PETUALANGAN PALING SERU DI DUNIA KLAN PARALEL

Jumat, April 19, 2019



Judul Buku            : Komet Minor
Penulis                  : Tere Liye
Penerbit                 : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit           : Maret  2019
Kota Terbit             : Jakarta
Tebal buku             : 378 hal
ISBN                      : 9786020623399






Judul Buku             : Komet
Penulis                   : Tere Liye
Penerbit                 : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit           : Mei  2018
Kota Terbit             : Jakarta
Tebal buku             : 384 hal
ISBN                      : 9786020385938





Judul Buku             : Ceros dan Batozar
Penulis                   : Tere Liye
Penerbit                 : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit           : Mei  2018
Kota Terbit             : Jakarta
Tebal buku             : 378 hal
ISBN                      : 9786020385914

HALOO SQUAD! Apa kabar semua? Hayhay jumpa lagi bersama aku Rizky di sini. Oke kali ini aku bakalan ngeriview buku-buku andalan semua bangsa karya pengarang hebat di bumi pertiwi tanah air Indonesia. Tararara, siapa lagi kalau bukan Tere Liye. Yuhu buat yang penasaran, harus baca tulisanku ini sampai kelar ya. Jangan pindah ke yang lain, di sini aja. Jangan lupa komentar ya.

Siapa sih yang tidak kenal Tere Liye?


Novel Komet Minor, Komet, dan Ceros dan Batozar adalah buku trilogi yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta. Novel-novel ini ditulis oleh penulis yang sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia saat ini yaitu Tere Liye. Ketiga novel ini merupakan serial BUMI (Bumi, Bulan, Matahari, dan Bintang). Berbeda dengan novel-novel yang sebelumnya, yang pernah ditulis oleh Tere Liye. Novel ini menceritakan perjalanan tokoh-tokoh yang dihadirkan dalam cerita imajinatif.

Novel ini mengisahkan tiga sahabat yang bernama Raib, Selly, dan Ali. Tokoh Raib diceritakan dalam novel ini memiliki kelebihan yang dapat menghilang, pemberani, dan selalu berhati-hati dalam melakukan suatu tindakan. Raib berasal dari Klam Bulan. Berbeda dengan Raib, Selly dapat mengeluarkan petir dari tangannya, meskipun dia sedikit penakut, namun dia memiliki sikap peduli yang tinggi dengan kedua sahabatnya. Selly berasal dari Klam Matahari. Satu lagi yakni tokoh Ali. Tokoh Ali diceritakan mampu berubah menjadi binatang buas, namun begitu dia merupakan yang paling cerdas di antara kedua sahabatnya. Ali juga yang paling sembrono di antara kedua sahabatnya.

Ketiga novel ini mengisahkan perjalanan ketiganya (Raib, Selly, dan Ali) untuk menyelamatkan dunia paralel dari Si Tanpa Mahkota. Si Tanpa Mahkota ingin mencari senjata pustaka guna mendapatkan kekuatan untuk menguasai seluruh konstilasi klan di dunia paralel. Raib, Selly, dan Ali harus melalui perjalanan yang sangat panjang untuk mengintai Si Tanpa Mahkota melancarkan aksinya.

Konflik-konflik yang diceritakan pada setiap novel karangan Tere Liye ini juga sangat menantang.  Demi harus mengejar si Tanpa Mahkota menuju Klan Komet, justru ketiganya terdampar di pulau misterius. Pulau misterius itu bernama Pulai Hari Senin, Pulau Hari Selasa, Pulau Hari Rabu, Pulau Hari Kamis, Pulau hari Jumat, Pulau Hari Sabtu, dan Pulau Hari Minggu. Di pulau-pulau ini mereka pun diajarkan makna kejujuran, kepedulian, kesabaran, kecerdasan, ketulusan, ketangguhan, dan melepaskan.

Raib, Selly, dan Ali mendapatkan sahabat bernama Max. Max tersebut ternyata adalah samaran Si Tanpa Mahkota. Si Tanpa Mahkota menyamar sebagai sahabat yang mereka tolong dari kawanan perampok saat menuju Pulau Hari Selasa. Pada novel terakhir yang berjudul Ceros dan Batozar, si Raib, Selly, dan Ali diserang oleh dua makhluk raksasa berkepala badak. Makhluk itu bernama Ceros (jika malam hari). Apabila pagi tiba, maka Ceros berubah menjadi Ngglanggeran dan Ngglanggeram. Makhluk ini berasal dari Klan Aldebaram. Pada akhir cerita, mereka bertemu dengan Batozar yang tidak lain adalah kriminal paling berbahaya di Klan Bulan. Terkupas bahwa Batozar ternyata diperalat oleh ketua komite Klan Bulan, dia menolak, hingga istri dan anaknya dibunuh oleh ketua komite Klan Bulan tersebut.

Cerita ini menyuguhkan bab-bab yang seru untuk dibaca. Kelebihan dari novel fiksi ini adalah alur cerita yang ringan sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu ceritanya menantang sehingga membuat pembaca tidak bosan untuk terus menerus membacanya. Tidak hanya itu, penulis sangat kreatif mencari ide cerita. Novel-novel ini merupakan salah satu novel pertama di Indonesia yang bertema imajinatif sekelas dengan Harry Potter karya J.K Rowling. Terdapat banyak amanat ketika membaca cerita, sehingga menjadikan pembaca lebih mengetahui arti kehidupan. Tere Liye membuat gubrakan baru dalam dunia menulisnya, berbeda dengan tulisan-tulisan sebelumnya yang menceritakan kisah manusia. Hal ini membuktikan bahwa pemikiran Tere Liye penuh inovatif.

Kekurangan dalam ketiga novel ini adalah urutun terbit novel yang tidak sesuai isi cerita. Jika melihat urutan cerita seharusnya Novel Komet Minor tercetak lebih dahulu dari pada kedua novel lainnya. Namun, Komet Minor yang terkahir dalam penerbitan. Hal ini menjadikan pembaca harus kembali mengingat-ingat kembali cerita novel yang telah lampau terbit. 

Demikian ulasan mengenai Novel Komet Minor, Komet, dan Ceros dan Batozar karya Tere Liye. Buku-buku yang inspiratif ini semoga dapat membawa pembaca menuju perubahan dalam diri. Pesan yang terkandung dalam buku ini juga sangat banyak. Mengajarkan arti persahabatan. Selain itu, pembaca juga diajarkan untuk tidak mengahakimi seorang jahat atau baik. Tidak hanya itu, pembaca juga diajarkan untuk memaklumi apa yang terjadi pada dunia ini. Bahwa sesungguhnya “di dunia ini ada banyak hal yang kita lihat tapi tidak seperti terlihat. Ada banyak yang kita kenal, tapi tidak seperti yang kita kenal. Aku bisa saja menyikap rahasia, topeng kebohongan tapi membiarkan kalian memahaminya secara langsung akan lebih bijak.” #bukugpu #fiskigpu #lombaresensitereliye

Nah itu tadi, riview aku tentang ketiga novel ini. Sumpah dan benar-benar yakin kalian harus beli. Buku ini bagus banget nomer satu top di dunia dan seisinya. Hadah, yakin deh harus beli. Ayo buruan...

You Might Also Like

74 Komentar

  1. Kasus perusakan wajah anggota OSB SMA Harapan Nusantara di malam karnaval

    Kelompok Radikal Anti-Judges. Tidak diketahui siapa sebenarnya anggota kelompok yang namanya jelek banget ini, menki kami punya dugaan kuat Erika Garsh dan Valeria Camhur, dua anganta The Judges yang membelet lantaran tidak menetajul kebijakan-kebijakan OSIS Tambahan lagi, mereka berdua adalah kombinasi paling mematikan di sekolah kami yang sanggup melawan Putri Badas si Hakim Tertingti, yang puny's sekto berupa ketua OSIS yang punya kemampuan misterios dan waksinya yang berandalar, alias kami berdua.

    Putri Badai menerima surat-surat ancaman untuk membubarkan susunan keanggotaan OSIS dengan tuduhan pemungaten suaranya dimanipulasi Saat Putri menolak menanggapi mereka, kami menemukan mayat binatang diletakkan di ruang OSS Lebih parahnya lagi, di acara pertama yang dilakukan oleh OSIS mereka mulai mengincar anggota-anggota OSIS yang populer. Satu per satu ditemukan dalam kondisi pingsan dengan tubuh penuh luka dan wajah yang dirusak

    Menemukan pelaku sebenarnya sebelum persahabatan kami hancur untuk selamanya

    Judul Buku : MALAM KARNAGAL BERDARAH
    Penulis : LEXIE XU
    Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
    Tahun Terbit : FEBUARI 2014
    Kota Terbit : Jakarta
    Tebal buku : 394 HAL
    ISBN : 9786020301891

    Kelebihan buku: ceritanya sangat menarik para pembaca karena banyak teka teki
    Kelemahan : isinya kurang lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Anis suhesti
      Kelas:XI ips2
      Absen: 04

      Hapus

  2. Judul Buku : kisah legenda
    Penulis :puput mugiati
    Penerbit :karya gemilang utama
    Tahun Terbit : -
    Kota Terbit : surabaya
    Tebal buku : 128 hal
    ISBN : -

    Indonesia adalah negeri yang kaya akan kebudayaan dan kesenian lokal. Salah satu di antaranya cerita rakyat, baik berupa dongeng, mitos, legenda, cerita kepahlawanan, atau cerita binatang. Setiap suku bangsa di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, pasti memiliki cerita rakyat yang diturunkan dari nenek moyang mereka masing-masing sejak ratusan tahun yang lalu. Jadi, bisa dibayangkan jumlah cerita rakyat yang berkembang di Indonesia. Buku ini menyajikan sebagian cerita rakyat asli Indonesia yang populer di setiap provinsi.

    Artinya, dengan membaca buku ini, anak-anak akan lebih mengenal kebudayaan, tempat, dan kekayaan alam yang ada di seluruh penjuru Indonesia. Selain itu, setiap cerita mengandung pesan moral yang dapat merangsang kecerdasan emosional dan spiritual anak.

    Kelebihan dari buku kisah legenda yaitu membuat suka anak kecil untuk dibaca. Kekurangan dari buku kisah legenda yaitu tidak lengkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: dwi bagus cahyono
      Kelas : XI ips 2
      Absen :11

      Hapus
  3. Judul Buku : Pengantar Filsafat Pendidikan
    Penulis Buku : Drs. Uyoh Sadulloh, M.pd
    Penerbit Buku : Alfabeta, CV
    Cetakan : II
    Tebal Buku : 183 halaman
    Tahun Terbit : 2004

    Sinopsis Pengantar Filsafat Pendidikan
    Pendidikan merupakan kegiatan yang hanya dilakukan manusia yang mencakup semua pengalaman serta pemikiran manusia tentang makna dari pendidikan.

    Pendidikan sebagai suatu praktek dalam kehidupan, sama halnya dengan kegiatan-kegiatan lain.

    Seperti kegiatan ekonomi, agama, hukum, dan lain-lain. Selain itu, kita sebagai manusia juga dapat mempelajari pendidikan secara akademik. Baik itu secara empirik yang bersumber dari pengalaman seseorang, maupun dengan jalan perenungan-perenungan. Yang pertama kita sebut sebagai praktek pendidikan, sedangkan yang kedua disebut sebagai teori pendidikan.

    *Kelebihan Buku
    Buku ini mampu memberikan informasi tentang sumber nilai dan bagaimana manusia dapat memperoleh nilai tersebut karena pendidikan pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dengan nilai.
    *Kekurangan Buku
    Buku ini kurang memberikan pemahaman bagi pembaca khususnya bagi pemula sehingga pesan yang mau diutarakan oleh pengarang tidak tersampaikan pada pembaca.

    Nama:Tia ardila
    Kelas:XI IPS 2
    Absen:30

    BalasHapus
  4. Judul Buku: SEMESTA.MATSNAWI
    Penulis Buku : JALALUDDIN RUMI
    Penerbit Buku: FORUM Bertukar Pikiran
    Tahun Penerbit: 2021
    Kota Terbit: Wirogunan,Mergangsan, Yogyakarta
    Tebal Buku: 319
    ISBN: 978-602-50245-8-0


    Matsanawi Maknawi adalah salah satu karya terbesar Jalaluddin Rumi.Di dalamnya termuat ajaran-ajaran tasawuf yang mendasar namun bermakna tinggi.Kemasannya menggunakan sastra sehingga ketika dibaca,para pembaca akan langsung terjun ke dalam samudra hikmah.

    Artinya,Kitab Matsanawi Maknawi akan menggiring para pembacanya untuk memahami makna-makna hakikat yang rumit sehingga menjadi asyik.Di sisi lain, kitab tersebut juga menguliti kekecilan para makhluk secara mendalam sehingga memunculkan makna dan kebijaksanaan yang sangat luas.


    > Kekurangan buku: tidak mudah di mengerti oleh orang yang baru membaca buku ini.

    > Kelebihan buku: menceritakan tentang perjalanan seorang sufi sufi yang bernama Jalaluddin Rumi tentang problem-problem kehidupan di dunia ini dan mengajak kedalam samudra hikmah yang sejati.



    Nama: Prahara Sandi Pratama
    Kelas: XI-IPS 3
    Absen:20

    BalasHapus
  5. Judul Buku : The Subtitle Art Of Not Giving A Fuck
    Penulis Buku : Mark Manson
    Penerbit Buku : HarperOne
    Tahun Penerbit : 2016
    Kota Terbit : New York
    Tebal Buku : 243
    ISBN : 978-602-452-698-6
    Dalam buku pengembangan diri yang mewakili generasi ini, seo- rang bloger superstar menunjukkan pada kita bahwa kunci un- tuk menjadi orang yang lebih kuat, lebih bahagia adalah dengan mengerjakan segala tantangan dengan lebih baik dan berhenti memaksa diri untuk menjadi "positif" di setiap saat. Selama beberapa tahun belakangan, Mark Manson-melalui blognya yang sangat populer-telah membantu mengoreksi harapan-harapan delusional kita, balk mengenai diri kita sendiri maupun dunia, la kini menuangkan buah pikirnya yang keren itu di dalam buku hebat ini. Manson melontarkan argumen bahwa manusia tak sempurna dan terba- tas. Begini tulisnya, "tidak semua orang bisa menjadi luar biasa-ada para pemenang dan pecundang di masyarakat, dan beberapa di antaranya ti- dak adil dan bukan akibat kesalahan Anda." Manson mengajak kita untuk mengerti batasan-batasan diri dan menerimanya-baginya, inilah sumber kekuatan yang paling nyata. Tepat saat kita mampu mengakrabi ketakut- an, kegagalan, dan ketidakpastian-tepat saat kita berhenti melarikan diri dan mengelak, dan mulai menghadapi kenyataan-kenyataan yang menyakitkan-saat itulah kita mulai menemukan keberanian dan keper- cayaan diri yang selama ini kita cari dengan sekuat tenaga. "Dalam hidup ini, kita hanya punya kepedulian dalam jumlah yang ter- batas. Makanya, Anda harus bijaksana dalam menentukan kepedulian Anda." Manson menciptakan momen perbincangan yang serius dan mendalam, dibungkus dengan cerita-cerita yang menghibur dan "kekl- nian", serta humor yang cadas. Buku ini merupakan tamparan di wajah yang menyegarkan untuk kita semua, supaya kita bisa mulai menjalani kehidupan yang lebih memuaskan, dan apa adanya. MARK MANSON adalah seorang bloger kenamaan dengan berjuta- juta pembaca. la tinggal di New York. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat adalah buku pertamanya.

