majalah serta buku-buku yang saya baca.
    Hingga kemudian ia mulai berpikir untuk berusaha memajukan perempuan pribumi. Dalam pikirannya kedudukan wanita pribumi masih tertinggal jauh atau memiliki status sosial yang cukup rendah kala itu.
    RA Kartini banyak membaca surat kabar atau majalah-
    majalah kebudayaan eropa yang menjadi langganannya yang berbahasa belanda. Di usianya yang ke 20, ia bahkan banyak membaca buk karya Louis Coperus yang berjudul De Stille Kraacht.Agama harus menjaga kita daripada melakukan dosa, tetapi berapa banyak dosa diperbuat orang atas nama agama itu RA Kartini
    la juga membaca berbagai roman-roman beraliran feminis yang kesemuanya berbahasa belanda. Selain itu ia juga membaca buku karya Multatuli yang berjudul Max Havelaar dan Surat Surat Cinta.

    *PERNIKAHAN RA KARTINI HINGGA WAFATNYA*
    Dalam Biografi RA Kartini, diketahui dari pernikahannya dengan KRM Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, RA Kartini kemudian melahirkan anak bernama Soesalit Djojoadhiningrat yang lahir pada tanggal 13 September 1904.
    Namun miris, beberapa hari kemudian setelah melarikan putra yang pertama, RA Kartini kemudian wafat pada tanggal 17 September 1904. Di usianya yang masih sangat muda yaitu 24 tahun. Beliau kemudian dikebumikan di Rembang.
    Berkat perjuangannya kemudian pada tahun 1912, berdirilah Sekolah Wanita oleh Yayasan Kartini di Semarang kemudian meluas ke Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya
    Sekolah tersebut kemudian diberi nama "Sekolah Kartini untuk menghormati jasa-jasanya Yayasan tersebut milik keluarga Van Deventer, seorang tokoh Politik Etis di era kolonial Belanda

    kesimpulan : biografi R.A Kartini sudah benar karena memuat struktur
    1.orientasi
    2.kejadian/peristiwa masalah
    3.reorientasi


    SUMBER :
    https://www.sman1pklkerinci.sch.id/biografi-r-a-kartini-pahlawan-emansipasi-wanita-indonesia/

    BalasHapus
  12. Kelompok :
    1. Firda Ainnur Rossidah (15)
    2. Dwi Putri Anugerah (10)
    Kelas : X-H
    Biografi Musisi Iwan Fals

    *Orientasi*

    Lelaki bernama asli Virgiawan Listanto lahir di Jakarta, 3 September 1961 yang lalu di panggil Iwan Fals yaitu anak dari pasangan Haryoso (bapak, almarhum) serta Lies (ibu). Iwan Fals merupakan seorang penyanyi, musisi, pencipta lagu, dan kritikus yang menjadi salah satu legenda di Indonesia.

    *Peristiwa Penting*

    Perjalanan karier musik Iwan Fals diawali saat sekolah di Bandung. Iwan Fals mulai ngamen waktu duduk di bangku SMP. Perhatian semakin banyak tercurah pada gitar. Rekan-rekan Iwan Fals umumnya memainkan lagu-lagu Rolling Stones namun Iwan Fals lebih pilih memainkan lagu sendiri.

    Bambang Bule dari Jakarta datang ke Bandung mencari tahu kehadiran Iwan Fals. Beliau datang membawa tawaran rekaman lantaran terlebih dulu mendengar Iwan Fals dari Radio 8 EH punya ITB. Mahasiswa ITB aktif berdemonstrasi kerap mengajak Iwan Fals di mimbar mahasiswa. Waktu itu Iwan Fals masihlah sekolah di SMAK BPK Bandung. Bambang Bule sukses berjumpa Iwan Fals. Bermodalkan duit hasil jual sepeda motor untuk bikin master, Iwan Fals berbarengan Toto Gunarto, Helmi, Bambang Bule yang tergabung dalam Amburadul mengambil keputusan rekaman di Istana Music Records Jakarta. Rekaman Amburadul nyatanya kasetnya tak laris. Iwan Fals ngamen lagi serta terkadang turut festival. Sesudah mencapai juara di festival musik country, Iwan Fals ikuti festival lagu humor yang diadakan Instansi Humor Indonesia. Oleh Arwah Setiawan (almarhum) lagu-lagu humor Iwan Fals lantas direkam, diproduseri Handoko. Nama perusahaannya ABC Records. Rekaman ramai-ramai berbarengan Pepeng, Krisna, serta Nana Krip. Namun rekaman ini juga tak berhasil tetaplah minoritas di nikmati kelompok spesifik seperti anak-anak muda.

    Pada akhirnya Iwan Fals rekaman di Musica Studio serta musik Iwan Fals mulai dikerjakan serius. Album Sarjana Muda umpamanya, musiknya diakukan Willy Soemantri. Walau telah rekaman serta kaset cukup laris namun umumnya orang cuma tahu nama tak kenal muka. Iwan Fals tetaplah melakukan profesinya sebagai pengamen. Album Sarjana Muda nyatanya banyak disukai serta Iwan Fals mulai memperoleh beragam tawaran untuk bernyanyi. Iwan Fals berhenti ngamen sesudah lahir anak ke-2, Cikal yang lahir th. 1985. Lalu masuk tv sesudah th. 1987 serta Lagu Oemar Bakri pernah disiarkan di TVRI.

    Sepanjang Orde Baru, terdapat banyak jadwal konser Iwan Fals yang dilarang serta dibatalkan oleh pihak keamanan lantaran lirik-lirik lagunya yang gawat, demonstratif, serta menghidupkan perlawanan massif. Pada perjalanan panggung musik yang memarginalkan diri Iwan Fals, ada sedikit sinar jelas waktu Iwan Fals temukan ruangan ekspresi dalam berkesenian di Bengkel Teater WS Rendra. Disini terwujud media tranformasi pemikiran kebudayaan untuk memberi wawasan serta berkarya. Perjalanan musik Iwan Fals selalu berlanjut saat kantata takwa pada th. 1990 melaunching album.

    *Reorientasi*

    Mencermati perjalanan musik serta karya Iwan Fals begitu menarik untuk dikaji serta dibicarakan. Iwan Fals alami metamorfosis jadi syair yang ada dari pertama kelahirannya sampai saat ini begitu sarat dengan warna-warni kehidupan. Dapat disebutkan Iwan Fals bukan sekedar gawat namun juga humanis, patriotis, humoris, romantis, filosofis bahkan juga agamis hingga warnanya beragam macam namun masih tetap berkarakter sebagai Iwan Fals yang kita kenal sekarang ini.

    sumber :https://www.kompasiana.com/emadinu/56b7eae6a2afbd8418742aaa/biografi-singkat-iwan-fals

    Hasil analisis kelompok kami :
    Struktur teks biografi kami sudah lengkap, karena didalam teks biografi tersebut sudah mencakup peristiwa kehidupan seseorang secara runtut berdasarkan strukturnya dari awal hingga akhir.

    BalasHapus
  13. Nama kelompok:
    1. Giza Aulia Azara
    2. Widya Salsabilla
    •Kelas: X-F
    •Biografi: Olahragawan (Kevin Sanjaya)


    • Orientasi
    Kevin Sanjaya Sukamuljo (lahir 2 Agustus 1995) adalah salah satu pemain bulu tangkis ganda putra dan campuran Indonesia. Atlet ini merupakan pemain asal klub Djarum di Kudus, Jawa Tengah dan bergabung sejak tahun 2007. Bersama dengan rekan-rekan pemain beregu putra lainnya ia berhasil menyumbangkan medali emas pada Pesta Olahraga Asia Tenggara 2015.

    • Peristiwa penting
    Perjalanan karier Kevin hingga akhirnya menjadi salah satu pemain ganda putra terbaik dunia tidak lepas dari kecintaan dan kerja kerasnya sejak usia belia. Sudah mulai mengenal bulu tangkis sejak usia 2,5 tahun, Kevin mulai benar-benar serius terjun di dunia tepok bulu angsa saat duduk di bangku kelas 6 SD. Saat itu, Kevin untuk pertama kalinya bergabung di klub bulu tangkis lokal di Banyuwangi, yaitu PB Sari Agung.

    Di tahun 2006, Kevin mencoba peruntungan mengikuti Audisi Umum PB Djarum di Kudus. Namun siapa sangka, di percobaan audisi pertamanya tersebut, Kevin gagal lolos seleksi. Tak pantang menyerah, Kevin mencoba lagi peruntungannya setahun kemudian tepatnya pada tahun 2007. Baru di percobaan audisi keduanya inilah, Kevin dinyatakan lolos seleksi dan akhirnya resmi menjadi bagian dari klub PB Djarum Kudus.

    Perjuangan kevin tidak berhenti sampai di situ. Di awal karirnya bersama PB Djarum, kevin juga sempat mengalami masa-masa down. Ia yang semula terjun sebagai pemain tunggal putra, justru dianggap kurang potensial. Beruntung, salah seorang pelatih PB Djarum yakni Ade Lukas yang saat itu ditugaskan mengevaluasi pemain tunggal putra yang kurang menunjukkan performa baik, melihat bakat luar biasa Kevin dan memboyongnya untuk 'pindah haluan' sebagai pemain ganda putra. Dengan skill bawaan yang memang sudah menonjol, ditambah binaan pelatih yang sebagian besar juga merupakan mantan pemain dunia, prestasi Kevin sebagai pemain ganda putra di PB Djarum akhirnya terus melejit hingga ia terpilih dan lolos seleksi sebagai pemain Pelatnas pada tahun 2013.

    • Reorientasi
    Kevin saat ini dipasangkan dengan Marcus Fernaldi Gideon di nomor ganda putra. Sejak 2017 hingga 2022, tercatat Kevin bersama Marcus menempati Peringkat 1 dunia terlama di sektor ganda putra. Dia telah memenangkan 36 gelar juara dalam karir bulu tangkisnya termasuk menjadi juara ganda putra All England 2017 dan 2018, dan juga Asian Games 2018. Kevin dan Marcus juga tergabung dalam Tim Nasional Bulu Tangkis Indonesia yang berhasil memenangkan Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) 2015, Kejuaraan Beregu Asia pada 2016, 2018, 2020, dan Kejuaraan Piala Thomas yang merupakan gelar pertama Indonesia dalam 19 tahun terakhir.

    Bersama Marcus Fernaldi Gideon, ia mendapatkan penghargaan dari BWF sebagai pemain badminton terbaik seluruh dunia dua tahun secara beruntun setelah memenangkan 7 gelar BWF Super Series pada 2017 dan 8 gelar World Tour pada 2018. Kevin Sanjaya Sukamuljo terkenal dengan permainan yang cepat, agresif, full attack, dan memiliki serangan yang sangat sadis terhadap lawannya.

    • Sumber:
    https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kevin_Sanjaya_Sukamuljo

    • Hasil Analisis kelompok:
    Struktur teks Biografi diatas sudah lengkap. Karena didalam teks tersebut sudah mencakup peristiwa kehidupan seseorang runtut berdasarkan strukturnya dari awal hingga akhir.

    BalasHapus
  14. Kelompok:
    1. Mei Adilla Resti (21)
    2. Yuyun Alifah (35)
    Kelas:
    XG
    Biografi Sastrawan dari Internet:

    Biografi Sastrawan Ayu Utami

    Ayu Utami yang nama lengkapnya Justina Ayu Utami dikenal sebagai novelis pendobrak kemapanan, khususnya masalah seks dan agama. Ia dilahirkan di Bogor, Jawa Barat, 21 November 1968. Ayahnya bernama Johanes Hadi Sutaryo dan ibunya bernama Bernadeta Suhartina. Ia berasal dari keluarga Katolik.

    Pendidikan terakhirnya adalah S1 Sastra Rusia dari Fakultas Sastra Universitas Indonesia (1994). Ia juga pernah sekolah Advanced Journalism, Thomson Foundation, Cardiff, UK (1995) dan Asian Leadership Fellow Program, Tokyo, Japan (1999). Ayu menggemari cerita petualangan, seperti Lima Sekawan, Karl May, dan Tin Tin. Selain itu, ia menyukai musik tradisional dan musik klasik. Sewaktu mahasiswa, dia terpilih sebagai finalis gadis sampul majalah Femina, urutan kesepuluh. Namun, ia tidak menekuni dunia model.

    Ayu pernah bekerja sebagai sekretaris di perusahaan yang memasok senjata dan bekerja di Hotel Arya Duta sebagai guest public relation. Akhirnya, ia masuk dalam dunia jurnalistik dan bekerja sebagai wartawan Matra, Forum Keadilan, dan D & R. Ketika menjadi wartawan, ia banyak mendapat kesempatan menulis. Selama 1991, ia aktif menulis kolom mingguan “Sketsa” di harian Berita Buana. Ia ikut mendirikan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan ikut membangun Komunitas Utan Kayu, sebuah pusat kegiatan seni, pemikiran, dan kebebasan informasi, sebagai kurator. Ia anggota redaktur Jurnal Kalam dan peneliti di Institut Studi Arus Informasi.


    Setelah tidak beraktivitas sebagai jurnalis, Ayu kemudian menulis novel. Novel pertama yang ditulisnya adalah Saman (1998). Dari karyanya itu, Ayu menjadi perhatian banyak pembaca dan kritikus sastra karena novelnya dianggap sebagai novel pembaru dalam dunia sastra Indonesia. Melalui novel itu pula, ia memenangi Sayembara Mengarang Roman Dewan Kesenian Jakarta 1998. Novel tersebut mengalami cetak ulang lima kali dalam setahun. Para kritikus menyambutnya dengan baik karena novel Saman memberikan warna baru dalam sastra Indonesia. Karyanya yang berupa esai kerap dipublikasikan di Jurnal Kalam. Karyanya yang lain, Larung, yang merupakan dwilogi novelnya, Saman dan Larung, juga mendapat banyak perhatian dari pembaca.

    Sumber:
    https://www.celebrities.id/amp/contoh-teks-biografi-sastrawan-indonesia-16Se4u?page=3

    Hasil analisis dari kelompok kami:
    Struktur teks biografi di atas sudah lengkap,karna didalam teks tersebut sudah mencakup ketiga struktur teks biografi tersebut

    BalasHapus
  15. Anak-anak untuk redaksi tugasnya seperti ini ya

    Kelompok:
    1. Nabila Putri Arofah (24)
    2. Susi Suryaningsih (33)
    Kelas:
    XG

    Biografi Sastrawan dari Internet:
    Chairil Anwar
    Orientasi : Chairil Anwar dilahirkan di Medan, 26 Julai 1922. Ayahnya bernama Toeloes, mantan bupati Kabupaten Indragiri Riau. Sedangkan ibunya Saleha, berasal dari Situjuh, Limapuluh Kota. Dia masih punya pertalian keluarga dengan Sutan Sjahrir, Perdana Menteri pertama Indonesia.

    Chairil Anwar dibesarkan dalam keluarga yang kurang harmonis. Chairil merupakan anak satu-satunya dari pasangan Toeloes dan Saleha. Sebagai anak tunggal, orang tuanya selalu memanjakannya. Namun, Chairil cenderung bersikap keras kepala dan tidak ingin kehilangan apa pun; sedikit cerminan dari kepribadian orang tuanya.
    Peristiwa dan Masalah Chairil bersekolah di Hollandsch-Inlandsche School (HIS) yang kemudian dilanjutkan di MULO, tetapi tidak sampai tamat. Walaupun latar belakang pendidikannya terbatas, Chairil menguasai tiga bahasa, yaitu Bahasa Inggris, Belanda, dan Jerman.
    chairil anwar
    Ia mulai mengenal dunia sastra di usia 19 tahun, namun namanya mulai dikenal ketika tulisannya dimuat di Majalah Nisan pada 1942. Setelah itu, ia menciptakan karya-karya lain yang sangat terkenal bahkan sampai saat ini seperti "Krawang Bekasi" dan "Aku".

    Selain dunia sastra Chairil juga berhubungan dengan banyak wanita. Chairil pernah jatuh cinta pada Sri Ayati tetapi hingga akhir hayatnya Chairil tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkannya. Kemudian ia memutuskan untuk menikah dengan Hapsah Wiraredja pada 6 Agustus 1946. Mereka dikaruniai seorang putri bernama Evawani Alissa, namun bercerai pada akhir tahun 1948.

    Selama hidupnya Chairil anwar berhasil membuat beberapa karya tulis diantaranya adalah
    Deru Campur Debu (1949)
    Kerikil Tajam dan Yang Terampas dan Yang Putus (1949)
    Tiga Menguak Takdir (1950) (dengan Asrul Sani dan Rivai Apin)
    “Aku Ini Binatang Jalang: koleksi sajak 1942-1949″, disunting oleh Pamusuk Eneste, kata penutup oleh Sapardi Djoko Damono (1986)
    Derai-derai Cemara (1998)
    Pulanglah Dia Si Anak Hilang (1948), terjemahan karya Andre Gide
    Kena Gempur (1951), terjemahan karya John Steinbeck

    Chairil Anwar meninggal dalam usia yang masih muda yaitu sebelum menginjak usia 27 tahun. Chairil di Rumah Sakit CBZ, Jakarta pada tanggal 28 April 1949. Penyebab kematiannya tidak diketahui pasti, menurut dugaan lebih karena penyakit TBC. Ia dimakamkan sehari kemudian di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak, Jakarta
    Reorientasi Puisi Chairil Anwar memang kaya warna. Karya-karya puisinya bertema perjuangan/herois, puisi cinta atau pun puisi tentang pandangan kegamaan Semua tulisannya dikompilasi dalam tiga buku yang diterbitkan oleh Pustaka Rakyat. Makamnya pun diziarahi oleh ribuan pengagumnya dari masa ke masa. Hari meninggalnya juga selalu diperingati sebagai Hari Chairil Anwar.https://www.mikirbae.com/2015/08/teks-biografi-tokoh-sastra-indonesia.html?m=1

    Hasil analisis dari kelompok kami:
    Struktur teks biografi di atas sudah lengkap karena sudah terdapat orientasi, peristiwa/permasalahan dan reorientasi.

    BalasHapus
  16. NAMA KELOMPOK:
    •AMANDA DAFARIA AZAHRA
    •AUFA NADIA HUWAIDA'

    *ORIENTASI*
    Gusti Ngurah Putu Wijaya atau biasa dipanggil Putu Wijaya lahir di Puri Anom, Tabanan, Bali pada tanggal 11 April 1944. Putu Wijaya adalah bungsu dari lima bersaudara seayah maupun dari tiga bersaudara seibu. Ayahnya, I Gusti Ngurah Raka, seorang pensiunan punggawa yang keras dalam mendidik anak dan ibunya bernama Mekel Ermawati.

    Reni Jayusman merupakan istri perta Putu Wijaya, yang kemudian kandas akibat perceraian. Setelah bercerai Putu Wijaya menikah dengan Dewi Pramunawati dan dikaruniai seorang anak perempuan. bernama I Gusti Ngurah Taksu Wijaya.

    *PERISTIWA DAN MASALAH*
    Masa sekolah dari sekolah rakyat sampai sekolah atas diselesaikan di tempat kelahirannya. Kemudian ia melanjutkan di fakultas hukum Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Ia dapat menyelesaikan studinya pada tanggal 28 Juni 1969. Selain menempuh ilmu hukum di UGM, Putu Wijaya juaga menimba ilmu di Akademi Seni Drama dan Film, Asdrafi, selama setahun, yaitu tahun 1964. Putu juga pernah mengikuti mengikuti International Writing Programme, Iowa, AS pada tahun 1974.

    Putu Wijaya merupakan seorang sastrawan yang dikenal serba bisa. Ia penulis drama, cerpen, esai, novel, dan juga penulis skenario film dan sinetron. Putu juga sudah menulis kurang lebih 30 novel, 40 naskah drama, sekitar seribu cerpen, ratusan esei, artikel lepas, dan kritik drama.

    Skenario film yang pernah ditulis Putu Wijaya antara lain : Perawan Desa (memperoleh Piala Citra FFI 1980), Kembang Kertas (memperoleh Piala Citra FFI 1985), Ramadhan dan Ramona, Dokter Karmila, Bayang-Bayang Kelabu, Anak-Anak Bangsa, Wolter Monginsidi, Sepasang Merpati, dan Telegram.

    Penulis skenario sinetron, beberapa diantaranya adalah : Keluarga Rahmat, Pas, None, Warung Tegal, Dukun Palsu (komedi terbaik pada FSI 1995), Jari-Jari Cinta, Balada Dangdut, Dendam, Cerpen Metropolitan, Plot, Klop, Melangkah di Atas Awan (penyutradaraan), Nostalgia, Api Cinta Antonio Blanco, Tiada Kata Berpisah, Intrik, Pantang Menyerah, Sejuta Makna dalam Kata, dan Nona-Noni.

    Karya drama diantaranya adalah : Dalam Cahaya Bulan (1966), Lautan Bernyanyi (1967), Bila Malam Bertambah Malam (1970), Invalid (1974), Tak Sampai Tiga Bulan (1974), Anu (1974), Aduh (1975), Dag-Dig-Dug (1976), Gerr (1986), dan lain-lain.

    Karya novel diantaranya adalah : Bila Malam Bertambah Malam (1971), Telegram (1972), Stasiun (1977), Pabrik (1976), Keok (1978), Byar Pet (Pustaka Firdaus, 1995), Kroco (Pustaka Firdaus, 1995), Dar Der Dor (Grasindo, 1996), Aus (Grasindo, 1996), dan lain-lain.

    Karya cerpen diantaranya adalah : kumpulan cerpen Bom (1978), Es (1980, Gres (1982), Protes (1994), Darah (1995), Yel (1995), Blok (1994), Zig Zag (1996), Tidak (1999), dan lain-lain.

    Karya esainya terdapat dalam kumpulan esai Beban, Kentut, Samar, Pembabatan, Klise, Tradisi Baru, Terror Mental, dan Bertolak dari yang Ada.

    *REORIENTASI*
    Ada yang menarik dari cerpen karya-karya Putu Wijaya ini. Lucu, lugas dan enak untuk dibaca. Mungkin itu yang menjadi ciri khas cerpen Putu Wijaya. Setiap kalimat ditulis dengan gaya lugas dan jumlah kata di dalam kalimatnya sedikit. Dengan kata lain, cerpen Putu Wijaya ini tidak berumit-rumit dengan diksi yang membingungkan

    SUMBER:https://www.mikirbae.com/2015/08/teks-biografi-tokoh-sastra-indonesia.html?m=1

    HASIL ANALISIS KELOMPOK KAMI:Struktur teks biografi di atas sudah lengkap karena sudah terdapat orientasi, peristiwa/permasalahan dan reorientasi

    BalasHapus
  17. Kelompok:
    1.Herlina Hikmah Arianti(15)
    2.Kerin Eka Devita Najwa (17)
    Kelas:X-G

    BIOGRAFI SASTRAWAN N.H. DINI

    Orientasi: Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin lahir di Semarang, Jawa Tengah, 29 Februari 1936. NH Dini adalah sastrawan, novelis, dan feminis. NH Dini dilahirkan dari pasangan Saljowidjojo dan Kusaminah. Ia anak bungsu dari lima bersaudara, Konon ia masih berdarah Bugis,

    NH Dini menikah dengan Yves Coffin, Konsul Prancis di Kobe, Jepang, pada 1960. Dari pernikahan itu ia dikaruniai dua anak, Marie-Claire Lintang (lahir pada 1961) dan Pierre Louis Padang (lahir pada 1967). NH Dini berpisah dengan suaminya, Yves Coffin pada 1984, dan mendapatkan kembali kewarganegaraan RI pada 1985 melalui Pengadilan Negeri Jakarta
    Peristiwa dan Masalah: Riwayat pendidikan Nh. Dini dimulai dari Sekolah Dasar di Semarang dan lulus tahun 1950. Pada waktu dia masih SMP ayahnya meninggal dunia. Pendidikan paling tinggi yang diraih adalah sampai sekolah menengah atas jurusan sastra di Semarang pada tahun 1956. Kemudian mengikuti kursus Paramugari GIA di Jakarta pada tahun 1956. Pada tahun 1957 NH Dini mengikuti kursus B1 jurusan sejarah dan selesai tahun 1959.

    Kepiawaian menulis dapat diketahui sejak berusia sembilan tahun ketika dia menulis karangan yang berjudul “Merdeka dan Merah Putih”. Karya tersebut dianggap membahayakan Belanda sehingga ayahnya harus berurusan dengan Belanda. Namun, setelah mengetahui penulisnya anak-anak, Belanda mengalah.

    Karya sastranya yang berupa puisi dan cerpen dimuat dalam majalah Budaya dan Gadjah Mada di Yogyakarta (1952), majalah Mimbar Indonesia, dan lembar kebudayaan Siasat. Pada tahun 1955 ia memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio dalam Festival Sandiwara Radio di seluruh Jawa Tengah.

    Aktivitas lain yang dilakukannya ialah mendirikan perkumpulan seni Kuncup Mekar bersama kakaknya.Kegiatannya ialah karawitan dan sandiwara. Nh. Dini juga bekerja, yaitu di RRI Semarang, tetapi tidak lama. Kemudian, ia bekerja di Jakarta sebagai pramugari GIA (1957—1960).

    Karya-karya Nh. Dini berupa puisi diantaranya : Februari (1956), Kapal di Pelabuhan Semarang (1956), Bulan di Abad yang Akan Datang (1969), Tetangga (1970), Tak Ada yang Kulupa” (1971), Dua yang Pokok” (1971), Kemari Dekatkan Kursimu (1971), dan masih banyak yang lainnya.

    Karya NH Dini berupa kumpulan cerita pendek antara lain : Dua Dunia (1956), Tuileries (1982), Segi dan Garis (1983), Liar (1989), dan Istri Konsul (1989).

    Karya NH Dini berupa novel diantaranya adalah : Dua Dunia (1956), Hati yang Damai (1961), Pada Sebuah Kapal (1972), La Barka (1975), Namaku Hiroko (1977), Sebuah Lorong di Kotaku (1978), Langit dan Bumi Sahabat Kami (1979), Padang Ilalang di Belakang Rumah (1979), Sekayu (1981), dan lain-lain.

    Selain puisi, cerpen, dan novel NH Dini juga memiliki karya lain, diantaranya adalah : Pangeran dari Negeri Seberang (Biografi penyair Amir Hamzah) (1981), Dongeng dari Galia Jilid I dan II (cerita rakyat Prancis) (1981), Peri Polybotte (cerita rakyat Prancis) (1983), dan Sampar (novel terjemahan dari La Peste karya Albert Camus) (1985).

    Penghargaan yang telah diperolehnya ialah hadiah kedua untuk cerpennya “Di Pondok Salju” yang dimuat dalam majalah Sastra (1963), hadiah lomba cerpen majalah Femina (1980), dan hadiah kesatu dalam lomba mengarang cerita pendek dalam bahasa Prancis yang diselenggarakan oleh Le Monde dan Radio Frence Internasionale (1987).
    Reorientasi: Nh. Dini, adalah perempuan novelis Indonesia yang kuat. Dia bukan masuk sastra motivasi sebagaimana umumnya perempuan penulis masa kini, tetapi sebagai angkatan lama ia seorang penulis sastra yang soliter. Bahkan dalam novel Namaku Hiroko, menampakkan munculnya pandangan generasi baru kaum perempuan.

    Sumber:https://www.mikirbae.com/2015/08/teks-biografi-tokoh-sastra-indonesia.html?m=1

    Hasil Analisis Dari Kelompok Kami:
    Teks Biografi diatas sudah lengkap dan sudah mencakup ketiga struktur.

    Terimakasih

    BalasHapus
  18. NAMA KELOMPOK:
    •AMANDA DAFARIA AZAHRA
    •AUFA NADIA HUWAIDA'
    KELAS:X-G

    *ORIENTASI*
    Gusti Ngurah Putu Wijaya atau biasa dipanggil Putu Wijaya lahir di Puri Anom, Tabanan, Bali pada tanggal 11 April 1944. Putu Wijaya adalah bungsu dari lima bersaudara seayah maupun dari tiga bersaudara seibu. Ayahnya, I Gusti Ngurah Raka, seorang pensiunan punggawa yang keras dalam mendidik anak dan ibunya bernama Mekel Ermawati.

    Reni Jayusman merupakan istri perta Putu Wijaya, yang kemudian kandas akibat perceraian. Setelah bercerai Putu Wijaya menikah dengan Dewi Pramunawati dan dikaruniai seorang anak perempuan. bernama I Gusti Ngurah Taksu Wijaya.

    *PERISTIWA DAN MASALAH*
    Masa sekolah dari sekolah rakyat sampai sekolah atas diselesaikan di tempat kelahirannya. Kemudian ia melanjutkan di fakultas hukum Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Ia dapat menyelesaikan studinya pada tanggal 28 Juni 1969. Selain menempuh ilmu hukum di UGM, Putu Wijaya juaga menimba ilmu di Akademi Seni Drama dan Film, Asdrafi, selama setahun, yaitu tahun 1964. Putu juga pernah mengikuti mengikuti International Writing Programme, Iowa, AS pada tahun 1974.

