TIPS PRODUKTIF DI TAHUN 2023

Jumat, Desember 30, 2022

Selamat tahun baru. Tahun baru kali ini berbeda dari tahun baru 2022 dan 2021. 

Pada tahun itu tentu kita masih ditakutkan dengan adanya corona. Alhamdulillah pada tahun ini 2023 tidak begitu. Corona sudah mereda, aktivitas sudah bisa kembali seperti biasa. Pabrik dan sekolah sudah berjalan seperti biasa. Pada tahun-tahun sebelumnya, tempat rekreasi sepi dan tak ramai dikunjungi. 

Pada akhir tahun untuk menyambut tahun baru kali ini tempat rekresi kembali ramai dikunjungi. Jalanan macet banyak kendaraan berlalu lalang. Untuk itu saya pun juga sudah beraktivitas seperti biasa mengajar di sekolah. Tahun 2022 menjadi tahun yang menurutku luar biasa, saya bisa produktif sekali. Terima kasih 2022 yang penuh dengan cerita dan antusias. Hal ini terjadi saat saya pada Januari 2022 bisa menghasilkan buku solo saya yang berjudul Roti Rindu Shifa. Tidak hanya menghasilkan saja namun saya berhasil menerbitkan. Untuk saat ini saya pun juga sudah mendapatkan laporan dari penerbit bahwa buku saya sudah laku 11. Target saya untuk ke depan semoga buku kedua saya bisa laris manis di pasaran.  Lebih dari 11, puluhan, atau ratusan. Amin semoga tidak hanya diangan. 

Tidak hanya itu, pada bulan Mei 2022 saya diangkat menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Meskipun pada awalnya mustahil bahwa mendapatkan NIP. Mendapatkan NIP itu susah namun Tuhan Maha Baik, maha segalanya. Saya bersyukur memiliki kesempatan yang dinanti-nantikan oleh semua orang. Semoga nasib P3k ini bisa diangkat menjadi PNS. Semoga saya berharap banyak kepada pemerintah Indonesia. Kami tahu bahwa memang pada dasarnya sama-sama pegawai pemerintah namun ada rasa yang kurang karena kami tidak menerima pensiunan. Ini hanya keinginan saya saja namun saya terima kasih kepada Tuhan dan juga pemerintah yang sudah memikirkan nasib guru honorer seperti saya ini. 

Selain itu, tepat bulan Juni 2022 juga saya merasa senang bahwa saya juga memiliki kesempatan mengikuti pendidikan guru penggerak. Saat saya dinyatakan lolos seleksi, alangkah senangnya hati ini. Begitu riang dan bangga bahwa saya bisa menjadi bagian dari program ini. Ini pun menjadi hal yang luar biasa karena saya membuktikan kepada dunia bahwa saya mendukung sepenuhnya apa yang diprogramkan oleh pemerintah. 

Pada tahun ini pula tepatnya Agustus 2022, saya berhasil menerbitkan buku antologi bersama murid-murid saya sebanyak empat antologi. Ini merupakan hal yang membanggakan pula bagi saya. Mereka mau diajak kerja sama dan mereka membuktikan bahwa mereka anak-anak yang luar biasa. Tidak hanya itu saya tahun ini juga bisa berkurban. Semoga tidak tahun 2022 saja, semoga tahun 2023 juga demikian. Alhamdulillah setelah lulus P3K saya bisa menabung dan bisa menyisihkan uang untuk berkurban. Semoga pada tahun 2023 saya dapat berkurban kembali. 

Untuk yang terakhir, saya bahagia karena saya lolos seleksi dan dapat mengikuti PPG di Universitas Adi Buana Surabaya. Tepatnya pada Bulan November Tahun 2022 saya resmi menjadi mahasiswa PPG. Saya bersyukur mendapatkan kesempatan ini. Saya dapat berkenalan dengan mahasiswa PPG Daljab ini, para dosen yang luar biasa hebat, guru pamong yang selalu semangat mendampingi kami. Ilmu yang diberikan saat pendidikan sangat bermanfaat bagi saya. Kepada semua yang telah mendukung yaitu suami, anak, keluarga, teman-teman, murid-murid. Saya berterima kasih kepada tahun 2022 yang penuh dengan kejutan. Selamat tinggal 2022 dan selamat datang tahun 2023. Semoga pada tahun 2023 saya bisa lebih produktif lagi. Amin.

Nah saya akan membagikan tips atau trik kepada para pembaca blog agar kita bisa produktif. Berikut caranya:

1. Menyusun rencana

Kebiasaan saya yang baru di tahun 2022 ini saya menyusun rencana-rencana saya satu tahun ke depan. Saya menuliskan keinginan saya tersebut pada selembar kertas putih dan saya tempel di dinding ruang makan. Saya menuliskan harapan-harapan saya tersebut pada dinding tersebut. Saya juga menuliskan target saya yang terjadi untuk bulan apa. Misalnya program mencetak buku saya tulis pada bulan Agustus 2022. Ada pula program di tahun 2021 yang belum terlaksana, saya tuliskan kembali. Program tersebut seperti program menerbitkan buku solo. Pada tahun 2021 saya sudah menuliskan program tersebut namun saya belum bisa melaksanakannya.

2. Memberikan keterangan "Membaca = mengamini. Semoga terkabul"

Saya menuliskan semua program pada kertas HVS tersebut. Di atas tulisan saya berikan pula tulisan "Membaca = mengamini. Semoga terkabul". Hal seperti ini saya terinsipirasi dari teman saya saat saya kuliah bahwa kalau kita punya keinginan dan kita tuliskan pada selembar kertas lalu kita tempel di kamar agar oranv yang membaca tahu sekaligus mengamini. Insyaallah doa pun akan terijabah, orang-orang yang membaca akan senantiasa mendoakan dan Tuhan Maha Mendengar. Insyaallah akan terkabul. Bukan main setelah saya mempraktikkan ini, doa-doa dan harapan-harapan saya ini dapat mengalir dengan baik.

3. Berusaha dengan sungguh-sungguh

Tidak ada yang sia-sia jika keinginan diusahakan dengan sungguh-sungguh. Belajar, mendalami, memperbaruhi, memaknai, merevisi. Semua saya lakukan dengan maksimal agar keinginan saya juga dapat tergenggam dengan maksimal.

4. Berdoa

Setelah rencana sudah dipersiapkan dengan matang, usaha juga sudah dilaksanakan dengan maksimal maka doalah yang menjadi akhir cerita. Jangan lupa meminta doa setelah sholat dan minta doa kepada orang-orang di sekeliling kita.

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan kepada para pembaca sekalian. Semoga bermanfaat. Tahun 2023 pasti bisa dan lebih produktif lagi. Semangat dan terus berkarya untuk Indonesia. Guru Indonesia hebat!

 

You Might Also Like

0 Komentar