    Kekurangannya : Sulit Dimengerti

    Kelebihan : Walaupun sulit dimengerti tapi menarik untuk dibaca

    BalasHapus
  6. Judul : Si Samin
    Penulis : Mohammad Kasim
    Penerbit : Balai Pustaka
    Tebal : ½ cm
    Halaman :133 halaman berilustrasi
    Cetakan :cetakan pertama – 1924
    cetakan ke sebelas – 2007
    Beli di : palasari toko ampera
    Panjang : 21 cm
    Lebar : 15 cm




    Sinopsis

    Samin itu anak yang curang dan serakah ketika ibunya membagi makanan kepada Samin dia pun segera memakannya dengan lahap, setelah habis makanan itu dia bertanya pada ibunya “mak jagung siapa itu di piring?” jawab ibunya “itu bagian adekmu lah kan sudah ku bagi kau makanan jangan kau ambil !!” setelah bertanya hendak adiknya Samin atau Ramlah pun bangun dan ibunya berkata “hey kau sudah bangun nak, sini ini emak hendak punya makanan buat kau ambillah” jawab ramlah “emmh ia mak Ramlah ambil, terima kasih mak” dan setelah Ramlah mengambil makanan itu dia langsung pergi keluar rumah untuk bermain dengan temannya.


    ~Kelebihan:Tulisannya menarik, kata-katanya mudah dipahami, dalam buku tersebut terdapat gambarnya.

    ~Kekurangan:Sampul tidak menarik bagi siswa SMA.


    Nama:SITI UTAMI
    Kelas:XI-IPS 1
    Absen:28

    BalasHapus
  7. Judul Buku: Bidadari-Bidadari Surga
    Penulis Buku: TERE LIYE
    Penerbit Buku: Penerbit Republika
    Tahun Penerbit: 2008
    Kota Terbit: Jl. Kav.Polri Blok I No. 65 Jagakarsa, Jagakarsa, Jakarta 12260
    Tebal buku: VIII+363 Halaman
    ISBN: 9789791102261

    Kerja keras bersyukur dan iklas itulah makna yang dapat dipetik dari novel yang berjudul “Bidadari-bidadari Surga”. Novel karya Tere Liye ini mengisahkan perjuangan seorang gadis dilembah Lahambay untuk bisa membantu ibunya agar keempat adiknya tetap sekolah. Sementara gadis itu rela untuk berhenti sekolah untuk meringankan beban orang tuanya dan mempunyai banyak waktu menambah penghasilan. Gadis itu bernama “Laisa” dan keempat adiknya Dalimunte, Wibisana, Ikanuri dan Yashinta. Laisa selalu mengajarkan kepada adik-adiknya untuk selalu kerja keras, kerja keras, dan kerja keras.
    Cerita yang diangkat dari kisah nyata ini, sangat mengharu biru. Gadis yang hingga akhir hayatnya tak juga mendapatkan jodohnya ini, diceritakan begitu sangat iklasnya dia menerima takdirnya, yang tak mendapatkan jodohnya karena bermasalah dengan fisiknya. Laisa tetap tegar menghadapi nasibnya, dia tetap bisa berbuat banyak untuk tegar mengadapi nasibnya, dia tetap bisa berbuat banyak untuk penduduk di desanya dengan keterbatasannya itu yang membuat banyak orang mencibirnya itu.
    Sungguh banyak hal yang dapat kita pelajari dalam novel ini, tentang bagaimana kita sebagai manusia yang sudah sepatutnya bersyukur kepada sang pencipta dengan apa yang telah Dia berikan kepada kita.

    - Kelebihan:
    Buku ini sangat menyentuh dan inspiratif, ceritanya sangat menarik. Ceritanya diulas dengan sangat rinci dan seolah pembaca merasakan apa yang diceritakan oleh penulis.
    Alur cerita dan bahasa yang digunakan cukup sederhana sehingga mudah untuk dipahami.Bahasa kiasan yang digunakan sangat indah.Novel ini disusun dengan balutan dialog-dialog yang cukup berhasil membuat emosi para pembacanya menyelami perasaan tokoh-tokoh yang ada di dalamnyaKita juga dapat mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya tentang takdir Tuhan, bahwa hidup, jodoh, rezeki, dan mati adalah sepenuhnya milik Allah. Manusia hanya bisa berusaha semampunya dan berdo’a, tapi keputusan akhir tetap di tangan Allah.
    Buku ini ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti. Buku ini mampu membuat pembacanya seolah – olah melihat langsung kejadian yang diceritakan. Buku ini juga bagus untuk dibaca karena terdapat banyak ilmu baru yang dicantumkan didalamnya, dapat menambah waswasan dan tahu pentingnya sebuah pendidikan.

    - Kekurangan:
    Gaya bahasa dalam Novel ini agak memusingkan, misalnya untuk peletakan cara memanggil karakter kunci yang kadang dipanggil Kak, kadang dipanggil Wak, di beberapa tempat agak berantakanNovel ini yang terasa sedikit janggal adalah mengenai sudut pandang penulis. Terdapat kerancuan pada penempatan posisi penulis dalam cerita ini terkadang tidak ada korelasi dengan jalan cerita.Ada bagian yang sangat ingin diketahui pembaca, tapi cerita itu malah dibuat menggantung karena bahasa yang digunakan diakhir cerita adalah bahasa kiasan.

    Nama: Diva Octaviona Nur Romadhoni
    Kelas: XI-IPS1
    Absen: 12

    BalasHapus
  8. Identitas Novel
    Judul : Laskar Pelangi
    Pengarang : Andrea Hirata
    Penerbit : Bentang Pustaka
    Tahun Terbit : 2005
    Halaman : XXXIV, 529 halaman
    ISBN : ISBN 979-3062-79-7


    •Laskar Pelangi merupakan judul novel yang pertama kali dirilis oleh penulis fenomenal Andrea Hirata. Novel ini diterbitkan oleh penerbit bentang pustaka pada tahun 2005. Dalam perkembangannya, Andrea Hirata selanjutnya merilis tiga novel sekuel Laskar Pelangi berikutnya yakni Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov. Laskar Pelangi sendiri mengisahkan tentang kehidupan 10 anak miskin yang berjuang keras demi meneruskan pendidikan mereka di kampung Gantong, Pulau Belitung. Kesepuluh anak yang bersekolah di SD Muhammadiyah Gantong tersebut hampir sebagian besar dari mereka adalah anak dari para penambang timah di pulau dengan hasil kekayaan alam timah terbesar di dunia. Akan tetapi kekayaan alam tak selalu berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan penduduk asli pada suatu wilayah. Kenyataan itulah yang harus diterima oleh para orang tua, anak-anak, dan seluruh warga miskin di daerah tersebut.

    •Kelebihan Novel
    Salah satu kekuatan yang disuguhkan dalam tiap novel hasil ciptaan tangan dingin Andrea Hirata terletak pada gaya bahasanya yang berkarakter, khas, dan unik. Dalam tulisan-tulisannya ia juga menambahkan aksen yang kental dengan nuansa kultur masyarakat melayu. Selain itu aspek sosial, budaya, dan etnis juga tergambarkan dengan sangat jelas dalam setiap dialog dalam novel Laskar Pelangi. Kemampuan Andrea Hirata dalam meramu kesedihan menjadi sebuah lelucon yang pantas untuk ditertawakan memanglah tiada duanya. Hal tersebut tergambarkan dengan jelas di setiap kisah dan dialog yang terjadi antara anggota laskar pelangi dan warga masyarakat Belitong. Dalam buku ini juga banyak memuat unsur-unsur positif diantaranya ialah keberanian, ketabahan, ketekunan, pantang menyerah, berani bermimpi, dan masih banyak lagi.

    • Kekurangan Novel
    Kekurangan yang ada pada novel Laskar Pelangi didominasi oleh tidak jelasnya (kabur) mengenai waktu, tempat, serta nama tokoh yang ada pada novel. Penulisan novel Laskar Pelangi diilhami oleh pengalaman pribadi penulisnya yakni Andrea Hirata. Akan tetapi Andrea seolah melakukan pengaburan tentang kejelasan waktu, tempat, serta nama tokoh asli dalam kehidupan nyata. Selain itu akhir ceritanya juga dirasa agak sedikit menggantung yang tentu saja akan menimbulkan rasa penasaran dan tidak puas akan akhir ceritanya. Meskipun pada akhirnya Andrea Hirata akan melanjutkan cerita Laskar Pelangi pada sekuel berikutnya.

    FALLDYA SHALMA NUR BILL UHAQ/14/XI-IPS 1

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Judul buku:Garis waktu
    Penulis buku:Fiersa besari
    Penerbit buku:Media kita
    Tahun penerbit:2016
    Kota penerbit:Jakarta
    Tebal buku:211
    ISBN:978-979-794-525-1

    Pada sebuah garis waktu yang merangkak maju,akan ada saatnya kau bertemu dengan satu orang yang mengubah hidupmu untuk selamanya.
    Pada sebuah garis waktu yang maju akan ada saatnya kau terluka dan kehilangan pegangan.
    Pada sebuah garis waktu yang merangkak maju,akan ada saatnya kau ingin melompat mundur pada titik titik kenangan tertentu
    Maka,iklaskan saja kalau begitu
    Karna sesunggunya,yang lebih menyakitkan dari melepaskan sesuatu adalah berpegangan pada sesuatu yang menyakitimu secara perlahan

    Kekurangan buku: sulit dimengerti
    Kelebihan buku: buku ini sangat bagus bagi kalangan remaja karna didalamnya bertema percintaan

    Nama:wahyu ardiansyah(31)
    Kelas:IX IPS 1

    BalasHapus
  11. Judul buku :Dear Amara
    Penulis :Naomi orlin
    Penerbit :Nuansa
    Penata sampul:Oesman
    Penata letak :Choyien
    Editor :Agus_joa
    Cetakan :1
    Tahun :2016
    Dimensi(cm) :13cm x 19cm
    Halaman :160


    Sinopsis:
    Jangan sampai ada air mata tumpah kembali dari mata bening mereka.Damai dan Amara,sahabat kecil yang kering kasih sayang.Dua anak yang tak pernah mengeluh meski harus mengeluarkan ribuan peluh untuk kasih bisa memiliki keluarga utuh.
    Cuplikan:
    "Aku memang harus tau diri,terpaksa mengerti ego kalian sebagai orang dewasa yang seringkali menjelma menjadi anak kecil.. "
    (Ananda Amara Kinanti)

    Kelebihan:Tulisanya menarik,kata-katanya mudah dipahami.

    Kekurangan:sampul tidak menarik bagi siswa SMA.

    Nama: SITI ZULI ZUBAIDAH
    Kelas:XI-IPS 1
    Absen:29

    BalasHapus

  12. Judul : Menemukan Indonesia
    Penulis : Pandji Pragiwaksono
    Genre : Inspirasi/Kisah Perjalanan
    Penerbit : PT Bentang Pustaka
    Tahun Terbit : Cetakan ke-2, Mei 2016
    Tebal Buku : 282 halaman
    No ISBN : 978-602-291-143-2



    Sinopsis

    Indonesia…
    Beragam budaya
    Beragam bahasa
    Kuliner yang kaya
    Terkenal rendah hati dan sederhana
    Ramah serta suka menyapa
    Warga Mancanegara
    Adat ketimuran patut dijaga
    Etika, juga Tutur Kata
    Itu identitas kita
    Tak semua negeri orang itu lebih hebat
    Tak sedikit anak bangsa juara seantero jagat
    Hasrat tuk maju trus dipupuk
    Sekat-sekat perbedaan melapuk
    Kotak-kotak semangat trus ditumpuk
    Untuk Indonesia Juara.
    24 kota, 8 negara, 4 benua, selama 1 tahun. Itulah perjalanan Pandji Pragiwaksono, seorang stand up comedian dalam tur dunianya yang pertama, yaitu Mesakke Bangsaku World Tour (MBWT). Sosok yang dulu dikenal dari acara “Kena Deh” ini mengaku sangat cinta dengan Indonesia, dibuktikan dengan beberapa bukunya seperti NASIONALISME, dan Berani Mengubah.



    Kelebihan:~ kualitas tulisan, diselingi berbagai foto yang menarik bikin betah untuk baca buku ini berulang kali
    ~Inspiratif, untuk pembelajaran sekaligus meningkatkan percaya diri bangsa.

    Kekurangan:sampul buku kurang menarik,sulit dimengerti dan tidak menarik bagi siswa SMA



    Nama:M.Khoirul Isa
    Kelas: XI-IPS 1
    Absen:18

    BalasHapus
  13. Judul buku:Terdampar di kerajaan Venus
    Penulis: Cut Dian
    Editor:Ratna Susanti,S.S.
    Penata Letak:NasSirun Purwokartun
    Penerbit:Era Novia

    Sinopsis

    Fere mendapati dirinya terdampar di kerajaan Venus.Ia tersesat,dan harus berurusan dengan ratu Venus yang semua anak buahnya perempuan.Hukuman dahsyat pun tertimpa kan padanya:gantung!Sebenarnya,apa kesalahan Fera?Sanggupkah ia melawan sang ratu?

    -Kelebihan: Kehidupan,hampir selalu berwarna pelangi.ada kedatangan,ada pula kepergian.segala sesuatu yang datang belum tentu membawa kegembiraan,sedangkan yang pergi belum tentu menyebabkan kesedihan.