    Putu Wijaya merupakan seorang sastrawan yang dikenal serba bisa. Ia penulis drama, cerpen, esai, novel, dan juga penulis skenario film dan sinetron. Putu juga sudah menulis kurang lebih 30 novel, 40 naskah drama, sekitar seribu cerpen, ratusan esei, artikel lepas, dan kritik drama.

    Skenario film yang pernah ditulis Putu Wijaya antara lain : Perawan Desa (memperoleh Piala Citra FFI 1980), Kembang Kertas (memperoleh Piala Citra FFI 1985), Ramadhan dan Ramona, Dokter Karmila, Bayang-Bayang Kelabu, Anak-Anak Bangsa, Wolter Monginsidi, Sepasang Merpati, dan Telegram.

    Penulis skenario sinetron, beberapa diantaranya adalah : Keluarga Rahmat, Pas, None, Warung Tegal, Dukun Palsu (komedi terbaik pada FSI 1995), Jari-Jari Cinta, Balada Dangdut, Dendam, Cerpen Metropolitan, Plot, Klop, Melangkah di Atas Awan (penyutradaraan), Nostalgia, Api Cinta Antonio Blanco, Tiada Kata Berpisah, Intrik, Pantang Menyerah, Sejuta Makna dalam Kata, dan Nona-Noni.

    Karya drama diantaranya adalah : Dalam Cahaya Bulan (1966), Lautan Bernyanyi (1967), Bila Malam Bertambah Malam (1970), Invalid (1974), Tak Sampai Tiga Bulan (1974), Anu (1974), Aduh (1975), Dag-Dig-Dug (1976), Gerr (1986), dan lain-lain.

    Karya novel diantaranya adalah : Bila Malam Bertambah Malam (1971), Telegram (1972), Stasiun (1977), Pabrik (1976), Keok (1978), Byar Pet (Pustaka Firdaus, 1995), Kroco (Pustaka Firdaus, 1995), Dar Der Dor (Grasindo, 1996), Aus (Grasindo, 1996), dan lain-lain.

    Karya cerpen diantaranya adalah : kumpulan cerpen Bom (1978), Es (1980, Gres (1982), Protes (1994), Darah (1995), Yel (1995), Blok (1994), Zig Zag (1996), Tidak (1999), dan lain-lain.

    Karya esainya terdapat dalam kumpulan esai Beban, Kentut, Samar, Pembabatan, Klise, Tradisi Baru, Terror Mental, dan Bertolak dari yang Ada.

    *REORIENTASI*
    Ada yang menarik dari cerpen karya-karya Putu Wijaya ini. Lucu, lugas dan enak untuk dibaca. Mungkin itu yang menjadi ciri khas cerpen Putu Wijaya. Setiap kalimat ditulis dengan gaya lugas dan jumlah kata di dalam kalimatnya sedikit. Dengan kata lain, cerpen Putu Wijaya ini tidak berumit-rumit dengan diksi yang membingungkan

    SUMBER:https://www.mikirbae.com/2015/08/teks-biografi-tokoh-sastra-indonesia.html?m=1

    HASIL ANALISIS KELOMPOK KAMI:Struktur teks biografi di atas sudah lengkap karena sudah terdapat orientasi, peristiwa/permasalahan dan reorientasi

    BalasHapus
  19. kelompok:
    1. Eva Media Nabila (11)
    2. Laura Centya Hadiwati (18)
    kelas:
    X-G

    biografi sastrawan dari internet:


    Putu Wijaya
    Struktur Teks Kalimat
    Orientasi I Gusti Ngurah Putu Wijaya atau biasa dipanggil Putu Wijaya lahir di Puri Anom, Tabanan, Bali pada tanggal 11 April 1944. Putu Wijaya adalah bungsu dari lima bersaudara seayah maupun dari tiga bersaudara seibu. Ayahnya, I Gusti Ngurah Raka, seorang pensiunan punggawa yang keras dalam mendidik anak dan ibunya bernama Mekel Ermawati.

    Reni Jayusman merupakan istri perta Putu Wijaya, yang kemudian kandas akibat perceraian. Setelah bercerai Putu Wijaya menikah dengan Dewi Pramunawati dan dikaruniai seorang anak perempuan. bernama I Gusti Ngurah Taksu Wijaya.
    Peristiwa dan Masalah Masa sekolah dari sekolah rakyat sampai sekolah atas diselesaikan di tempat kelahirannya. Kemudian ia melanjutkan di fakultas hukum Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Ia dapat menyelesaikan studinya pada tanggal 28 Juni 1969. Selain menempuh ilmu hukum di UGM, Putu Wijaya juaga menimba ilmu di Akademi Seni Drama dan Film, Asdrafi, selama setahun, yaitu tahun 1964. Putu juga pernah mengikuti mengikuti International Writing Programme, Iowa, AS pada tahun 1974.

    Putu Wijaya merupakan seorang sastrawan yang dikenal serba bisa. Ia penulis drama, cerpen, esai, novel, dan juga penulis skenario film dan sinetron. Putu juga sudah menulis kurang lebih 30 novel, 40 naskah drama, sekitar seribu cerpen, ratusan esei, artikel lepas, dan kritik drama.

    Skenario film yang pernah ditulis Putu Wijaya antara lain : Perawan Desa (memperoleh Piala Citra FFI 1980), Kembang Kertas (memperoleh Piala Citra FFI 1985), Ramadhan dan Ramona, Dokter Karmila, Bayang-Bayang Kelabu, Anak-Anak Bangsa, Wolter Monginsidi, Sepasang Merpati, dan Telegram.

    Penulis skenario sinetron, beberapa diantaranya adalah : Keluarga Rahmat, Pas, None, Warung Tegal, Dukun Palsu (komedi terbaik pada FSI 1995), Jari-Jari Cinta, Balada Dangdut, Dendam, Cerpen Metropolitan, Plot, Klop, Melangkah di Atas Awan (penyutradaraan), Nostalgia, Api Cinta Antonio Blanco, Tiada Kata Berpisah, Intrik, Pantang Menyerah, Sejuta Makna dalam Kata, dan Nona-Noni.

    Karya drama diantaranya adalah : Dalam Cahaya Bulan (1966), Lautan Bernyanyi (1967), Bila Malam Bertambah Malam (1970), Invalid (1974), Tak Sampai Tiga Bulan (1974), Anu (1974), Aduh (1975), Dag-Dig-Dug (1976), Gerr (1986), dan lain-lain.

    Karya novel diantaranya adalah : Bila Malam Bertambah Malam (1971), Telegram (1972), Stasiun (1977), Pabrik (1976), Keok (1978), Byar Pet (Pustaka Firdaus, 1995), Kroco (Pustaka Firdaus, 1995), Dar Der Dor (Grasindo, 1996), Aus (Grasindo, 1996), dan lain-lain.

    Karya cerpen diantaranya adalah : kumpulan cerpen Bom (1978), Es (1980, Gres (1982), Protes (1994), Darah (1995), Yel (1995), Blok (1994), Zig Zag (1996), Tidak (1999), dan lain-lain.

    Karya esainya terdapat dalam kumpulan esai Beban, Kentut, Samar, Pembabatan, Klise, Tradisi Baru, Terror Mental, dan Bertolak dari yang Ada.
    Reorientasi Ada yang menarik dari cerpen karya-karya Putu Wijaya ini. Lucu, lugas dan enak untuk dibaca. Mungkin itu yang menjadi ciri khas cerpen Putu Wijaya. Setiap kalimat ditulis dengan gaya lugas dan jumlah kata di dalam kalimatnya sedikit. Dengan kata lain, cerpen Putu Wijaya ini tidak berumit-rumit dengan diksi yang membingungkan.

    https://www.mikirbae.com/2015/08/teks-biografi-tokoh-sastra-indonesia.html?m=1

    hasil analisis dari kelompok kami:
    Menurut kelompok kami Teks biografi tersebut sudah baik dan benar karena strukturnya sudah lengkap yaitu ada orientasi, peristiwa/masalah, reorientasi

    BalasHapus
  20. Nama: Ria Ayu Kumala
    Wahyu Pransiska N.
    Kelas: XG

    Ayu Utami

    Justina Ayu Utami atau hanya Ayu Utami (lahir di Bogor , Jawa Barat , 21 November 1968 ; umur 50 tahun) adalah aktivis jurnalis dan sastrawan berkebangsaan Indonesia . Ia besar di Jakarta dan menamatkan kuliah di Fakultas Sastra Universitas Indonesia .

    Ia pernah menjadi wartawan di majalah Humor , Matra , Forum Keadilan , dan D&R . Tak lama setelah penutupan Tempo , Editor dan Detik pada masa Orde Baru , ia ikut mendirikan Aliansi Jurnalis Independen yang memprotes pembredelan. Kini ia bekerja di jurnal Kebudayaan Kalam dan di Teater Utan Kayu . Novelnya yang pertama, Saman , mendapatkan sambutan dari berbagai kritikus dan dianggap memberikan warna baru dalam sastra Indonesia.

    Ayu dikenal sebagai novelis sejak novelnya Saman menang sayembara penulisan roman Dewan Kesenian Jakarta 1998 . Dalam waktu tiga tahun Saman terjual 55 ribu contoh. Berkat Saman pula, Ayu mendapat Prince Claus Award 2000 dari Prince Claus Fund, sebuah yayasan yang bermarkas di Den Haag , Belanda yang mempunyai misi mendukung dan memajukan kegiatan di bidang budaya dan pembangunan. Pada akhir tahun 2001 , ia meluncurkan novel Larung
    Sumber: https://satupena.id/anggota/ayu-utami/

    Hasil analisis:
    Struktur teks biografi diatas sudah lengkap, hanya saja penulisan tanda baca kurang diperhatikan. Contoh: Ia pernah menjadi wartawan di majalah Humor , Matra , Forum Keadilan , dan D&R . Yang benar adalah-> Ia pernah menjadi wartawan di majalah Humor, Matra, Forum Keadilan, dan D&R.

    BalasHapus
  21. Kelompok:
    1. Windadari Agustin Cahyani Safitri
    2. Amilia Nur Farida
    Kelas:
    X-G

    Biografi sastrawan dari Internet:

    *Chairil Anwar*
    Chairil Anwar merupakan satrawan pria kelahiran Medan, 26 Juli 1922. Beliau tidak berumur panjang karena wafat pada usia 26 tahun, tepatnya pada 28 April 1949 di Jakarta diduga karena mengidap penyakit TBC kala itu.

    Chairil Anwar memulai debut dengan mempublikasikan puisi karyanya berjudul Nisan pada tahun 1942. Beliau dikatakan menulis bahkan lebih dari 90 karya dimana 70 diantaranya adalah puisi, namun tidak semua karyanya di publikasikan. Chairil Anwar dibesarkan di Medan sebagai seorang anak tunggal dari orang tuanya. Beliau mengenyam pendidikan di Hollandsch-Inlandsche School (HIS) yang merupakan sekolah dasar untuk orang-orang pribumi pada masa penjajahan Belanda. Kemudian meneruskan pendidikannya di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) dan berhenti bersekolah pada usia 18 tahun.

    Ketika berusia 19 tahun dan orang tuanya bercerai, Chairil Anwar pergi ke Jakarta bersama ibunya. Di Jakarta tekad Chairil Anwar untuk menjadi seniman semakin kuat dan terasah. Chairil Anwar dijuluki “Si Binatang Jalang” berkat karya puisi Aku yang sangat melegenda. Oleh H.B Jassin, Chairil Anwar dinobatkan sebagai pelopor Angkatan’45 bersama dengan dua sastrawan lainnya. Puisi Chairil Anwar menyangkut berbagai tema, mulai dari pemberontakan, kematian, individualisme, dan eksistensialisme, hingga tak jarang multi-interpretasi.


    Sumber:
    https://haloedukasi.com/sastrawan-indonesia


    Hasil analisis dari kelompok kami:
    Menurut kami untuk teks biografi tentang sastrawan Chairil Anwar diatas sudah cukup lengkap untuk sekaligus memberi tahu informasi tentang Chairil Anwar kepada pembaca.

    BalasHapus
  22. NAMA KELOMPOK:
    IDA AYU APRELIANIK (14)
    LAILYANA AINA AZZAHRA (17)
    KELAS:XE
    BIOGRAFI KI HAJAR DEWANTARA
    Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889 dengan nama RM Soewardi Soerjaningrat. Merupakan cucu dari Sri Paku Alam III dan ayahnya bernama GPH Soerjaningrat.
    *1. Pendidikan Ki Hajar Dewantara*
    Sebagai bangsawan Jawa, Soewardi Soerjaningrat mengenyam Pendidikan Europeesche Lagere School (ELS), sekolah rendah untuk anak-anak Eropa.
    Kemudian ia mendapatkan kesempatan untuk masuk School tot Opleiding voor Inlandsche Artsen (STOVIA) atau yang sering disebut Sekolah Dokter Jawa. Namun, karena kondisi kesehatannya tidak mengizinkan, membuat Soewardi Soerjaningrat tidak tamat dari sekolah ini.
    Soewardi Soerjaningrat (Ki Hajar Dewantara) selain mendapatkan pendidikan formal di lingkungan istana Paku Alam juga mendapat pendidikan formal antara lain:
    1.europeesche lagere school (els) atau sekolah belanda iii.
    2.kweek school (sekolah guru) di yogyakarta.
    3.school tot opleiding van indische artsen (stovia), sekolah kedokteran yang berada di jakarta. pendidikan di stovia ini tidak dapat diselesaikan karena ia sakit.
    *2. Profesi Ki Hajar Dewantara*
    Profesi yang digeluti oleh Soewardi Soerjaningrat (Ki Hajar Dewantara) adalah dunia jurnalisme yang berkiprah di beberapa surat kabar dan majalah pada waktu itu: Sediotomo, de Express, Oetoesan Hindia, Midden Java, Tjahaja Timoer, Kaoem Moeda, dan Poesara yang melontarkan kritik sosial-politik kaum bumiputera kepada penjajah.
    Tulisannya komunikatif, mengena, dan tegas. Jiwanya sebagai pendidik tertanam dan direalisasikan dengan mendirikan Perguruan Taman Siswa pada tahun 1992 dengan tujuan mendidik masyarakat bumiputera.
    *3. Mendirikan Perguruan Nasional Taman Siswa*
    Ki Hajar Dewantara mendirikan sebuah perguruan yang bercorak nasional, National Onderwijs Instituut Taman Siswa (Perguruan Nasional Taman Siswa) pada Juli 1922, lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi kelas bawah untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.
    Perguruan ini mengubah metode pengajaran kolonial yaitu dari sistem pendidikan “perintah dan sanksi” kependidikan pamong yang sangat menekankan pendidikan mengenai pentingnya rasa kebangsaan kepada peserta didik agar mereka mencintai bangsa dan tanah air dan berjuang untuk memperoleh kemerdekaan.
    Dalam membangun Taman Siswa, banyak rintangan yang dihadapi Ki Hajar Dewantara. Pemerintah kolonial Belanda berusaha membatasi dengan mengeluarkan ordonansi sekolah liar pada 1 Oktober 1932.
    *4. Wafatnya Ki Hajar Dewantara*
    Perjuangan Ki Hajar Dewantara belum selesai untuk mendidik penerus bangsa, namun ia sudah wafat terlebih dahulu pada 26 April 1959 dan dimakamkan di pemakaman keluarga Taman Siswa Wijaya Brata, Yogyakarta.
    *5. Kelahirannya diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional*
    Tanggal kelahirannya sekarang diperingati di Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Bagian dari semboyan ciptaannya, tut wuri handayani yang menjadi slogan Kementerian Pendidikan.
    Namanya juga diabadikan sebagai salah satu kapal perang di Indonesia yaitu KRI Ki Hajar Dewantara. Potret dirinya diabadikan pada uang kertas Rp 20.000 tahun emisi 1998.
    Ki Hajar Dewantara dikukuhkan sebagai pahlawan nasional yang kedua oleh Presiden Soekarno pada 28 November 1959 berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 305 Tahun 1959, 28 November 1959). Untuk mengingat jasa-jasa Ki Hajar Dewantara, didirikanlah Museum Dewantara Kirti Griya di Yogyakarta.

    https://www.gramedia.com/best-seller/biografi-ki-hajar-dewantara/amp/

    BalasHapus
  23. Nama Kelompok
    Yolanda Nimas F/38
    Fifit Dwi K/12
    Kelas: X-E
    Biografi Dewi Sartika
    Dewi Sartika adalah seorang putri dari pasangan priyayi dari Jawa Barat yang lahir pada tanggal 4 Desember 1884. Dewi Sartika memiliki orang tua yang ingin memiliki seorang putri berpendidikan, walaupun pada saat itu hal tersebut bukan merupakan hal yang sesuai dengan adat.

    Setelah ditinggal oleh sang ayah, Dewi Sartika diasuh oleh paman yang merupakan seorang Patih Cicalengka. Dari pamannya, Dewi Sartika mengetahui mengenai Sunda, sementara pengetahuan mengenai budaya Barat.

    Sedari kecil, Dewi Sartika sangat tertarik dengan dunia pendidikan. Sejak ia berusia 10 tahun, ia sudah mengajar kepada anak-anak yang ada di Cicalengka untuk bisa menulis, membaca, dan berbicara bahasa Belanda.

    Akibat dari niat baik Dewi Sartika ini, ia mendapatkan dukungan positif dari berbagai pihak. Atas jasa beliau di bidang pendidikan, Dewi Sartika diberi anugerah 'Bintang Jasa' oleh pemerintah Hindia Belanda.

    Sampai saat ini, jasa yang dilakukan oleh Dewi Sartika tidak bisa dilupakan dan sangat memberikan inspirasi serta harapan bagi banyak orang, terutama perempuan dalam mewujudkan cita-citanya.

    sumber dari: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6550591/20-contoh-teks-biografi-inspiratif-tentang-sejumlah-tokoh-berpengaruh

    BalasHapus
  24. Nama:Ayu Afikasari & Fania Jesika Putri
    Kelas:X-F
    Absen:10&13
    Sumber:https://sekolahnesia.com/contoh-teks-biografi/?amp=1

    TEKS BIOGRAFI ATLET VOLI

    Rivan Numuki seorang atlet voli yang akan dibuat contoh teks biografi berikut ini.

    Orientasi
    Rivan Nurmulki lahir dari pasangan ayah Nasrin dan ibu Ika Nuryati pada 16 Juli 1995 di Jambi, namun kedua orang tuanya telah berpisah. Rivan ini merupakan seorang pemain bola voli tim Nasional Indonesia dan dia pun bermain di klub voli Surabaya Bhayangkara Samator. Awal karier Rivan di dunia voli ia mulai dari mengikuti turnamen-turnamen di daeranya yakni Jambi.

    Peristiwa dan Masalah
    Sebenarnya, pada awalnya Rivan tidak terlalu tertarik dengan voli, tapi karena tingginya mendukung untuk olah raga tersebut, akhirnya pada usia 17 tahun di tahun 2012 ia mulai mencoba bermain voli. Dengan mengikuti turnamen-turnamen yang diadakan di daerahnya Bangka, Jambi. Dari sana kemampuannya makin berkembang meski belum menguasai teori dasar voli.

    Hingga pada saat pemandu bakat dari klub Surabaya Samator melihat kemampuan Rivan ketika bermain di ajang Kapolda Cup jambi. Mereka tertarik mengajak bergabung Rivan terlebih tinggi badannya yang yakni 194 cm sangat ideal untuk pemain voli. Sebagai klub besar tingkat voli nasional tentunya Rivan tertarik untuk bergabung, apalagi ia telah mengantongi izin dan restu dari orang tuanya.

    Pada awal bergabung Rifan agak kesulitan mengikuti alur latihan Samantor, tapi lambat laun ia dapat beradaptasi terlebih di sana dia bisa berlatih bersama idolanya Ayip Rizal, tentunya hal ini menjadi penyemangat bagi Rifan. Kemampuan Rizal pun makin diasah di sana hingga ia berhasil menorehkan kemenangan untuk klubnya dan penghargaan prestisius di bidangnya.

    Sukses menjadi juara Proliga 2016 untuk klubnya, hal ini pun membuat ia mendapat penghargaan sebagai Most Valuabe Player. Ia pun berhasil mempertahankan emas di PON 2016 untuk Jawa Timur. Pada tahun 2017 Rivan memperoleh penghargaan the best Opposite Spiker di kejuaraan Asia, penghargaan tersebut memposisikannya menjadi yang terbaik di antara para spiker kelas atas asia.

    Reorientasi
    Usia Rifan masih tergolong muda namun ia telah memberi kontribusi lebih dari usianya, karenanya diyakini Rifan memiliki karier panjang. Ibarsjah Djanu sebagai pelatih Samantor pun meminta pemain asal Jambi ini tak cepat puas dan terus mengembangkan serta mengasag permainannya menjadi lebih baik lagi.

    Dengan begitu, ia bisa menjadi tulang punggung untuk tim nassional voli putra di masa depan menggantikan senior-seniornya di timnas. Besar harap kehadiran Rifab akan mengembalikan kejayaan Voli nasional saat di era Djoni Sugianto danm kawan-kawan.


    Hasil analisis dari kelompok kami:
    Struktur nya sudah lengkap, orientasi nya juga sudah benar,tapi jika Rivan tertarik dari awal itu lebih bisa mengembangkan bakatnya dengan lebih cepat dan mungkin bisa menjadi atlit handal di usia muda

    BalasHapus
  25. NAMA KELOMPOK
    1.MOHAMMAD KHANIF NUR KHANNAN (21)
    2. NAYAKA BIMA(26)
    BIOGRAFI MOH.HATTA (TEMA PAHLAWAN)
    Biografi Moh Hatta, Wakil Presiden Pertama IndonesiaMohammad Hatta adalah tokoh yang berperan penting dalam perjuangan kemerdekaan dan merupakan wakil presiden pertama Indonesia.

    Moh Hatta adalah salah satu pemikir terhebat yang pernah dimiliki oleh bangsa Indonesia.Hatta dikenal sebagai Bapak Proklamator bersama dengan Soekarno. Selain itu, ia juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

    Dalam perjuangan demi kemerdekaan Indonesia, Moh Hatta harus rela berususan dengan hukum Belanda hingga ia sempat dipenjara.Meski demikian, tantangan tersebut tidak menyurutkan tekad Moh Hatta untuk berjuang memerdekakan Indonesia.
    Moh Hatta lahir di Bukittinggi pada 12 Agustus 1902, dengan nama lengkap Muhammad Athar.

    Adapun ayah dari Mohammad Hatta adalah Muhammad Djamil, seorang keturunan ulama Naqsyabandiyah di Payakumbuh, Sumatera Barat.

    Sementara itu, ibunya adalah Siti Saleha yang merupakan keturunan pedagang di Bukittinggi, Sumatera Barat.

    Sejak kecil, Moh Hatta telah dididik dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang taat melaksanakan agama Islam.

    Sebab, kakeknya, Abdurrahman Batuhampar, merupakan seorang ulama besar.
    SUBER : https://amp.kompas.com/stori/read/2022/08/23/120000479/biografi-moh-hatta-wakil-presiden-pertama-indonesia#aoh=16809164808633&amp_ct=1680916488322&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s

    BalasHapus
  26. Kelompok:
    1. Sahasika Fathan Mahardika/30
    2. Levpi bagus Brian P/19
    Kelas:
    XH

    Biografi Musisi:
    Andra ramadhan
    Orientasi:
    Andra Junaidi Ramadhan dilahirkan pada tanggal 17 Juni 1972 sebagai anak bungsu dari enam bersaudara hasil pernikahan pasangan A. Ramadhan dan S.M. Fadilah. Andra mengaku terlambat mengenal musik, karena baru SMP lewat ekskul musiklah ia mulai tertarik pada musik.

    Peristiwa penting:
    Pertama ia bermimpi untuk menjadi seorang drummer terkenal, tetapi karena masalah biaya untuk membeli Drum sangat mahal dan setelah melihat teman-temannya asyik memetik gitar, hobinya pun berganti. Bermodal gitar pinjaman, ia mulai belajar gitar, dan memang karena bakat, kemampuan dan teknik permainannya berkembang sangat pesat.

    Di SMPN 6 inilah, Andra bertemu dengan Dhani, Wawan, dan Erwin kemudian mereka sepakat untuk membentuk band dengan nama Dewa pada tahun 1986.

    Aliran Rock yang pertama mereka geluti akhirnya pindah ke Jazz akibat pengaruh Erwin. Masalah kemudian bergelayut pada kehidupan Andra yaitu ketika ia harus memilih antara kariernya sebagai pemusik atau meneruskan kuliahnya di jurusan desain interior. Dengan pertimbangan yang matang, akhirnya Andra memilih untuk terus meniti karier di dunia musik, tetapi bukan berarti langkahnya tetap mulus, karena kedua orang tuanya tidak setuju kalau Andra harus melepaskan bangku kuliahnya. Layaknya orang tua biasa, mereka ingin melihat Andra meraih gelar sarjana seperti kelima kakaknya yang sudah selesai. Tapi akhirnya kedua orang tuanya mau mengerti dan memang terbukti pilihan Andra tepat. Setelah melepaskan kuliahnya, konsentrasinya ke Dewa 19 membuat kreativitasnya lebih tergali. Kontribusi Andra terhadap komposisi lagu Dewa 19 tak bisa dimungkiri.

    Pada tahun 1999, Andra menikah dengan Ismulia Permatasari dan sudah dikaruniai 2 orang putri yaitu Yasmeen Fadilah dan Khadeeja Aisha serta 2 orang putra yaitu Timur Zavier dan Ismael Ramadhan.

    Andra yang merupakan salah satu motor dan pendiri grup band Dewa 19, dengan kesetiaan seorang Andra dalam membesarkan Dewa 19 itulah yang patut diacungi jempol, karena Andra adalah satu-satunya orang selain Dhani sendiri yang dari awal sampai sekarang masih merupakan personel Dewa 19. Tapi dari dulu Andra memang sangat ingin membuat album solo sendiri, sedikit demi sedikit dia mengumpulkan lagu-lagu yang diciptakannya sendiri untuk project album solonya. Tapi karena jadwal Dewa 19 yang sangat padat dan memang orientasi pertama adalah untuk band kesayangannya itu maka album solonya sedikit tertunda.

    Sampai pada tahun 2006, saat jadwal Dewa 19 tidak terlalu padat akhirnya Andra mulai serius membuat album solonya itu. Karena pada tahun-tahun sebelumnya Andra bertemu dengan Stevie Item yang kala itu sebagai additional guitarist Dewa 19 dan merasa cocok dengan gaya permainan Stevie, jauh-jauh hari Andra sudah pernah menawarkan kepada Stevie untuk ikut bergabung dalam project tersebut. Mereka berdua seperti mempunyai misi dan visi yang sama dalam hal bermusik.

    Reorientasi:

    Pada 6 November 2008, Andra bersama Andra and The Backbone memutuskan untuk menghentikan kontraknya dengan Republik Cinta Management.

    Sumber:https://id.m.wikipedia.org/wiki/Andra_Ramadhan

    Hasil analisis dari kelompok kami:
    Struktur teks biografi di atas sudah lengkap karena mencakup kehidupan seseorang secara runtut berdasarkan struktur nya

    BalasHapus
  27. Nama kelompok:
    1. Sania Chamilatum M. (31)
    2. Rachell Desta N. (25)
    Kelas: X-G


    Biografi sastrawan dari internet:
    ORIENTASI:
    Mario Teguh lahir di Makasar, 05 Maret 1956 dari pasangan Gozali Teguh (ayah) dan Siti Maria (ibu). Nama asli dari Mario Teguh adalah Sis Maryono Teguh, namun beliau lebih akrab dan dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan nama Mario Teguh. Ia meraih gelar Sarjana Pendidikan dari IKIP Malang. Pada 28 Januari 1993 Mario Teguh menikah dengan Linna Teguh dan dikaruniai dua anak yaitu Audrey Teguh dan Marco Teguh.

    PERISTIWA/PERMASALAHAN:
    Mario Teguh adalah seorang motivator dan konsultan hebat asal Indonesia. Beliau adalah sosok yang hebat dan juga cerdas. Mario Teguh mulai dikenal sejak membawakan salah satu acara di O Channel yaitu Bussines Art, kemudian namanya semakin dikenal oleh masyrakat Indonesia sejak membawakan acara "Mario Teguh Golden Ways" di stasiun televisi swasta MetroTV. Lewat acara acara tersebut beliau banyak memberikan motivasi yang sangat hebat dan juga bermanfaat. Salah satu kata yang sering diucapkan oleh beliau yang pasti sudah tidak asing di telinga kita adalah "Salam Super".