    Kekurangan:Dunia yang tidak berwarna adalah dunia yang membosankan.sebab mata manusia beserta nuraninya


    Nama: FERA
    Klas:Xl-ips 1
    Absen:15

    BalasHapus
  14. Judul : Sang Pemimpi
    Penulis : Andrea Hirata
    Laman : 292 page
    Cetakan : ke 14 th.2008
    Oleh penerbit: PT.Bentang Pustaka
    ISBN: 979-3062-92-4
    SINOPSIS
    Novel Sang Pemimpi menceritakan tentang sebuah kehidupan tiga orang anak Melayu Belitong yaitu Ikal, Arai, and Jimbron yg penuh dgn tantangan, pengorbanan and lika-liku kehidupan yg memesona sehingga kite akan percaya akan aandya tenaga cinta, percaya pada kekuatan mimpi and kekuasaan Allah. Ikal, Arai, and Jimbron berjuang demi menuntut ilmu di SMA Negeri Bukan Main yg jauh dari kampungnya. Mereka tinggal di salah satu los di pasar kumuh Magai Pulau Belitong bekerja sebagai kuli ngambat buat tetap hidup sambil belajar.Pada dasarnya novel nih hampir tiada kelemahan. Hal itu dikarnakan karena penulis dgn cerdas and apik menggambarkan keruntutan alur, deskripsi setting, and eksplorasi kekuatan karakter. Baik ditinjau dari segi kebahasaan hingga sensasi yg dirasakan pembaca sepanjang cerita, novel nih dnihlai cukup buat mengobati keinginan pembaca yg haus akan novel yg bermutu.
    -Kelebihan
    Banyak kelebihan-kelebihan yg didapatkan dlam novel nih. Mulai dari segi kekayaan bahasa hingga kekuatan alur yg mengajak pembaca masuk dlam cerita hingga merasakan tiap latar yg terdeskripsikan secara sempurna. Hal nih tak lepas dari kecerdasan penulis memainkan imajinasi berfikir yg dituangkan dgn bahasa-bahasa intelektual yg berkelas.
    -Kelemahan
    Pada dasarnya novel nih hampir tiada kelemahan. Hal itu dikarnakan karena penulis dgn cerdas and apik menggambarkan keruntutan alur, deskripsi setting, and eksplorasi kekuatan karakter.


    Nama: CELLSI GITA PUTRI MELINDA
    KELAS:XI IPS 1
    NO:10

    BalasHapus
  15. Judul Buku: Damn! It’s You!
    Penulis: Pelangi Tri Saki
    Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
    Cetakan ke-1: Januari 2017
    Tebal: 232 halaman
    ISBN: 978-602-03-3661-9

    “Gue mau lo pindah ke Atlanta.”

    Gara-gara kalah taruhan sama Saba, Nigi harus menanggung konsekuensi besar: dia harus pindah sekolah! Namun, mana mungkin Nigi ninggalin sekolah tersayangnya, temen-temennya, serta jabatan ketua OSIS? Meski masa jabatan OSIS-nya sudah nyaris habis, tetap saja Nigi nggak mau pindah sekolah karena alasan konyol. Lagi pula, dia kan baru kenal cowok muka datar itu!
    Saat Nigi yakin untuk menolak hasil taruhan, orangtuanya malah sudah mengurus kepindahannya. Tentu saja dia stres banget. Gimanapun juga, dia bakal satu sekolah dengan Saba. Malapetaka buat Nigi, kan?

    “Silakan ketawain gue sepuas lo. Siapa tahu yang nangis berikutnya karena patah hati justru lo, Nigi Syahreza.” – Arzillo Hermawan, page 6.

    Damn! It's You! merupakan buku kedua dari seri You karya Pelangi Tri Saki. Buku pertamanya sendiri, Hey! You! telah terbit pada Mei 2015 lalu, di mana meskipun adalah sebuah seri, dari segi cerita, kedua buku ini tidak memiliki keterkaitan yang cukup berarti dan bisa dibaca lepas. Satu-satunya hubungan antara dua buku ini adalah kedua tokoh utamanya, yaitu Zillo pada Hey! You! dan Nigi pada Damn! It's You! saling mengenal dan tumbuh dalam lingkungan kompleks yang sama.

    Masih mengangkat tema percintaan remaja seperti buku pertamanya, kali ini Pelangi Tri Saki menghadirkan sosok Saba dengan sikap datarnya, yang cukup mengingatkan saya terhadap Zillo, namun di sini Saba lebih bisa bersikap atau mengekspresikan apa yang ia rasakan meskipun terlihat jelas bahwa ada sesuatu yang ia sembunyikan, dan meskipun berkali-kali Nigi menanyakan mengenai apa yang sebenarnya terjadi pada pemuda itu, tak lelah pula Saba berkali-kali bersikeras untuk menutupi kebenarannya pada Nigi.
    Satu hal yang membuat saya selalu suka dengan karya-karya Pelangi Tri Saki entah itu novel yang ia terbitkan maupun cerita yang ia publikasikan di Wattpad, adalah karena caranya membawakan cerita dengan santai dan tidak berbelit-belit, tapi hal itu justru membuat saya dengan mudah bisa masuk dalam cerita dan merasakan perasaan para tokoh nggak membuat pembaca bosan. Terlebih untuk Damn! It's You! ini, pemilihan font-nya bagus, apalagi jarak kata antar kata tidak terlalu rapat, jadi tidak terkesan padat dan mata jadi nggak capek waktu bacanya.

    Selain itu, saya juga suka hubungan persaudaraan Nigi dan saudara kembarnya, Noel. Karakter Noel ini terkesan loveable. Dan sorry not sorry, kayaknya saya lebih suka Noel daripada Saba deh. Noel Syahreza ini menarik perhatian di mana ia begitu menunjukkan rasa pedulinya kepada Nigi dan juga di buku ini beberapa kali sempat disinggung mengenai kehidupan pribadi Noel. Saya jadi semakin tidak sabar menunggu buku ketiga dari seri You! yang akan menceritakan kisah Noel dan Aran.

    Untuk covernya sendiri, sangat khas teenlit, saya suka sekali, perpaduan warnanya membawa aura menyenangkan, apalagi saat mengetahui bahwa buku pertamanya juga cetak ulang dengan tema yang sama seperti cover Damn! It's You! ini, soalnya bagi saya, cover lama dari Hey! You! itu rasanya cukup hampa.

    Bagi penikmat teenlit, saya rekomendasikan Damn! It's You! pada kalian. Jika Hey! You! lebih menunjukkan hal-hal lucu dan menyentuh hati, maka Damn! It's You! berusaha menyajikan cerita yang lebih serius, kehidupan yang kelam, rahasia-rahasia yang berusaha ditutupi, dan dendam masa lalu yang tidak termaafkan.

    kelebihan novel: Cerita nya ringan, tidak bikin mumet tapi inti cerita benar-benar mengeksploitasi kelucuan saba nigi
    Kekurangan: Cerita ini walaupun romansa remaja tapi adegan romansa nya kurang.

    NAMA: Yohana Sasono
    KELAS: XI IPS 1
    ABSEN: 33

    BalasHapus
  16. Judul buku :KETIKA SAKIT TAK KUNJUNG SEMBUH
    penulis buku: JOKO WASKITO
    penerbit buku: SALSABILA
    Tahun penerbit:2015
    Kota terbit : Jakarta timur
    Tebal buku: 202
    ISBN: 978-602-1695-24-1




    Desember 2005,Yadin Burhanudin divonis menderita ginjal kronis.praktis sejak saat itu kehidupanya bergantung pada mesin Hemodialisa .dua kali seminggu dia harus menjalani cuci darah demi mempertahankan hidupnya.hal ini mebawah perubahan besar dalam hidup Yadin.perlahan dia mulai kehilangan dunianya sebagai seorang jurnalis .kondisinya yang lemah emebuat Yadin tidak bisa menjalankan tugasnya sebagai seorang reporter Radio MQ FM .puncaknya ,dua tahun setelah vonis itu ,ia benar benar harus meninggalkan dunia jurnalisme yang telah menyatu dengan jiwanya



    ~Kekurangan buku :tidak mudah di mengerti oleh orang yang baru membaca buku ini.


    ~kelebihan buku :menceritakan tetang perjalanan seorang Yadin Burhanudin yang divonis gagal ginjal untuk tetap bertahan hidup dan menebar maaf bagi orang lain


    NAMA : LULUK KUMALASARI
    KLS : XI - IPS
    Absen :16

    BalasHapus
  17. JUDUL BUKU : Kukayuh Becakku Kurentang Nasibku
    PENULIS BUKU : Drs.Zainal Mursalin
    PENERBIT BUKU : CV.SAHALA ADIYATAMA
    TAHUN TERBIT : Oktober 2005
    KOTA TERBIT : JAKARTA TIMUR
    TEBAL BUKU : 135 Halaman
    ISBN : 979-24-4003-8

    Sebuah kisah nyata ....
    Sebagai seorang tukang becak , Sukarman seperti mendapat durian runtuh.Bill Morrow ,turis yang baru sehari dikenalnya menawarkan diri untuk membiayai operasi tumor hidung anaknya di Australia.setelah itu berbagai kemudahan datang silih berganti .Dengan bantuan Bill ,Sukarman dapat memiliki rumah dan bisa hidup enak .Namun,roda kehidupan selalu berputar .Tiba-tiba biduk kecilnya digucang badai .krisis moneter membuat ia jatuh dan harus rela kehilangan semua kesenangan hidup yang baru saja ia miliki .Dengan kegigihan dan rasa sayang pada keluarga , sukarman rela melakukan apa saja agar biduk kecilnya tidak tenggelam .
    Sebuah kisah kehidupan dengan latar budaya yogyakarta dan segala keunikannya terdapat dalam buku ini .Alur kehidupan yang tidak pernah kita tahu jalannya ,tertuang dalam cerita kehidupan Sukarman yang penuh perjuangan .

    # KEKURANGAN : k-balikkan dari halaman yang dibaca dengan halaman akhir bab, sehingga pembaca akan merasa tidak nyaman dalam membaca. Buku ini tidak diperdagangkan, sehingga tidak semua orang dapat menikmatinya.
    # KELEBIHAN : Memiliki alur yang teratur dan bahasa yang tidak berbelit-belit, pembaca tidak akan kesulitan dalam mengikuti cerita, sehingga buku ini dapat dengan mudah dipahami oleh semua kalangan, dari anak SD bahkan sampai orang dewasa. Buku ini juga bersifat mendidik.

    NAMA:SISKA SUGIHART
    KELAS : XI IPS 1
    ABSEN : 27

    BalasHapus
  18. Judul buku:Terdampar di kerajaan Venus
    Penulis: Cut Dian
    Editor:Ratna Susanti,S.S.
    Penata Letak:NasSirun Purwokartun
    Penerbit:Era Novia

    Sinopsis

    Fere mendapati dirinya terdampar di kerajaan Venus.Ia tersesat,dan harus berurusan dengan ratu Venus yang semua anak buahnya perempuan.Hukuman dahsyat pun tertimpa kan padanya:gantung!Sebenarnya,apa kesalahan Fera?Sanggupkah ia melawan sang ratu?

    -Kelebihan: Kehidupan,hampir selalu berwarna pelangi.ada kedatangan,ada pula kepergian.segala sesuatu yang datang belum tentu membawa kegembiraan,sedangkan yang pergi belum tentu menyebabkan kesedihan.

    Kekurangan:Dunia yang tidak berwarna adalah dunia yang membosankan.sebab mata manusia beserta nuraninya

    NAMA : YUDHA PUTRA ROMADHON
    KELAS : XI IPS 1
    ABSEN : 34

    BalasHapus
  19. Judul buku:ayok putus
    Penulis buku:ananda Ryu
    Penerbit buku:akad
    Tahun terbit:2021
    Kota terbit:jl.mohammad Kahfi 2,no 12 RT.013 RW.09, Jagakarsa, Jakarta 12630
    Tebal buku:376 halaman
    ISBN:978-623-96080-0-2

    Ayo putus, ajak Selatan dengan enteng pada cewek di sampingnya sembari memesan cilok kesukaan di depan sekolah. Membuat Naya, cewek yang diajak putus itu seketika terkejut mendengar ajakan Selatan.

    -kelebihan: banyak moral baik yang terkandung dalam novel ini seperti untuk mendapatkan sesuatu kita inginkan kita harus tegar dalam menghadapi segala cobaan. Tidak boleh pasrah begitu saja pada nasib yang telah digariskan untuk kita. Novel ini dapat dibaca oleh semua kalangan tentu saja dengan harapan dapat memberikan motivasi pada sipembaca supaya terus berusaha untuk mendapatkan kesentosaan dalam hidup. buku ini bagus sekali untuk dibaca oleh semua kalangan karena mengandung banyak amanah yang terkandung dalam hidup yang dapat menjadi pelajaran.

    -Kelemahan: pengarang tidak memberikan penjelasan secara rinci tentang akhir hidup para tokoh. Seperti kematian syahbudin di sini tidak jelaskan bagaimana dia mendapat penyakit yang menyebabkan dia meninggal. Dan alasan lamina menjadikan dirinya ke laut juga tidak begitu jelas."berhari-hari ia memikirkan, apakah sebabnya maka lamina sampai jatuh ke laut.... Tetapi sia-sia belaka. Hanya Malik yang tahu akan hal itu, tapi ia tak pernah membuka mulutnya, sebab takut dia akan terbawa-bawa. Dengan demikian kegaiban yang sedih itu selama-lamanya tersembunyi, tak diketahui manusia." (helm 121). Sedangkan pada Mansyur sendiri tidak diketahui secara pasti penyebab dia jatuh ke laut."tetapi bagaimanapun juga mereka mencoba menerka nerka, masalah itu tinggal gelap juga, gelap untuk selama-lamanya. Tidak ada yang tahu asal mulanya dia jatuh ke laut." (helm 126).



    Nama: MUKHAMMAD FIRDI ANDIKA
    kelas: XI-IPS 1
    No:23

    BalasHapus
  20. Judul               : Brondong Lover

    Penulis             : Stephanie Zen

    Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama

    Kota terbit       : Jakarta

    Tahun terbit     : Februari 2016

    Tebal               : 232 halaman


    Nasha adalah salah satu panitia MOS yang harus menghadapi siswa baru yang sangat menyebalkan, Dave. Dia memang tinggi dan tampan, tapi sikap jahilnya itu membuat Nasha makin benci padanya. Dibalik sikap jahilnya itu Dave menyimpan rasa kepada Nasha. Awalnya Nasha tidak bisa membaca maksud Dave yang melindungninya dari Kevin yang merupakan mantan Nasha.