    Selain meraih gelar sarjana Pendidikan dari IKIP Malang. Beliau mencatat pernah bersekolah di dalam negeri dan luar negeri. Setelah menamatkan pendidikanya, ia pernah masuk ke beberapa perusahaan perbankan. Pertama kali ia bekerja di perusahaan BIMC sebagai Head of Manager. Kemudian pada tahun 1983 - 1986 menjabat sebagai Head of Sales di Citibank, kemudian di BSB Bank (Bank State Branch) tahun 1986 - 1989 sebagai Manager Bussiness Development, Aspac Bank di tahun 1990 - 1994 dengan kedudukan sebagai Vice President Marketing and Organization Development lalu sebagai Chief Executive Officer (CEO) and Senior Consultant di Exnal Corp dari tahun 1994 hingga kini.

    Ia mulai aktif menjadi seorang motivator dan mengisi berbagai acara seminar motivasi di berbagai tempat.
    Dalam karirnya sebagai motivator dan konsultan, salah satu cara yang digunakan oleh Mario Teguh yaitu Emotional Inteligent atau kecerdasan emosi. Ia juga melakukan lebih banyak pendekatan melalui ilmu kejiwaan menurut agama seperti tasawuf dan pengendalian amarah atau yang lebih dikenal dengan istilah Anger Management ketimbang ilmu kejiwaan barat karena menurutnya lebih cocok untuk diterapkan pada masyarakat Indonesia yang sifatnya plural sehingga lebih mudah diterima oleh semua kalangan.

    Tidak hanya menjadi seorang motivator dan konsultan, beliau adalah seorang penulis. Beberapa karya buku yang telah ia tulis antara lain. Becoming a Star (2006), One Million Second Chances (2006), Life Changer (2009), dan Leadership Golden Ways (2009). Mario Teguh pernah mendapatkan beberapa penghargaan. Pada tahun 2010, ia terpilih sebagai satu dari 8 Tokoh Perubahan 2009 versi Republika. Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai penyelenggara seminar berhadiah mobil pertama di Indonesia pada tahun 2003. Meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai Motivator dengan Facebook Fans terbesar di Indonesia pada tahun 2010.

    REORINTASI:
    Mario Teguh membuktikan bahwa kita harus selalu mempercayai apa yang telah kita kerjakan. Hasil bukan tolak ukur saat Anda berkarya, namun bagaimana kita bisa mempertahankannya hingga suatu saat ini bisa menjadi hal yang besar itulah yang harus kita kejar.




    sumber:
    https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/repos/FileUpload/Teks%20Biografi-Gugun/model-teks-biografi.html

    hasil analisis dari kelompok kami : menurut kami struktur teks biografi di atas sudah cukup lengkap dari orientasi, peristiwa penting, dan reorientasi nya

    BalasHapus
  28. NAMA KELOMPOK :Rafael Rasya Avrilian Pradita
    Muhammad Daffa'Zaim Maulana

    Kelas : XG

    BIOGRAFI SASTRAWAN

    ORIENTASI
    Goenawan Soesatyo Mohamad lahir di Batang, Jawa Tengah pada 29 Juli 1941. Goenawan Mohamad adalah seorang jurnalis dan sastrawan yang kritis dan berwawasan luas. ia juga dikenal sebagai penyair, penulis lakon, esesis.

    Goenawan Moehamad menikah dengan Widarti Djajadisastra dan memiliki dua anak, Hidayat Jati dan Paramita Mohamad. Dua cucu: Kiara dan Isaia.

    PERISTIWA DAN MASALAH
    Masa sekolah dasar diselesaikan di sekolah rakyat Negeri Parakan Batang, tahun 1953, kemudian melanjutkan ke SMP Negeri II Pekalongan dan lulus tahun 1956. Setelah lulus SMP Goenawan melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri Pekalongan dan lulus tahun 1959. Selepas SMA Goenawan mempelajari psikologi di Universitas Indonesia, mempelajari ilmu politik di Belgia dan menjadi Nieman Fellow di Harvard University, Amerika Serikat.

    Karir Goenawan Mohamad, dimulai dari Redaktur Harian KAMI (1969-1970), Redaktur Majalah Horison (1969-1974), Pemimpin Redaksi Majalah Ekspres (1970-1971), Pemimpin Redaksi Majalah Swasembada (1985). Dan sejak 1971, Goenawan bersama rekan-rekannya mendirikan majalah Mingguan Tempo. Jiwa kritisnya membawanya untuk mengkritik rezim Soehart. Tempo dianggap sebagai oposisi yang merugikan kepentingan pemerintah sehingga dihentikan penerbitannya pada 1994.

    Selama kurang lebih 30 tahun menekuni dunia pers, Goenawan menghasilkan berbagai karya yang sudah diterbitkan di antaranya kumpulan puisi dalam Parikesit (1969) dan Interlude (1971), yang diterjemahkan ke bahasa Belanda, Inggris, Jepang, dan Prancis. Sebagian eseinya terhimpun dalam Potret Seorang penyair Muda Sebagai Si Malin Kundang (1972), Sek*, Sastra, dan Kita (1980), dan Catatan Pinggir (1982).

    Selama kiprahnya di dunia jurnalis dan sastra Goenawan Mohammad beberapa penghargaan, diantaranya adalah Anugerah Hamengku Buwono IX bidang kebudayaan dari Universitas Gadjah Mada, Penghargaan Professor Teeuw dari Leiden University Belanda (1992), Louis Lyons dari Harvard University Amerika Serikat (1997), Internasional Editor (International Editor of the Year Award) dari World Press Review, Amerika Serikat (Mei 1999), Internasional dalam Kebebasan Pers (International Press Freedom Award) oleh Komite Pelindung Jurnalis (Committee to Protect Journalists) (1998), Wertheim Award (2005), dan Anugerah sastra Dan David Prize (2006)

    REORIENTASI
    Sebagai jurnalis dan sastrawan yang kritis dan berwawasan luas Goenawan Mohamad tanpa lelah, memperjuangkan kebebasan berbicara dan berpikir melalui berbagai tulisan dan organisasi yang didirikannya. Tulisannya banyak mengangkat tema HAM, agama, demokrasi, korupsi, dan sebagainya.

    Sumber : https://www.mikirbae.com/2015/08/teks-biografi-tokoh-sastra-indonesia.html?m=1

    BalasHapus
  29. Nama Kelompok:
    1. Wahyu Dwi Novita (38)
    2. Eny Rahmawati (11)
    Kelas X-H
    BIOGRAFI AGNES MONICA
    ORIENTASI:
    Agnes Monica lahir di Jakarta, 1 Juli 1986 dari pasangan Ricky Suprapto dan Jenny Siswono. Agnes memiliki satu kakak laki-laki bernama Steve Muljoto. Semenjak Agnes menjadi artis dengan kesibukan yang begitu padat, sang kakak terus mendampingi dengan menjadi manajernya.
    Agnes menempuh pendidikan sekolah dasar di SD Tarakanita Jakarta. Agnes Dia mengikuti berbagai kursus semenjak masih duduk di sekolah dasar, seperti kursus menyanyi, piano dan bahasa Inggris. Seusai menyelesaikan pendidikan di sekolah dasar, Agnes melanjutkan studinya di SMP Pelita Harapan Jakarta. Agnes merupakan murid yang memiliki prestasi menonjol di bidang akademik. Hal ini sering membuatnya menerima banyak beasiswa. Lulus dari SMP Pelita Harapan, Agnes menyelesaikan pendidikannya di sekolah yang masih satu yayasan dengan sekolah menengah pertamanya, yaitu SMA Pelita Harapan. Agnes merupakan seseorang yang peduli dengan pendidikan.

    KEJADIAN/PERISTIWA dan MASALAH:
    Terbukti, setelah lulus dari SMA Pelita Harapan, di tengah kesibukannya yang kian padat Agnes masih ingin merasakan bangku kuliah dengan mengambil pendidikan Hukum di Universitas pelita Harapan (UPH).
    Agnes memutuskan untuk mundur dalam perkuliahannya di UPH dengan IPK terakhir 3,67. Meski mundur, bukan berarti Agnes tak ingin berurusan dengan dunia pendidikan lagi. Tak lama setelahnya, Agnes mengambil program Distance Education di Oregon States University (USO) jurusan Political Science.
    Di awal karirnya, Agnes dikenal sebagai artis cilik. Sebagai penyanyi cilik, dia memiliki tiga album, yaitu Si Meong,Yess!,dan Bala bala. Album kedua "Yess!" meraih penghargaan sebagai "Album Anak-Anak Terbaik" pada tahun 1999.
    Agnes pun memanfaatkan ketenarannya sebagai penyanyi cilik dengan merangkap profesi sebagai presenter acara anak-anak.Berkat itu,Agnes mendapat penghargaan sebagai Pembawa Acara Anak-Anak Terfavorit di ajang "Panasonic Awards" selama dua tahun berturut-turut (1999-2000).Ketika menjadi pemeran utama sinetron "Pernikahan Dini" (2000) bersama Syahrul Gunawan. Perannya di sinetron itu membuatnya menang sebagai Aktris Terfavorit di "Panasonic Awards 2001 dan 2002"serta penghargaan Aktris Ngetop di "SCTV Awards 2002". Agnes juga menyabet beberapa penghargaan "Panasonic Awards" dan "SCTV Awards" sebagai buah dari kerja kerasnya berakting di sinetron Cewekku Jutek,Bunga Perawan,dan Cantik" yang dilakoninya sepanjang tahun 2003.Agnes semakin fokus dengan karir internasionalnya. Ia dikontrak produser berkualitas asal Amerika, Greg Ogan.Pada 1 Agustus, album yang terdiri dari 10 lagu berbahasa Inggris tersebut dirilis dalam bentuk CD.
    September 2013 Agnes meluncurkan album internasionalnya kembali. Album yang diberi judul "Coke Bottle" tersebut berhasil menarik perhatian fans Agnes di seluruh dunia.

    REORIENTASI:
    Hal itu terbukti dari antusiasme fans di Twitter, #AgnezMoCokeBottle jadi trending topic dunia. Album ini berhasil menempati posisi puncak di Top 50 Trending Jams of the Month di situs Daily New Jams. Ia berhasil mengalahkan penyanyi kelas dunia lainnya seperti Shakira, Chris Brown dan Eminem.

    Sumber:https://www.wowkeren.com/seleb/agnes_monica/bio.html

    Hasil analisis dari kelompok kami:
    Struktur teks biografi kami sudah lengkap,karna didalam teks tersebut sudah mencakup peristiwa maupun kisah hidup seseorang runtut berdasarkan strukturnya dari awal hingga akhir dan juga terdapat kesimpulan yang logis.

    BalasHapus
  30. •Kelompok:
    1. TALITHA AMELIA RAISSA PUTRI (36)
    2. SEPTIAN DWI HERDIANA (33)
    •Kelas:
    X-E

    •BIOGRAFI PAHLAWAN BUNG TOMO :

    Bung Tomo, memiliki nama lengkap Sutomo, merupakan salah satu pahlawan kemerdekaan Indonesia. Ia lahir di Surabaya, 3 Oktober 1920. Pada jenjang sekolah dasar, Bung Tomo bersekolah di Hollands Inlandse School (HIS) Surabaya selama 7 tahun. Pada tingkat lanjutan, beliau bersekolah di Leide Scrift Onderwiys HBS selama 5 tahun. Pada bangku kuliah, Bung Tomo masuk Fakultas Ekonomi UI dan pra-yudisium pada 1968.

    Bung Tomo lahir dalam keluarga ekonomi menengah, namun tetap mengalami tekanan pada masa penjajahan. Ia tumbuh menjadi individu yang penuh ambisi semangat, dan memiliki konsistensi tinggi sebagai pejuang yang ingin membebaskan bangsanya dari belenggu penjajahan. Bung Tomo melancarkan aksinya dengan memberi semangat pada arek-arek Suroboyo saat pertempuran 10 November.

    Kata-kata yang paling dikenal sampai saat ini, yaitu “merdeka atau mati”. Julukan “Bung Tomo” diberikan saat beliau aktif mengikuti organisasi yang berpengaruh bagi kehidupan masyarakat Surabaya. Keberaniannya lahir dari tekanan para penjajah disertai tekad yang kuat. Beliau tak kenal rasa takut saat menentang para penjajah. Bung Tomo wafat pada 7 Oktober 1981, saat melaksanakan wukuf di Padang Arafah.

    Bung Tomo merupakan salah satu pahlawan yang memiliki kelebihan untuk memengaruhi massa turun ke medan pertempuran demi membela Sang Saka Merah Putih.

    •Sumber: https://www.kompas.com/skola/read/2023/03/28/110000169

    •Hasil analisis dari kelompok kami:

    Struktur teks biografi sudah lengkap karena pada teks diatas sudah mencakup seluruh struktur biografi yang berupa orientasi, kejadian/peristiwa, maupun reorientasi.

    Isi dari teks biografi diatas juga telah menceritakan seluruh kehidupan Bung Tomo yang dikemas secara ringkas. Jadi menurut kelompok kami biografi diatas sudah baik dan tepat.

    Terimakasih

    BalasHapus
  31. Nama Kelompok
    Dyvania Cahya A/11
    Madela Indri K/20
    Kelas: X-E
    Biografi Tentang Jenderal Sudirman

    Jenderal Soedirman merupakan pahlawan nasional yang lahir di Purbalingga, 24 Januari 1916. Ia lahir dari keluarga biasa dan diadopsi oleh pamannya yang seorang priyayi.

    Semasa hidupnya, Jenderal Soedirman dikenal aktif dan sering melakukan kegiatan ekstrakulikuler. Bahkan sejak duduk di sekolah menengah, Jenderal Soedirman sudah menunjukkan jiwa-jiwa kepimpinannya yang dimilikinya.

    Pada tahun 1944, Jenderal Soedirman membuat keputusan untuk bergabung dengan PETA (Pembela Tanah Air) dan kemudian dipercaya menjadi Komandan Batalyon Banyumas.

    Saat menjadi seorang komandan, beliau dengan rekan prajurit lainnya melancarkan sebuah pemberontakan. Akibat dari pemberontakan tersebut, Jenderal Soedirman diasingkan di Bogor. Di tahun 1984, Jenderal Soedirman diangkat sebagai Panglima Besar dan mulai dikenal keberadaannya ketika Perang Gerilya 1 Maret 1949.

    Beliau wafat di Magelang, 29 Januari 1950 di umurnya yang ke-34 tahun. Karena semangatnya untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia, jasa Jenderal Soedirman pun masih dikenang hingga sekarang.

    BalasHapus
  32. Kelompok:
    1. Ardan Setyawan
    2. Mahabbah Mustiko Wahidiyin
    Kelas:
    X-F

    *Orientasi*
    Rivan Nurmulki lahir dari pasangan ayah Nasrin dan ibu Ika Nuryati pada 16 Juli 1995 di Jambi, namun kedua orang tuanya telah berpisah. Rivan ini merupakan seorang pemain bola voli tim Nasional Indonesia dan dia pun bermain di klub voli Surabaya Bhayangkara Samator. Awal karier Rivan di dunia voli ia mulai dari mengikuti turnamen-turnamen di daeranya yakni Jambi.

    *Peristiwa dan Masalah*
    Sebenarnya, pada awalnya Rivan tidak terlalu tertarik dengan voli, tapi karena tingginya mendukung untuk olah raga tersebut, akhirnya pada usia 17 tahun di tahun 2012 ia mulai mencoba bermain voli. Dengan mengikuti turnamen-turnamen yang diadakan di daerahnya Bangka, Jambi. Dari sana kemampuannya makin berkembang meski belum menguasai teori dasar voli.

    Hingga pada saat pemandu bakat dari klub Surabaya Samator melihat kemampuan Rivan ketika bermain di ajang Kapolda Cup jambi. Mereka tertarik mengajak bergabung Rivan terlebih tinggi badannya yang yakni 194 cm sangat ideal untuk pemain voli. Sebagai klub besar tingkat voli nasional tentunya Rivan tertarik untuk bergabung, apalagi ia telah mengantongi izin dan restu dari orang tuanya.

    Pada awal bergabung Rifan agak kesulitan mengikuti alur latihan Samantor, tapi lambat laun ia dapat beradaptasi terlebih di sana dia bisa berlatih bersama idolanya Ayip Rizal, tentunya hal ini menjadi penyemangat bagi Rifan. Kemampuan Rizal pun makin diasah di sana hingga ia berhasil menorehkan kemenangan untuk klubnya dan penghargaan prestisius di bidangnya.

    Sukses menjadi juara Proliga 2016 untuk klubnya, hal ini pun membuat ia mendapat penghargaan sebagai Most Valuabe Player. Ia pun berhasil mempertahankan emas di PON 2016 untuk Jawa Timur. Pada tahun 2017 Rivan memperoleh penghargaan the best Opposite Spiker di kejuaraan Asia, penghargaan tersebut memposisikannya menjadi yang terbaik di antara para spiker kelas atas asia.

    *Reorientasi*
    Usia Rifan masih tergolong muda namun ia telah memberi kontribusi lebih dari usianya, karenanya diyakini Rifan memiliki karier panjang. Ibarsjah Djanu sebagai pelatih Samantor pun meminta pemain asal Jambi ini tak cepat puas dan terus mengembangkan serta mengasag permainannya menjadi lebih baik lagi.

    Dengan begitu, ia bisa menjadi tulang punggung untuk tim nassional voli putra di masa depan menggantikan senior-seniornya di timnas. Besar harap kehadiran Rifab akan mengembalikan kejayaan Voli nasional saat di era Djoni Sugianto danm kawan-kawan.

    sumber: https://www.quipper.com/id/blog/mapel/bahasa-indonesia/contoh-teks-biografi/
    Hasil analisis kelompok kami:
    struktur teks biografi di atas sudah lengkap dan runtut

    BalasHapus
  33. Kelompok:
    1. REYSHA AYU AURALIA
    2. ZENI RAHMA MUTIARA NITASARI
    Kelas:
    XG

    Biografi Sastrawan Chairil Anwar:
    Chairil Anwar dilahirkan di Medan, 26 Julai 1922. Ayahnya bernama Toeloes, mantan bupati Kabupaten Indragiri Riau. Sedangkan ibunya Saleha, berasal dari Situjuh, Limapuluh Kota. Dia masih punya pertalian keluarga dengan Sutan Sjahrir, Perdana Menteri pertama Indonesia.

    Chairil Anwar dibesarkan dalam keluarga yang kurang harmonis. Chairil merupakan anak satu-satunya dari pasangan Toeloes dan Saleha. Sebagai anak tunggal, orang tuanya selalu memanjakannya. Namun, Chairil cenderung bersikap keras kepala dan tidak ingin kehilangan apa pun; sedikit cerminan dari kepribadian orang tuanya.
    Peristiwa dan Masalah Chairil bersekolah di Hollandsch-Inlandsche School (HIS) yang kemudian dilanjutkan di MULO, tetapi tidak sampai tamat. Walaupun latar belakang pendidikannya terbatas, Chairil menguasai tiga bahasa, yaitu Bahasa Inggris, Belanda, dan Jerman.

    Ia mulai mengenal dunia sastra di usia 19 tahun, namun namanya mulai dikenal ketika tulisannya dimuat di Majalah Nisan pada 1942. Setelah itu, ia menciptakan karya-karya lain yang sangat terkenal bahkan sampai saat ini seperti "Krawang Bekasi" dan "Aku".

    Selain dunia sastra Chairil juga berhubungan dengan banyak wanita. Chairil pernah jatuh cinta pada Sri Ayati tetapi hingga akhir hayatnya Chairil tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkannya. Kemudian ia memutuskan untuk menikah dengan Hapsah Wiraredja pada 6 Agustus 1946. Mereka dikaruniai seorang putri bernama Evawani Alissa, namun bercerai pada akhir tahun 1948.

    Selama hidupnya Chairil anwar berhasil membuat beberapa karya tulis diantaranya adalah
    Deru Campur Debu (1949)
    Kerikil Tajam dan Yang Terampas dan Yang Putus (1949)
    Tiga Menguak Takdir (1950) (dengan Asrul Sani dan Rivai Apin)
    “Aku Ini Binatang Jalang: koleksi sajak 1942-1949″, disunting oleh Pamusuk Eneste, kata penutup oleh Sapardi Djoko Damono (1986)
    Derai-derai Cemara (1998)
    Pulanglah Dia Si Anak Hilang (1948), terjemahan karya Andre Gide
    Kena Gempur (1951), terjemahan karya John Steinbeck

    Chairil Anwar meninggal dalam usia yang masih muda yaitu sebelum menginjak usia 27 tahun. Chairil di Rumah Sakit CBZ, Jakarta pada tanggal 28 April 1949. Penyebab kematiannya tidak diketahui pasti, menurut dugaan lebih karena penyakit TBC. Ia dimakamkan sehari kemudian di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak, Jakarta

    Puisi Chairil Anwar memang kaya warna. Karya-karya puisinya bertema perjuangan/herois, puisi cinta atau pun puisi tentang pandangan kegamaan Semua tulisannya dikompilasi dalam tiga buku yang diterbitkan oleh Pustaka Rakyat. Makamnya pun diziarahi oleh ribuan pengagumnya dari masa ke masa. Hari meninggalnya juga selalu diperingati sebagai Hari Chairil Anwar.


    Sumber: https://www.mikirbae.com/2015/08/teks-biografi-tokoh-sastra-indonesia.html?m=1

    Hasil analisis dari kelompok kami:
    Struktur teks biografi di atas sudah lengkap mulai dari orientasi,kejadian/peristiwa dan masalah,lalu reorientasi.
    Kemudian penggunaan tanda baca dan kata serapan juga sudah benar.
    Namun ada penulisan kata yang salah yaitu "Krawang Bekasi" dan "Aku" seharusnya ditulis "Karawang Bekasi" dan "Aku"

    BalasHapus
  34. Nama Kelompok
    Dyvania Cahya A/11
    Madela Indri K/20
    Kelas: X-E
    Biografi Tentang Jenderal Sudirman

    Jenderal Soedirman merupakan pahlawan nasional yang lahir di Purbalingga, 24 Januari 1916. Ia lahir dari keluarga biasa dan diadopsi oleh pamannya yang seorang priyayi.

    Semasa hidupnya, Jenderal Soedirman dikenal aktif dan sering melakukan kegiatan ekstrakulikuler. Bahkan sejak duduk di sekolah menengah, Jenderal Soedirman sudah menunjukkan jiwa-jiwa kepimpinannya yang dimilikinya.

    Pada tahun 1944, Jenderal Soedirman membuat keputusan untuk bergabung dengan PETA (Pembela Tanah Air) dan kemudian dipercaya menjadi Komandan Batalyon Banyumas.

    Saat menjadi seorang komandan, beliau dengan rekan prajurit lainnya melancarkan sebuah pemberontakan. Akibat dari pemberontakan tersebut, Jenderal Soedirman diasingkan di Bogor. Di tahun 1984, Jenderal Soedirman diangkat sebagai Panglima Besar dan mulai dikenal keberadaannya ketika Perang Gerilya 1 Maret 1949.

    Beliau wafat di Magelang, 29 Januari 1950 di umurnya yang ke-34 tahun. Karena semangatnya untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia, jasa Jenderal Soedirman pun masih dikenang hingga sekarang.

    sumber dari: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6550591/20-contoh-teks-biografi-inspiratif-tentang-sejumlah-tokoh-berpengaruh

    BalasHapus
  35. Nama kelompok:
    1.Rahma Nabilla(29)
    2.Salma Qolbunnida (32)
    Kelas:X-F
    •BIOGRAFI OLAHRAGAWAN•
    Greysia Polii atau dikenal dengan Greys lahir di Jakarta pada tanggal 11 Agustus 1987. Atlet bulu tangkis dalam sektor ganda putri Indonesia lahir dari pasangan Willy Polii dan Evie Pakasi. Dia merupakan anak ketiga dari lima bersaudara. Wanita keturunan Manado ini telah menikah dengan seorang pengusaha bisnis perhiasan, Felix Djimin.

    Saat kecil, Greys tinggal di Jakarta hingga berusia 2 tahun, lalu pindah ke Manado karena ayahnya meninggal dunia. Ia tertarik untuk terjun ke permainan bulu tangkis karena pengaruh dari salah seorang kakaknya, Deyana Lomban, salah satu mantan atlet bulu tangkis nasional Indonesia. Bakat Greys mulai terlihat ketika berusia 6 tahun. Ketika menginjak usia 8 tahun, Greys dan ibunya memutuskan untuk pergi ke Jakarta sehingga Greys bisa mendapatkan pelatihan bulu tangkis dan bersekolah dengan baik. Ibunya harus banting tulang sehingga dapat membiayai Greysia Polli, salah satunya dengan menerima jasa jahit baju.
    Greysia Polii bergabung ke sebuah klub bernama Jaya Raya Jakarta. Semasa berada di klub, ia sangat sering berlatih untuk mewujudkan mimpinya tersebut. Pada awalnya, ia difokuskan untuk menjadi pemain tunggal. Kemudian Retno Koestijah menyadari bahwa Greysia memiliki bakat untuk menjadi pemain ganda. Keputusan tersebut membuat Greys dapat bergabung dengan tim nasional bulu tangkis Indonesia pada tahun 2003.

    Greys memulai karirnya sebagai atlet ganda putri dan campuran. Bersama dengan Heni Budiman dan Muhammad Rijal, Greys banyak menghasilkan prestasi pada kejuaraan – kejuaraan bulu tangkis junior. Pada tahun 2008, Greys berpasangan dengan Nitya Krishinda Maheswari. Selama berpasangan selama setahun, mereka belum menunjukkan prestasi yang diharapkan. Tahun 2009, Greys dipasangkan dengan Meiliana Jauhari dan membawa hasil yang cukup mengejutkan yakni sampai ke seperempat final Singapura Open. Pada tahun 2012, Greys diberi kesempatan pertama untuk mengikuti Olimpiade di London. Namun, ia dan Meiliana dianggap melanggar kode etik sehingga harus didiskualifikasi dari pertandingan tersebut. Awal 2013, Greys dipasangkan lagi dengan orang lain yakni Anggia Shitta Awanda.
    Tidak lama setelah itu, Greys harus mengganti partnernya lagi. Ia dipasangkan kembali dengan rekan lamanya, yakni Nitya. Tahun 2016, Greys mendapat kesempatan kedua untuk mengikuti Olimpiade. Namun, ia kembali gagal. Pada tahun itu juga, rekannya, Nitya mengalami cedera serius dan harus pensiun. Hal tersebut sempat membuat Greysia Polii menyerah. Ia berpikir untuk berhenti dan keluar dari olahraga bulu tangkis seperti rekannya.

    Akan tetapi, sang pelatih membujuk agar Greys tetap bermain di tim nasional dan tidak keluar. Greys menuruti perkataan pelatihnya dan bersabar untuk menunggu partner yang mampu membawanya menjadi juara. Penantian panjang yang dilakukan oleh Greysa Polii membuahkan hasil. Tahun 2017, ia dipasangkan dengan partnernya sampai sekarang, Apriyani Rahayu. Greys yang umurnya tidak muda lagi harus bersabar karena dipasangkan dengan Apriyani yang bisa dikatakan belum mempunyai banyak pengalaman, seperti Greys.
    Namun harapan mulai muncul ketika ia bersama dengan Apriyani mampu menjadi juara pada Thailand Open 2017 dan Prancis Open. Bersama dengan Apriyani, ia mulai bangkit lagi dan meraih gelar juara di banyak turnamen. Titik utamanya adalah ketika Olimpiade di Tokyo. Olimpiade ini menjadi penebusan dari kekalahan dua kali yang diderita olehnya pada tahun-tahun sebelumnya. Greys juga membuktikan kemampuan, kerja keras, dan kesabaran yang selama ini telah ia berikan tidak berakhir sia-sia.

    https://kumparan.com/karyn-susanto/biografi-greysia-polii-pahlawan-indonesia-di-olimpiade-2021-1wbar93K27w

    Hasil Analisis
    Struktur teks biografi tersebut sudah lengkap dan jelas bahwa di dalam struktur tersebut sudah terdapat biodata,status,pekerjaan,dan juga perjalanan hidup yang ia jalani dari titik awal sampai akhir,hingga prestasi ' yang di dapat.

    BalasHapus

  36. Nama kelompok X-E :
    1.Nadila Anggraeni/25
    2.Nour Azila Fathika R.L/28

    BIOGRAFI MARTHA CHRISTINA TIAHAHU

    Martha Christina Tiahahu adalah seorang gadis dari desa Abubu,Nusalaut, Maluku Tengah. Pada usia 17 tahun, ia ikut mengangkat senjata melawan tentara Belanda. Ayahnya adalah Kapitan Paulus Tiahahu, seorang kapitan dari negeri Abubu yang membantu Thomas Matulessy dalam Perang Pattimura pada 1817.