    Dave semakin hari semakin menunjukkan perhatiannya kepada Nasha, walaupun cara memberi perhatiannya tetap dengan sikap jahilnya. Nasha semakin yakin dengan perasaan Dave saat kaki Nasha terkilir dan Dave menggendongnya hingga basecamp. Nasha berusaha mengelak perasaan yang ada dalam dirinya, karena dia tidak mungkin menyukai brondong atau orang yang lebih muda.

                Dave pun menyatakan cinta kepada Nasha, inilah saat yang paling ditakuti Nasha, walaupun ada perasaan senang yang tidak dapat dipungkirinya. Nasha memang belum siap dicap sebagai brondong lover, tapi dia juga tidak bisa membohongi perasaannya. Dave dan Nasha pun resmi berapacaran, dan mereka berkomitmen untuk tidak menggubris kata-kata orang lain. Kevin yang mengetahui kabar itu berusaha agar hubungan mereka berdua rusak, karena Kevin merasa bahwa urusannya dengan Nasha belum selesai.

    Saat Dave dan Nasha semakin dekat, masalah baru muncul. Kak Elang, orang yang disukai kakak Nasha secara tiba-tiba mengatakan cinta kepadanya. Nasha dengan yakin mengatakan tidak, karena dia sudah punya Dave dan dia juga tidak ingin melukai hati kakanya sendiri.

                Novel karangan Stephanie Zen ini sangat menarik, konfliknya membuat novel ini tidak perku diragukan lagi untuk dibaca. Pesan yang dapat diambil yaitu uur bukan menjadi masalah dalam suatu hubungan asalkan dapat menjaga kepercayaan dan pengertian antara satu dengan yang lainnya.

    Kelebihan:cerita nya ringan,bahasanya mudah dimengerti
    Kekurangan: ceritanya Terlalu bertele tele

    Nama:VANNY NURGIARTI
    kelas: Xl ips 1
    Absen: 30

    BalasHapus
  21. Judul : His Majesty's Dragon
    Judul Terjemahan : Naga Sang Kaisar
    Pengarang : Naomi Novik
    Penerbit : Elex Media Komputindo
    Tebal : 540 halaman
    Diterbitkan pertama kali : 19 Desember 2012
    Target : Remaja
    Genre : Historical Fantasy
    Bahasa : Indonesia
    Seri : Temeraire
    ISBN : 978-623-00-1602-8
    SINOPSIS
    Pertempuran udara membawa dimensi baru yang mendebarkan dalam Peperangan era Napoleon saat para pejuang pemberani bangkit membela Inggris dengan terbang ke angkasa… bukan dengan menumpang pesawat, melainkan menunggangi punggung perkasa para naga tempur.

    Ketika HMS Reliant menangkap kapal fregat Prancis dan mengambil alih muatannya yang berharga: sebuah telur naga yang belum menetas. Takdir mengantarkan Kapten Will Laurence keluar dari kehidupannya sebagai pelaut ke dalam masa depan yang tak menentu—dan ke dalam sebuah ikatan tak terduga dengan makhluk yang sangat luar biasa.

    Terlempar ke dalam dunia Angkatan Udara yang tidak biasa sebagai penunggang Temeraire, dia harus menjalani kursus kilat untuk menguasai taktik pertempuran udara yang sangat berbahaya. Saat Bonaparte melaksanakan rencana nekatnya , Laurence dan Temeraire harus menunjukkan kemampuan mereka dalam pertempuran yang menentukan nasib sebuah bangsa.
    Kelebihan :
    Bila kalian suka cerita Historical Fantasy yang ada naga naganya mungkin akan suka buku ini karena jenis naganya ada banyak, dan juga alur bukunya seru.
    Kelemahan :
    Karena buku ini terjemahan maka ada beberapa kosa kata yang sulit dimengerti bagi kaum yang baru mulai membaca.

    Muhammad Dzaky Rafif
    21
    XI IPS 1

    BalasHapus
  22. Judul : Tamu
    Pengarang : Wisran Hadi
    Penerbit : Pustaka Utama Grafiti
    Terbit : 2001
    Cetakan : ke 4
    Jenis : Fiksi
    Tebal : 19 cm
    Jumlah halaman : 188
    Sinopsis :

    Ongga ingin kembali kepada suasana kekeluargaan seperti dulu. Ingin Ia gadaikan tanah pusaka yang menjadi sumber masalah sebagai akibat terbunuhnya Mamo itu.Orang yang di tuakan yaitu Uyue Aji dan kaumnya meminta Ongga supaya bersedia menjadi kepala suku Guci, namun Ongga menolak. Uyue Ajie meninggal satu tahun lalu. Mamo di bunuh oleh Guguk,kemenakannya sendiri.Pembunuhan ini di sebabkan karena Mamo memaksa Emak Guguk untuk menandatangani surat persetujuan penjualan tanah pusaka,namun Emak Guguk menolak.Guguk di ajukan ke pengadilan.Hukuman untuk Guguk dapat di ringankan asal Ongga menemui hakim dan membawa uang. Sementara Ongga bingung siapa yang akan menanggung biaya hidup Istri dan anak Mamo.

    Burik datang menjelang magrib ke rumah Ongga. Ia menceritakan perbuatan istrinya , Niyuih yang telah berbuat serong dengan pedagang kentang.Niyuih telah bersumpah dan berjanji tidak melakukannya lagi,tapi seminggu kemudian Niyuih melakukanya lagi.Niyuih merasa bahwa ia telah di guna-gunai oleh pedagang kentang tersebut.Maka Niyuih meminta Burik untuk mencarikan obat.Untuk membantu Burik, Ongga berjanji akan mengobati penyakit Niyuih




    NAMA:ANDIKA PUTRA WIJAYA
    KELAS:11- IPS 1

    BalasHapus
  23. Kekurangan buku tamu adalah motif sampul nya jeluk kurang kreatif penerbitnya kelebihan nya adalah crita nya sangat efektif dan terbaik.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Judul buku:ABIOGENESIS
    penulis:Daraa,s.pd
    Penerbit:CV.CITRAUNGGUL LAKSANA
    tahun penerbit:2005
    Kota terbit: Jakarta timur
    Tebal buku:222
    ISBN:979-24-4102

    Apa yang terjadi jika sebuah eksperimen berhasil melahirkan makhluk yang dapat menghancurkan dunia

    Ketika teori teori ilmuwan juga dibuktikan untuk menyingkap kehidupan hal itu bisa menjadi bumerang bagi sang ilmuwan saat unsur-unsur kebenaran dikotori oleh tangan-tangan jahat alam lah yang akan menderita

    Dr Nabila Rashidin salah seorang ilmuwan yang ikut mencoba membuktikan kebenaran teori abiogenesis bersama para koleganya melakukan kembali eksperimen yang pernah dilakukan oparin tapi kali ini dengan teknologi mutakhir Nabila yang kehidupannya selalu dipenuhi oleh teori teori biologi dan kimia sangat bertentangan dengan sang kakek aktivitas naturalis yang sangat mengganggu alam

    Apakah Nabila terus melakoni kehidupannya di tengah eksperimen yang beresiko ataukah malah berbalik mengikut jejak sang kakek

    Kekurangan:buku kotor
    Kelebihan:tidak ada

    Nama:Rafli Regi Pernanda
    Kls : XI IPS 1
    No ABS:25

    BalasHapus
  26. Judul: Kumpulan dongeng rakyat Nusantara
    Pengarang: MB. Rahimsyah
    Penerbit: PAH
    Target: pelajar
    Tahun penerbitan: 2018/2019
    Tebal buku:128

    Sinopsis: menceritakan tentang kumpulan dongeng rakyat Nusantara berbagai daerah

    Kelebihan: sampul dan desain buku menarik dan mudah dibaca serta menarik minat para pembaca

    Kekurangan: Belum lengkap dan masih banyak karangan yang sama dengan buku lainnya.


    Nama: FALLDYA SHALMA NUR BILL UHAQ
    Kelas: XI- IPS 1
    Absen: 14

    BalasHapus
  27. Judul buku: Pahlawan dan kucing
    Penulis: Suripman
    Penerbit:Balai pustaka
    Tahun terbit:1987
    Kota terbit:Jakarta
    Tebal buku:87 halaman
    ISBN:979-407-120-x


    Pahlawan pulang,kucing mengeong.pahlawan mengeong,kucing lari terbirit-birit.ia bertemu anjing yang berdiri ketakutan karena terkejut.kucing makin takut,akan terus tidak berani ia kepada anjing,akan kembali,jangan dikata.tapi anjing bertanya juga,dengan menggigil,"ada apa,saudara"?
    Jawab kucing,"ada pahlawan mengeong?"
    Anjing makin takut,lalu bersembunyi di bawah atap. Disana ia bertemu tikus.lancang suara tikus,"Hai,anjing, mengapa engkau naik ke sini! Bukankah janjimu tidak akan makan tikus dan hanya akan membunuh tikus yang berjalan di lantai!"

    Kelebihan buku:Tidak ada
    Kekurangan buku:Sulit di mengerti

    Nama:M Revo Wahyudistira
    Kelas:XI IPS 1
    Absen:22

    BalasHapus
  28. . Identitas Buku
    1. Judul buku : Bantalku Ombak Selimutku Angin
    2. Nama Penulis : D. Zawawi Imron
    3. Nama Penrerbit : Gama Media
    4. Kota Terbit : Jl. Menteri Supeno 110 A Yogyakarta
    5. Tahun Terbit : Cetakan kedua, Gama Media September 2000
    6. Jumlah Halaman : 168 halaman
    7. Kertas yang digunakan : - kertas kulit ; AC 180 gram
    - kertas isi ; HVS 70 gram
    8. Warna Sampul : Orange


    B. Ikhtisar (Ringkasan)
    D.Zawawi Imron melukiskan laut, kebun-kebun siwalan dan desa oleh karena itu sajak-sajaknya dapat disebut mengungkapkan acardian myth (mitos tentang kesederhanaan, pedesaan, nativitas). Adalah untuk melegakan puisi-puisi arcadian. Seolah-olah ditengah gemuruhnya mesin, pecinta mesin dan pemujaan teknologi. Kita diingatkan kembali tentang perlunya alam, adanya seruan back to nature dalam banyak hal meliputi arsitektur, desain interior, obat-obatan dan kosmetik.


    C. Kelebihan
    _ Dari sebagian besar sajaknya tampak sekali bahwa laut sangat mempesona dirinya, sehingga energi puitika tumbuh dalam sajaknya.
    _ Latar sajaknya yang khas sehingga membuat ungkapannya hidup dan imagenya melambar memberi ruang gerak yang bebas.
    _ Mengeksploitasi lingkungan real dan konkret serta menerjemahkannya kedalam bahasa sajak yang lugas tetapi tetap hidup.


    D. Kekurangan
    - Bahasanya sulit dipahami.
    - Tidak menggunakan footnote, sehingga kata-kata yang sulit tidak bisa dipahami pembaca.




    Nama:M.ZAENAL ARIFIN
    Kelas:XI-IPS1
    Absen:19

    BalasHapus
  29. Judul Buku : Para pejuang kemanusiaan dunia
    Penulis Buku : Najamuddin Muhammad.
    Penerbit Buku : Ircisod
    Cetakan : pertama november 2014
    Tebal Buku : 238halaman
    Tahun Terbit:2014. Para Pejuang kemanusiaan dunia
    Nilai-nilai kemanusiaan menjadi hal istimewa yang membedakan kita dengan makhluk-makhluk ciptaan Tuhan yang lain. Dengannya, perdamaian dan harmoni di bumi ini dapat tercipta. Nilai-nilai kemanusiaan menembus sekat-sekat agama, ras, suku bangsa, apalagi sekadar jabatan.
    Buku ini hadir ke hadapan Anda dan menyajikan kisah orang-orang yang berhasil mewujudkan nilai kemanusiaannya. Tanpa membeda-bedakan manusia di sekitarnya, mereka hadir dan memberi cahaya pada dunia dengan kasih sayang dan pengorbanan yang tulus. Tidak sedikit di antara mereka yang rela dipenjara, bahkan dibunuh oleh rezim yang membenci sepak terjangnya.
    Dikisahkan dalam buku ini, berbagai potret perjuangan manusia biasa yang menjadi spektakuler karena perhatian dan kerja nyata mereka bagi sesama. Sebut saja Rachel Corrie, gadis Amerika yang rela mati demi membela rakyat Palestina; Dalai Lama, biksu Tibet yang populer di seluruh dunia; hingga tokoh Indonesia yang barangkali jarang kita dengar namanya, namun berjasa besar bagi negeri ini, misalnya Budi Soehardi, sang pilot pengasuh panti asuhan, dan Ade Rostina, sang aktivis HAM pada era Orde Baru. Kegigihan dan ketulusan dua puluh dua tokoh dalam buku ini sangat layak kita teladani. *kelebihan Buku dengan tebal 237 halaman ini akan menampar retorika kita dan mencoba membangun kembali nilai toleransi terhadap fenomena kemanusiaan yang ditindas oknum tirani. Pemikiran, biografi dan perjuangan hidup 24 tokoh pejuang kemanusiaan dunia akan dikupas lengkap melalui bab-bab yang menarik. * kekurangan sampul tidak menarik untuk siswa sma nama : silvi octa kurniawati. kelas :xl- ips 1. absen :26

    BalasHapus
  30. Judul buku:Si putih
    Penulis:Tere Liye
    Penerbit:Gramedia Pustaka Utama
    Tahun terbit:tahun 2021
    Tebal buku:376 halaman



    Kisah ini bermula dari Si Putih yang bukan merupakan hewan biasa. Si Putih merupakan hewan kuno yang lahir di peradaban panjang klan Polaris. Klan Polaris adalah klan yang kerap diserang oleh pandemi. Di sana terdapat puluhan miliar makhluk hidup yang mana pada ribuan tahun lalu sejarah menuliskan bahwa tidak sedikit penduduknya dapat berkomunikasi dengan hewan, bahkan dapat saling memahami dan itu merupakan kemampuan yang jarang ditemukan.


    Kelemahan:Seperti yang sudah dijelaskan di atas, novel Si Putih memang menghadirkan tokoh baru dan klan baru. Namun, bentuk petualangan yang digunakan cenderung tidak ada pembaharuan alias itu-itu saja.

    Kelebihan:buku novel sangat menarik dan rekomended banget untuk jenjang SMA


    Nama:Afrizal Maulana
    Kelas:XI-IPS 1
    Absen:01

    BalasHapus
  31. Judul buku : Chairul Tanjung Si Anak Singkong
    Penulis : Tjahja Gunawan Diredja
    Penerbit : KOMPAS
    Tahun terbit : Juni 2012
    Tahun terbit : Jakarta
    Tebal buku : 384 halaman
    ISBN : 9789797096502

    Biografi Chairul Tanjung yang diawali dengan kisah bagaimana ditengah keterbatasan ekonomi keluarga, Chairul Tanjung mampu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kedua orang tua sangat tegas mendidik anak-anaknya, termasuk Chairu Tanjung. Orang tua mempunyai prinsip, “Agar bisa keluar dari jerat kemiskinan,pendidikan merupakan langkah yang harus ditempuh dengan segala upaya dan upaya.” Apapun akan mereka upayakan agar anak-anak mereka dapat melanjutkan pendidikan tinggi sebagai bekal utama kehidupan masa depan. Sang ibunda, Halimah,mengatakan bahwa uang kuliah Chairul Tanjung pertama yang diberikannya, diperoleh ibunda dari penggadaian kain halus miliknya.
    Buku ini juga mengisahkan tentang rumah tangga dan keluarga Chairul Tanjung, ketika Chairul Tanjung bertemu dengan perempuan jawa,Anita Ratnasari,yang tegas dan tegar. Chairul Tanjung juga menyampaikan pandangan-pandangannya tentang persoalan ekonomi dan menceritakan aktivitasnya sebagai pengusaha.

    Kelebihan:
    Buku ini menarik untuk dibaca dan bermanfaat bagi siapa saja yang ingin mengetahui bagaimana seorang Chairul Tanjung dari yang tidak punya apa-apa menjadi punya segalanya. Dari cerita ini juga banyak hal yang dapat dipelajari,contohnya baktinya seorang anak kepada ibunya, tetap semangat untuk mencapai keberhasilan,dan banyak lagi yang bisa dipelajari. Bahasa yang digunakan cukup menarik karena menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.
    Sudut pandang yang digunakan orang pertama serba tahu. Dengan sudut pandang yang digunakan penulis ini juga menjadi kelebihan novel,karena penulis dapat focus menceritakan suasana hati tokoh, sehingga pembaca lebih dapat menangkap kondisi yang sedang terjadi dan menyentuh hati pembaca. Dengan diselingi foto-foto Chairul Tanjung, menjadikan nilai tambah dari buku ini.

    Kekurangan:
    Buku ini memiliki kertas yang tipis dan warnanya kuning membuat tidak enak kalau dilihat. Begitu juga dengan cover buku yang warnanya tidak menarik minat pembaca.

    NAMA : SIROJUL HAYYAN
    KELAS : XI - IPS 3
    NO ABSEN : 29

    BalasHapus
  32. Nama:Normanheavin w
    No:17
    Kelas:xi ips3

    Identitas Buku


    a. Judul Buku                               : Hadiah Dari Rantau

    b. Nama Pengarang                     : Ismet Fanany

    c. Nama Penerbit                         : Angkasa Bandung

    d. Tempat Penerbitan                 : Bandung

    e. Tahun Penerbitan                   : Tahun 2000

    f. Tebal/Jumlah halaman                        : VIII + 176

    g. Sampul Buku                            : Ada








    Rinkasan isi


    Judul cerpen yaitu Hadiah Dari Rantau adalah yang diambil sebagai judul kumpulan cerpen ini. Cerpen ini bercerita mengenai kebiasaan merantau orang asli suku Minangkabau, yang disini adalah pria bernama Samsir yang telah pulang merantau dari Amerika Serikat menempuh pendidikan Doktor. Ketika diketahui masyarakat kampung, akhirnya banyak keluarga yang memiliki anak gadis, menyodorkan anak gadisnya itu untuk dijadikan istri. Dalam adat Minang, keluarga perempuanlah yang melamar, tetap Samsir tidak berpikir sejalan sehingga sebelum ia dilamar maka dia akan lebih dulu melamar secara pribadi gadis yang ia nikahi.



    Tidak sama dengan kedua cerpen sebelumnya, dalam cerpen ketiganya ini yang berjudul “Hai, namaku Bob!” , Ismet Fanany menggambarkan kehidupan sorang pria Padang yang belajar di Amerika, yang menikah dengan wanita pribumi di negara tersebut. Ia kuliah di salah satu universitas di sana untuk memperoleh gelar doktornya tanpa beasiswa, sehingga ia harus bekerja full sambil kuliah. Suatu hari ia mendapat pekerjaan di perusahaan penjualan produk melalui TV bernama HSN sebagai operator telepon. Dalam bekerja, ia seringkali mendapat hambatan berupa pelanggan telepon yang mempermasalahkan namanya. Iskandar. Akhirnya namanya pun diubah menjadi “Bob” agar terdengar biasa, namun tetap saja pelanggan yang menelpon cenderung menanyakan asal-usulnya daripada membeli produk.


    Kelebihan

    Cerpen-cerpen yang disuguhkan dalam buku ini cukup bervariasi sehingga menyegarkan pengetjahuan pembaca.  Buku ini juga melukiskan tradisi ketimuran yang unik tentang manusia dan nilai-nilai persentuha antarbudaya. Beberapa cerpen memotret persoalan kemanusiaan yang terombang-ambing dalam pergeseran kebudayaan tersebut. Tidak terlalu menonjolkan majas dan perumpaan seperti cerpen kebanyakan. Pencitraan latar pun cukup jelas dan variatif.

    Kelemahan

    Ada beberapa istilah atau nama tempat asing yang mungkin agak sulit dipahami pembaca awam, yaitu tempat-tempat yang latarnya di luar negeri, khususnya Amerika dan Australia. Sehingga agak sulit dibayangkan langsung oleh pembaca. Selain itu, ada pula beberapa cerpen yang butuh pemahaman yang cukup tinggi untuk tidak terkecoh dan awal cerita yang langsung percakapan dengan logat


    BalasHapus
  33. Resensi Buku

    Judul: Filosofi Teras
    Penulis: Henry Manampiring
    Penerbit: Penerbit Buku Kompas
    Tahun Terbit: 2019
    Tebal: 320 hlm
    Genre: non-fisik

    Lebih dari 2.000 tahun lalu, sebuah mazhab filsafat menemukan akar masalah dan juga solusi dari banyak emosi negatif. Stoisisme, atau Filosofi Teras, adalah filsafat Yunani-Romawi kuno yang bisa membantu kita mengatasi emosi negatif dan menghasilkan mental yang tangguh dalam menghadapi naik-turunnya kehidupan.
    Jauh dari kesan filsafat sebagai topik berat dan mengawang-awang, Filosofi Teras justru bersifat praktis dan relevan dengan kehidupan Generasi Milenial dan Gen-Z masa kini.

    Kelebihan:
    Filosofi Teras adalah buku keren untuk mengenal dan mempraktikkan langsung stoisisme alias filosofi teras.Gaya bertutur Henry enak dibaca. Sekali mulai baca, susah untuk menaruh buku ini sebelum tandas. Stoisisme dikupas selapis demi selapis, dari soal bersikap di media sosial hingga bagaimana stoa memandang kematian.Ilustrasinya juga bagus. Membuat buku ini terhindar dari beban buku filsafat yang berat. Secara keseluruhan buku ini menarik dan recommended banget untuk dibaca.

    Kekurangan:
    Terdapat beberapa bagian yang diulang ulang. Misalnya tentang materi dikotomi kendali dan trikotomi kendali. Pasti materi tersebut dibahas pada setiap bab. Padahal sudah dibahas di bab satu. Juga menurut saya, harga yang kurang terjangkau yakni 98.000 untuk di Pulau Jawa.

    Nama: Nurma Sita Aulia
    Kelas: XI IPS 3
    Absen: 18

    BalasHapus
  34. Judul Buku : Kamu Bisa Jadi Ilmuwan
    Penulis : Sutrio Hadi
    Nilam Permata
    Penebit : Nobel Edumedia
    Tahun Terbit : 2010
    Tebal Buku : 162 halaman
    ISBN:978-602-8356-91-6


    Resensi:
    Dalam buku ini penulis mengajak kita para generasi bangsa untuk tertarik dalam kegiatan ilmiah dan berpikir kritis terhadap lingkungan sekitar. Dalam buku ini dijelaskan secara rinci tentang ilmuwan, mulai dari pengertian ilmuwan, kemampuan dasar seorang ilmuwan, dan cara menjadi ilmuwan. Pada awal buku ini dijelaskan tentang ilmuwan, pada bab selanjutnya penulis akan menjelaskan tentangkemampuan dasar seorang ilmuwan
    Kelebihan:
    Dalam buku ini terselip gambar-gambar lucu yang dapat membuat pembaca semakin tertarik untuk membaca tiap inci dari buku ini, dan juga di bagian akhir buku ini ditambahkan glosarium supaya memudahkan pembaca mengetahui arti kata-kata yang sulit. Tapi sayang kata-kata yang digunakan dalam buku ini terlalu formal dan juga masih ada kata sulit yang tidak dijelaskan dalam glosarium. Meskipun begitu buku ini sangat menarik untuk dibaca, jadi sebaiknya kalian tidak melewatkan satu halaman pun ketika membacanya
    Kekurangan:
    Masalah sosial tingkatannya cukup tinggi penjarahan sumber daya alam merajalela.semua kesenjangan situasi ini sebagian dikarenakan minimnya kepedulian generasi bangsa dalam memberikan sumbangan solusi

    NAMA:TOTOK DWI ANTOKO
    NO ABSEN:32
    KELAS:IX IPS 3

    BalasHapus

  35. Judul buku = 6 kunci sukses berternak ayam kampung
    Penulis = Dr. Ir. Muhammad rasyaf, M. S.
    Penerbit= penebar swadaya
    Tahun penerbit=Januari 2001
    Kota terbit=bogor
    Tebal buku= 56 hal
    ISBN=9794895830
    Beternak ayam kampung memang dipengaruhi oleh banyak faktor, baik dari segi teknis maupun bukan teknis. Oleh karena itu, walaupun sudah lama diusahakan, tetapi bukan jaminan bahwa semua akan berhasil dalam beternak ayam kampung. Bahkan  tak sedikit dari mereka yang justru merugi. Padahal untuk dapat berhasil dalam beternak ayam kampung sebenarnya hanya diperlukan enam kunci sukses. Apa saja keenam kunci tersebut? Temukan pembahasan lengkapnya dalam bukti ini! Kunci-kunci tersebut akan membuka permasalahan yang kerap dialami peternak sehingga jalan Anda menuju kesuksesan pun terbuka lebar.
    Kelebihan
    Buku ini menceritakan 6 kunci sukses berternak ayam kampung jadi Buku ini sangat bagus bagi seorang pemula yang ingin berternak ayam kampung.
    Kekurangan
    Bahasanya terlalu kaku dan gambarnya sangat sedikit

    Nama: FEBRI INDRA LUKMANA
    kelas: Xl-IPS 3
    Absen: 6

    BalasHapus
  36. Judul buku:Sumi dan gambarnya
    Penulis:Ratna Indra swari ibrahim
    Penerbit:PT GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA
    Tahun terbit: Januari 2003
    Kota terbit:jakarta
    Tebel buku:123 halaman
    ISBN:9792201548

    Sumi dan Gambarnya bercerita tentang perjuangan kaum perempuan di segala segi kehidupan. Berbagai peran dilakoni tokoh-tokoh perempuan di buku ini seperti manjadi buruh, pembantu, sekretaris, plus tambahan peran di rumah menjadi istri dan ibu bagi anak-anaknya. Namun dengan peran ganda tersebut tetap saja perempuan termarginalkan dalam masyarakat dan lingkungan. Kerap perempuan diposisikan sebagai makhluk nomer dua dalam masyarakat yang patriarkis, setinggi apa pun karier yang mereka rintis dalam kehidupan. Sumi dan Gambarnya adalah gambaran nyata kaum perempuan di Indonesia yang diangkat o leh Ratna Indraswari Ibrahim agar kita melihat kembali hakikat sebenarnya keberadaan perempuan dan laki-laki di bumi ini.

    Kelebihan:gambaran nyata kaum perempuan di Indonesia yang diangkat oleh Ratna Indraswari Ibrahim agar kita melihat kembali hakikat sebenarnya keberadaan perempuan dan laki-laki di bumi ini.

    Kekurangan:kata kata nya sulit di cerna dan kekurangan gambar.

    NAMA:YASIDUL RIZKI AINUL ANGGA
    KELAS:XI-IPS 3
    ABSEN:34

    BalasHapus
  37. Judul Buku : Satu hari di 2018
    Penulis : Boy Candra
    Penerbit : mediakita
    Tahun terbit : 2015
    Kota Terbit : Jakarta Selatan
    Tebal Buku : 171 halaman


    Novel fiksi Boy Candra yang berjudul “Satu Hari di 2018” ini memiliki cerita yang cukup menyayat hati dan membuat baper. Disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahai, sangat cocok untuk dibaca oleh remaja. Cerita yang mengusung tema percintaan ini membuat buku banyak diminati oleh pembaca. Novel ini terdiri dari 15 bab, yang menceritakan kisah yang berbeda-beda namun semuanya memiliki makna tersendiri. Dan juga, disetiap babnya disuguhi kutipan dari kata-kata yang menarik dalam setiap ceritanya.



    Kelebihan:
    Kelebihan dari novel ini adalah penulis menggunakan kata-kata yang mudah dipahami pembaca, sehingga pesan yang ingin disampaikan oleh penulis mudah diterima. Ceritanya tidak panjang lebar namun sangat cukup untuk membuat baper. Penulis pun membuat pembaca seakan ikut larut dalam ceritanya.


    Kekurangan:
    Kekurangan dari novel ini, mungkin tidak cocok untuk orang-orang yang tidak menyukai cerita romansa. Dikarenakan kebanyakan ceritanya menceritakan tentang kisah cinta antar pasangan. Dan jugaa ada beberapa cerita yang alurnya mudah di tebak.


    NAMA : ERIC ARDIANSYAH
    KELAS : XI IPS 3
    ABSEN : 04

    BalasHapus
    Balasan
    1. Identitas Buku

      Judul: I Love Your Secrets
      Penulis: Gaby Kusuma
      Penerbit: Elexa Printing
      Tahun terbit: 2017
      Tebal halaman: 123 halaman
      Sinopsis Buku

      Ray tidak bisa memungkiri perasaan aneh yang terus berkembang dalam benaknya setiap kali ia melihat Siska. Tetapi, Ray sadar bahwa dalam pembawaan Siska yang ceria, perempuan itu sebenarnya menyimpan rahasia kelam yang rasanya sulit untuk digali. Meski begitu, Ray tetap setia menjadi pendengar Siska di kala Siska membutuhkan. Lantas, apakah Siska punya perasaan yang sama dengan Ray?