    Lahir: 4 Januari 1800 Abubu, Nusa Laut,Maluku Tengah
    Meninggal: 2 Januari 1818 (umur 17)
    Laut Banda, Maluku Tengah, Indonesia
    Ayah: Kapitan Paulus Tiahahu
    Sebab meninggal: Sakit
    Monumen: Patung di Ambon, Maluku, patung di Abubu
    Kebangsaan :Indonesia
    Pekerjaan :Gerilyawan
    Tahun aktif :1817
    Orang tua :Paulus Tiahahu
    Penghargaan: Pahlawan Nasional Indonesia

    M.C. Tiahahu merupakan seorang pejuang kemerdekaan. Ketika ikut dalam pertempuran melawan tentara Belanda saat Perang Pattimura (1817), ia masih remaja. Keberaniannya terkenal di kalangan pejuang, masyarakat luas, dan bahkan musuh-musuhnya.

    Sejak awal perjuangan, ia selalu ikut mengambil bagian dan pantang mundur. Dengan rambut panjangnya yang terurai ke belakang serta berikat kepala sehelai kain berang (merah), ia setia mendampingi ayahnya dalam setiap pertempuran, baik di Pulau Nusalaut maupun di Pulau Saparua. Siang dan malam ia selalu hadir dan ikut dalam pembuatan kubu-kubu pertahanan. Ia juga membangkitkan semangat kaum wanita di sekitarnya agar ikut membantu kaum pria di setiap medan pertempuran.

    Di dalam pertempuran yang sengit di Desa Ouw – Ullath jasirah tenggara Pulau Saparua yang tampak betapa hebat srikandi ini menggempur musuh bersama para pejuang rakyat. Namun akhirnya karena tidak seimbang dalam persenjataan, tipu daya musuh dan pengkhianatan, para tokoh pejuang dapat ditangkap dan menjalani hukuman. Ada yang harus mati digantung dan ada yang dibuang ke Pulau Jawa. Kapitan Paulus Tiahahu divonis hukum mati tembak. Martha Christina Tiahahu berjuang untuk melepaskan ayahnya dari hukuman mati, tetapi ia tidak berdaya dan meneruskan bergerilyanya di hutan, tetapi akhirnya tertangkap dan hendak diasingkan ke Pulau Jawa. Saat itulah ia jatuh sakit, namun ia menolak diobati oleh orang Belanda.

    Di Kapal Perang Eversten, Martha Christina Tiahahu menemui ajalnya dan dengan penghormatan militer jasadnya diluncurkan di Laut Banda tepatnya di antara Pulau Buru dan Pulau Manipa pada tanggal 2 Januari 1818.

    Untuk menghargai jasa dan pengorbanannya, Martha Christina Tiahahu dikukuhkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia.

    Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Martha_Christina_Tiahahu

    Hasil analisis: Teks biografi diatas sudah baik dan benar mulai dari orientasi yang menjelaskan tentang tokoh, masalah yang dijelaskan secara rinci dari awal hingga akhir dan adanya bagian reorientasi sebagai penutup.

    Terimakasih

    BalasHapus
  37. Nama kelompok
    1. Amelia Ananda Putri (02)
    2. Dewi Cahyani (09)
    Biografi musisi Iwan Fals


    Biografi Musisi Legendaris Indonesia: #1 Iwan Fals

    Musisi legendaris Indonesia ini lahir di Jakarta pada 3 September 1961 dengan nama asli Virgiawan Listanto. Iwan Fals menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Bandung, meskipun sempat pindah ke Jeddah, Arab Saudi, selama 8 bulan.

    Di Kota Kembang tersebut, Iwan Fals mengenal musik. Dia mencoba mengasah kemampuannya dalam bermain gitar dan menciptakan lagu, mulai dari usia 13 tahun. Lagu-lagu tersebut dibawakannya saat mengamen di Bandung.

    Saat lulus SMA, Iwan Fals mengadu nasib ke Jakarta untuk mewujudkan karir sebagai musisi. Bersama rekannya seperti Toto Gunarto, Helmi, dan Bambang Bule, mereka mengeluarkan album pertama. Sayang, album itu gagal di pasaran.

    Musisi legendaris Indonesia berzodiak virgo ini kemudian menikah dengan Rosana pada tahun 1980. Dua tahun kemudian, keduanya dikaruniai anak pertama.

    Iwan Fals yang masih mengamen juga sesekali mengikuti festival musik dan lomba mencipta lagu. Sampai akhirnya Iwan Fals berkesempatan bekerja di label musik Musica Studio, di sini lah lagu-lagu karyanya digodong serius.

    Perjalanan karir dan biografi musisi legendaris Indonesia ini pun dimulai. Nama Iwan Fals akhirnya booming lewat hits bertajuk Bento dan Bongkar pada tahun 1989. Kemudian bergabung dengan grup musik Kantata Takwa pada tahun 1990 dan menggelar konser yang didukung oleh pengusaha Setiawan Djodi.

    Ketenaran nama Iwan Fals selanjutnya melahirkan penggemar fanatik yang membentuk Yayasan Orang Indonesia (Oi), fans keluarga besar iwan fals yakni Fals Mania FC-SI (Fama) dan Komunitas Tiga Rambu (K3R).


    Sumber:
    https://www.cekaja.com/info/biografi-musisi-legendaris-indonesia

    Hasil analisis dari kami :
    struktur teks biografi di atas belum lengkap karena tidak ada reorientasi. Untuk itu di bawah ini perbaikannya

    Berikut ini adalah tambahan dari kami agar struktur teks biografi pa musisi Iwak Fals tersebut mempunyai reorientasi

    Orientasi: terletak di kelahiran Iwan Fals

    Terjadinya masalah: Saat lulus SMA, Iwan Fals mengadu nasib ke Jakarta untuk mewujudkan karir sebagai musisi. Bersama rekannya seperti Toto Gunarto, Helmi, dan Bambang Bule, mereka mengeluarkan album pertama. Sayang, album itu gagal di pasaran.

    Reorientasi: Iwan Fals ialah salah satu musisi asal Indonesia yang mempunyai bakat bermain gitar yang sudah terlihat pada saat masih SMA. Setelah lulus SMA Iwan Fals mengadu nasib ke Jakarta untuk mewujudkan karir sebagai musisi. Sampai akhirnya Iwan Fals berkesempatan bekerja di label musik Musica Studio, di sini lah lagu-lagu karyanya digodong serius. Nama Iwan Fals akhirnya booming lewat hits bertajuk Bento dan Bongkar pada tahun 1989.

    BalasHapus
  38. (Revisi)
    Kelompok:
    1. Khotimatun Najwa
    2. Suntamah Nuraeni
    Kelas:
    X-E

    Biografi penulis dari Internet:
    Sitor Situmorang (1924 – 2014) adalah tokoh yang kompleks. Ia adalah penyair Indonesia terkuat, penulis cerita pendek yang karyanya harus diperhitungan bagi siapa saja yang hendak membuat kumpulan cerita pendek terbaik dunia, tokoh film karena dari tangannya lahir cerita film Darah dan Doa (1950) yang dianggap sebagai tonggak pertama film Indonesia, dan eseis kebudayaan yang buah pikirannya memberikan sumbangan penting bagi pencerahan serta pembaruan dalam alam kebudayaan Indonesia. Selain itu ia juga seorang penulis naskah drama, jurnalis, penerjemah, sejarawan sekaligus antropolog Batak.

    Akan tetapi dari semua yang paling menarik adalah kepribadiannya. Ia adalah sedikit dari sastrawan yang tidak mengalami ambiguitas moral dan politik yang membebani kaum intelektual sekular Indonesia modern. Dalam dirinya tiada keterbelahan antara kepenyairan dan aktivitas politik. Sitor menempuh jalan individual yang eksistensialistik dan romantik sekaligus jalan Angkatan yang melibatkan penciptaan dengan berbagai pengalamannya melalui bermacam-macam zaman, mulai tahap perkembangan nasionalisme, perang kemerdekaan, modernisme, sampai konflik ideologi-ideologi besar. Sitor menganggap umurnya yang panjang dan kehidupannya yang luas jangkauan geografinya—dari masa kecil di pedalaman Batak yang terpencil sampai kota-kota dunia dengan perubahan politik sejak zaman kolonial, demokrasi terpimpin, orde baru hingga era reformasi sekarang dengan berbagai penjaranya dan pemikiran pasca modernisme yang dihadapi serta dialaminya—sebagai kawasan historis yang kaya dan perlu dirayakan dalam aneka penciptaan. Hidup dan karyanya menjadi adalah gambaran perjalanan Indonesia modern.

    Sumber: https://www.goodreads.com/id/book/show/25557290

    Hasil analisis dari kelompok kami:

    Struktur biografi diatas masih kurang lengkap yaitu pada bagian kejadian atau peristiwa, teks biografi diatas lebih menekankan pada orientasi dan reorientasi.Juga ada kata yang salah ketik yaitu 'diperhitungan' seharusnya 'diperhitungkan', selain itu menurut saya semuanya sudah bagus

    BalasHapus
  39. NAMA :
    -INGGIATARI NIKMATUL FADILLA (15)
    -LARASATI PRAMESNING YUWARNO (18)
    KELAS : X-E

    *Orientasi*

    BJ Habibie lahir pada 25 Juni 1936 di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Presiden ketiga Indonesia ini memiliki nama lengkap Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau pernah menjabat sebagai Wakil Presiden RI ketujuh. Ibunda Habibie berasal dari Jawa, sedangkan ayahnya asal Pare-Pare. Beliau memiliki kecerdasan pada ilmu teknologi dan pengetahuan, terutama fisika, semenjak masih kecil.

    *Peristiwa Penting*

    Beliau kuliah Teknik Mesin di ITB atau Institut Teknologi Bandung selama enam bulan, kemudian ia melanjutkan pendidikannya ke Jerman pada 1955 di Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule. Kuliahnya dibiayai ibunya, R.A. Tuti Marini Puspowardoyo. Butuh waktu 10 tahun Habibie muda menuntaskankan studi S-1 sampai S-3 di Aachen, Jerman. Tak seperti kebanyakan mahasiswa Indonesia yang memperoleh beasiswa ke luar negeri, selama kuliah S1 dan S2, yang membiayai kuliahnya adalah Ibundanya, di mana ibu Habibie menjalankan usaha katering dan menyewa rumah di Bandung sebagai penghasilan untuk hidup dan membayar biaya kuliah Habibie.

    Selama beliau kuliah di Jerman, Habibie menekuni dan mengeluti bidang desain dan konstruksi pesawat terbang di Fakultas Teknik Mesin. Butuh waktu lima tahun untuk mengakhiri studi di Jerman, Habibie pun memperoleh gelar Dilpom-Ingenenieur atau diploma teknik dengan predikat terbaik atau summa cumlaude.

    *Reorientasi*

    Setelah beliau menikahi teman semasa SMA-nya, yakni Ibu Hasri Ainun Besari pada 1962, lalu Habibie melanjutkan program doktoral dan dengan istrinya yang tinggal bersamanya di Jerman. Pada saat itu Habibie harus bekerja untuk membayar uang kuliah dan biaya kebutuhan rumah tangga. Semasa hidupnya beliau telah berkontribusi banyak bagi negara ini, membuat pesawat terbang RI pertama.

    berdasarkan biografi diatas itu sudah benar karena memuat 3 struktur yaitu
    1.orientasi
    2.kejadian/peristiwa masalah
    3.reorientasi

    SUMBER :
    https://www.bola.com/ragam/read/5019755/contoh-contoh-teks-biografi-singkat-yang-bisa-dijadikan-rujukan-lengkap-dengan-strukturnya

    BalasHapus
  40. REVISI:
    Nama kelompok X-E :
    1.Nadila Anggraeni/25
    2.Nour Azila Fathika R.L/28

    BIOGRAFI MARTHA CHRISTINA TIAHAHU

    ORIENTASI:

    Martha Christina Tiahahu adalah seorang gadis dari desa Abubu,Nusalaut, Maluku Tengah. Pada usia 17 tahun, ia ikut mengangkat senjata melawan tentara Belanda. Ayahnya adalah Kapitan Paulus Tiahahu, seorang kapitan dari negeri Abubu yang membantu Thomas Matulessy dalam Perang Pattimura pada 1817.

    Lahir: 4 Januari 1800 Abubu, Nusa Laut,Maluku Tengah
    Meninggal: 2 Januari 1818 (umur 17)
    Laut Banda, Maluku Tengah, Indonesia
    Ayah: Kapitan Paulus Tiahahu
    Sebab meninggal: Sakit
    Monumen: Patung di Ambon, Maluku, patung di Abubu
    Kebangsaan :Indonesia
    Pekerjaan :Gerilyawan
    Tahun aktif :1817
    Orang tua :Paulus Tiahahu
    Penghargaan: Pahlawan Nasional Indonesia

    PERISTIWA PENTING:

    M.C. Tiahahu merupakan seorang pejuang kemerdekaan. Ketika ikut dalam pertempuran melawan tentara Belanda saat Perang Pattimura (1817), ia masih remaja. Keberaniannya terkenal di kalangan pejuang, masyarakat luas, dan bahkan musuh-musuhnya.

    Sejak awal perjuangan, ia selalu ikut mengambil bagian dan pantang mundur. Dengan rambut panjangnya yang terurai ke belakang serta berikat kepala sehelai kain berang (merah), ia setia mendampingi ayahnya dalam setiap pertempuran, baik di Pulau Nusalaut maupun di Pulau Saparua. Siang dan malam ia selalu hadir dan ikut dalam pembuatan kubu-kubu pertahanan. Ia juga membangkitkan semangat kaum wanita di sekitarnya agar ikut membantu kaum pria di setiap medan pertempuran.

    Di dalam pertempuran yang sengit di Desa Ouw – Ullath jasirah tenggara Pulau Saparua yang tampak betapa hebat srikandi ini menggempur musuh bersama para pejuang rakyat. Namun akhirnya karena tidak seimbang dalam persenjataan, tipu daya musuh dan pengkhianatan, para tokoh pejuang dapat ditangkap dan menjalani hukuman. Ada yang harus mati digantung dan ada yang dibuang ke Pulau Jawa. Kapitan Paulus Tiahahu divonis hukum mati tembak. Martha Christina Tiahahu berjuang untuk melepaskan ayahnya dari hukuman mati, tetapi ia tidak berdaya dan meneruskan bergerilyanya di hutan, tetapi akhirnya tertangkap dan hendak diasingkan ke Pulau Jawa. Saat itulah ia jatuh sakit, namun ia menolak diobati oleh orang Belanda.

    Di Kapal Perang Eversten, Martha Christina Tiahahu menemui ajalnya dan dengan penghormatan militer jasadnya diluncurkan di Laut Banda tepatnya di antara Pulau Buru dan Pulau Manipa pada tanggal 2 Januari 1818. Untuk menghargai jasa dan pengorbanannya, Martha Christina Tiahahu dikukuhkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia.

    Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Martha_Christina_Tiahahu

    Hasil analisis: Teks biografi diatas sudah baik dan benar namun kekurangan terletak pada bagian reorientasi yang tidak ada. Bagian orientasi yang menjelaskan tentang tokoh sudah tepat, masalah yang dijelaskan secara rinci dari awal hingga akhir juga sudah tepat.

    PEMBENAHAN:

    Reorientasi:

    Atas semua jasa yang telah diberikan,
    Karena keberaniannya, membuat sosok Martha Christina Tiahahu dijuluki sebagai Srikandi dari Tanah Maluku. Untuk menghargai jasa dan pengorbanannya, Martha Christina Tiahahu dikukuhkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia.

    Terimakasih

    BalasHapus
  41. NAMA KELOMPOK: IDA AYU APRELIANIK (14)
    LAILYANA AINA AZZAHRA (17)
    KELAS:XE
    BIOGRAFI R.A KARTINI
    *Orientasi*
    Raden Ajeng Kartini atau dikenal dengan Ibu Kartini merupakan keturunan dari keluarga terpandang Jawa. Kartini lahir 21 April 1879, dimana pada saat itu adat-istiadat masih erat dipegang oleh masyarakat, termasuk keluarganya.
    Kartini pernah merasakan bangku sekolah hingga tamat sekolah dasar. Karakternya yang haus dengan ilmu pengetahuan membuatnya ingin terus melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.
    Akan tetapi, ayahnya tidak memberikan izin untuk melanjutkan sekolah. Mengetahui sikap ayahnya, Kartini sebenarnya sedih. Namun, dia tidak bisa mengubah keputusan ayahnya. Karena dia adalah anak yang pada zamannya masih terbelenggu oleh keadaan.

    *Peristiwa dan masalah*
    Justru Kartini tidak boleh lagi keluar rumah sampai tiba waktu menikah. Demi menghilangkan rasa bosan, dia menghabiskan waktunya untuk membaca buku ilmu pengetahuan. Lambat laun pengetahuannya bertambah dan wawasannya meluas.
    Banyak karya dan pemikiran wanita Eropa yang dikaguminya. Terlebih kebebasan mereka untuk bisa bersekolah. Rasa kagumnya itu membuat ia ingin memajukan wanita Indonesia.
    Dalam pandangannya, wanita tidak hanya bisa urusan "belakang" rumah tangga saja. Melainkan wanita juga harus bisa dan punya wawasan ilmu yang luas. Dia pun mulai mengumpulkan teman-teman wanitanya untuk diajari baca dan tulis serta ilmu pengetahuan lainnya. Semakin hari, dia disibukkan dengan aktivitas membaca dan mengajarnya.
    Kartini juga memiliki banyak teman di Belanda dan sering sekali berkomunikasi dengan mereka. Bahkan sempat dia memohon kepada Mr. J.H. Abendanon untuk memberikannya beasiswa sekolah di Belanda.
    Belum sempat dikabulkan permohonan beasiswanya dia dinikahkan oleh Adipati Rembang bernama Raden Adipati Joyodiningrat. Dia ikut suaminya setelah menikah ke Rembang. Walaupun begitu, api cita-citanya tidak padam. Beruntung Kartini mempunyai suami yang mendukung cita-citanya.
    Berkat kegigihan dan dukungan suami, Kartini mendirikan sekolah wanita di berbagai daerah. Sekolah wanita itu dikenal dengan nama Sekolah Kartini.
    Pada 17 September 1904, Kartini menghembuskan napas terakhirnya pada usia 25 tahun, setelah ia melahirkan anak satu-satunya. Dia adalah salah satu wanita yang menjadi pelopor emansipasi wanita di tanah Jawa.
    Surat-surat korespondensinya dengan teman-temannya di Belanda dibukukan oleh Abendanon dengan judul Door Duisternis Tot Licht atau Habis Gelap Terbitlah Terang. Buku ini menjadi inspirasi banyak wanita.

    *Reorientasi*
    Sesuai dengan Keppers No 108 tahun 1964 pada 2 Mei 1964. Kartini resmi digelari pahlawan nasional oleh pemerintah Indonesia. Keppres ini juga menetapkan tanggal 21 April sebagai Hari Kartini. Namanya kini diabadikan sebagai nama jalan, tidak hanya di Indonesia melainkan hingga di kota-kota Belanda. W.R Supratman bahkan membuatkan lagu yang kita kenal dengan Ibu Kita Kartini untuk mengenang jasa-jasanya.

    menurut penelitian kami biografi diatas sudah benar karena sudah mengandung struktur berikut:
    -orientasi
    -peristiwa dan masalah
    -reorientasi

    sumber:https://www.materibindo.com/2018/06/contoh-teks-biografi-singkat-pahlawan.html?m=1

    BalasHapus
  42. Nama: Dhina Mustika Wati/10
    Savina Damayanti/32
    Kelas: X-E

    Biografi Sri Sultan Hamengkubuwono X

    Nama Lengkap: Sri Sultan Hamengkubuwono X
    Alias: Sri Sultan HB X
    Agama: Islam
    Tempat Lahir: Yogyakarta
    Tanggal Lahir :Selasa, 2 April 1946
    Zodiak: Aries
    Warga Negara: Indonesia
    Istri: Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas
    Anak: Gusti Raden Ajeng (GRAJ) Nurmalita Sari, Gusti Raden Ayu (GRAy) Nurma Gupita , Gusti Raden Ajeng (GRAJ) Nurkamnari Dewi, Gusti Raden Ajeng (GRAJ) Nurabra Juwita, Gusti Raden Ajeng (GRAJ) Nur Astuti Wijareni

    Sri Sultan Hamengkubuwono X lahir dengan nama BRM Herjuno Darpito. Setelah dewasa bergelar KGPH Mangkubumi dan setelah diangkat sebagai putra mahkota diberi gelar KGPAA Hamengku Negara Sudibyo Rajaputra Nalendra ing Mataram. Hamengkubuwono X adalah seorang lulusan Fakultas Hukum UGM.

    Penobatan Hamengkubuwono X sebagai raja dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 1989 dengan gelar resmi Sampeyan Dalem ingkang Sinuhun Kanjeng Sultan Hamengku Buwana Senapati-ing-Ngalaga Abdurrahman Sayidin Panatagama Khalifatullah ingkang Jumeneng Kaping Sadasa.

    Hamengkubuwono X aktif dalam berbagai organisasi dan pernah memegang berbagai jabatan di antaranya adalah ketua umum Kadinda DIY, ketua DPD Golkar DIY, ketua KONI DIY, Dirut PT Punokawan yang bergerak dalam bidang jasa konstruksi, Presiden Komisaris PG Madukismo, dan pada bulan Juli 1996 diangkat sebagai Ketua Tim Ahli Gubernur DIY. Pada 2010, bersama dengan Surya Paloh, Sri Sultan Hamengkubuwono X mencetuskan pendirian Nasional Demokrat.

    Setelah Paku Alam VIII wafat, dan melalui beberapa perdebatan, pada 1998 beliau ditetapkan sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dengan masa jabatan 1998-2003. Dalam masa jabatan ini Hamengkubuwono X tidak didampingi Wakil Gubernur. Pada tahun 2003 beliau ditetapkan lagi sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta untuk masa jabatan 2003-2008. Kali ini beliau didampingi Wakil Gubernur yaitu Paku Alam IX.

    Dukungan rakyat terlihat nyata ketika muncul keraguan pemerintah untuk melantik HB X sebagai gubernur Yogyakarta, meski calon gubernur Yogyakarta saat itu hanya satu, Sultan HB X. Pemerintah berpegang pada undang-undang tahun 1974, gubernur diusulkan oleh DPR tingkat I dan usul itu belum masuk ke pemerintah. Sekitar enam juta penduduk Yogyakarta pada tanggal 26 Agustus 1998, turun ke jalan. Mereka menyelenggarakan Mimbar Maklumat Rakyat. Hasilnya, mendaulat Sultan HB X sebagai gubernur pilihan rakyat, 3 Oktober 1998.

    Meski tidak memiliki “legitimasi” sebagai pemimpin pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta seperti ayahnya (HB IX berjasa besar dalam mempertahankan pemerintahan republik, mencetuskan serangan 1 Maret di masa revolusi), aktivitas perhatian dan sosial-politik HB X tidak bisa diabaikan. Dia salah satu dari empat tokoh yang di awal masa reformasi mencetuskan Deklarasi Ciganjur.

    Sejak terpilih sebagai Gubernur DIY pada 3 Oktober 1998, Sri Sultan memang dikenal sebagai sosok yang netral di antara berbagai kepentingan partai politk dan pemerintah. Karenanya, Sultan banyak diundang dalam seminar-seminar untuk membeberkan wawasan kebangsaannya.

    Dalam suatu kesempatan, Sultan pernah mengatakan, wawasan kebangsaan masa depan seharusnya merupakan pandangan proaktif untuk membangun bangsa menuju perwujudan cita-cita bersama sebagai suatu bangsa yang mandiri dan mampu mengembangkan inovasi iptek bangsa sendiri, agar memiliki keunggulan daya saing yang tangguh di dunia global.

    sumber:https://www.merdeka.com/sri-sultan-hamengkubuwono-x/profil

    menurut analisis dari kami struktur teks biografi diatas sudah lengkap.

    BalasHapus
  43. Revisi:

    Kelompok:
    Vivian Ardhia Erianti (37)
    Riski Alfi Nurzahroh(30)

    Biografi Marcus Fernaldi Gideon – Pemain Bulu Tangkis Ganda Putra Indonesia

    Marcus Fernaldi Gideon adalah salah satu pemain bulu tangkis Ganda Putra Indonesia. Marcus Fernaldi Gideon lahir Jakarta pada 9 Maret 1991. Marcus pernah berpasangan dengan Markis Kido di ganda putra dan ganda campuran bersama Rizki Amelia Pradipta. Pada tahun 2015, ia berpasangan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo di ganda putra. Pada penghujung tahun 2017 ini, Marcus Fernaldi Gideon bersama Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil mencatatkan sejarah baru di ganda putra yaitu juara 7 turnamen dalam 1 tahun setelah pada hari minggu 17 Desember 2017 menjadi kampiun di turnamen SS Final Dubai dengan menaklukan pasangan Tiongkok Zhang Nan-Liu Cheng.

    Contents show
    Profil Singkat Marcus Fernaldi Gideon
    Nama: Marcus Fernaldi Gideon
    Lahir: Jakarta, Indonesia, 9 Maret 1991
    Kebangsaan: Indonesia
    Tinggi: 1.70 m (557 ft 9 in)
    Profesi: Atlet
    Orang Tua:
    Kurniahu Gideon (Ayah)
    Sujati Iskandar Bachtiar (Ibu)
    Pasangan: Agnes Amelinda Mulyadi (m. 2018)
    Pegangan: Kanan
    Peringkat Tertinggi BWF: 1 (bersama Marcus Gideon)
    Peringkat saat ini BWF: 1 (bersama Marcus Gideon)

    Perjalanan Karier Bulu Tangkis Marcus Gideon
    Marcus Fenaldi Gideon atau lebih dikenal dengan Marcus Gideon lahir di Jakarta pada 9 Maret 1991. Sejak kecil, Gideon mencintai olahraga bulutangkis. Saat masih berusia belia, ia pun masuk pembinaan di Pelatnas Cipayung. Kemampuan bermain Gideon semakin berkembang.

    Pada 2013, saat usianya 22 tahun, Marcus keluar dari Pelatnas Cipayung. Waktu itu isunya PBSI tidak mencantumkan nama Marcus untuk mengikuti All England. PBSI justru mengirimkan pasangan lain yang secara peringkat masih di bawah Marcus. Lama berselang setelah kejadian itu, Marcus kembali ke Pelatnas Cipayung pada tahun 2014. PBSI tidak bisa membiarkan pemain sekelas Marcus untuk tidak masuk dalam Pelatnas setelah melihat prestasinya di luar Pelatnas.

    Setelah dipanggil kembali ke Pelatnas, Marcus yang sebelumnya berpasangan dengan Markis Kido langsung dipasangkan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo, yang saat itu belum ada pasangannya. Tak disangka, pasangan baru ini bisa beradaptasi dengan baik dan meraih berbagai gelar kejuaraan dunia.

    Pada tahun 2015, Marcus dan Kevin mulai unjuk gigi dengan meraih posisi Runner Up di Chinese Taipe Terbuka dan juara pada Chinese Taipei Master. Pada tahun 2016, duet pasangan ini menggebrak dunia, mereka berhasil menjuarai Malaysia Master, India Open, Australia Open, China Open dan berhasil meraih gelar hattrick alias berturut-turut tiga kejuaraan Malaysia, India, dan All England.

    Berkat prestasinya, pada 2017 pasangan yang dikenal dengan julukan The Minions ini akhirnya dinobatkan sebagai peringkat pertama dunia versi BWF. Selain itu, mereka juga kembali berhasil menjuarai Japan Open.

    Prestasi Marcus Fernaldi Gideon
    Berikut sederet prestasi yang diraih Marcus Gideon di dunia bulu tangkis:

    Juara Prancis Terbuka 2013
    Medali Perak Singapura 2015 Ganda Putra
    Medali Emas Singapura 2015 Beregu Putra
    Medali Perak Piala Thomas Kunshan 2016 Beregu Putra
    Medali Perunggu Piala Sudirman Dongguan 2015 Beregu Campuran
    Juara Australia Open 2016
    Juara India Open 2016
    Juara China Open 2016
    Juara India Open Super Series 2017
    Juara Malaysia Open Super Series Premier 2017
    Juara All England 2017
    Juara Japan Open 2017
    Runner Up Denmark Open 2017
    Juara BWF Superseries Finals 2017
    Medali Emas Beregu Putra, Asian Games 2018 Indonesia
    Demikian artikel tentang “Biografi dan Profil Lengkap Marcus Fernaldi Gideon – Pemain Bulu Tangkis Ganda Putra Indonesia“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.

    Sumber:https://www.infobiografi.com/biografi-dan-profil-lengkap-marcus-fernaldi-gideon-pemain-bulu-tangkis-ganda-putra-indonesia/

    Hasil analisis dari kelompok kami: struktur teks biografi diatas sudah lengkap dan runtut.