      Itulah sekilas mengenai sinopsis buku novel I Love Your Secrets. Buku ini memiliki dua karakter utama, yakni Ray dan Siska. Keduanya baru saja masuk kuliah di jurusan yang sama, yakni Psikologi. Ray dan Siska bertemu ketika mendapatkan tugas kelompok bersama.

      Selama menjalankan tugas dengan Siska, Ray sebenarnya sadar kalau ia punya perasaan lebih dari sekadar teman. Tapi, sayangnya Siska kerap menjauhi Ray apalagi ketika Ray berusaha mengutarakan perasaannya. Sampai suatu hari, Ray tidak sengaja mendengar obrolan Siska dengan sang Mama di telepon, sedikit rahasia kelam Siska pun terdengar.

      Kelebihan Buku

      Penggambaran karakter Siska sangat kuat dalam buku ini, seolah mau menyuarakan bahwa meskipun Siska punya masa lalu yang kelam dan misterius, tapi tokoh ini punya dampak yang luar biasa bagi tokoh Ray dan kawan-kawan lainnya. Alur penulisan pun sangat halus, sehingga tidak ada kesan ‘loncat-loncat’ dari adegan ke adegan lain.

      Kekurangan Buku

      Meskipun karakter Siska terkesan kuat, namun sayangnya karakter ini tidak dimaksimalkan karena sepanjang novel penulis terkesan hanya peduli pada perasaan Ray. Padahal, karakter Siska bisa lebih berpotensi apabila dikembangkan lebih banyak.




      NAMA:DHIMAS BAYU DWI PAMUNGKAS
      KELAS:XI IPS 2
      ABSEN:8

      Hapus
  38. Identitas Novel
    Judul novel : Laskar Pelangi
    Penulis : Andrea Hirata
    Penerbit : Bentang
    Tahun terbit : 2007
    Jumlah halaman : 533 halaman
    Sinopsis Novel

    Ini adalah kisah tentang 11 anak Belitong yang tergabung dalam “Laskar Pelangi” mereka adalah Syahdan, Lintang, Kucai, Samson, A Kiong, Sahara, Trapani, Harun, Mahar, Flo dan sang tokoh utama Ikal. Cerita ini menceritakan kehidupan di pedalaman Belitong yang kaya akan timah namun rakyatnya tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

    Novel ini bercerita tentang semangat juang dari anak-anak kampung Belitong untuk mengubah nasib mereka melalui sekolah. Sebagian besar orang tua mereka lebih senang melihat anak-anaknya bekerja membantu orang tua dari pada belajar disekolah.

    Suramnya pendidikan di desa itu tergambar jelas ketika SD Muhammadiyah terancam tutup jika murid baru sekolah itu tidak mencapai 10 orang , namun kesebelas anak itulah yang telah menyelamatkan masa depan pendidikan didesa itu yang hampir redup karena faktor ekonomi rakyatnya.

    Anak-anak Laskar Pelangi itu hidup dalam kebahagiaan masa kecil dan menyimpan mimpi masing-masing untuk masa mendatang , namun dua belas tahun kemudian, Ikal menyaksikan perubahan nasib teman-temannya yang sungguh diluar dugaan.

    Anak-anak Laskar Pelangi itu punya cita-cita setinggi langit, namun nasib jugalah yang menentukan kehidupan mereka selanjutnya. Mereka harus tunduk oleh nasib yang semestinya bisa diupayakan oleh pemerintah yang punya amanah dan kuasa untuk memajukan pendidikan.

    Keunggulan Novel

    Memiliki arti perjuangan hidup dalam kemiskinan yang meruntuhkan cita – cita namun penuh pengharapan dan rasa persahabatan yang sangat kental.

    Kekurangan Novel

    Ada kata-kata yang sulit untuk dipahami atau dapat kita mengerti , menggunakan kata-kata daerah yang belum diketahui artinya.

    Nama:Muhammad saifudin
    Kelas:XI-Ips 2
    Absen:22

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Judul buku: BUMI
    Terbitan Pertama: 2014
    Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (Jakarta)
    Genre: Bildungsroman; Fiksi petualangan; Fantasi
    Halaman: 440 halaman
    Bahasa: Indonesia

    Novel ini mengisahkan tentang petualangan 3 remaja yang berusia 15 tahun bernama Raib, Ali dan Seli. Namun mereka bukanlah remaja biasa, melainkan remaja yang memiliki kekuatan khusus seperti Raib yang bisa menghilang, Seli yang bisa mengeluarkan petir dan Ali seorang pelajar yang sangat jenius.Raib berasal dari klan Bulan dan merupakan keturunan murni ke-21 dari klan Bulan, ia juga pewaris “Buku Kehidupan”. Seli berasal dari keturunan klan Matahari, sementara Ali berasal dari klan Bumi atau tanah. Sebenarnya, mereka bertiga merupakan anak remaja pada umumnya, tetapi di novel inilah awal dari segalanya terungkap.
    Petualangan menjelajah dunia paralel mereka dimulai, dunia paralel yang pertama mereka jelajahi adalah Klan Bulan. Berawal dari kekacauan di komite kota yang kemudian menghantarkan Raib pada Av, yakni kakek dari kakek buyut Ilo. Raib, Ali, dan Seli mempunyai peran yang amat penting untuk mengembalikan situasi keamanan di klan Bulan. Klan Bulan merupakan salah satu dari empat klan yang ada. Pertama, klan Bumi adalah klan terendak, lalu klan Bulan, kemudian klan Matahari, dan klan Bintang.
    Awalnya, keempat klan itu berjalan dan hidup dengan damai, tetapi seluruh sekat antardunia telah ditutup oleh si Tanpa Mahkota sebab kudeta kepemimpinannya.Tamus beserta para prajurit dengan tanpa henti menyerang, tetapi Raib, Seli, dan Miss Selena(miss keriting) terus menghadapi serta melawannya, hingga akhirnya pun satu persatu sudah mulai melemah. Kemudian, kejadian tidak terkira pun terjadi, di saat krusial dan mencemaskan, Raib mencoba untuk membuka buku itu. Dengan tiba-tiba, Ali berubah menjadi beruang besar yang menghantam Tamus dan melemparnya ke dalam lorong buku kematian bersama dengan si Tanpa Mahkota. Semua orang pun terheran, Raib, Seli, Av, bahkan Miss Selena, sementara Ali yang berhasil akan pertarungan itu tidak sadar bahwa dirinya dapat berubah menjadi seekor beruang besar.

    Menurutku
    Kelebihan:
    •novel Bumi sangat menarik untuk dibaca oleh berbagai kalangan sebab ada banyak moral value yang dapat diambil dari setiap peristiwa dan konflik yang ada, mulai dari pesan yang tersurat maupun tersirat.
    •cover bukunya dapat membuat orang terheran-heran terhadap isi ceritanya
    •membuat para pembaca seperti merasakan langsung kejadian yang dialami para tokoh
    Kekurangan:
    sayangnya di novel ini tidak ada ilustrasi untuk menggambarkan kejadiannya



    Nama: Riris Khomariyatul Azizah
    kelas: 11 ips 2
    no absen:25

    BalasHapus
  41. Identitas Novel
    Judul novel : Sang Pemimpi
    Pengarang : Andrea Hirata
    Penerbit : Bentang Pustaka
    Tahun terbit : 2006
    Jumlah halaman : 292 halaman
    Sinopsis Novel

    Novel berjudul Sang Pemimpi karya Andrea Hirata ini merupakan sekuel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi. Novel ini mengisahkan tentang tiga orang pemuda yang berjuang meraih mimpi-mimpi dalam hidup mereka. Ketiga pemuda tersebut adalah Ikal, Arai, and Jimbron.

    Novel ini sesungguhnya menceritakan kisah hidup Ikal (tokoh utama dalam novel Laskar Pelangi) sewaktu remaja yang duduk di bangku SMA. Akan tetapi dalam novel ini secara khusus penulisnya menentukan tokoh-tokoh sentral yang berbeda dari novel sebelumnya yang tokoh-tokohnya adalah 10 anak Laskar Pelangi.

    Kelebihan Novel
    Penggunaan gaya bahasa kepenulisan yang khas seperti halnya pada novel sebelumnya yakni Laskar Pelangi
    Menyajikan tentang pesan moral yang sangat kuat yakni beranilah bermimpi dan berjuang untuk meraihnya
    Kekurangan Novel

    Konflik cerita yang tidak terlalu tajam

    Nama:yosi ayu nurita putri
    Kelas:XI-Ips 2
    Absen:30

    BalasHapus
  42. Nama: sabella devy cindy widyana
    Absen : 26
    Kelas:XI ips2


    Apa?! Alea "Si Kuda Nil mau ikut lomba menari balet? Enggak salah, tuh? Perutnya mau disembunyikan ke mana? Alea mengkhayal, ah!

    Tapi serius! Alea memang sudah mantap mau ikut lomba balet. Biarpun harus diet ketat, biarpun harus pakai behel, biarpun harus dimusuhi artis cilik, bahkan dikhianati sahabatnya sendiri.

    Bagaimana, ya, ribetnya Alea berusaha mewujudkan mimpinya itu? Berapa lusin stocking yang berhasil dirobeknya? Berapa banyak tukang urut yang jadi korbannya?

    Penulis:Yuriza
    Penerbit:Noura books
    Tahun penerbit:2012
    Kota terbit: jakarta selatan
    Tebal buku:219
    ISBN:9786029498325

    Kelebihan: buku ini berisikan cerita yang sangat menarik
    Kelemahan : isinya tidak lengkap

    BalasHapus
  43. Judul: belajar menjadi seorang pendongeng
    Penulis: aminudin.
    Penerbit: PT Pribumi Mekar.
    Tahun terbit:2006
    Kota terbit: bandung.
    ISBN:979-9148-61-8

    Sinopsis: sebuah kenyataan yang perlu di renungkan ketika anak-anak tidak lagi bersahabat dengan si kancil atau tidak lagi tahu si maling kundang, atau abunawas dengan cerita 1001 malamnya.kini ,mereka lebih mencintai robot-robot yang dikemas dalam bentuk animasi atau komik. Serbuan media dan tayangan impor itulah yang membuat dongeng tidak lagi menjadi pengantar tidur anak.bahkan pada november-desember 2006 banyak anak yang menjadi korban kekerasan akibat terpengaruh tayangan gulat bebas (smack down) televisi.
    Kelebihan: seni mendogeng yang baik bagi anda untuk membawa anak ke dalam dunia fantasinya dan dunia imajinasi.
    Kekurangan:banyak anak yang tidak suka dengan buku pendogeng.lebih suka dengan menonton televisi dan bermain.

    Nama:IMAM KACUNG RIFAI
    Kelas:XI ips3
    Absen:08

    BalasHapus
  44. Judul : His Majesty's Dragon
    Judul Terjemahan : Naga Sang Kaisar
    Pengarang : Naomi Novik
    Penerbit : Elex Media Komputindo
    Tebal : 540 halaman
    Diterbitkan pertama kali : 19 Desember 2012
    Target : Remaja
    Genre : Historical Fantasy
    Bahasa : Indonesia
    Seri : Temeraire
    ISBN : 978-623-00-1602-8
    SINOPSIS
    Pertempuran udara membawa dimensi baru yang mendebarkan dalam Peperangan era Napoleon saat para pejuang pemberani bangkit membela Inggris dengan terbang ke angkasa… bukan dengan menumpang pesawat, melainkan menunggangi punggung perkasa para naga tempur.

    Ketika HMS Reliant menangkap kapal fregat Prancis dan mengambil alih muatannya yang berharga: sebuah telur naga yang belum menetas. Takdir mengantarkan Kapten Will Laurence keluar dari kehidupannya sebagai pelaut ke dalam masa depan yang tak menentu—dan ke dalam sebuah ikatan tak terduga dengan makhluk yang sangat luar biasa.

    Terlempar ke dalam dunia Angkatan Udara yang tidak biasa sebagai penunggang Temeraire, dia harus menjalani kursus kilat untuk menguasai taktik pertempuran udara yang sangat berbahaya. Saat Bonaparte melaksanakan rencana nekatnya , Laurence dan Temeraire harus menunjukkan kemampuan mereka dalam pertempuran yang menentukan nasib sebuah bangsa.
    Kelebihan :
    Bila kalian suka cerita Historical Fantasy yang ada naga naganya mungkin akan suka buku ini karena jenis naganya ada banyak, dan juga alur bukunya seru.
    Kelemahan :
    Karena buku ini terjemahan maka ada beberapa kosa kata yang sulit dimengerti bagi kaum yang baru mulai membaca.

    Muhammad Dzaky Rafif
    21
    Judul : His Majesty's Dragon
    Judul Terjemahan : Naga Sang Kaisar
    Pengarang : Naomi Novik
    Penerbit : Elex Media Komputindo
    Tebal : 540 halaman
    Diterbitkan pertama kali : 19 Desember 2012
    Target : Remaja
    Genre : Historical Fantasy
    Bahasa : Indonesia
    Seri : Temeraire
    ISBN : 978-623-00-1602-8
    SINOPSIS
    Pertempuran udara membawa dimensi baru yang mendebarkan dalam Peperangan era Napoleon saat para pejuang pemberani bangkit membela Inggris dengan terbang ke angkasa… bukan dengan menumpang pesawat, melainkan menunggangi punggung perkasa para naga tempur.

    Ketika HMS Reliant menangkap kapal fregat Prancis dan mengambil alih muatannya yang berharga: sebuah telur naga yang belum menetas. Takdir mengantarkan Kapten Will Laurence keluar dari kehidupannya sebagai pelaut ke dalam masa depan yang tak menentu—dan ke dalam sebuah ikatan tak terduga dengan makhluk yang sangat luar biasa.

    Terlempar ke dalam dunia Angkatan Udara yang tidak biasa sebagai penunggang Temeraire, dia harus menjalani kursus kilat untuk menguasai taktik pertempuran udara yang sangat berbahaya. Saat Bonaparte melaksanakan rencana nekatnya , Laurence dan Temeraire harus menunjukkan kemampuan mereka dalam pertempuran yang menentukan nasib sebuah bangsa.
    Kelebihan :
    Bila kalian suka cerita Historical Fantasy yang ada naga naganya mungkin akan suka buku ini karena jenis naganya ada banyak, dan juga alur bukunya seru.
    Kelemahan :
    Karena buku ini terjemahan maka ada beberapa kosa kata yang sulit dimengerti bagi kaum yang baru mulai membaca.