    BalasHapus
  44. Kelompok:
    Chelsea Josephine Sigiro (07)
    Salsabila saifani (31)

    Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi, atau dikenal sebagai Nike Ardilla adalah penyanyi, pemeran, dan model berkebangsaan Indonesia. Ia meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas, di mana mobil Honda Civic yang dikendarainya menghantam beton di jalan Raden Eddy Martadinata, Bandung. Wikipedia

    Kelahiran: 27 Desember 1975, Bandung

    Meninggal: 19 Maret 1995, Bandung

    Orang tua: Nining Ningsihrat, Raden Edi Kusnadi

    Saudara kandung: Raden Deden Soni, Raden Alan Yudi

    Label rekaman: Musica Studio's, RCA Records, PolyGram

    https://g.co/kgs/q3ViYB



    menabrak sebuah pohon dan langsung terpental menabrak pagar beton bak sampah di kantor Usaha Pribadi di jalan RE. Martadinata, dan Nike menghembuskan napas terakhirnya.

    Ia meninggal dunia di saat popularitasnya sedang memuncak. Meski sudah wafat, tetapi ia masih produktif mengeluarkan album, meskipun albumnya masih sama, hanya berganti sampul saja.[8] Selama sejarah dunia hiburan Indonesia ada, hanya Nike Ardilla artis satu-satunya yang mendapatkan penghormatan paling tinggi di mana setiap tanggal kelahirannya dan kematiannya selalu diperingati.[9]

    Pasca kematian
    Setiap tahun ribuan orang telah melakukan ziarah baik itu sehari-hari atau setiap tanggal kematiannya dan tanggal kelahirannya Nike Ardilla. Maka dengan hal tersebut dapatlah di sebutkan kalau hanya Nike Ardilla yang menjadi bukti kegemilangan budaya pop. Di mana semenjak awal kariernya, berbagai poster Nike menghiasi ruang publik, baik itu kafe, bus, TV, sekolah, dan sebagainya.

    Bahkan setelah kematiannya pun nama Nike Ardilla masih mengisi ruang-ruang publik. Buktinya, tempat-tempat suci didirikan seolah-olah mentasbihkan kalau Nike Ardilla adalah pahlawan dan tokoh baru pada zaman ini, Nike Ardilla Resto and Gallery dibangun untuk mengenangnya di Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan. Bagaikan museum, makamnya selalu ramai dikunjungi semua kalangan. Tidak salah kalau George Quinn mentahbiskan Nike Ardilla setara dengan Para wali. Kematiannya masih mampu mengisi ruang-ruang publik hingga saat ini.[10][11]

    Pengaruh
    Tak lama setelah kematiannya namanya justru menjulang. Publik masih terus membicarakan Nike Ardilla. Majalah Asia Week menafsirkan Nike dalam sebuah kalimat satir "In Dead She Soared" atau "Dalam Kematian Dia Bersinar". Setiap tahunnya ribuan penggemar yang tergabung dalam Nike Ardilla Fans Club melakukan ritual khusus pada tanggal 19 Maret dan 27 Desember yaitu berziarah ke makam dan mengadakan acara mengenang Nike seperti memutarkan film-film Nike dan menyanyikan lagu-lagu Nike di Bandung, tempat kelahiran dan tempat berpulangnya Nike.

    Sebuah museum juga didirikan di Jalan Soekarno-Hatta, Bandung. Semua barang-barangnya tersimpan di sana, seperti pakaian yang dikenakannya saat kejadian dan replika kamar Nike. Selain itu, hampir semua album rekaman lagu-lagu Nike berhasil memperoleh penghargaan, terutama dari segi penjualan. Dalam rentang waktu yang relatif pendek, dia berhasil mengembangkan demikian jauh popularitas dan fanatisme penggemarnya bahkan melampaui apa yang diperoleh penyanyi terkenal yang sudah berkiprah puluhan tahun di dunianya.

    Di Sulawesi Barat terdapat sebuah rumah makan dengan nama Rumah Makan Nike Ardilla yang berlokasi di Wonomulyo, Polewali Mandar. Setiap harinya, rumah makan tersebut memutarkan lagu-lagu Nike.[12]

    Setelah 23 tahun berpulangnya Nike, akhirnya pada tahun 2018, musisi Melly Goeslaw menceritakan kenangan bersama Nike setelah merilis lagu "Bintang di Hati" yang dirilis 7 September ini menceritakan kisah persahabatan sejati. Lagu tersebut menjadi soundtrack film Dancing in the Rain dan sinetron Samudra Cinta.[13]

    https://g.co/kgs/q3ViYB

    BalasHapus
  45. Nama kelompok: NIKMATUL INDRI LESTARI (27)
    RIZKY ANGGITA ANGGRAINI (30)

    Orientasi: Kapitan Pattimura sebenarnya mempunyai nama asli Thomas Matulessy. Pattimura lahir pada 1783 di Saparua, Maluku. Beliau memimpin perlawanan yang melumpuhkan Belanda.

    Tahun 1817, Pattimura merebut salah satu benteng Belanda yang ada di Saparua dan menguasainya selama tiga bulan. Sayangnya, beliau akhirnya ditangkap oleh Belanda.

    Belanda menjatuhi hukuman gantung. Eksekusi terhadap Pattimura ini dilaksanakan pada 16 Desember 1817.

    Masalah dan peristiwa: Sepanjang kehidupannya, Pattimura dikenal sebagai orang yang mempunyai pendirian teguh. Beliau dibujuk oleh Belanda berkali-kali untuk bekerjasama.

    Tapi Pattimura menolak tawaran tersebut dengan tegas. Beliau lebih baik mati digantung daripada hidup hanya untuk mengkhianati negaranya sendiri.

    Saat Belanda menguasai Indonesia, rakyat Maluku mengalami berbagai penderitaan. Itulah sebabnya Pattimura memimpin pertempuran rakyat melawan Belanda dan merebut benteng Duurstede.

    Reorientasi: Perjuangan Pattimura yang sangat berani membuatnya gugur sebagai seorang pahlawan Indonesia.

    Beliau mengajarkan bahwa seseorang harus tangguh dan mempunyai hati yang teguh.

    Kedua hal tersebut sangat dibutuhkan dalam menumbuhkan rasa cinta terhadap negara dan mampu membuat seseorang rela berjuang untuk negaranya.

    berdasarkan biografi diatas itu sudah benar karena memuat 3 struktur yaitu
    1.orientasi
    2.kejadian/peristiwa masalah
    3.reorientasi

    Sumber:https//mamikos.com/info/contoh-teks-biografi-pahlawan-pljr/

    BalasHapus
  46. Nama kelompok:
    1. Mia Alisia Damayanti (21)
    2. Clerisia Amelia Audi Kirana (08)
    Kelas:X H
    Biografi Musisi Raisa Andriana

    *Orientasi*
    Raisa Adriana merupakan penyanyi wanita Indonesia yang lahir di Jakarta pada 6 Juni 1990. Raisa merupakan putri dari pasangan Allan N. Rachman dan Ria Mariaty. Raisa memiliki seorang kakak laki-laki bernama Rinaldi Nurpratama.
    Profil Singkat Raisa Adriana
    Nama : Raisa Andriana
    Lahir : Jakarta, 06 Juni 1990
    Ayah : Allan N. Rachman
    Ibu : Ria Mariaty
    Saudara (Kakak) : Rinaldi Nurpratama
    Zodiak : Gemini
    Agama : Islam
    Pendidikan :
    TK Islam Dian Didaktika Depok, Jawa Barat.
    SD Silam Dian Didaktika Depok, Jawa Barat.
    SMP Islam Dian Didaktika Depok, Jawa Barat.
    SMAN 34 Jakarta
    Universitas Bina Nusantara Internasional (Sarjana)

    *Peristiwa penting*
    Awal Karier Bernyanyi Raisa
    Pada saat itu, Raisa mendapat kesempatan bernyanyi dalam konser seorang komposer terkenal David Foster di Jakarta. Kemnmudian Raisa direkrut oleh Kevin Aprilio pada tahun 2008 untuk menjadi Vokalist band Andante miliknya. Namun saat hendak rekaman, pihak rekaman menginginkan konsep berbeda dan akhirnya Raisa keluar dari band Andante.

    Setelah keluar dari Band tersebut, Raisa menjadi penyanyi di kafe-kafe. Meski begitu ternyata peluang raiasa untuk menjadi penyanyi terkenal semakin terbuka hingaa pada tahun 2010 raisa merilis single perdana berjudul Serba Salah.

    Setelah mengeluarkan singlenya tersebut, Raisa makin banyak menerima banyak tawaran tampil di acara musik termasuk pada tahun 2011 ia tampil di festival Java Jazz. Ditahun yang sama yaitu tahun 2011 Raisa merilis album perdananya bertajuk Raisa.

    Karier Raisa makim meroket, Pada tahun 2012 Raisa mendapat penghargaan sebagai pendatang baru terbaik dalam ajangAnugrah Musik Indonesia Dan pada tahun yang sama pula Raisa mendapat penghargaan sebagai Best Vocal Female In A Song (New Female Artist) dalam ajang Anugrah Planet Muzik di Singapura.

    Pada Tahun 2013, Raisa kembali merilis album keduanya yang bertajuk Heart to Heart dengan 9 lagu didalamnya. Album, ini pun membuat karier bermusik Raisa makin meroket.
    Pada tahun 2015 Raisa dipercaya Walt Disney Pictures untuk menyanyikan Sountrack film Cinderella yang berjudul A Dream Is a Wish Your Heart Makes versi Indonesia.

    *Reorientasi*
    Selain menjadi seorang penyanyi, Raisa juga kerap tampil sebagai model iklan di televisi. Tahun 2016 lalu Raisa kembali merilis Album ketiganya yang bertajuk Handmade dan juga ia merilis album kompilasi yang bertajuk The Best of Raisa. Karier Raisa makin bersinar dan dia adalah salah satu penyanyi solo wanita terbaik Indonesia.

    Sumber: https://www.infobiografi.com/biografi-dan-profil-lengkap-raisa-adriana/

    Hasil analisis kelompok kami :
    Struktur teks biografi sudah lengkap, karena didalam teks biografi tersebut sudah mencakup peristiwa kehidupan seseorang secara runtut berdasarkan strukturnya dari awal hingga akhir

    BalasHapus
  47. Nama Kelompok:
    1. St. Nadira Assyifa (36)
    2. Veni Nur Fatimah (37)
    Kelas :
    X-H
    Biografi Musisi Maudy Ayunda

    *Orientasi*

    Ayunda Faza Maudya atau yang terkenal dengan nama Maudy Ayunda adalah seorang aktris dan penyanyi asal Indonesia umur 26 tahun yang lahir di Jakarta, pada 19 Desember 1994.Maudy Ayunda adalah anak pertama dari dua bersaudara dari pasangan Didit Jasmedi R. Irawan dan Muren Murdjoko.

    *Kejadian / peristiwa suatu masalah*

    Pada usia 10 tahun, Maudy Ayunda pernah menulis buku yang berisi kumpulan dongeng yang berjudul A Forest of Fable.
    Semua hasil penjualan dari buku dongeng tersebut disumbangkan kepada korban tsunami Aceh. Saat masih duduk di bangku SMA, Maudy Ayunda pernah menjadi ketua OSIS dan memenangkan beberapa lomba.
    Maudy pernah menjuarai lomba lari, lomba matematika dan Inter-School English Speech Contest.
    Maudy Ayunda mengawali kariernya saat ia masih duduk dibangku sekolah. Saat itu, Maudy Ayunda dipilih oleh asisten sutradara dari Miles Films yang menggelar audisi di sekolahnya.Tentu saja ini menjadi pengalaman pertama yang sangat berharga bagi Maudy Ayunda. Setelah membintangi film Untuk Rena, Maudy memilih fokus untuk pendidikannya.
    Maudy Ayunda mendapatkan peran perdananya dalam film Untuk Rena yang dirilis pada tahun 2005. Waktu itu usia Maudy baru 11 tahun.Selain membintangi film Untuk Rena, Maudy juga mendapatkan peran di film Sang Pemimpi. Selain membintangi berbagai judul film layar lebar, Maudy juga aktif di dunia modeling dan fotografi. Memasuki usianya yang 15 tahun, Maudy berhasil menduduki posisi finalis GADIS Sampul 2009.
    • Pada tahun 2011, Maudy Ayunda membintangi film Rumah Tanpa Jendela.
    • Pada tahun 2012, Maudy kembali bertemu dengan teman main pada film perdananya, Surya Saputra.
    • Pada tahun 2013, wanita yang memiliki suara merdu ini dipercaya untuk mengisi salah satu lagu soundtrack film Refrain yang juga diperankan olehnya. Lagu tersebut berjudul, Cinta Datang Terlambat.
    • Pada Januari 2014, Maudy berduet dengan penyanyi David Choi,yang bertempat tinggal di Amerika, dan mengeluarkan lagu berjudul By My Side.
    • Pada tahun 2015, Maudy merilis album keduanya berjudul Moments.
    • Pada tahun 2016, Maudy Ayunda kembali merilis single lagunya berjudul Jakarta Ramai.

    Reorientasi*
    Maudy Ayunda sangat menginspirasi anak muda di Indonesia khususnya perempuan untuk bisa menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya.Selain karena kemampuannya dalam bernyanyi dan berakting, Maudy Ayunda juga menginspirasi orang lewat keseriusannya dalam menuntut ilmu dan kepeduliannya terhadap isu-isu pendidikan.

    Sumber:
    https://www.selebsquad.com/2020/07/maudy-ayunda.html?m=1

    Hasil analisis kelompok kami :
    Struktur teks biografi sudah lengkap, karena didalam teks biografi tersebut sudah mencakup peristiwa kehidupan seseorang secara runtut berdasarkan strukturnya dari awal hingga akhir

    BalasHapus
  48. Nama Kelompok:
    Yolanda Nimas F/38
    Fifit Dwi K/12
    Kelas X-E
    Biografi Dewi Sartika

    Dewi Sartika adalah seorang putri dari pasangan priyayi dari Jawa Barat yang lahir pada tanggal 4 Desember 1884. Dewi Sartika memiliki orang tua yang ingin memiliki seorang putri berpendidikan, walaupun pada saat itu hal tersebut bukan merupakan hal yang sesuai dengan adat.

    Setelah ditinggal oleh sang ayah, Dewi Sartika diasuh oleh paman yang merupakan seorang Patih Cicalengka. Dari pamannya, Dewi Sartika mengetahui mengenai Sunda, sementara pengetahuan mengenai budaya Barat.

    Sedari kecil, Dewi Sartika sangat tertarik dengan dunia pendidikan. Sejak ia berusia 10 tahun, ia sudah mengajar kepada anak-anak yang ada di Cicalengka untuk bisa menulis, membaca, dan berbicara bahasa Belanda.

    Pada tahun 1902, Dewi Sartika meyakinkan pamannya untuk mendirikan sebuah sekolah untuk perempuan. Akhirnya di tahun 1904, Dewi Sartika bisa mendirikan Sakola Istri yang merupakan sekolah pertama di Hindia Belanda.

    Akibat dari niat baik Dewi Sartika ini, ia mendapatkan dukungan positif dari berbagai pihak. Atas jasa beliau di bidang pendidikan, Dewi Sartika diberi anugerah 'Bintang Jasa' oleh pemerintah Hindia Belanda.

    Sampai saat ini, jasa yang dilakukan oleh Dewi Sartika tidak bisa dilupakan dan sangat memberikan inspirasi serta harapan bagi banya orang, terutama perempuan dalam mewujudkan cita-citanya.

    sumber dari: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6550591/20-contoh-teks-biografi-inspiratif-tentang-sejumlah-tokoh-berpengaruh

    BalasHapus
  49. Nama : Riski maulana/28/XH
    Redi Prasetyo /27/XH
    Biografi : Rich Brian
    Kelas : XH

    Orientasi


    Rich Brian atau Brian Chingga merupakan rapper muda Indonesia yang mendunia. Album perdana pemilik nama lengkap Brian Imanuel yang bertajuk Amen berhasil puncaki tangga lagu iTunes Hip Hop seluruh dunia.

    Brian lahir di Jakarta, 2 September 1999. Laki-laki berdarah Tionghoa ini mengawali kariernya sejak berusia 11 tahun. Ia rajin mengunggah video komedi gaya Amerika lewat akun Instagram miliknya. Semua refrensi didapatkan Brian lewat internet.

    Brian mempelajari bahasa Inggris secara otodidak melalui video-video di Youtube dan lirik lagu dari musisi rap favoritnya seperti Childish Gambino, 2 Chainz, Macklemore, serta Tyler, The Creator.

    Orientasi

    Karier profesionalnya dalam bidang musik diawali dengan perilisan single Living the Dream lewat akun Youtube-nya. Namun, popularitasnya meledak setelah ia meluncurkan single kedua bertajuk Dat Stick.

    Salah satu pemicu yang mendompleng ketenarannya di jagat internasional yaitu video-video reaksi yang menampilkan penyanyi rap Amerika seperti Ghostface Killah, 21 Savage, Tory Lanez, MadeinTYO, Desiigner. Lagu Dat Stick menuai banyak pujian. Dat Stick sukses bertengger di peringkat empat tangga lagu Bubbling Under R&B/Hip-Hop Singles.

    Selang 6 bulan, Brian merilis single kedua berjudul Who That Be di iTunes yang diproduksi oleh Sihk. Selanjutnya, ia menggaet rapper asal Amerika, Ghostface Killah dan Pouya dalam lagu Dat Stick versi remix. Karier Brian semakin meroket, single Seventeen yang berhasil menembus satu juta kali putar di Youtube dan Soundcloud.

    Brian berkolaborasi dengan Zhu, Skrillex, serta THEY untuk lagu Working for It yang dirilis pada tahun 2017. Di bulan April, dia mengadakan tur Amerika perdana selama sebulan. Setelah itu, Brian kembali meluncurkan single bertajuk Gospel dengan berkolaborasi Bersama XXXTentacion dan Keith Ape.

    Lagu Gospel ini adalah lagu pertama yang dirilis di bawah naungan label 88rising. Hingga Oktober 2017, video klip Gospel telah ditonton sebanyak 21 juta kali di Youtube.

    Pada tanggal 15 Agustus, Brian merilis single berjudul Glow Like That yang dapat dinikmati di channel Youtube 88rising. Selanjunya, ia mengadakan tur nasional bertajuk Come to My Party Tour yang diselenggarakan dari tangal 9 September hingga 21 November 2017.

    Brian resmi mengganti nama panggungnya yang semula dikenal sebagai Rich Cingga menjadi Rich Brian setelah sempat merilis single Chaos, Crisis (kolaborasi dengan 21 Savage), dan See Me.

    Pada 2 Februari 2018, Rich Brian merilis album debutnya bertajuk Amen. Sebagian besar pengerjaan album ini dilakukan di Los Angeles, Amerika Serikat. Dalam album itu, terdapat beberapa lagu serius sedangkan sisanya adalah lagu bertema hal-hal konyol.


    Reorientasi

    Hanya dalam waktu singkat, Rich Brian berhasil menjadi musisi Asia pertama yang berhasil meraih posisi puncak #1 di iTunes Hip Hop Chart. Luar biasa, semua pencapaian yang tak terduga dari anak Indonesia.

    Hasil analisis teks biografi kami
    Menurut saya struktur teks biografi sudah lengkap karena terdapat 3 struktur dalam teks biografi tersebut

    Sumber:

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.viva.co.id/amp/siapa/read/734-rich-brian

      Hapus
  50. Kelompok:
    1. ANNISA FEBIANA NUR AZIZAH
    2. TATA FEBIYANTINA

    Kelas:
    XF

    Biografi Olahragawan dari Internet:

    Biografi dan Profil Lengkap Jonatan Christie

    Jonatan Christie adalah pebulutangkis tunggal putra Indonesia. Dia berasal dari PB. Tangkas Specs, Jakarta. Jonatan Christie lahir di Jakarta, 15 September 1997. Ia merupakan putra dari pasangan Andreas Adi Siswa dan Marianti Djaja.

    Profil Singkat Jonatan Christie
    Nama: Jonatan Christie
    Lahir: Jakarta, Indonesia, 15 September 1997
    Profesi: Atlet
    Tinggi badan: 1.79 m (587 ft 3 in)
    Berat badan: 75 kg (165 lb)
    Agama: Kristen
    Keluarga:
    Andreas Adi Siswa (Ayah)
    Marianti Djaja (Ibu)
    Ivan Christie (Saudara laki-laki)
    Pegangan: Kanan
    Peringkat dunia saat ini : 11 (20 March 2018)

    Perjalanan Karier Bulu Tangkis Jonathan Cristie
    Jonatan Christie atau sering disapa Jojo lahir di Jakarta, 15 September 1997, ia merupakan putra dari pasangan Andreas Adi dan Marianti Djaja. Sang ayah berperan besar dalam perjalanan kariernya di dunia bulu tangkis. Sejak kecil, Jojo sudah dikenalkan dengan bulu tangkis oleh ayahnya. Ia mulai bermain bulu tangkis saat berusia 6 tahun. Sebelumnya, ia juga diperkenalkan dengan olahraga lain seperti basket dan sepak bola. Tapi sang ayah menginginkan Jojo untuk fokus ke bulu tangkis.

    Pada tahun 2008 saat usianya baru menginjak 11 tahun, Ia mendapatkan 7 trofy kemenangan pada kejuaara tingkat DKI, nasional, dan internasional. Bahkan ia meraih medali emas pada ajang Olimpiade Pelajar Sekolah Dasar se-Asia Tenggara, Jakarta, 2008.

    Atas prestasi yang telah dicapai Jonatan tersebut, hal tersebut tentunya mengharumkan nama bangsa, Jonatan Christie mendapatkan penghargaan Satya Lencana dari Presiden RI ke-5 Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2009.

    Walaupun telah mendapatkan sejumlah penghargaan, Jonatan tidak terlena dan terus berlatih, ia ingin memiliki prestasi seperti idolanya pebulutangkis dunia Lin Dan. Tahun demi tahun, ia peroleh kemenangan, salah satunya yaitu meraih Juara Junior Asia U-15 Ichiba, Jepang, 2010.

    Pada Juli 2013, ia memenangkan gelar internasional senior pertamanya pada usia 15 tahun di Indonesia International Challenge, setelah mengalahkan Alamsyah Yunus. Pada tahun 2014, di turnamen Indonesia International Challenge, ia juga mencapai final namun kalah dari pemain veteran Korea Selatan Lee Hyun-il dalam pertandingan 5 set. Pada tahun 2013 dan 2014, Jonatan bersama Anthony Sinisuka Ginting dan Ihsan Maulana Mustofa merupakan andalan Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia Junior BWF dan Kejuaraan Asia Junior BWF. Selama mengikuti kejuaraan tersebut, Jonatan selalu kalah di perempatfinal dalam kejuaraan perorangan.

    Pada tahun 2015 Jonatan semakin sering mengikuti turnamen-turnamen senior di level yang lebih tinggi seperti Grand Prix, Grand Prix Gold, Super Series dan Super Series Premiere. Dia juga termasuk andalan Indonesia pada Sudirman Cup 2015, Sea Games 2015, Thomas Cup 2016, Sudirman Cup 2017 dan Sea Games 2017.

    Pada Indonesia Open Superseries Premiere 2015, Jonatan berhasil mengalahkan pemain veteran Korea, Lee Hyun Il di babak kedua walaupun akhirnya terhenti di perempat final. Setahun kemudian dia berhasil mengalahkan pemain terbaik sepanjang masa, Lin Dan di turnamen Indonesia Open Super Series Premiere 2016. Ia berhasil meraih medali emas tunggal putra di Sea Game 2017 setelah mengalahkan Khosit Phetpradab. Pada turnamen Korea Open Super Series 2017, secara mengejutkan dia dan rekannya Anthony Sinisuka Ginting berhasil menciptakan All Indonesian Final meskipun pada akhirnya dia menyerah atas lawannya dengan pertarungan rubber set.

    Sumber:
    https://www.infobiografi.com/biografi-dan-profil-lengkap-jonatan-christie-pebulutangkis-muda-indonesia/

    Hasil analisis dari kelompok kami:
    1. Struktur teks biografi diatas sudah mencakup dari orientasi, peristiwa penting, dan reorientasi.
    orientasi: paragraf 1, 2, 3
    pristiwa penting: paragraf 4, 5, 6, 7, 8
    reorientasi: paragraf 9

    2. dari teks biografi diatas menjelaskan perjalanan kehidupan tokoh.

    3. dari teks diatas tidak mengikutsertakan daftar prestasi dari tokoh.

    BalasHapus
  51. Kelompok:
    1. Ahmad Nasuki Alhafidhih
    2. M. Tedy Ardiansyah
    Kelas:X-F


    *orientasi*
    Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro lahir di Portugal 5 Februari 1985. Nama 'Ronaldo' diambil dari nama aktor Amerika favorit ayahnya – Ronald Reagan.
    *Peristiwa atau Masalah*
    Sejak usia dini, dia suka bermain sepak bola. Bakat, antusiasme, dan kecintaannya pada permainan sudah terlihat sejak kecil. Pada usia sepuluh tahun, kemampuannya telah dikenal di Portugal dan membawanya masuk dalam tim Portugal dari Madeira. Dia kemudian menandatangani kontrak dengan Sporting Lisbon – salah satu klub terbesar di Portugal.
    Eksposur internasional pertamanya datang ketika mewakili Portugal di bawah 17 tahun di kejuaraan UEFA. Penampilannya membuat dia ditandai oleh manajer sepakbola Eropa terkemuka. Pada tahun 2003, ia bermain melawan Manchester United ketika Sporting mengalahkan mereka 3-1 dalam pertandingan persahabatan. Dari sinilah karier sepak bolanya mulai melesat hingga kini. Dia beberapa menyabet gelar sebagai pemain terbaik dunia bersama El Real.
    *Reorientasi*
    Prestasi dan kemampuan Christiano Romnaldo hingga kini terus berada di level yang tinggi. Buktinay di klubnya saat ini di umur 37 tahun, dia masih menjadi pilihan utama dan sering jadi pemain kunci di timnya.

    Sumber :https://www.diadona.id/d-stories/pengertian-teks-biografi-ciri-struktur-dan-contoh-singkatnya-2205247.html

    Hasil analisis: struktur teks biografi di atas sudah lengkap

    BalasHapus
  52. KELOMPOK:X-F
    NAMA:LUQMAN (18)
    RIVAL EZIANTO (31)

    Biografi Lionel Messi dari internet:

    Lionel Andreas Messi merupakan nama lengkap dari Lionel Messi. Lionel Messi lahir pada 24 Juni 1987 di Rosario, Argentina Tengah. Ia hidup dengan keluarga cinta sepakbola sehingga hal ini turut memberikan pengaruh luar biasa bagi Messi untuk semangat dalam bermain sepakbola sejak usia dini. Pada usia empat tahun, Messi sudah bergabung dengan klub sepakbola lokal yang bernama Grandoli yang dilatih oleh ayahnya sendiri. Walau begitu, pengaruhnya sangat besar dalam karir sepakbolanya justru datang dari ibunya, Celia yang selalu setia menemani Messi saat sedang latihan dan ikut pertandingan.
    Messi sempat terpuruk di masa kecilnya itu. Ia bahkan tampak seperti anak yang kurang semangat setelah ia tahu dokter mendiagnosa dirinya seperti itu. Kemudian parahnya lagi, asuransi kesehatan milik ayahnya hanya mampu menutupi pembiayaan penyakit Messi yang mencapai $1000 per bulan hanya untuk masa dua tahun, kemudian mereka mencari bantuan.Pada akhirnya, keluarga Messi ingat memiliki kerabat di Catalonia dimana mereka merencanakan untuk mencoba memasukkan Messi di klub Barcelona untuk mendapatkan bantuan biaya perawatan penyakitnya di tahun 2000. Direktur tim pertama, Charly Rexach setuju dengan hal ini dan menawarkan sebuah kontrak yang pada waktu itu hanya ditulis dengan selembar sapu tangan.
    Sangat pantas memang jika Lionel Messi disebut sebagai salah satu pemain terbaik dunia. Lionel Messi memang menjadi pemain asal Argentina yang menjadi kebanggaannya dunia bahkan sampai saat ini. Banyak klub yang berusaha mengincarnya akan tetapi tak banyak yang mendapatkannya. Saat ini PSG adalah salah satu klub yang berhasil mempersunting pemain terbaik dunia Lionel Messi untuk menjadi bagian dari perjalanan karir PSG.Ada banyak prestasi yang diberikan oleh Lionel Messi. Salah satu prestasinya adalah mendapatkan penobatan Ballon d’Or sebanyak lima kali disepanjang karirnya yang tentu tidak semua pemain sepakbola bisa mendapatkannya dan Messi adalah pemain yang berhasil mendapatkan penobatan tersebut lima kali berturut – turut. Semua media, semua klub sepakbola, semua penggemar tentu mengakui kehebatan seorang Lionel Messi.

    Sumber:https://www.akupaham.com/biografi-lionel-messi/

    Hasil analisis kelompok kami:
    Struktur teks biografi kami sudah lengkap,karna didalam teks tersebut sudah mencakup peristiwa kehidupan seseorang runtut berdasarkan strukturnya dari awal hingga akhir.

    BalasHapus
  53. NAMA KELOMPOK
    1)FADELIA NAFISHA RAHMAN (12)
    2)NOVITA DWI CAHYANI(26)
    KELAS :XF
    OLAHRAGAWAN (MANNY PACQUIAO)

    Contoh Teks Biografi atlet steven gerrard

    Orientasi

    Steven Gerrard, pria bekebangsaan Inggris lahir pada 30 Mei 1980 di Whiston, Merseyside. Kiprahnya dikenal khalayak umum saat ia bermain untuk Liverpool dan membela tim nasional Inggris. Awal mula ia masuk ke sepak bola junior di Whiston Juniors yang merupakan tim asal kotanya. Gerrard bergabung secara resmi dengan akademi sepak bola Liverpool diusia sembilan tahun.

    Peristiwa dan Masalah

    Di umur 17 tahun, tepatnya 5 November 1997 Ia menandatangani kontrak profesional dengan Liverpool. Pada 29 November 1998 Gerrard memulai debutnya di tim utama Liverpool di ajang liga Inggris saat melawan Blackburn Rovers. Dalam musim debutnya, di musim pertama Gerrard mencatatkan 13 kali penampilan bersama The Reds.

    Gerard Houllier pelatih The Reds kala itu memberikan ban kapten pada Oktober 2003 kepadanya. Karena itu juga Gerrard memilih untuk memperpanjang kontrak 4 tahun kedepan pada musim itu. Pada musim 2003-2004 clubnya tidak meraih gelar apapun, hembusan isu ia akan pindah ke club bola lainnya kian santer.

    Bersama Rafael Benitez pelatih baru Liverpool Gerrard akhirnya tidak jadi keluar dan bertahan di Liverpool bersama. Dengan pelatih asal Spanyol ini ia menjadi permainan kunci Liverpool. Tahun 2005 ia mengantarkan Liverpool juarai Liga Champions. Dirinya pula sebagai bagian skuad Liverpool yang membawa piala juara FA saat 2006 silam.

    Baca juga : Contoh teks biografi singkat
    Sayangnya Gerrard tidak dapat memaksimalkan kesempatan terbaik menjadi juara liga Inggris di musim 2013-2014, nenjelang akhir kariernya. Namun, mirisnya selama ia berkarir di timnas belum ada gelar yang ia berikan hingga akhir karir. Tetap saja Gerrard merupakan sosok pemimpin yang disegani di timnas Inggris dan di Liverpool juga.

    Reorentasi

    Steven Gerrard adalah pemain sepak bola profesional yang telah menerima berbagai penghargaan. Misalnya penghargaan seperti nominasi Ballon d’ Or, UEFA Club Footballer of The Year, PFA Player of The Year. Adapun penghargaan non olahraga yang diterimanya berupa beasiswa dari Liverpool di John Moores University dan ia menjadi anggota Orde kerajaan Inggris.

    BalasHapus
  54. Nama kelompok :
    Aby putra Mahendra (2)
    M Fahmi Hermawan (23)

    Kelas:Xe

    Biografi tuanku imam Bonjol


    Tuanku Imam Bonjol lahir di Bonjol, Luhak Agam, Pagaruyung pada 1 Januari 1772 dengan nama Muhammad Syahab. Dia selanjutnya dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama Syekh Muhammad Said Bonjol atau Inyik Bonjol.

    Bonjol sendiri merupakan suatu kampung yang berada di daerah Sumatra Barat. Kampung ini terkenal karena Muhammad Syahab dilahirkan dan berjuang bersama-sama dengan seluruh lapisan masyarakat di tempat itu. Mereka saling bekerja sama menentang penjajahan dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

    Syahab adalah seorang ulama, pejuang, dan tokoh yang dituakan oleh masyarakat. Dia menjadi tempat meminta nasihat, petunjuk, dan mengadu segala hal, baik yang berkenaan dengan masalah keagamaan maupun kedunian. Hal inilah yang menyebabkan dirinya memperoleh beberapa gelar, yaitu Peto Syarif, Malin Basa, dan Tuanku Imam.Sebagai salah seorang pemimpin dari Harimau nan Salapan, Tuanku nan Renceh dari Kamang, Agam menunjuknya sebagai imam (pemimpin) bagi kaum Padri di Bonjol. Dia akhirnya lebih dikenal dengan sebutan Tuanku Imam Bonjol.

    Kehidupan Imam Bonjol mencerminkan keteladanan dan kesederhanaan. Patutlah jika Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Agama memilih dirinya untuk ditulis biografinya, dengan harapan perjuangannya dapat dijadikan sebagai pedoman hidup oleh generasi selanjutnya.

    Imam Bonjol adalah putra tunggal dari pasangan Bayanuddin Syahab dan Hamatun. Ayahnya merupakan seorang alim ulama yang berasal dari Sungai Rimbang, Suliki, Lima Puluh Kota. Bonjol dilahirkan di kalangan keluarga pedagang dan senang merantau. Inilah yang menyebabkan dirinya pernah dikirim ke Malaysia untuk mendapatkan pendidikan formal Sekolah Rakyat Desa (setingkat Sekolah Dasar) pada 1779.

    Setelah dewasa, dia belajar agama Islam kepada Syekh Ibrahim Kumpulan di Bonjol pada 1809–1814. Selanjutnya, antara tahun 1818 dia memperdalam ilmu Tarekat Naqsyabandiyah di Bonjol. Dia juga tertarik mempelajari budi bahasa yang luhur, tingkah laku, dan kearifan.Dia mempunyai beberapa orang istri, tetapi hanya satu yang mendampinginya hingga meninggal, yaitu Hajjah Solehah. Melalui pernikahannya dengan Solehah, dia dikaruniai 10 orang anak, yaitu lima orang anak laki-laki dan lima orang anak perempuan. Anak-anaknya adalah Hasan, Hasyim, Harun al-Rasyid, Syahrudin, Djusnah, Sawwadjir, Hasanah, Rofiah, Cholidi, dan Nur Baiti


    Sumber: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.gramedia.com/literasi/biografi-tuanku-imam-bonjol/&ved=2ahUKEwjX6pKJwKD-AhXCzjgGHSZHAPQQFnoECBIQAQ&usg=AOvVaw1GfbO29bXW8hpnMzkHevnT

    Menurut analisis kami teks tersebut sudah lengkap karena ada orientasi dan reorientasinya

    BalasHapus
  55. Nama:andika ahmad prastyo (04)
    :alfino widianto p (03)
    Kelas :x e

    1. Biografi singkat Presiden Sukarno
    Presiden Sukarno (commons.wikimedia.org)
    Presiden Sukarno (commons.wikimedia.org)
    Orientasi:

    Presiden pertama Republik Indonesia Sukarno, biasa dipanggil Bung Karno, lahir di Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai.

    Semasa hidupnya, ia dikaruniai delapan anak. Dari istri Fatmawati, ia mempunyai anak Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati, dan Guruh. Dari istri Hartini, ia dikaruniai Taufan dan Bayu, sedangkan dari istri Ratna Sari Dewi, perempuan keturunan Jepang bernama asli Naoko Nemoto, mempunyai anak Kartika.

    Peristiwa Penting:

    Memiliki nama lahir Koesno Sosrodihardjo, Sukarno hanya beberapa tahun hidup bersama orangtuanya di Blitar. Semasa SD hingga tamat, ia tinggal di Surabaya, indekos di rumah Haji Oemar Said Tokroaminoto, politisi kawakan pendiri Syarikat Islam.

    Kemudian, ia melanjutkan sekolah di HBS (Hoogere Burger School). Saat belajar di sana, Sukarno telah menggembleng jiwa nasionalismenya. Selepas lulus HBS tahun 1920, ia pindah ke Bandung dan melanjut ke THS (Technische Hoogeschool atau Sekolah Teknik Tinggi). Dari sana, ia berhasil meraih gelar insinyur "Ir" pada 25 Mei 1926.

    Kemudian, Sukarno merumuskan ajaran Marhaenisme dan mendirikan PNI (Partai Nasional lndonesia) pada 4 Juli 1927 dengan tujuan Indonesia Merdeka. Akibatnya, Belanda memasukkannya ke penjara Sukamiskin, Bandung, pada 29 Desember 1929.

    Delapan bulan kemudian, ia baru disidangkan. Dalam pembelaannya berjudul "Indonesia Menggugat", Bung Karno menunjukkan kemurtadan Belanda, bangsa yang mengaku lebih maju itu. Pembelaannya itu lantas membuat Belanda makin marah sehingga pada Juli 1930, PNI pun dibubarkan.

    Setelah bebas pada tahun 1931, Bung Karno bergabung dengan Partindo dan sekaligus memimpinnya. Akibatnya, ia kembali ditangkap Belanda dan dibuang ke Ende, Flores, tahun 1933. Empat tahun kemudian, ia dipindahkan ke Bengkulu.

    Setelah melalui perjuangan yang cukup panjang, Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. Dalam sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, Sukarno mengemukakan gagasan tentang dasar negara yang disebutnya sebagai Pancasila.

    Tanggal 17 Agustus 1945, Sukarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Dalam sidang PPKI 18 Agustus 1945, Sukarno terpilih secara aklamasi sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama.

    Sebelumnya, Sukarno juga berhasil merumuskan Pancasila yang kemudian menjadi dasar (ideologi) Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain berupaya mempersatukan nusantara, Bung Karno juga berusaha menghimpun bangsa-bangsa di Asia, Afrika, dan Amerika Latin dengan Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 1955 yang kemudian berkembang menjadi Gerakan Non Blok.

    Reorientasi:

    Pemberontakan G30S/PKI melahirkan krisis politik hebat yang menyebabkan penolakan MPR atas pertanggungjawabannya. Sebaliknya, MPR mengangkat Soeharto sebagai Pejabat Presiden. Kesehatannya terus memburuk yang pada hari Minggu, 21 Juni 1970, ia meninggal dunia di RSPAD. Ia disemayamkan di Wisma Yaso, Jakarta dan dimakamkan di Blitar, Jawa Timur, dekat makam ibunya. Pemerintah menganugerahkannya sebagai "Pahlawan Proklamasi".
    Sumber:
    https://www.idntimes.com/life/education/seo-intern/contoh-biografi-pahlawan-dan-tokoh-nasional

    BalasHapus
  56. Nama kelompok : Dafa Sandhika (06) Giovanni Alvin (13)
    Kelas : X-E

    *Biografi Pangeran Diponegoro*

    Pangeran Diponegoro lahir di Yogyakarta pada jumat 11 November 1785 dari ibu yang merupakan seorang selir bernama R.A. Mangkarawati, dan ayahnya yang bernama Gusti Raden Mas Surojo, yang di kemudian hari naik tahta bergelar Hamengkubuwono III.
    Pada saat Pangeran Diponegoro lahir, Ia diberi nama Raden Mas Mustahar yang akhirnya ia diberi gelar pangeran dengan nama Pangeran Diponegoro pada 1812 ketika ayahnya naik tahta menjadi Hamengkubuwono III.

    Pangeran Diponegoro memiliki 12 putra dan 5 orang putri dari 9 wanita yang dinikahinya. Saat ini, seluruh keturunan Pangeran Diponegoro tersebut hidup tersebar di Indonesia bahkan di luar negeri, termasuk Australia, Serbia, Jerman, Belanda, dan Arab Saudi.

    Pangeran Diponegoro sadar bahwa dirinya terlahir dari seorang selir. Ia pun menolak permintaan ayahnya, Sultan Hamengkubuwono III, untuk diangkat menjadi raja. Pasalnya, di lingkungan kerajaan pada saat itu yang biasa dinobatkan menjadi raja hanyalah anak dari permaisuri.

    Sekitar 1825-1830, Pangeran Diponegoro memimpin Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur dalam perang besar-besaran yang hampir-hampir meruntuhkan kekuasaan imperialis Belanda di Indonesia. Perang ini diawali dengan keputusan dan tindakan Hindia Belanda yang memasang patok-patok di atas lahan milik Diponegoro di Desa Tegalrejo. Ditambah lagi, Hindia Belanda yang tidak menghargai adat istiadat setempat serta eksploitasi berlebihan terhadap rakyat dengan pajak tinggi.

    Belanda melakukan berbagai cara untuk menangkap Pangeran Diponegoro dan pasukannya. Belanda membuat taktik sayembara barang siapa yang bisa menangkap atau membunuh Pangeran Diponegoro akan diberikan hadiah sangat besar yaitu 20.000 gulden. Akan tetapi, pengikut Pangeran Diponegoro pada saat itu tidak goyah akan tawaran tersebut

    Belanda berhasil menangkap Pangeran Diponegoro beserta keluarga dan pengikutnya pada 20 April 1830 yang kemudian dibawa dengan kapal Pollux menuju Manado. Sesampainya di Manado, Pangeran Diponegoro dan rombongannya langsung ditawan di Benteng Amsterdam

    Selanjutnya, Ia pun kembali dipindahkan ke Makassar. Hingga akhirnya pada 8 Januari 1855, Pangeran Diponegoro meninggal dan dimakamkan di kota tersebut.

    Sumber:https://www.suara.com/news/2020/12/17/124613/biografi-pangeran-diponegoro-pahlawan-nasional-yang-memimpin-perang-jawa?page=2

    Jadi ini kesimpulan yang dapat kami peroleh, bahwa teks biografi tentang pangeran Diponegoro sudah lengkap.. Yg berisi tentang orientasi, kejadian/ peristiwa dan masalah, dan reorientasi

    BalasHapus
  57. Kelompok:

    1. Dani Yudha Pradana (10)

    2. M Yusuf Fakri Fillah (23)

    Kelas:

    XG

    -Goenawan Mohammad-

    Struktur Teks Kalimat

    Orientasi :
    Goenawan Soesatyo Mohamad lahir di Batang, Jawa Tengah pada 29 Juli 1941. Goenawan Mohamad adalah seorang jurnalis dan sastrawan yang kritis dan berwawasan luas. ia juga dikenal sebagai penyair, penulis lakon, esesis.

    Goenawan Moehamad menikah dengan Widarti Djajadisastra dan memiliki dua anak, Hidayat Jati dan Paramita Mohamad. Dua cucu: Kiara dan Isaia.

    Peristiwa dan Masalah:
    Masa sekolah dasar diselesaikan di sekolah rakyat Negeri Parakan Batang, tahun 1953, kemudian melanjutkan ke SMP Negeri II Pekalongan dan lulus tahun 1956. Setelah lulus SMP Goenawan melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri Pekalongan dan lulus tahun 1959. Selepas SMA Goenawan mempelajari psikologi di Universitas Indonesia, mempelajari ilmu politik di Belgia dan menjadi Nieman Fellow di Harvard University, Amerika Serikat.

    Karir Goenawan Mohamad, dimulai dari Redaktur Harian KAMI (1969-1970), Redaktur Majalah Horison (1969-1974), Pemimpin Redaksi Majalah Ekspres (1970-1971), Pemimpin Redaksi Majalah Swasembada (1985). Dan sejak 1971, Goenawan bersama rekan-rekannya mendirikan majalah Mingguan Tempo. Jiwa kritisnya membawanya untuk mengkritik rezim Soehart. Tempo dianggap sebagai oposisi yang merugikan kepentingan pemerintah sehingga dihentikan penerbitannya pada 1994.

    Selama kurang lebih 30 tahun menekuni dunia pers, Goenawan menghasilkan berbagai karya yang sudah diterbitkan di antaranya kumpulan puisi dalam Parikesit (1969) dan Interlude (1971), yang diterjemahkan ke bahasa Belanda, Inggris, Jepang, dan Prancis. Sebagian eseinya terhimpun dalam Potret Seorang penyair Muda Sebagai Si Malin Kundang (1972), Sek*, Sastra, dan Kita (1980), dan Catatan Pinggir (1982).

    Selama kiprahnya di dunia jurnalis dan sastra Goenawan Mohammad beberapa penghargaan, diantaranya adalah Anugerah Hamengku Buwono IX bidang kebudayaan dari Universitas Gadjah Mada, Penghargaan Professor Teeuw dari Leiden University Belanda (1992), Louis Lyons dari Harvard University Amerika Serikat (1997), Internasional Editor (International Editor of the Year Award) dari World Press Review, Amerika Serikat (Mei 1999), Internasional dalam Kebebasan Pers (International Press Freedom Award) oleh Komite Pelindung Jurnalis (Committee to Protect Journalists) (1998), Wertheim Award (2005), dan Anugerah sastra Dan David Prize (2006)

    Reorientasi :
    Sebagai jurnalis dan sastrawan yang kritis dan berwawasan luas Goenawan Mohamad tanpa lelah, memperjuangkan kebebasan berbicara dan berpikir melalui berbagai tulisan dan organisasi yang didirikannya. Tulisannya banyak mengangkat tema HAM, agama, demokrasi, korupsi, dan sebagainya.

    Hasil analisis kelompok
    Struktur teks Biografi diatas sudah lengkap. Karena didalam teks tersebut sudah mencakup peristiwa kehidupan seseorang dengan runtut berdasarkan strukturnya dari awal hingga akhir.

    Sekian dari kamii terimakasih:)

    Sumber:
    https://www.mikirbae.com/2015/08/teks-biografi-tokoh-sastra-indonesia.html?m=1

    BalasHapus
  58. Kelompok:
    1. Sahasika Fathan Mahardika/30
    2. Levpi bagus Brian P/19
    Kelas:
    XH

    Biografi Musisi:
    Andra ramadhan
    Orientasi:
    Andra Junaidi Ramadhan dilahirkan pada tanggal 17 Juni 1972 sebagai anak bungsu dari enam bersaudara hasil pernikahan pasangan A. Ramadhan dan S.M. Fadilah. Andra mengaku terlambat mengenal musik, karena baru SMP lewat ekskul musiklah ia mulai tertarik pada musik.

    Peristiwa penting:
    Pertama ia bermimpi untuk menjadi seorang drummer terkenal, tetapi karena masalah biaya untuk membeli Drum sangat mahal dan setelah melihat teman-temannya asyik memetik gitar, hobinya pun berganti. Bermodal gitar pinjaman, ia mulai belajar gitar, dan memang karena bakat, kemampuan dan teknik permainannya berkembang sangat pesat.

    Di SMPN 6 inilah, Andra bertemu dengan Dhani, Wawan, dan Erwin kemudian mereka sepakat untuk membentuk band dengan nama Dewa pada tahun 1986.

    Aliran Rock yang pertama mereka geluti akhirnya pindah ke Jazz akibat pengaruh Erwin. Masalah kemudian bergelayut pada kehidupan Andra yaitu ketika ia harus memilih antara kariernya sebagai pemusik atau meneruskan kuliahnya di jurusan desain interior. Dengan pertimbangan yang matang, akhirnya Andra memilih untuk terus meniti karier di dunia musik, tetapi bukan berarti langkahnya tetap mulus, karena kedua orang tuanya tidak setuju kalau Andra harus melepaskan bangku kuliahnya. Layaknya orang tua biasa, mereka ingin melihat Andra meraih gelar sarjana seperti kelima kakaknya yang sudah selesai. Tapi akhirnya kedua orang tuanya mau mengerti dan memang terbukti pilihan Andra tepat. Setelah melepaskan kuliahnya, konsentrasinya ke Dewa 19 membuat kreativitasnya lebih tergali. Kontribusi Andra terhadap komposisi lagu Dewa 19 tak bisa dimungkiri.

    Pada tahun 1999, Andra menikah dengan Ismulia Permatasari dan sudah dikaruniai 2 orang putri yaitu Yasmeen Fadilah dan Khadeeja Aisha serta 2 orang putra yaitu Timur Zavier dan Ismael Ramadhan.

    Andra yang merupakan salah satu motor dan pendiri grup band Dewa 19, dengan kesetiaan seorang Andra dalam membesarkan Dewa 19 itulah yang patut diacungi jempol, karena Andra adalah satu-satunya orang selain Dhani sendiri yang dari awal sampai sekarang masih merupakan personel Dewa 19. Tapi dari dulu Andra memang sangat ingin membuat album solo sendiri, sedikit demi sedikit dia mengumpulkan lagu-lagu yang diciptakannya sendiri untuk project album solonya. Tapi karena jadwal Dewa 19 yang sangat padat dan memang orientasi pertama adalah untuk band kesayangannya itu maka album solonya sedikit tertunda.

    Sampai pada tahun 2006, saat jadwal Dewa 19 tidak terlalu padat akhirnya Andra mulai serius membuat album solonya itu. Karena pada tahun-tahun sebelumnya Andra bertemu dengan Stevie Item yang kala itu sebagai additional guitarist Dewa 19 dan merasa cocok dengan gaya permainan Stevie, jauh-jauh hari Andra sudah pernah menawarkan kepada Stevie untuk ikut bergabung dalam project tersebut. Mereka berdua seperti mempunyai misi dan visi yang sama dalam hal bermusik

    Pada 6 November 2008, Andra bersama Andra and The Backbone memutuskan untuk menghentikan kontraknya dengan Republik Cinta Management.

    Reorientasi:

    Perjalanan karir Andra bersama ’Dewa’ bisa dibilang sangat sukses. Dari awal terbentuk hingga saat ini, band ‘Dewa’ telah menerima banyak penghargaan. Dari sumber lain, ‘Dewa’ telah beberapa kali menerima penghargaan AMI Awards, BASF Awards hingga sejumlah penghargaan dari manca negara seperti Moonman Award dari MTV Southeast Asia Viewer’s Choice dan LibForAll Award dari LibForAll Foundation.

    Sumber:https://id.m.wikipedia.org/wiki/Andra_Ramadhan

    Hasil analisis dari kelompok kami:
    Struktur teks biografi di atas sudah lengkap karena mencakup kehidupan seseorang secara runtut berdasarkan struktur nya

    BalasHapus
  59. Kelompok:
    1. REYSHA AYU AURALIA
    2. ZENI RAHMA MUTIARA NITASARI
    Kelas:
    XG

    Biografi Sastrawan Chairil Anwar:
    Chairil Anwar dilahirkan di Medan, 26 Julai 1922. Ayahnya bernama Toeloes, mantan bupati Kabupaten Indragiri Riau. Sedangkan ibunya Saleha, berasal dari Situjuh, Limapuluh Kota. Dia masih punya pertalian keluarga dengan Sutan Sjahrir, Perdana Menteri pertama Indonesia.

    Chairil Anwar dibesarkan dalam keluarga yang kurang harmonis. Chairil merupakan anak satu-satunya dari pasangan Toeloes dan Saleha. Sebagai anak tunggal, orang tuanya selalu memanjakannya. Namun, Chairil cenderung bersikap keras kepala dan tidak ingin kehilangan apa pun; sedikit cerminan dari kepribadian orang tuanya.
    Peristiwa dan Masalah Chairil bersekolah di Hollandsch-Inlandsche School (HIS) yang kemudian dilanjutkan di MULO, tetapi tidak sampai tamat. Walaupun latar belakang pendidikannya terbatas, Chairil menguasai tiga bahasa, yaitu Bahasa Inggris, Belanda, dan Jerman.

    Ia mulai mengenal dunia sastra di usia 19 tahun, namun namanya mulai dikenal ketika tulisannya dimuat di Majalah Nisan pada 1942. Setelah itu, ia menciptakan karya-karya lain yang sangat terkenal bahkan sampai saat ini seperti "Krawang Bekasi" dan "Aku".

    Selain dunia sastra Chairil juga berhubungan dengan banyak wanita. Chairil pernah jatuh cinta pada Sri Ayati tetapi hingga akhir hayatnya Chairil tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkannya. Kemudian ia memutuskan untuk menikah dengan Hapsah Wiraredja pada 6 Agustus 1946. Mereka dikaruniai seorang putri bernama Evawani Alissa, namun bercerai pada akhir tahun 1948.

    Selama hidupnya Chairil anwar berhasil membuat beberapa karya tulis diantaranya adalah
    Deru Campur Debu (1949)
    Kerikil Tajam dan Yang Terampas dan Yang Putus (1949)
    Tiga Menguak Takdir (1950) (dengan Asrul Sani dan Rivai Apin)
    “Aku Ini Binatang Jalang: koleksi sajak 1942-1949″, disunting oleh Pamusuk Eneste, kata penutup oleh Sapardi Djoko Damono (1986)
    Derai-derai Cemara (1998)
    Pulanglah Dia Si Anak Hilang (1948), terjemahan karya Andre Gide
    Kena Gempur (1951), terjemahan karya John Steinbeck

    Chairil Anwar meninggal dalam usia yang masih muda yaitu sebelum menginjak usia 27 tahun. Chairil di Rumah Sakit CBZ, Jakarta pada tanggal 28 April 1949. Penyebab kematiannya tidak diketahui pasti, menurut dugaan lebih karena penyakit TBC. Ia dimakamkan sehari kemudian di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak, Jakarta

    Puisi Chairil Anwar memang kaya warna. Karya-karya puisinya bertema perjuangan/herois, puisi cinta atau pun puisi tentang pandangan kegamaan Semua tulisannya dikompilasi dalam tiga buku yang diterbitkan oleh Pustaka Rakyat. Makamnya pun diziarahi oleh ribuan pengagumnya dari masa ke masa. Hari meninggalnya juga selalu diperingati sebagai Hari Chairil Anwar.


    Sumber: https://www.mikirbae.com/2015/08/teks-biografi-tokoh-sastra-indonesia.html?m=1

    Hasil analisis dari kelompok kami:
    Struktur teks biografi diatas kurang lengkap karena kurang reorientasi
    dibwah ini pembenarannya:

    Chairil Anwar dijuluki sebagai "Si Binatang Jalang" (dari karyanya yang berjudul Aku), adalah penyair terkemuka Indonesia. Dia diperkirakan telah menulis 96 karya, termasuk 70 puisi. Bersama Asrul Sani dan Rivai Apin, ia dinobatkan oleh H.B. Jassin sebagai pelopor Angkatan '45 sekaligus puisi modern.
    Chairil lahir dan dibesarkan di Medan, sebelum pindah ke Batavia (sekarang Jakarta) dengan ibunya pada tahun 1940, di mana dia mulai menggeluti dunia sastra. Setelah mempublikasikan puisi pertamanya pada tahun 1942, Chairil terus menulis. Puisinya menyangkut berbagai tema; mulai dari pemberontakan, kematian, individualisme, eksistensialisme, hingga tak jarang multi-interpretasi.

    kata serapan juga sudah benar.
    Namun ada penulisan kata yang salah yaitu "Krawang Bekasi" dan "Aku" seharusnya ditulis "Karawang Bekasi" dan "Aku"

    BalasHapus
  60. Nama kelompok
    1. Andini dwi shinta wulan putri (04)
    2. Florence angel meisya arianto(16)

    *Biografi musisi Budi Doremi*

    Syahbudin syukur atau yang lebih dikenal dengan sebutan Budi Do Re Mi ini lahir di Serang, Banten, 19 September 1984.penyanyi solo yang sukses dengan lagu "Do Re Mi" yang telah menyemarakkan blantika musik Indonesia. Budi menyebut genre musiknya sebagai Pop Reggaenerasi, yaitu aliran Pop yang disegarkan dengan sentuhan irama Reggae.

    Ia adalah anak dari Rachmatullah dan Swaryah. Tumbuh sebagai remaja di Banten dan Lampung, ia sempat merantau ke Yogyakarta. Dari kota itulah ia mengenal berbagai macam jenis aliran musik.

    Ia sempat juga Budi tergila-gila dengan musik skillful seperti Van Hallen, Extreme, Mr. Big sampai God Bless.

    Budi sempat dikabarkan dekat dengan artis cantik bernama Soraya Larasati. Tetapi, hingga kini is masih belum mau mengungkap siapa identitas kekasihnya walaupun sudah mengaku mempunyai seorang kekasih.

    KARIR

    Budi mengawali karir di Bandung. Ia mulai memutuskan untuk menjadi penyanyi solo ketika ia berada di kota tersebut. Ketika
    ia berkesempatan untuk bertemu dengan WannaB records, ia memberikan demo lagunya yang kemudian melambungkan namanya.

    Lagu Do Re Mi adalah lagu pertama yang ia rilis setelah bergabung dengan WannaB Music Production. lagu itu pula yang kini menjadi identitas Budi sehingga ia lebih dikenal dengan sebutan Budi Do Re Mi. Gaya musiknya yang santai membuat musiknya banyak disukai anak muda.

    Setelah single Do Re Mi membuatnya diperhitungkan di ranah musik Indonesia, ia mengeluarkan single kedua yaitu 123456. Single ini juga membuat nama Budi semakin dikenal di masyarakat. Ia juga didapuk untuk menjadi presenter sebuah acara musik di salah satu stasiun swasta Tanah Air.