    Nama : M Ghufron R
    No Absen : 17
    Kelas : XI IPS 3

    BalasHapus
  45. Judul : His Majesty's Dragon
    Judul Terjemahan : Naga Sang Kaisar
    Pengarang : Naomi Novik
    Penerbit : Elex Media Komputindo
    Tebal : 540 halaman
    Diterbitkan pertama kali : 19 Desember 2012
    Target : Remaja
    Genre : Historical Fantasy
    Bahasa : Indonesia
    Seri : Temeraire
    ISBN : 978-623-00-1602-8
    SINOPSIS
    Pertempuran udara membawa dimensi baru yang mendebarkan dalam Peperangan era Napoleon saat para pejuang pemberani bangkit membela Inggris dengan terbang ke angkasa… bukan dengan menumpang pesawat, melainkan menunggangi punggung perkasa para naga tempur.

    Ketika HMS Reliant menangkap kapal fregat Prancis dan mengambil alih muatannya yang berharga: sebuah telur naga yang belum menetas. Takdir mengantarkan Kapten Will Laurence keluar dari kehidupannya sebagai pelaut ke dalam masa depan yang tak menentu—dan ke dalam sebuah ikatan tak terduga dengan makhluk yang sangat luar biasa.

    Terlempar ke dalam dunia Angkatan Udara yang tidak biasa sebagai penunggang Temeraire, dia harus menjalani kursus kilat untuk menguasai taktik pertempuran udara yang sangat berbahaya. Saat Bonaparte melaksanakan rencana nekatnya , Laurence dan Temeraire harus menunjukkan kemampuan mereka dalam pertempuran yang menentukan nasib sebuah bangsa.
    Kelebihan :
    Bila kalian suka cerita Historical Fantasy yang ada naga naganya mungkin akan suka buku ini karena jenis naganya ada banyak, dan juga alur bukunya seru.
    Kelemahan :
    Karena buku ini terjemahan maka ada beberapa kosa kata yang sulit dimengerti bagi kaum yang baru mulai membaca.

    Nama :WISNU HERMAWAN
    Absen:29
    Kelas:XI IPS 2

    BalasHapus
  46. Judul Buku : Satu hari di 2018
    Penulis : Boy Candra
    Penerbit : mediakita
    Tahun terbit : 2015
    Kota Terbit : Jakarta Selatan
    Tebal Buku : 171 halaman


    Novel fiksi Boy Candra yang berjudul “Satu Hari di 2018” ini memiliki cerita yang cukup menyayat hati dan membuat baper. Disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahai, sangat cocok untuk dibaca oleh remaja. Cerita yang mengusung tema percintaan ini membuat buku banyak diminati oleh pembaca. Novel ini terdiri dari 15 bab, yang menceritakan kisah yang berbeda-beda namun semuanya memiliki makna tersendiri. Dan juga, disetiap babnya disuguhi kutipan dari kata-kata yang menarik dalam setiap ceritanya.



    Kelebihan:
    Kelebihan dari novel ini adalah penulis menggunakan kata-kata yang mudah dipahami pembaca, sehingga pesan yang ingin disampaikan oleh penulis mudah diterima. Ceritanya tidak panjang lebar namun sangat cukup untuk membuat baper. Penulis pun membuat pembaca seakan ikut larut dalam ceritanya.


    Kekurangan:
    Kekurangan dari novel ini, mungkin tidak cocok untuk orang-orang yang tidak menyukai cerita romansa. Dikarenakan kebanyakan ceritanya menceritakan tentang kisah cinta antar pasangan. Dan jugaa ada beberapa cerita yang alurnya mudah di tebak.

    NAMA : M CHIKO SAMAPTA PRATAMA
    KELAS : XI IPS 2
    ABSEN : 18

    BalasHapus
  47. Judul:Ketika Bulan Tersenyum Di Atas Langit Tuban
    Penulis:A.Yurisaldi
    Penerbit:Uwais inspirasi Indonesia
    Tahun Terbit:Februari 2018
    Kota Terbit:Ds.Sidoharj,Kec.Pulung,Kab.Ponorogo
    Tebal buku:161 Hal
    ISBN:978-602-61607-7-5

    Sebuah perkumpulan terdiri atas Jack, Burhan, Udin dan tokoh aku, adalah orang-orang dengan pola pikir rasional, intelektual, kutu buku dengan literatur yang valid, tidak mudah puas, seri rasa ingin tahu yang tinggi, ingin membuktikan eksistensi hal-hal ajaib dalam dunia modern saat ini. Beragama tanpa melihat keajaiban adalah aneh, karena Tuhan Yang Maha Ajaib pasti menunjukkan bukti keajaiban yang bisa dilihat di dunia ini. Mereka skeptis dengan aneka kecaman bid'ah, syirik, tahayul, khurafat tanpa dalil lengkap dan sembarangan. Aneka manusia yang diduga ajaib, kota dan peristiwa mereka lalui selama bertahun-tahun.

    Perang wawasan terkait fakta-fakta keajaiban,rasa amarah, jengkel, kecewa, skeptis, keputus-asaan, kejenuhan, optimisme, kelucuan dan spontanitas membuat emosi pembaca naik-turun dan larut dalam asyiknya petualangan mereka. Mereka berusaha objektif menilai mistik yang memang diakui ada dalam khazanah Ahlussunnah wal Jamaah.

    Apakah mereka semua berhasil membuat kesimpulan yang memuaskan?

    Novel ini sangat berbeda dibandingkan novel klasik romantik Islami yang sudah membuat jenuh dunia pernovelan Islami Indonesia. Novel ini bukan saja akan membawa Anda menuju puncak kelegaan spiritual dan larut dalam perasaan bahagia, namun juga membuka wawasan sekaligus membuat mengerutkan dahi dalam-dalam. Ternyata slogan kota Tuban Bumi Wali" bukanlah sekedar dongeng legenda belaka,

    Keunggulan:Memiliki kekayaan bahasa dan kekayaan informasi spiritualitas.
    Kekurangan:gagasan spiritualitas dalam novel belum seimbang dalam teks

    BalasHapus
  48. Nama:Rahmat Syaifudin Maksum
    Kelas:XI IPS 2
    Absen:24

    BalasHapus
  49. Judul Buku: Koala Kumal

    Penulis: Raditya Dika

    Tebal Buku: 250 halaman

    Penerbit: Gagas Media

    Tahun Terbit: 2015

    Sinopsis Koala Kumal:

    Raditya Dika adalah salah satu insan kreatif Indonesia yang karyanya selalu sukses diterima masyarakat. Kesuksesannya berawal dari aktivitas isengnya, yaitu nge-blogging.

    Tulisan di blognya lalu diadaptasi menjadi sebuah buku fiksi berjudul Kambing Jantan, yang merupakan hasil karya perdana Raditya Dika.

    Kelebihan

    Menuangkan kisah cinta yang sangat cocok untuk dibaca para remaja. Konsep temanya berbeda dengan buku-buku sebelumnya yang memang selalu sama. Menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami secara universal. Tata tulisan jauh lebih baik dibanding karya tulis perdananya Kambing Jantan.

    Kekurangan

    Secara menyeluruh kekurangan hanya pada tebal bukunya saja yang lebih tipis dari karya tulis lainnya.

    Nama: Herlina Amelia Putri
    Absen:15
    kelas: XI IPS 2

    BalasHapus
  50. Judul Buku: Satwa Terancam Bahaya

    Penulis Buku: Jen Green

    Penerbit Buku: Pakar Raya

    Cetakan: Tahun 2006

    Tebal: 32 Halaman

    Ringkasan Satwa Terancam Bahaya

    Di dalam buku karangan Jen Green ini banyak sekali pengetahuan yang akan mengajak kita untuk lebih mengenal dan mengetahui penyebab satwa menjadi langka dan bagaimana cara menyelamatkannya dari kepunahan. Hewan dan tumbuhan punah merupakan hewan dan tumbuhan yang telah mati secara keseluruhan. Hewan yang sangat langka adalah hewan yang terancam kepunahan atau populasinya akan musnah.

    Pada zaman dahulu, sudah banyak spesies yang telah punah. Hal ini dikarenakan hewan tersebut tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.

    Pada zaman sekarang ini sedang terjadi pemanasan global yang merupakan perubahan suhu bumi dengan cepat. Banyak sekali penyebab hewan menjadi langka bahkan punah.

    Pencemaran, penebangan liar, perburuan secara besar-besaran, penangkapan ikan yang berlebihan, hujan asam, itu semua dapat menyebabkan satwa menjadi langka.

    Untungnya masih ada kelompok atau komunitas pecinta alam yang bersedia menyelamatkan satwa langka. Seharusnya tidak hanya pecinta alam saja yang membantu menjaga melestarikan satwa langka. Akan tetapi masyarakat juga harus bertindak, salah satunya dengan mematuhi UU yang berlaku tentang perlindungan satwa langka.

    Kelebihan

    Jika dari tata bahasa, buku ini mampu membantu siswa dengan kemampuan baca yang berbeda dan dapat menikmati buku yang sama. Baik itu secara materi di kelas maupun bacaan kelompok sendiri.

    Kekurangan

    Masih terdapat beberapa istilah asing yang tidak ada penjelasannya. Sehingga masih menimbulkan tanda tanya untuk para pembacanya.

    Nama: M Yoga Pratama P.
    Absen: 31
    kelas : XI IPS 2

    BalasHapus
  51. Judul Buku : Laut Bercerita
    Penulis : Leila S. Chudori
    Penerbit :KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
    Tahun Terbit : 2017
    Kota Terbit : Jakarta
    Tebal buku : x + 379 halaman; 13,5 cm x 20 cm
    ISBN : 978-602-424-694-5

    Laut Bercerita mengingatkan para pembacanya akan era-era reformasi di tahun 1998 yang menceritakan terkait perilaku kekejaman dan kebengisan yang dirasakan oleh kelompok aktivis mahasiswa di masa Orde Baru. Tidak hanya itu, novel ini pun merenungkan kembali akan hilangnya 13 aktivis, bahkan sampai saat ini belum juga ada yang mendapatkan petunjuknya.
    Cerita dalam novel Laut Bercerita terbagi menjadi dua bagian dengan jarak waktu yang jauh berbeda. Adapun bagian pertama diceritakan melalui sudut pandang tokoh bernama Biru Laut beserta para kawan sesama aktivisnya seraya menyelesaikan visi atau tujuan mereka. Sementara pada bagian kedua, kisahnya diambil dari sudut pandang Asmara Jati, adik dari Laut yang mempunyai tujuan atau visi yang cenderung berlainan dengan Laut.

    kelebihan
    •menambah pengetahuan tentang sejarah rezim Orde Baru.
    •Visualisasi karakter dan suasana dalam novel tampak nyata.
    •mengajarkan pembaca agar seorang manusia dapat memanusiakan manusia dari segala aspek. 

    kekurangan
    •alur campuran atau maju mundur membuat para pembaca kesulitan memahami isi cerita. 

    Nama: Himmatun A'lawiyah
    Kelas : XI IPS 2
    Absen : 17

    BalasHapus
  52. Judul Buku           : Colors In The Sky
    Penulis                  : Tenderlova
    Penerbit                : LovRinz Publishing
    Tahun Terbit         : Oktober 2020
    Kota Terbit            : Cirebon, Jawa Barat
    Tebal buku            : 272 halaman
    ISBN                       : 9786232894457

    Novel Colors In The Sky yang di tulis oleh Tenderlova, seorang penulis yang sudah menerbitkan banyak buku seperti Tulisan Sastra, Dear Natta, Kaleidoskop, Oris Sigra. Novel ini awalnya di tulis melalu platform aplikasi Wattpad, yang kemudian diterbitkan menjadi novel.

    Novel ini menceritakan tentang kisah perjalanan hubungan Setiaji dan Nedia. Setiaji merupakan seorang mahasiswa jurusan arsitektur yang memiliki kelebihan bisa melihat warna setiap orang yang dilihatnya, dan juga bila dia menyentuh tubuh seseorang dia akan mengetahui isi pikiran dari orang tersebut. Dari awal dia menjadi guru menggantikan kakaknya dan bertemu dengan Nedia dia mengetahui auranya yang gelap dan karena dia ingin mengetahui hal yang menjadi penyebabnya, dia selalu memperhatikan dan mengikuti Nedia. Dari situlah awal mula dia terjebak dalam kehidupan Nedia.

    Kelebihan:
    Novel ini menggunakan kata yang penuh makna disetiap narasi nya. Dari novel ini saya bisa belajar banyak hal tentang kehidupan. Saat membacanya, saya merasakan banyak sekali patah hati, menangis, tetapi setelah membacanya sampai selesai saya merasakan kebahagiaan. Seperti kata terakhir yang di tulis dalam novel ini,

    "Sama seperti membaca buku ini, segala hal sulit dan rasa sakit akan menemukan halaman terakhir.
    Sama ketika kamu membaca buku ini, kamu akan merasakan banyak sekali patah hati, kamu akan banyak mengumpat, kamu akan banyak menangis.
    Sama seperti membaca buku ini, akan ada selesai.
    Itu sedihmu.
    Sedihmu akan segera selesai.
    Apapun warna langitmu saat menyelesaikan buku ini, aku berharap kamu akan bahagia seperti Setiaji dan Nedia."


    Kekurangan:
    Novel ini menggunakan kata-kata yang sulit dipahami bagi beberapa orang, walaupun makna yang terkandung disetiap kalimat sungguh mendalam, tetapi jika kata-katanya sulit dipahami, pasti banyak yang kurang suka membacanya.





    Nama: Elisa Putri
    Kelas: XI IPS 2
    Absen: 13

    BalasHapus
  53. Identitas Buku
    Judul Buku: Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi

    Pengarang: H. Abdurrahmat Fathoni

    Penerbit: PT. Rineka Cipta

    Tahun Terbit: 2006

    Sinopsis Buku
    Buku Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi merupakan buku yang disusun berdasarkan pandangan dan pemikiran dari beberapa peneliti dan pakar dalam bidang metodologi penelitian.

    Tujuannya untuk membantu mereka yang ingin mengetahui seluk-beluk metodologi penelitian, prosedur penelitian, dan desain penelitian yang secara umum dapat digunakan dalam penelitian ilmu sosial.

    Teknik-teknik yang diungkapkan dalam buku ini juga dapat membantu mahasiswa dalam penyusunan skripsi.