    Kini, Budi akhirnya merilis album pertamanya yang berjudul 1 HARI YANG CERAH. Ia juga dipercaya untuk mengisi soundtrack untuk film GERIMIS MENGUNDANG dengan menyanyikan lagu dengan judul yang sama, yaitu Gerimis mengundang bersama penyanyi asal Malaysia, Brenda Anura.

    *Sumber*https://www.kapanlagi.com/budi-doremi/profil/

    Hasil analisis kami:
    Struktur teks biografi di atas belum lengkap karena tidak ada reorientasi,untuk itu di bawah ini perbaikanya

    Berikut ini adalah tambahan dari kami agar struktur teks biografi musisi budi doremi tersebut mempunyai reorientasi

    *Orientasi* :terletak di kelahiran budi doremi

    *Terjadinya masalah*: Budi sempat di kabarkan dekat dengan artis cantik bernama soraya larasati. Tetapi, hingga kini ia masih belum mau mengungkap siapa identitas kekasihnya walaupun sudah mengaku mempunyai seorang kekasih

    *Reorientasi*:Budi Doremi ialah salah satu musisi asal Indonesia yang telah menyemarakkan blantika musik, Budi menyebut genre musiknya sebagai pop reggaenerasi yaitu aliran pop yang di segarkan dengan sentuhan irama reggae. Lagu Do Re Mi adalah lagu pertama yang ia rilis setelah bergabung dengan WannaB Music Production, lalu ia juga mengeluarkan single kedua yaitu 123456. Single ini membuat nama Budi semakin dikenal masyarakat. Dan kini, Budi akhirnya merilis album pertamanya yang berjudul 1 HARI YANG CERAH.

    BalasHapus
  61. Nama : Riski maulana/28/XH
    Redi Prasetyo /27/XH
    Biografi : Rich Brian
    Kelas : XH



    Orientasi


    Rich Brian atau Brian Chingga merupakan rapper muda Indonesia yang mendunia. Album perdana pemilik nama lengkap Brian Imanuel yang bertajuk Amen berhasil puncaki tangga lagu iTunes Hip Hop seluruh dunia.

    Brian lahir di Jakarta, 2 September 1999. Laki-laki berdarah Tionghoa ini mengawali kariernya sejak berusia 11 tahun. Ia rajin mengunggah video komedi gaya Amerika lewat akun Instagram miliknya. Semua refrensi didapatkan Brian lewat internet.

    Brian mempelajari bahasa Inggris secara otodidak melalui video-video di Youtube dan lirik lagu dari musisi rap favoritnya seperti Childish Gambino, 2 Chainz, Macklemore, serta Tyler, The Creator.

    Peristiwa dan masalah

    Karier profesionalnya dalam bidang musik diawali dengan perilisan single Living the Dream lewat akun Youtube-nya. Namun, popularitasnya meledak setelah ia meluncurkan single kedua bertajuk Dat Stick.

    Salah satu pemicu yang mendompleng ketenarannya di jagat internasional yaitu video-video reaksi yang menampilkan penyanyi rap Amerika seperti Ghostface Killah, 21 Savage, Tory Lanez, MadeinTYO, Desiigner. Lagu Dat Stick menuai banyak pujian. Dat Stick sukses bertengger di peringkat empat tangga lagu Bubbling Under R&B/Hip-Hop Singles.

    Selang 6 bulan, Brian merilis single kedua berjudul Who That Be di iTunes yang diproduksi oleh Sihk. Selanjutnya, ia menggaet rapper asal Amerika, Ghostface Killah dan Pouya dalam lagu Dat Stick versi remix. Karier Brian semakin meroket, single Seventeen yang berhasil menembus satu juta kali putar di Youtube dan Soundcloud.

    Brian berkolaborasi dengan Zhu, Skrillex, serta THEY untuk lagu Working for It yang dirilis pada tahun 2017. Di bulan April, dia mengadakan tur Amerika perdana selama sebulan. Setelah itu, Brian kembali meluncurkan single bertajuk Gospel dengan berkolaborasi Bersama XXXTentacion dan Keith Ape.

    Lagu Gospel ini adalah lagu pertama yang dirilis di bawah naungan label 88rising. Hingga Oktober 2017, video klip Gospel telah ditonton sebanyak 21 juta kali di Youtube.

    Pada tanggal 15 Agustus, Brian merilis single berjudul Glow Like That yang dapat dinikmati di channel Youtube 88rising. Selanjunya, ia mengadakan tur nasional bertajuk Come to My Party Tour yang diselenggarakan dari tangal 9 September hingga 21 November 2017.

    Brian resmi mengganti nama panggungnya yang semula dikenal sebagai Rich Cingga menjadi Rich Brian setelah sempat merilis single Chaos, Crisis (kolaborasi dengan 21 Savage), dan See Me.

    Pada 2 Februari 2018, Rich Brian merilis album debutnya bertajuk Amen. Sebagian besar pengerjaan album ini dilakukan di Los Angeles, Amerika Serikat. Dalam album itu, terdapat beberapa lagu serius sedangkan sisanya adalah lagu bertema hal-hal konyol.


    Reorientasi

    Hanya dalam waktu singkat, Rich Brian berhasil menjadi musisi Asia pertama yang berhasil meraih posisi puncak #1 di iTunes Hip Hop Chart. Luar biasa, semua pencapaian yang tak terduga dari anak Indonesia.

    Hasil analisis teks biografi kami
    Menurut saya struktur teks biografi sudah lengkap karena terdapat 3 struktur dalam teks biografi tersebut

    Sumber : https://www.viva.co.id/amp/siapa/read/734-rich-brian

    BalasHapus
  62. Nama kelompok:
    -Shinta Oktavia Aila R. (35)
    -Mift dwi khoirina(22)
    Kelas: X-H

    BIOGRAFI IWAN FALS

    ORIENTASI
    Iwan Fals lahir di Jakarta, 3 September 1951. Dia menikah dengan Rosana pada tahun 1980 dan dikaruniai dua orang anak laki-laki dan satu anak perempuan.

    KEJADIAN/PERISTIWA
    Iwan Fals adalah salah satu penyanyi legendaris Indonesia. Legenda hidup yang bernama asli Virgiawan Listanto ini dikenal dengan lagu-lagu baladanya yang menuturkan realitas keseharian dan kritik sosial yang dibungkus dalam nada yang indah dan lagu yang merdu.

    Dalam lagunya, penyanyi yang selalu memainkan gitar ini memotret kehidupan dan sosial-budaya di akhir tahun 1970-an hingga sekarang. Banyak hal yang jadi tema lagunya misalnya kritik atas DPR yang dituangkan dalam lagu Wakil Rakyat, nasib guru dalam Oemar Bakrie, tema dunia malam seperti Lonteku, bencana seperti Ethopia, sampai untuk tokoh seperti Hatta.

    Iwan Fals menghabiskan masa kecilnya di Bandung, Jawa Barat. Dia kemudian ikut saudaranya ke Jeddah, Arab Saudi selama 8 bulan. Bakat musiknya makin terasah ketika ia berusia 13 tahun, Iwan banyak menghabiskan waktunya dengan mengamen di Bandung.

    Bermain gitar dilakukannya sejak masih muda bahkan ia mengamen untuk melatih kemampuannya bergitar dan mencipta lagu. Ketika di SMP, Iwan menjadi gitaris dalama paduan suara sekolah.

    Kemudian Iwan ikut festival lagu humor. Tapi juga gagal dan hanya dikonsumsi oleh kalangan tertentu saja. Sampai akhirnya, perjalanan Iwan bekerja sama dengan Musica Studio. Sebelum ke Musica, Iwan sudah rekaman sekitar 4-5 album.

    Kemudian sempat masuk televisi setelah tahun 1987. Waktu siaran acara Manasuka Siaran Niaga di TVRI, lagu Oemar Bakri sempat ditayangkan di TVRI.

    Selama Orde Baru, banyak jadwal acara konser Iwan yang dilarang dan dibatalkan oleh aparat pemerintah, karena lirik-lirik lagunya yang kritis.

    Saat bergabung dengan kelompok SWAMI dan merilis album bertajuk sama pada 1989, nama Iwan semakin meroket dengan mencetak hits Bento dan Bongkar yang sangat fenomenal.

    Perjalanan karier Iwan Fals terus menanjak ketika dia bergabung dengan Kantata Takwa pada 1990 yang didukung penuh oleh pengusaha Setiawan Djodi. Konser-konser Kantata Takwa saat itu sampai sekarang dianggap sebagai konser musik yang terbesar dan termegah sepanjang sejarah musik Indonesia.

    Kemudian anaknya Galang Rambu Anarki meninggal pada bulan April 1997 secara mendadak akibat narkoba. Hal ini membuat Iwan sangat terpukul. Sepeninggal Galang Iwan vakum dalam membuat lagu dan menyanyi.

    Pada tahun 2002 Iwan mulai aktif lagi membuat album setelah sekian lama menyendiri.

    Pada tahun 2003, Iwan kembali memiliki anak laki-laki. Raya Rambu Rabbani lahir pada tanggal 22 Januari. Sebuah tanggal lahir yang juga judul dalam lagu lama Iwan.

    Dalam lagunya belakangan ini, banyak yang menilai Iwan telah mengalami perubahan dalam bermusik. Selain penampilangnya yang tidak lagi berambut gondrong dan berkumis tebal serta jenggot lebat, lagu Iwan juga terdengar lebih lembut. Tema cinta mulai sering terdengar.

    Kemudian pada tahun 2015, Musika Studio’s membuat projek besar bersama Iwan Fals yang menggandeng para musisi lintas generasi. Projek ini dinamakan Satu Projek dengan mengusung tema Bhinneka Tunggal Ika. Para musisi yang ikut terlibat dalam projek ini di ataranya Nidji, Geisha, Noah, dan D’Masiv.

    REORIENTASI
    Meski banyaknya bermunculan penyanyi-penyanyi baru dan perubahan sosial, Iwan Fals tetap pada komitemennya dengan tetap melihat perkembangan zaman dan jangan pernah mengingkari hati nurani dalam berkarya musik.

    SUMBER: https://www.viva.co.id/siapa/

    ANALISIS DARI KELOMPOK KAMI
    Menurut kami teks biografi di atas sudah lengkap karena sudah memuat semua tentang struktur-struktur teks biografi. Dan dari ini kami dapat mengetahui tentang teks biografi.

    BalasHapus
  63. Kelas : X-H
    Kelompok :
    1.Hellen Aprilia Lusianti/17
    2.Idha Defina Ardiana P/18

    Biografi Pasha Ungu dari internet : Pasha Ungu

    Vokalis band Ungu bernama asli Sigit Purnomo Syamsiuddin Said ini lebih dikenal di jagad permusikan dengan nama Pasha Ungu. Pasha lahir di Donggala, Sulawesi Tengah, pada 27 November 1979. Pria berdarah bugis ini berasal dari keluarga yang cukup besar. Ia merupakan anak kelima dari sepuluh bersaudara pasangan Syamsuddin Said dan Andi Bumberg.

    Pria yang ternyata pandai mengaji ini sempat menuntut pendidikan di ABA-ABI, namun ia memutuskan untuk mundur dan mencoba peruntungannya di dunia musik. Hal ini dimaklumi oleh kedua orangtua Pasha yang memang sudah melihat kemampuan Pasha di bidang tarik suara semenjak ia kecil.

    Pasha mengawali karirnya di dunia hiburan sebagai model dan bintang iklan. Namun namanya baru umum dikenal setelah ia bergabung dengan Ungu pada tahun 1999. Ungu yang kian melejit, membawa namanya ikut serta di jajaran vokalis band terkenal di Indonesia. Keputusannya untuk terjun di dunia musik pun terbilang sukses.

    Lepas dari Ungu, Pasha juga mempunyai beberapa single duet dengan penyanyi lain seperti single "Terlanjur Cinta" (2008) dan "Ku Pinang Kau Dengan Bismillah" (2011) yang memasangkannya dengan Rossa. Selain itu Pasha juga berduet dengan istrinya sendiri di single "Penghujung Cintaku" (2011).

    Pria yang juga terjun di dunia bisnis dengan mendirikan sebuah label perusahaan rekaman ini menikah dengan Okie Agustina pada 2003. Pernikahan itu gagal dibina setetah selama kurang lebih enam tahun mereka hidup bersama. Pasha resmi bercerai dari Okie pada tahun 2008 setelah mereka dikaruniai tiga orang anak dari pernikahan tersebut, yaitu Kisya Alvaro Putri Sigit, Shakinah Azalea Napasha dan Nasha Anaya Putri Valentina Pasha. Tiga tahun kemudian, tepatnya pada 27 Maret 2011 Pasha kembali mencoba berumahtangga dengan meminang Adelia Wilhemina, seorang mantan pramugari.

    Sumber : https://www.wowkeren.com/seleb/pasha/bio.html

    Hasil analisis dari kelompok kami :
    Struktur teks Biografi diatas sudah lengkap.Karena didalam teks tersebut sudah mencakup peristiwa kehidupan seseorang dengan runtut berdasarkan strukturnya dari awal hingga akhir.

    BalasHapus
  64. Kelas: X-H
    Kelompok:
    1. Nadila Hafidah ( 24 )
    2. Sasta Meyliana Saragih ( 32 )

    Biografi Mahalini Raharja

    Orientasi

    Mahalini Raharja merupakan lima besar ajang Indonesian Idol musim kesepuluh yang disiarkan di RCTI pada tahun 2019–2020.
    Pasca kompetisi Mahalini bergabung dengan perusahaan rekaman Hits Records, singel ketiganya "Melawan Restu" berhasil membawanya meraih penghargaan Indonesian Music Awards 2021 dalam kategori New Artist of the Year.
    Mahalini terlahir dengan nama Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja pada tanggal 4 Maret 2000 di Kota Denpasar, Provinsi Bali.
    Penyanyi Mahalini Raharja terlahir dari keluarga yang menganut agama Hindu dan bersuku adat Bali. Nama depan Mahalini menggunakan nama khas Bali.
    Ni Luh berarti berjenis kelamin perempuan dan Ketut yang menandakan ia merupakan anak keempat.
    Ia adalah anak dari pasangan I Gede Suraharja dan Ni Nyoman Serini.
    Ia diketahui memiliki dua kakak laki-laki bernama I Gede Dion Raharja dan Jody Raharja serta satu kakak perempuan.
    Penyanyi Mahalini Raharja menghabiskan masa kecilnya di Dusun Banjar Aseman Kawan, Tibubeneng, Kuta Utara, Kabupaten Badung.

    kejadian peristiwa

    Sebelum tertarik terhadap dunia musik, Mahalini Raharja menyukai bidang model ketika duduk di bangku taman kanak-kanak.
    Awal ketertarikannya terhadap bidang musik yakni ketika melihat sang ayah sering bernyanyi karaoke di rumah, Mahalini Raharja pun tertarik dan ingin ikut bernyanyi.
    Sejak kelas 5 SD Mahalini mengikuti kursus vokal untuk untuk mengasah kemampuan bernyanyinya.
    Pada saat kelas 2 SMP, Mahalini Raharja dimasukkan oleh gurunya ke grup vokal di sekolah.
    Sejak saat itu dirinya mulai tertarik dengan dunia musik dan berpartisipasi dalam lomba-lomba menyanyi berskala lokal hingga tingkat daerah.
    Memasuki masa SMA, Mahalini Raharja mulai berani tampil sebagai penyanyi solo.
    Ia sering terpilih untuk mewakili sekolah setiap ada perlombaan menyanyi.
    Ketika duduk di bangku perguruan tinggi di sela-sela aktivitas kuliahnya, ia masih menjalankan hobi bernyanyinya dengan mengcover lagu-lagu untuk diunggah di saluran Youtube pribadinya.

    reorientasi

    Penyanyi Mahalini Raharja merintis karier sebagai penyanyi nasional ketika duduk di bangku kelas 9 SMP.
    Hal ini berawal ketika Mahalini digandeng oleh produser musik asal Jakarta, Bobby Sandhora yang tertarik dengan vokal Mahalini Raharja untuk menjadikannya penyanyi pop.
    Lalu ia diorbitkan oleh Sandhora Production ke kancah nasional dengan merilis single perdananya berjudul "Bawa Dia Kembali" di bawah naungan label Sandhora dan Valf Records.
    Acara perilisan singel tersebut diselenggarakan di aula SMPN 1 Denpasar pada tanggal 17 Januari 2015.
    Selanjutnya dirinya tampil sebagai peserta dalam ajang FLS2N Provinsi Bali tahun 2015 bersama grup vokal sekolahnya yang diselenggarakan pada akhir bulan Juni 2015.
    Setelah menjuarai kompetisi tersebut ia bersama grupnya mewakili Provinsi Bali ke tingkat nasional pada ajang FLS2N Nasional tahun 2015 yang diselenggarakan di Semarang.
    Ketika tahun 2016, Mahalini Raharja telah berani untuk tampil solo dalam perlombaan.
    Ia diketahui pernah berpartisipasi dalam Lomba Lagu Pop Bali dan Indonesia di Balai Bahasa Provinsi Bali pada 13-14 Februari 2016.
    Dirinya berhasil meraih juara dalam Lomba Lagu Pop Bali kategori A (12–16 tahun).
    Di tahun berikutnya, ia berhasil menjuarai FLS2N Provinsi Bali 2017 kategori solo putri dan berhasil melaju ke tingkat nasional dalam FLS2N Nasional tahun 2017 di Kupang.
    Selain itu, Mahalini Raharja kerap dipercaya untuk mengikuti Parade Lagu Bali Pesta Kesenian Bali selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2016 hingga 2018.
    Sumber:
    https://jambi.tribunnews.com/amp/2022/11/16/profil-dan-biodata-mahalini-raharja-belajar-nayanyi-dari-kelas-5-sd?page=3

    Hasil analisis kelompok kami :
    Stuktur teks Biografi di atas sudah lengkao. Karena didalam teks tersebut sudah mencakup peristiwa kehidupan seseorang seseorang dengan runtut berdasarkan struktur orientasi, kejadia peristiwa, dan reorientasi

    BalasHapus
  65. Kelas:X-G
    Kelompok:
    Fasya Havis Saputra (13)
    M Samsul Ma'arif (20)
    Hirata lahir di Gantung, Belitung.[3] Saat dia masih kecil, orang tuanya mengubah namanya tujuh kali. [4] Mereka akhirnya memberi nama Andrea, yang nama Hirata diberikan oleh ibunya.[4] Dia tumbuh dalam keluarga miskin yang tidak jauh dari tambang timah milik pemerintah, yakni PN Timah (sekarang PT Timah Tbk.)[5]

    Hirata memulai pendidikan tinggi dengan gelar di bidang ekonomi dari Universitas Indonesia.[5] Meskipun studi mayor yang diambil Andrea adalah ekonomi, ia amat menggemari sains—fisika, kimia, biologi, astronomi dan sastra. Andrea lebih mengidentikkan dirinya sebagai seorang akademisi dan backpacker. Sedang mengejar mimpinya yang lain untuk tinggal di Kye Gompa, desa di Himalaya.[butuh rujukan]

    Setelah menerima beasiswa dari Uni Eropa, dia mengambil program master di Eropa, pertama di Universitas Paris, lalu di Universitas Sheffield Hallam di Inggris.[5] Tesis Andrea di bidang ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari universitas tersebut dan ia lulus cum laude.[6] Tesis itu telah diadaptasikan ke dalam Bahasa Indonesia dan merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. Buku itu telah beredar sebagai referensi ilmiah.[butuh rujukan]

    Hirata merilis novel Laskar Pelangi pada tahun 2005.[7] Novel ini ditulis dalam waktu enam bulan berdasarkan pengalaman masa kecilnya di Belitung. [5] Ia kemudian menggambarkannya sebagai sebuah ironi tentang kurangnya akses pendidikan bagi anak-anak di salah satu pulau terkaya di dunia.[8] Novel ini terjual lima juta eksemplar, dengan edisi bajakan terjual 15 juta lebih.[4] Novel ini menghasilkan trilogi novel, yakni Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov.[5]

    BalasHapus
  66. Kelas: X-G
    Kelompok
    Nama:Ahmad zada fadhila ananta (02)
    Nama:Aulia abdi gusti (07)


    Taufiq Ismail adalah salah satu sastrawan Indonesia yang senior. Ia dibesarkan di Pekalongan di dalam keluarga wartawan dan guru. Akibat dari pengaruh lingkungan, profesi sebagai seorang wartawan dan guru pernah ia lakoni.

    Kariernya sebagai seorang penyair berawal dari kegiatannya menulis puisi demonstran. Puisi-puisi tersebut terkumpul di dalam Tirani dan Bentang pada tahun 1966. Ia dikenal sebagai penyair partisipan di dalam aksi demonstran yang terjadi tahun 1966.

    Pada tahun 1970, terbitlah kumpulan Puisi-Puisi Sepi. Kemudian disusun kembali pada tahun 1972, dengan Buku Tamu Musium Perjuangan.

    Taufiq menulis puisi anak-anak, kemudian menghasilkan buku kumpulan puisi. Buku tersebut berjudul Kenalkan Saya Hewan, terbit pada tahun 1973. Masih banyak karya Taufiq Ismail yang sangat berpengaruh di dunia sastra maupun di Indonesia.

    Tidak hanya karyanya saja yang banyak. Ia juga menerima banyak penghargaan, di antaranya adalah sebagai berikut:

    Anugerah Seni dari Pemerintah RI (1970)
    Cultural Visit Award dari Pemerintah Australia (1977)
    South East Asia (SEA) Write Award dari Kerajaan Thailand (1994)
    Penulisan Karya Sastra dari Pusat Bahasa (1994)
    Sastrawan Nusantara dari Negeri Johor, Malaysia (1999)
    Doctor Honoris Causa dari Universitas Negeri Yogyakarta (2003)

    BalasHapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  68. Kelas:X-G
    Nama
    Achmad ujik Virgiawan (1)
    Bagus Prasetyo (8)

    Biografi Pramoedya Ananta Toer
    Sosok Pramoedya Ananta Toer merupakan anak kebanggaan bangsa kelahiran Blora, Jawa Tengah pada 6 Februari 1925. Pramoedya Ananta Toer merupakan seorang anak sulung yang secara luas dianggap sebagai pengarang yang sangat produktif bahkan hingga akhir hayatnya. Pramoedya telah menghasilkan lebih dari 50 karya yang diterjemahkan ke dalam lebih dari 42 bahasa asing.

    Pramoedya menempuh pendidikan Sekolah Kejuruan Radio di Surabaya dan kemudian bekerja sebagai juru ketik untuk surat kabar Jepang di Jakarta selama masa penjajahan Jepang. Kehidupan Pram mengalami pasang surut dan pro kontra dari sesama kalangan sastrawan dan rekan seperjuangannya. Hal ini dikarenakan tulisannya menyentuh tema interaksi antarbudaya, antara Belanda, kerajaan Jawa, orang Jawa secara umum, dan Tionghoa. Banyak dari tulisannya juga semi-otobiografi, dimana Pram menceritakan pengalamannya sendiri.

    Pram memperoleh Ramon Magsaysay Award untuk Jurnalisme, Sastra, dan Seni Komunikasi Kreatif 1995. Pram juga memenangkan Hadiah Budaya Asia Fukuoka XI 2000 dan pada Norwegian Author’s Union Award pada 2004 dan berbagai penghargaan lainnya. Pram wafat di usia 81, pada 30 April 2006 di kediamannya.

    BalasHapus
  69. Kelas: X-H
    Nama kelompok:
    1.Ananda Catur Irama Nada (03)
    2.Satrio Pranata (33)

    Biografi Musisi Ari Lasso

    Ari Bernardus Lasso, atau lebih dikenal dengan nama Ari Lasso lahir di Madiun, Jawa Timur, pada tanggal 17 Januari 1973. Ia dikenal sebagai seorang penyanyi pop Indonesia yang pernah menjadi vokalis grup band Dewa 19 (1991-1999). Anak dari pasangan Bartholomeus B. Lasso dan Sri Noerhida ini akhirnya keluar dari Dewa 19 dan menjalani karier sebagai penyanyi solo.

    KARIR

    Saat remaja Ari sekolah di SMA 2 Surabaya, bersama kawannya Juniarso yang menjadi drummer pertama Dewa 19 dan Piyu yang kelak menjadi gitaris Padi, membentuk sebuah band bernama Outsider Band. Sejak pertemuannya dengan personel Down Beat yang terdiri Dhani, Erwin dan Andra, ia merasa cocok sehingga mulai bermain musik bareng. Pertemanan mereka kemudian berlanjut dengan pembentukan band Dewa 19.

    Melalui perjuangan panjang, akhirnya Dewa 19 berhasil masuk ke dapur rekaman. Album debut Dewa 19, KANGEN, kemudian berhasil menjadi album terlaris versi BASF (1993). Berlanjut makin hari Dewa 19 makin populer, sehingga nama Ari Lasso pun turut meroket.

    Tetapi tampaknya Ari belum siap menjadi penyanyi terkenal sehingga terjerumus dalam narkoba. Keterlibatannya dengan narkoba sejak album ketiga akhirnya tidak bisa ditoleransi Dhani dan personel Dewa 19 lainnya. Puncaknya perpecahan dengan dipecatnya Erwin, Wong Aksan dan akhirnya Ari dari Dewa 19.

    Semangat timbul dari diri Ari untuk berusaha keluar dari pengaruh obat-obatan dan membersihkan diri. Sejak berhasil bebas itulah, karir solo Ari melejit dan berhasil menempatkan dirinya ke jajaran musisi papan atas Indonesia. Ari kemudian merilis album SENDIRI DULU (2001).

    Hubungannya dengan Dhani yang sempat tegang pun cair. Malah Dhani rela menyumbangkan dua lagunya Rahasia Perempuan dan Jika Aku Bukanlah Aku ke dalam album solo kedua Ari yang bertajuk KESEIMBANGAN (2003), yang berbuah respon baik dari penikmat musik Indonesia.

    Pada tahun 2004, Ari kembali meluncurkan album solonya, dengan titel KULIHAT, KUDENGAR, KURASA. Album ketiga ini menjagokan hit single Mengejar Matahari dan Arti Cinta juga sebagai soundtrack dari film MENGEJAR MATAHARI.

    Kembali, pemilik nama asli Ari Bernardus Lasso ini merilis album keempatnya pada tahun 2006. Album dengan titel SELALU ADA menjagokan lagu Cinta Terakhir. Pemilik zodiak Capricorn ini merilis album THE BEST OF pada 2007. Di album ini, Ari menggaet penyanyi Bunga Citra Lestari untuk berduet di lagu Aku dan Dirimu.

    Tahun 2009, Ari divonis dokter jika pita suaranya cepat rusak. Oleh karenanya Ari melakukan antisipasi dengan puasa bicara. Pita suara Ari cepat rusak bukan saat bernyanyi melainkan saat berbicara. Ari juga terpaksa 'istirahat' sejenak dari jadwal manggung selama 4 bulan.

    https://www.kapanlagi.com/ari-lasso/profil/

    Hasil dari anilisis kami:
    Struktur teks biografi di atas belum lengkap karena tidak ada reorientasi,untuk itu di bawah ini perbaikanya

    Orientasi :Terletak di kelahiran Ari Lasso

    Terjadi masalah :Tetapi tampaknya Ari belum siap menjadi penyanyi terkenal sehingga terjerumus dalam narkoba.

    Reorientasi : Ari lasso ialah vokalis grup band legendaris Indonesia Dewa 19 (1991-1999) yang akhirnya ia keluar dan menjalani karier sebagai penyanyi solo. Setelah resmi keluar dari Dewa, Ari mulai menggarap album solonya. Tahun 2001 Ari mengeluarkan album solo pertamanya Sendiri Dulu, yang juga sukses besar dengan tembang andalannya Misteri Ilahi.

    BalasHapus
  70. Nama:Nur Mochammad Ragajati (25)
    Nama: Briliant alfirdaus (6)
    Kelas:XH
    Biografi:Tulus


    ORIENTASI

    Lebih dari 60 penghargaan baik di bidang musik dan sinematografi, telah TULUS dapatkan di menuju satu dekade perjalanan musiknya.. Pada tahun 2017 lalu, 5 piala AMI Awards dari album Monokrom berhasil diraihnya. TULUS juga sempat didaulat untuk memimpin menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’ pada upacara pembukaan Asian Games ke-18 yang digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta.

    Lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, TULUS menyandang gelar sarjana di bidang arsitektur dengan kecintaan yang tidak ada habisnya terhadap musik. Tidak hanya membatasi diri di bidang musik, TULUS, melakukan kolaborasi dengan berbagai macam profesi di luar industri musik, diantaranya, illustrator, desainer grafis, art performer, videographer, dan fotografer. Nama seperti Davy Linggar, Melati Suryodharmo, Papermoon Puppet Theatre, dan Kendra Paramita adalah 4 diantara banyak nama lain yang penah berkolaborasi dengan TULUS.

    PERISTIWA PENTING

    Berkarya mengusung bendera independensi, TULUS berkarya dibawah naungan TulusCompany, perusahaan yang dia bangun bersama Kakak Kandungnya, Riri Muktamar. TulusCompany selaku label rekaman dan manajemen artis telah merilis 3 kantung album musik untuk TULUS. Semua karya musik yang ada dalam ketiga kantung album musik tersebut adalah hasil karya cipta TULUS.

    Sampai saat ini, lagu-lagu TULUS telah didengarkan sebanyak 97,01 juta kali lewat layanan digital streaming, Spotify. TULUS juga menjadi musisi Indonesia pertama yang berhasil meraih 1 juta pelanggan di layanan digital streaming, Spotify. Memiliki 425.668 pelanggan di kanal Youtube MusikTulus, seluruh video TULUS telah disaksikan sebanyak 224.098.506 kali.

    Indonesia, menjadi rumah di setiap karya musik TULUS, namun tidak hanya berhenti mempublikasikan karya musik di “rumah”nya saja, terhitung 2015, TULUS telah berekspansi ke Jepang. Langkah awal ekspansi TULUS di Jepang, dimulai dengan merilis lagu berbahasa Jepang ciptaan TULUS untuk pertama kalinya yang berjudul “Kutsu”. “Kutsu” adalah gubahan lagu “Sepatu” dalam versi Bahasa Jepang. Di tahun ketiga perjalanan musik di Jepang, TULUS didaulat sebagai Duta Besar 60 tahun Persahabatan Indonesia – Jepang.

    Setelah Jepang, TulusCompany memulai kembali langkah ekspansi pendengar ke negara tetangga, Malaysia. Langkah awal di negara ini dimulai dengan diluncurkannya secara resmi Album Monokrom dan juga menggandeng Shiraz Project sebagai representatif dari TulusCompany.

    REORIENTASI

    Tidak hanya negara Jepang, dan Malaysia, tapi negara Singapura, dan juga Brunei Darrusalam akan menjadi tujuan ekspansi pendengar karya musik TULUS selanjutnya.

    https://www.situstulus.com/biografi/

    Hasil dari anilisis kami:
    Struktur teks biografi di atas belum lengkap karena tidak ada reorientasi,untuk itu di bawah ini perbaikanya

    BalasHapus
  71. Nama:Baitu ahmat rohman/X-G/09
    Nama:Roby eko susanto /X-G/29
    Sosok Pramoedya Ananta Toer merupakan anak kebanggaan bangsa kelahiran Blora, Jawa Tengah pada 6 Februari 1925. Pramoedya Ananta Toer merupakan seorang anak sulung yang secara luas dianggap sebagai pengarang yang sangat produktif bahkan hingga akhir hayatnya. Pramoedya telah menghasilkan lebih dari 50 karya yang diterjemahkan ke dalam lebih dari 42 bahasa asing.

    Pramoedya menempuh pendidikan Sekolah Kejuruan Radio di Surabaya dan kemudian bekerja sebagai juru ketik untuk surat kabar Jepang di Jakarta selama masa penjajahan Jepang. Kehidupan Pram mengalami pasang surut dan pro kontra dari sesama kalangan sastrawan dan rekan seperjuangannya. Hal ini dikarenakan tulisannya menyentuh tema interaksi antarbudaya, antara Belanda, kerajaan Jawa, orang Jawa secara umum, dan Tionghoa. Banyak dari tulisannya juga semi-otobiografi, dimana Pram menceritakan pengalamannya sendiri.

    Pram memperoleh Ramon Magsaysay Award untuk Jurnalisme, Sastra, dan Seni Komunikasi Kreatif 1995. Pram juga memenangkan Hadiah Budaya Asia Fukuoka XI 2000 dan pada Norwegian Author’s Union Award pada 2004 dan berbagai penghargaan lainnya. Pram wafat di usia 81, pada 30 April 2006 di kediamannya
    https://www.celebrities.id/read/contoh-teks-biografi-sastrawan-indonesia-16Se4u

    BalasHapus
  72. Nama kelompok:
    1. Aldo Cahyi Utomo (1)
    2. Rahmat Bastian (26)
    ORIENTASI
    Niken Salindri adalah seorang gadis muda berasal dari Kediri, Jawa Timur. Ia lahir pada tanggal 29 Juni 2008. Saat ini genap berusia 14 tahun.
    Agama Niken Salindri adalah Islam. Jika dilihat dari umurnya, diduga kini Niken tengah menempuh pendidikan di tingkat menengah pertama, namun belum diketahui nama sekolahnya.
    Gadis imut ini dikenal masyarakat sebagai Sinden Cilik. Selain parasnya yang manis, suaranya juga enak didengar, dan bentuk tubuhnya yang proporsional membuat banyak penikmat musik campursari dan dangdut mengidolakannya.
    Belum diketahui sejak kapan ia mulai menyukai dan terjun di dunia tarik suara. Namun sudah banyak video yang beredar saat Niken menyanyi lagu campursari atau dangdut bersama pesinden wanita lainnya.

    PERISTIWA PENTING
    Ia pernah duet dengan beberapa penyanyi lainnya seperti bersama Paijo Londo dalam lagu Loro Asmoro, dengan Eny Sagita dalam lagu Pikir Keri, dan MockoBey pada lagu Langgam Ing Brawijaya.
    Nama Niken semakin dikenal berkat videonya saat menyanyikan lagu Mangku Purel dengan versi campursari viral di media sosial terutama di TikTok. Bahkan di YouTube, video tersebut masuk dalam trending musik nomor 7.

    REORIENTASI
    Selama berkarir, Niken pernah mengikuti acara reality show bertajuk I Can See Your Voice 5 yang tayang di MNCTV dengan bintang tamu Betrand Peto dan Anneth.
    Selain itu, ia juga pernah menjadi bintang tamu di acara Kontes KDI juga tayang di stasiun televisi yang sama.
    Daftar lagu yang pernah dinyanyikan oleh Niken Salindri diantaranya Tresnaku Wis Ilang, Gelang Alit, Lewung, Kalulut, Lingsir Wengi, Anoman Obong, dan masih banyak lagi.
    https://malangterkini.pikiran-rakyat.com/seleb/pr-1256023904/biodata-niken-salindri-profil-sinden-cantik-asal-kediri-umur-pendidikan-karya-karir

    Hasil analis kelompok kami :
    Stuktur teks biografi di atas sudah lungkap. Karena di dalam teks tersebut sudah mencakup peristiwa kehidupan seseorang dengan runtut berdasarkan struktur orientasi, kejadian peristiwa, dan reorientasi

    BalasHapus
  73. Nama kelompok
    1.M.NOUVAL RADITYA AL-DIANSYAH
    2.FIQI FAJRINA

    *Biografi Bondan Prakoso*
    Dikenal sebagai salah satu musisi Indonesia yang kerap menciptakan lagu-lagu yang enak didengar ditelinga. Bondan Prakoso dilahirkan pada tanggal 8 Mei 1984, dia adalah pemusik Indonesia yang mengawali karier bermusik sebagai penyanyi cilik pada tahun 80-an.
    Berkat album Si Lumba-lumba namanya melambung. Kini Bondan Prakoso dikenal sebagai personil dari band Bondan Prakoso & Fade 2 Black.
    Bondan Prakoso adalah anak kedua dari tiga bersaudara pasangan dari Lili Yulianingsih dan Sisco Batara ini mengawali kariernya sebagai penyanyi cilik di era 80-an hingga awal tahun 90-an. Album perdananya yang bertitel Si Lumba-Lumba sukses dipasaran dan mencuatkan namanya.
    Alumni D3 Sastra Belanda Universitas Indonesia ini memulai karier remaja dan dewasanya saat membentuk band Funky Kopral ditahun 1999 hingga tahun 2002. sebagai bassist, hingga merilis 3 buah album.


    *karir*
    Prakoso yang mengawali karirnya dari seorang penyanyi cilik ini ternyata terus konsisten hingga usia dewasa.

    Dalam dunia musik, nama Bondan Prakoso memang sudah tak asing lagi. Selain menyanyi, memainkan alat musik, ia juga piawai menulis lagu.Kepopuleran Bondan Prakoso berawal dari kiprahnya sebagai penyanyi anak-anak di era tahun 90 an. Ia memiliki lagu Si Lumba Lumba yang bahkan dikenal masyarakat hingga saat ini.

    Menginjak usia remaja dan dewasa, Bondan Prakoso bergabung bersama grup Funky Kopral di tahun 1997 yang terkenal dengan lagu berjudul Mawarku.Dan di tahun 2004 Bondan Prakoso bergabung dengan Fade2black hingga akhirnya di tahun 2013 ia memutuskan bersolo karir.

    Karir solonya semakin bersinar, lagu Bondan Prakoso yang cukup dikenal masyarakat Indonesia adalah Ya Sudahlah.

    Aliran musik Bondan Prakoso adalah Rock Funk hip-hop Alternative hip hop rap rock Urban Pop.

    *sumber* https://www.biografiku.com/biografi-bondan-prakoso-musisi.

    Hasil analisis kami:
    Struktur teks biografi di atas belum lengkap karena tidak ada reorientasi,untuk itu di bawah ini perbaikanya

    Berikut ini adalah tambahan dari kami agar struktur teks biografi musisi budi doremi tersebut mempunyai reorientasi

    *Orientasi*:terletak di kelahiran bondan prakoso

    *terjadinya masalah*
    Sepanjang kurang lebih 10 tahun sejak 2004 hingga 2014, Bondan & Fade 2 Black punya cara sendiri merebut pasar musik nasional. Lantas, apa yang tiba-tiba membuat mereka tidak lagi bersatu?

    *REORIENTASI*:Bondan Prakoso. Dikenal sebagai salah satu musisi Indonesia yang kerap menciptakan lagu-lagu yang enak didengar ditelinga.Pada awal tahun 2002, Bondan Prakoso yang juga dikenal oleh publik sebagai pemain bass berbakat besar.

    BalasHapus
  74. Nama Kelompok
    1. M Nico Rediyanto/24
    2. Dava Aiba Maulana/07
    Kelas: X-E
    Biografi tentang Ir.Soekarno

    Biografi Ir Soekarno
    Orientasi:

    Salah satu pahlawan nasional Indonesia yang pernah menjadi orang nomor satu di Indonesia adalah Ir. Soekarno. Perjalanan hidupnya yang panjang dituangkan ke dalam biografi yang lengkap mengenai dirinya. Untuk mengetahui secara singkat, berikut adalah contoh teks biografi pahlawan yaitu Ir. Soekarno.

    Kusno Sosrodihardjo atau yang lebih dikenal dengan nama Ir. Soekarno lahir di Surabaya, 6 Juni 1901. Bung Karno yang merupakan presiden pertama Republik Indonesia, wafat pada tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta pada usianya yang ke-69 dan beliau dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

    Peristiwa penting:

    Presiden Soekarno tinggal di Tulungagung, Jawa Timur bersama kakeknya. Beliau tidak menghabiskan waktu kecilnya bersama kedua orang tuanya. Di Tulungagung, Soekarno sempat bersekolah, namun tidak bisa menyelesaikannya, karena kembali ikut dengan orang tuanya tinggal di Mojokerto.

    Tahun 1915, Soekarno berhasil menyelesaikan pendidikannya di Europeesche Lagere School dan selanjutnya tinggal bersama H.O.S Cokroaminoto yang merupakan teman dari ayah Soekarno. Bersama H.O.S Cokroaminoto, Soekarno mulai mengenal dan mempelajari politik.

    Beliau juga mempelajari bagaimana cara untuk berpidato dan pada tahun 1921 beliau menyelesaikan sekolahnya di Hogere Burger School. Setelah itu, Soekarno pindah ke Bandung dan bersekolah di Technische Hooge School jurusan teknik sipil, di mana saat ini merupakan ITB. Soekarno lulus pada tanggal 25 Mei 1926 dan berhasil memperoleh gelar insinyur.

    Reorientasi:

    Hingga saat ini, sosok Ir. Soekarno masih sangat melekat di hati masyarakat Indonesia. Perjuangannya dan keteguhannya dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia bersama dengan masyarakat patut menjadi inspirasi perjuangan pada saat ini.

    sumber dari https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6550591/20-contoh-teks-biografi-inspiratif-tentang-sejumlah-tokoh-berpengaruh

    BalasHapus
  75. Nama Kelompok
    Reza Pratama/29
    Tirta Esa Maulana/37
    Kelas X-E
    Biografi Moh.Hatta

    Teks Biografi Mohammad Hatta
    Orientasi:

    Drs. H. Mohammad Hatta Atau yang lebih dikenal dengan Bung Hatta adalah wakil presiden pertama Indonesia, selain itu beliau juga adalah seorang pejuang, negarawan, dan juga ekonom. Lelaki kelahiran Fort de Kock, Hindia Belanda (Sekarang Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia) 12 Agustus 1902 yang bernama lahir Mohammad Attar merupakan anak kedua dari pasangan Muhammad Djamil dan Siti Saleha.

    Pada 18 November 1945, Bung Hatta menikah dengan Rahmi Hatta dan setelah 3 hari menikah mereka pindah dan tinggal Yogyakarta, Pernikahan mereka dikaruniai 3 orang anak perempuan yaitu Meutia Farida Hatta, Gembala Rabi'ah Hatta, dan Halida Nuriah Hatta.

    Peristiwa Penting:

    Moh. Hatta menjadi wakil presiden pertama di Indonesia. Ia sangat berperan dalam membantu Soekarno dan para pendiri bangsa untuk mencapai kemerdekaan.

    Selain menjabat sebagai wakil presiden bung hatta juga pernah menjabat menjadi perdana menteri dalam Kabinet Hatta I-II dan RIS. Pada tahun 1956 Bung Hatta mengundurkan diri sebagai wakil presiden akibat perselisihan dengan Presiden Soekarno.

    Hatta merupakan sosok yang memiliki kegemaran membaca dan dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

    Hatta juga menggalakkan ekonomi dengan semangat gotong royong pada masyarakat. Koperasi juga menjadi pilar ekonomi dari tingkat paling kecil yaitu desa. Dengan desa yang berdaya ekonomi dan pangan, maka akan membuat bangsa menjadi lebih kuat.

    Reorientasi:

    Atas jasanya nama Bung Hatta diabadikan dalam nama sebuah bandar udara internasional di Tangerang, Banten, Indonesia bersama dengan Ir. Soekarno yaitu Bandara Soekarno-Hatta. Selain di Indonesia nama beliau juga diabadikan menjadi sebuah nama jalan bernama mohammed hattastraat di Zuiderpolder, Haarlem Belanda.

    Pada 14 Maret 1980 pada usia 77 tahun, Bung Hatta meninggal dunia di Jakarta.

    sumber dari https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6550591/20-contoh-teks-biografi-inspiratif-tentang-sejumlah-tokoh-berpengaruh

    BalasHapus
  76. Kelas : X-H
    Kelompok :
    1. Fernando Dwi Prayoga
    2. Romi Ashari


    Biografi Chrisye

    *Orientasi*

    Penyanyi pop legendaris Indonesia, Chrisye, memiliki nama lengkap Raden Chrismansyah Rahardi. Lahir pada 16 September 1949 dan meninggal pada 30 Maret 2007 dalam usia 57 tahun. Ia adalah keturunan campuran Tionghoa dan Jawa, ibunya adalah orang Jawa.

    *Peristiwa Penting*

    Awal karier Chrisye dimulai pada tahun 1967 saat bergabung dengan keluarga Nasution di Komunitas Gank Pegangsaan. Ia bermain sebagai bassis dan vokalis pada band "Sabda Nada" yang dimodali oleh Pontjo Sutowo. Sempat dikontrak untuk bermain di New York selama 2 tahun, sebelum terlibat dalam proyek rekaman Guruh Gipsy. Kemudian diminta oleh Prambors untuk menyanyikan lagu "Lilin Lilin Kecil" karya James F. Sundah dalam Lomba Cipta Lagu Remaja, yang meskipun tidak menjadi pemenang namun menjadi lagu yang hits pada masa itu. Hal lain membuat nama Chrisye makin bersinar pada akhir tahun 70-an adalah setelah membuat soundtrack film Badai Pasti Berlalu bersama Jockie Surjoprajogo dan Eros Djarot.

    Pada 1977-1984 Chrisye melakukan dwitunggal dengan Yockie Soerjoprajogo yang bermula ketika Chrisye diajak Yockie Surjoprajogo untuk membawakan lagu Lilin-lilin Kecil James F. Sundah, salah satu lagu yang menjadi finalis Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors Rasisonia 1977. Kerja sama ini berlanjut saat Eros Djarot membuat album soundtrack film Badai Pasti Berlalu (1977).

    Pada 1985 Chrisye memisahkan diri dengan Yockie dan mulai menggamit pemusik yang lebih muda untuk menggarap album Sendiri (1985) dan Aku Cinta Dia (1986), yaitu Addie MS dan Raidy Noor. Penata musik album selanjutnya seperti Hip Hip Hura (1986) dan Nona Lisa (1987) dipercayakan kepada trio RAG (Raidy Noor, Adjie Soetama, dan Herman Gelly Effendy) serta Younky Soewarno pada album Jumpa Pertama (1988) dan Pergilah Kasih (1989). Di era ini, musik Chrisye digarap lebih fresh dengan aksentuasi pada programming music (musik mesin) yang tengah ngetrend saat itu. Karakter musiknya pun cenderung riang.

    Pada 1996-2002 Chrisye berkolaborasi dengan Erwin Gutawa dalam mengolah musik. Erwin sendiri banyak membingkai lagu-lagu Chrisye dalam sofistikasi yang lebih memperhatikan akurasi. Erwin banyak memberi peluang untuk memasukkan banyak gestur musik yang sangat berbeda dengan karakter musik Chrisye. Termasuk ketika Erwin menyandingkan Chrisye dengan Waldjinah.

    Menyadari akan kekurangannya dalam menulis lirik lagu, Chrisye menjalin kerja sama dengan penulis lirik seperti Deddy Dhukun, Eros Djarot, Rina R.D., Tito Soemarsono, dan Bagoes AA. Bahkan ia pernah meminta kesediaan penyair religius Taufik Ismail untuk menulis lirik lagu Ketika Kaki dan Tangan Berkata yang diinspirasikan dari surat Yasin. Kolaborasi dalam menulis lirik walhasil membuat lagu-lagu yang dinyanyikan Chrisye menjadi variatif dalam tema.

    *Reorientasi*

    Chrisye menikah dengan Damayanti Noor pada 1982 dan kemudian memeluk agama Islam lalu mengganti nama pertamanya menjadi "Chrismansyah". Dari pernikahannya dengan Damayanti Noor, Chrisye memperoleh empat orang anak yakni Rizkia Nurannisa (1983), Risti Nurraisa (1986), dan putra kembar: Rainda Prashatya & Randa Pramasya (1989).

    Pada tanggal 30 Maret 2007, pukul 04.08 WIB, Chrisye meninggal dunia di Jakarta, akibat penyakit kanker paru-paru yang dideritanya. Ia kemudian dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta.

    Sumber : https://biografinya.blogspot.com/2011/10/chrisye.html?m=1

    Hasil analisis kelompok kami : Menurut kami teks biografi di atas sudah lengkap karena sudah memuat semua tentang struktur teks biografi

    BalasHapus
  77. Nama:Bagus Prasetiyo
    Sosok Pramoedya Ananta Toer merupakan anak kebanggaan bangsa kelahiran Blora, Jawa Tengah pada 6 Februari 1925. Pramoedya Ananta Toer merupakan seorang anak sulung yang secara luas dianggap sebagai pengarang yang sangat produktif bahkan hingga akhir hayatnya. Pramoedya telah menghasilkan lebih dari 50 karya yang diterjemahkan ke dalam lebih dari 42 bahasa asing.

    Pramoedya menempuh pendidikan Sekolah Kejuruan Radio di Surabaya dan kemudian bekerja sebagai juru ketik untuk surat kabar Jepang di Jakarta selama masa penjajahan Jepang. Kehidupan Pram mengalami pasang surut dan pro kontra dari sesama kalangan sastrawan dan rekan seperjuangannya. Hal ini dikarenakan tulisannya menyentuh tema interaksi antarbudaya, antara Belanda, kerajaan Jawa, orang Jawa secara umum, dan Tionghoa. Banyak dari tulisannya juga semi-otobiografi, dimana Pram menceritakan pengalamannya sendiri.

    Pram memperoleh Ramon Magsaysay Award untuk Jurnalisme, Sastra, dan Seni Komunikasi Kreatif 1995. Pram juga memenangkan Hadiah Budaya Asia Fukuoka XI 2000 dan pada Norwegian Author’s Union Award pada 2004 dan berbagai penghargaan lainnya. Pram wafat di usia 81, pada 30 April 2006 di kediamannya.

    BalasHapus
  78. Pramoedya Ananta Toer

    Sosok Pramoedya Ananta Toer merupakan anak kebanggaan bangsa kelahiran Blora, Jawa Tengah pada 6 Februari 1925. Pramoedya Ananta Toer merupakan seorang anak sulung yang secara luas dianggap sebagai pengarang yang sangat produktif bahkan hingga akhir hayatnya. Pramoedya telah menghasilkan lebih dari 50 karya yang diterjemahkan ke dalam lebih dari 42 bahasa asing.

    Pramoedya menempuh pendidikan Sekolah Kejuruan Radio di Surabaya dan kemudian bekerja sebagai juru ketik untuk surat kabar Jepang di Jakarta selama masa penjajahan Jepang. Kehidupan Pram mengalami pasang surut dan pro kontra dari sesama kalangan sastrawan dan rekan seperjuangannya. Hal ini dikarenakan tulisannya menyentuh tema interaksi antarbudaya, antara Belanda, kerajaan Jawa, orang Jawa secara umum, dan Tionghoa. Banyak dari tulisannya juga semi-otobiografi, dimana Pram menceritakan pengalamannya sendiri.

    Pram memperoleh Ramon Magsaysay Award untuk Jurnalisme, Sastra, dan Seni Komunikasi Kreatif 1995. Pram juga memenangkan Hadiah Budaya Asia Fukuoka XI 2000 dan pada Norwegian Author’s Union Award pada 2004 dan berbagai penghargaan lainnya. Pram wafat di usia 81, pada 30 April 2006 di kediamannya.
    NAMA:FERI DWI IRAWAN
    NO ABSEN:14
    NAMA:ROMY NANDA ARINI PUTRA
    NO ABSEN:30

    BalasHapus
  79. Nama Kelompok :
    1.Arya Permana dinata(5)
    2.Fadhli aufar hazazi
    Kelas:X-H

    Nike Ardilla merupakan penyanyi legendaris di Indonesia.

    Ia terlahir dengan nama lengkap Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi di Bandung pada 27 Desember 1975.


    Nike Ardilla meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan tunggal lalu lintas di jalan Raden Eddy Martadinata, Bandung, pada 19 Maret 1995.

    Berikut biodata Nike Ardilla.

    Nama Lengkap: Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi
    Nama Panggung: Nike Ardilla
    Lahir: Bandung, 27 Desember 1975
    Wafat: 19 Maret 1995
    Perjalanan Karier
    Nike Ardilla sudah menggeluti dunia tarik suara sejak masih kecil.

    Nike kecil berani tampil dan memamerkan suara emasnya di hadapan keluarga.

    Keseriusan Nike berkarier di dunia musik mulai tumbuh saat ia berhasil menjadi Juara Harapan I dalam ajang Lagu Pilihanku TVRI.

    Setelah itu, Nike Ardilla akhirnya didaftarkan ibunya ke Himpunan Artis Penyanyi Musisi Indonesia (HAPMI) asuhan Djadjat Paramor.

    Nama panggung awal Nike saat itu adalah Nike Astrina. Nama ini sengaja dipilih agar ia bisa bersaing dengan Nicky Astria yang saat itu sedang tenar di panggung hiburan Indonesia.

    Single pertama Nike Ardilla diproduksi tahun 1986 dengan judul "Lupa Diri" yang kemudian dimuat dalam album kompilasi Bandung Rock Power.

    Sumber : https://amp.kompas.com/entertainment/read/2022/08/31/185833666/biodata-nike-ardilla-salah-satu-lady-rocker-indonesia

    Hasil analisis dari kelompok kami :
    Struktur teks Biografi diatas sudah lengkap. Karena didalam teks tersebut sudah mencakup peristiwa kehidupan seseorang dengan runtut berdasarkan strukturnya dari awal hingga akhir.

    BalasHapus
  80. Nama = Khotimatun Najwa
    Kelas = X-E
    Absen = 16

    Wage Rudolf Supratman
    W.R. Soepratman lahir pada tanggal 9 Maret 1903 di Jatinegara, Purworejo, Jawa Tengah dan meninggal dunia pada tanggal 17 Agustus 1038 di Surabaya. Dia merupakan pengarang lagu kebangsaan Indonesia Raya. Secara singkat, biografi dari W.R. Soepratman yakni tokoh pahlawan dari Jawa ini pada awalnya disekolahkan di Makassar oleh kakak iparnya, yakni Willem Van Eldik dan menjadi guru saat berusia 20 tahun. Dua tahun setelahnya, dia memperoleh ijazah Klein Ambtenaar. Saat bekerja sebagai wartawan, dia mulai tertarik pada gerakan nasional dan menulis buku yang berjudul Perawan Desa yang kemudian disita dan dilarang peredarannya oleh Pemerintah Belanda.

    Karena kakaknya Roekijem sangat menyukai musik dan sandiwara, dia juga turut menyukai bidang tersebut sampai menguasai biola dan cara membuat lagu sampai lahir lah lagu Indonesia Raya saat Ia sedang berada di Bandung dalam usia 21 tahun. Lagu tersebut dia perdengarkan pada malam penutupan kongres Pemuda II pada tanggal 28 Oktober 1928 secara instrumental dengan biola. Sejak saat itu, lagu tersebut seringkali dinyanyikan saat diadakan kongres partai politik sampai menjadi lagu kebangsaan setelah kemerdekaan, akan tetapi, karena menciptakan lagu tersebut, dia selalu dikejar oleh polisi Belanda sampai jatuh sakit di Surabaya. Dia kemudian ditangkap saat menyiarkan lagu ciptaannya yang terakhir berjudul Matahari Terbit di awal bulan Agustus 1938 bersama dengan pandu di NIROM. Lalu dia ditahan di Penjara Kalisosok Surabaya dan meninggal dunia karena sakit.

    Sumber : https://www.gramedia.com/literasi/daftar-tokoh-pahlawan-dari-jawa/#7_Wage_Rudolf_Soepratman

    Komentar
    Berdasarkan beberapa sumber yang saya baca yaitu Gramedia dan ruangguru, reorientasi bersifat opsional dalam teks biografi. Tetapi karena yang ditanyakan adalah kelengkapan struktur teks biografi, maka teks biografi di atas belum lengkap, mungkin bisa ditambahkan beberapa komentar pribadi penulis terhadap teks biografi.

    Perbaikan
    Wage Rudolf Supratman
    W.R. Soepratman lahir pada tanggal 9 Maret 1903 di Jatinegara, Purworejo, Jawa Tengah dan meninggal dunia pada tanggal 17 Agustus 1038 di Surabaya. Dia merupakan pengarang lagu kebangsaan Indonesia Raya. Secara singkat, biografi dari W.R. Soepratman yakni tokoh pahlawan dari Jawa ini pada awalnya disekolahkan di Makassar oleh kakak iparnya, yakni Willem Van Eldik dan menjadi guru saat berusia 20 tahun. Dua tahun setelahnya, dia memperoleh ijazah Klein Ambtenaar. Saat bekerja sebagai wartawan, dia mulai tertarik pada gerakan nasional dan menulis buku yang berjudul Perawan Desa yang kemudian disita dan dilarang peredarannya oleh Pemerintah Belanda.

    Karena kakaknya Roekijem sangat menyukai musik dan sandiwara, dia juga turut menyukai bidang tersebut sampai menguasai biola dan cara membuat lagu sampai lahir lah lagu Indonesia Raya saat Ia sedang berada di Bandung dalam usia 21 tahun. Lagu tersebut dia perdengarkan pada malam penutupan kongres Pemuda II pada tanggal 28 Oktober 1928 secara instrumental dengan biola. Sejak saat itu, lagu tersebut seringkali dinyanyikan saat diadakan kongres partai politik sampai menjadi lagu kebangsaan setelah kemerdekaan, akan tetapi, karena menciptakan lagu tersebut, dia selalu dikejar oleh polisi Belanda sampai jatuh sakit di Surabaya. Dia kemudian ditangkap saat menyiarkan lagu ciptaannya yang terakhir berjudul Matahari Terbit di awal bulan Agustus 1938 bersama dengan pandu di NIROM. Lalu dia ditahan di Penjara Kalisosok Surabaya dan meninggal dunia karena sakit.

    Beliau ialah orang yang berjuang bersama-sama memerdekakan Indonesia dengan caranya sendiri.

    BalasHapus