    Kelebihan Buku
    - Buku ini terlalu segmented, jadi yang membaca buku ini sebisa mungkin hanyalah seseorang yang ingin menjalani skripsi atau penelitian.

    – Buku ini sangat dijelaskan secara detail setiap langkah-langkah dan metode yang ditempuh.

    – Mudah ditemukan di toko buku mana saja.

    – Dapat digunakan acuan untuk semua kampus.

    Kekurangan Buku
    – Ada beberapa kampus yang memiliki metode penelitian skripsi yang berbeda dengan yang tertera di dalam buku. Jadi harus membandingkan buku satu dengan buku yang sejenis lainnya.

    – Ada beberapa istilah asing dalam buku yang tidak dijelaskan secara detail.



    Nama:Adinda desiriyanti sholichatin
    Kelas:XI-ips 2
    No.Absen:01

    BalasHapus
  54. JUDUL BUKU:KAMI (BUKAN)SARJANA KERTAS
    PENULIS:J.S KHAIREN
    PENERBIT:PT.BUKUNE KREATIF CIPTA
    TAHUN PENERBIT: DESEMBER 2019
    KOTA TERBIT:JAKARTA
    JUMLAH HALAMAN:355
    ISBN:9786022203049

    KELEBIHAN: menceritakan perjuangan menjadi sarjana

    KEKURANGAN:TIDAK SAMPAI SELESAI CERITANYA BERSAMBUNG DIBUKU KEDUA

    Di Kampus UDEL, terjebaklah tujuh mahasiswa yang hidup segan kuliah tak mau. Mereka terpaksa kuliah di kampus yang google saja tak dapat mendeteksi. Cobalah sekarang Anda googling "Kampus UDEL", takkan bertemu!

    Alasan mereka masuk UDEL macam-macam. Ada yang otaknya tak mampu masuk negeri, ada yang uang orangtuanya tak cukup masuk swasta unggul, ada pula yang karena... biar kuliah aja.

    Hari pertama kuliah, Ibu Lira Estrini-dosen konseling yang masih muda-menggemparkan kelas dengan sebuah kejadian gila, lucu dan tak masuk akal. Ia membawa sekotak piza dan koper berisi tikus. Seisi kelas panik, tapi anehnya, semangat para mahasiswa buangan ini justru tuk berani bermin il

    Akankah mereka bertahan di kampus yang ambudarul ini? Sekalipun iya, bisakah mereka jadi sarjana yang tidak sekadar di atas kertas?

    ***

    Buku ini wajib dibaca pelajar SMA, mahasiswa, para orangtua, karyawan, petinggi perusahaan, para pengambil kebijakan di institus pendidikan, anak start-up, anak muda berkarya, pengemudi ojek online abang ondel-ondel, hingga Presiden Korea Utara agar kita dapat memutuskan seberapa penting sebenarnya nilai sebuah ijazah.

    NAMA:DIAH AYU WULANDARI
    KELAS:XI-IPS 2
    NO:09

    BalasHapus
  55. judul buku: citizen girl
    penulis: Emma McLaughlin & Nicola Kraus
    penerbit: Atria books
    Tahun Terbit: Januari 2007
    kota terbit: Yogyakarta
    tebal buku: 381 hal
    ISBN: 9789792439281




    G irl punya obsesi besar dalam benaknya kesetaraan gender, Girl yakin bahwa menyelamatkan kaum perempuan dari tekanan lingkungan sosial sama mudahnya dengan membuat laporan untuk yayasan feminis lokal tempatnya bekerja Kenyataannya, tak ada sesuatu yang selalu sepern kelihatannya. Bahkan direktur yayasan tempatnya bekerja tidak lepas dari memanipulasi para stafnya

    Ketika Girl kemudian memutuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan swasta dan merintis gagasan mengolah perempuan, lebih banyak lagi cantangan yang harus dia hadapi. Dia harus bisa meramu gagasan tentang feminismenya dengan kepentingan perusahaan tempatnya bekerja yang tujuan utamanya tentu saja adalah uang.

    kelebihan: buku citizen girl sangat menarik dan sangat di sukai banyak orang
    kelemahan & kekurangan: kata katanya agak rumit untuk di pahami


    NAMA: DEFI
    KELAS: XI IPS 2
    NO ABSEN: 07

    BalasHapus
  56. Judul buku: KATASTROFI MENDUNIA
    penulis: TAUFIQ ISMAIL
    penerbit: YAYASAN TITIK INFINITUM
    tahun terbit: 2004
    kota terbit: JAKARTA
    tebal buku: 348 HALAMAN
    isbn: 979-98857-0-1

    Judul buku: Katastrofi Mendunia

    Penulis: Taufik Ismail
    Penerbit: Yayasan Titik Infinitum
    Cetakan: I (pertama), 2004
    Tebal Halaman: 348 Hlm.

    Katastrofi Mendunia merupakan karya sastrawan besar Taufik Ismail yang minim unsur sastranya. Berbeda dengan buku-bukunya yang lain seperti kumpulan puisi yang sarat dengan nilai sastra, kali ini Taufik Ismail mencoba menjelaskan secara gamblang tentang marxisma-leninisma-stalinisma-maoisisma dan narkoba.

    Pada bagian awal bukunya, Taufik Ismail mengenalkan tiga pokok kedustaan yang dilakukan penganut ideologi komunisme di dunia khususnya di Indonesia melalui PKI (Partai Komunis Indonesia). Ketiga dusta besar itu antara lain: Pejuang Hak Asasi Manusia, Pro-demokrasi, dan tidak anti-agama. Ketiga hal tersebut dapat dibantah dengan mudah oleh Taufik Ismail dalam buku ini dengan menyajikan fakta-fakta yang mulai terkuak di awal abad ke-21. Sehingga pergerakan dengan mengatasnamakan ketiga dusta tersebut jika masih saja digunakan dan masih diterima oleh masyarakat Indonesia akan dipandang sebagai amnesia sejarah yang disengaja.

    Disamping itu, buku ini juga memuat tokoh-tokoh Indonesia yang sangat ‘simpatik’ terhadap paham komunis, bagaimana mereka terpukau Lenin dan memujanya melalui sajak-sajak yang dapat mencuci otak para pembacanya, juga bagaimana mereka dengan ‘tega’ menghabisi oknum-oknum yang tidak sepaham dengannya tanpa memikirkan indahnya berperikemanusiaan. Seperti sabda Lenin tentang pembantaian manusia, “Untuk melaksanakan komunisme, kita tidak gentar berjalan di atas mayat 30 juta orang.”

    kelebihan:
    Seperti telah disinggung di atas, dalam buku ini disajikan berbagai foto dan ilustrasi yang memperkaya tulisannya, puisi-puisi baik karya Taufik Ismail maupun pemuja paham komunis, dan juga di selingi dengan cuplikan surat-surat penting yang berkaitan dengan bahasan tulisan. Sehingga pembaca dapat menikmati bukunya hingga usai tanpa harus berpikir ‘berat’. Kesederhanaan buku inilah yang kiranya dapat menarik hati pembaca untuk segera menuntaskannya hingga halaman terakhir.

    Kekurangan:
    Terlepas dari semua keunggulan yang ada pada buku ini, terdapat satu kekurangan yakni foto-foto dan ilustrasi yang disajikan tidak berwarna sehingga pembaca tidak bisa memahami maksud yang ingin disampaikan foto-foto dan ilustrasi tersebut secara maksimal.


    nama: miftahul huda
    kelas: XI ips 2
    absent: 19

    BalasHapus
  57. Judul Buku : Atheis
    Penulis : Achdiat K. mihardja
    Penerbit :PT(Persero) penerbit dan percetakan
    Tahun Terbit :2002
    Kota Terbit : Jakarta
    Tebal buku : 232 hlm. ilus. ; 21 cm
    ISBN : 979-407-185-4

    Novel ini menggambarkan kondisi sosial bangsa ini yang telah menderita berlarut-larut pasca jajahan Belanda, dan kian sengsara di bawah kekuasaan Jepang. Tragedi demikian memicu gelora kaum muda untuk merdeka secara nasional ataupun pemikiran.

    Dalam perjalanan cerita, pembaca dibiarkan menyimak bagaimana kronologis popularitas atheisme atau ‘sikap menolak nalar kepercayaan kepada Tuhan’ banyak digaungkan para anak muda. Rusli sendiri, selaku salah satu lakon utama mengenal komunisme ketika belajar di Singapura. Ketika pulang, ia merasa ide tersebut amat relevan bagi bangsanya sehingga ia berusaha membumikannya melalui tulisan-tulisan di media massa.

    Kelebihan:
    Pokok pembahasan yang menarik tentang keyakinan dan agama. Menggunakan tiga sudut pandang sekaligus yang jarang dilakukan oleh penulis lain. Penggambaran suasana dan tokoh yang detail
    Kekurangan:
    1. Terlalu mahal untuk Novel seukuran seperti itu. 2.Bukunya sudah tidak terbit lagi, dan sekarang bukunya pun sangatlah tua jika itu ada


    NAMA:FUAD HIMAWAN
    KELAS:XI IPS2
    NO ABSEN:14

    BalasHapus
  58. Judul : BONGKAR!
       Pengakuan Terlengkap Sang Pembongkar Tradisi Kekerasan dalam Pendidikan di Indonesia.
    Penulis : Inu Kencana Syafii
    Diterbitkan : Penerbit Mizan, PT Mizan Pustaka
    Cetakan I  : Juli 2011
    Jumlah Halaman : 256 halaman
    Jenis Cover : Soft Cover
    Dimensi : 135 x 205 mm
    Kategori : Autobiografi
    Inu Kencana, Whistle Blower

    “Tak semua orang berani mengambil risiko, seperti Inu Ken­cana. Tentu bukan demi materi, tapi demi perubahan yang dia cita-citakan,” ini pujian yang diberikan Dr Wawan H. Purwanto, dosen Universitas Diponegoro.
    Itu mungkin yang ada di benak kita, saat sedang hangat-hangatnya berita mengenai kekerasan yang melanda dunia pendidikan, khususnya yang terjadi di STPDN (dulu, sekarang IPDN) antara tahun (2003-2007).
    Ketika itu, satu demi satu kasus IPDN yang menghebohkan terungkap. Kita semua terpukau melihat ketegaran sang Pembongkarnya: Inu Kencana Syafii. Kita kagum melihat keberanian dan kejujurannya. Tapi, tahukah Anda bagaimana kehidupan masa lalu yang membentuk kepribadian sang Pembongkar? Dan tahukah Anda bagaimana pula kehidupan Inu Kencana setelah membongkar IPDN?
    Buku setebal 256 halaman yang diterbitkan Penerbit Mizan ini merupakan sebuah autobiografi yang ditulis sendiri oleh Inu Kencana. Melalui buku ini Anda akan mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang mungkin hinggap di benak Anda. Juga, akan mengetahui kehidupannya dari lahir hingga disingkirkan oleh IPDN.
    Menyimak buku isi buku ini dari bagian awal sampai akhir (yang terdiri atas 14 bagian), Anda akan digiring dan diajak menelusuri jejak kejujurannya yang ternyata berpangkal pada ibunya— seorang guru kepu­trian Kesultanan Siak Sri Indrapura yang mengajarinya—dan ayahnya—seorang bupati yang pantang melakukan korupsi. Bahkan, jejak keberanian dan kesungguhannya da­pat Anda telusuri sampai pada keberanian menculik seorang gadis dan menikahinya di pedalaman Papua.
    Tapi, kehidupan Inu Kencana juga dipenuhi kehidupan yang ajaib: dia naik haji hanya dengan uang Rp10.000 dan selalu menemukan jalan keluar dari setiap kesulitan yang dihadapinya dengan cara yang tidak disangka-sangka.
    Dengan membaca kisah hidup sang Pembongkar ini, Anda akan dibawa menangis dan tertawa. Itulah yang akan Anda rasakan setelah membaca autobiografi “Manusia Pilihan Tahun 2007” ini, demikian penghargaan yang diberikan oleh Asosiasi Profesi Sumber Daya Manusia Indonesia (APSDMI) setelah melihat sepak terjang sang Pembongkar.
    Dimuat pada harian INILAHKORAN pada Minggu, 4 Desember 2011






    Nama: Dio aprilian dika pratama
    Kelas : XI - IPS 2
    No absen: 10

    BalasHapus
  59. Judul buku:anak bajang menggiring angin
    Penulis: sindhunata
    Penerbit: PT Gramedla Pustaka utama
    Tahun terbit:1983
    Kota terbit: jakarta
    Tebal buku :363
    Isbn:979686147


    "Termatah perasanku ini. Nak kain Dowe Sukosi Dan perempuan) tus ini pun mengabungkan untaian kembang kenanga di onda Kumbia karna Mendadak alam pun membalik ke masa lalu. Tanpa maki malu Jentan kedukaan menindi madah syokur sukunta Beimiun inan anak anak bajang di pipanta padahal maban sedang berjalan mengintai intar Gelombang lautan hendak menelan sak-anak bajing, kapi dengan kapal kematian aruak ariak boyang malih berenang venang menyelam kehidupan Hujan kembory kenanga di mana mana dan Dewi Sukes pun tahu, penamaan its temyata demikian indishiya Di dunia macam in kebanagiaan akan hanya keindahan yang miripu Sukeni terbang ke masa lalunya ke pelataran kembang kianga is tahu kogagalannya untuk memperoleh Sastra Jendia ternyata disebab kan oleh ketaksanggupannya untuk mandenta la nndu akan kebahagia an yang belum dimilikinya da krens kerinduannya itu a malah membuang miliknya sendiri yang paling berharga penderitaannya sender Dan pads Kumbakarnalat sau penderitaan itu menjadi raja

    Sejak peneihitannya yang pertama, buku Anak Bajang Meng giring Angin ini sangat disukai para pembaca Oleh banyak pengamat sastra, buku ini dianggap sebagai kisah wayang yang bernilai sastra Pengarang menimba ilham penulisan buku ini dan kisah Ramayana yang hidup dalam masyarakat Jawa. Karena gaya bahasa sastranya yang khas, karena imajinasi simboliknya yang kaya, dan karena penggalian makna makna filosofis yang dalamn, buku ini tak dapal dianggap sebagai sekadar salah satu versi dan kisah Ramayana, melainkan sebagai penciptaan kembali kisah tradisional Ramayana ke dalam bentuk sebuah kisah sastra

    Buku ini menampilkan suatu kisah, yang mengandung sesuatu kemustahilan, sesuatu yang asing bagi pengalam an biasa, sesuatu impian kosong bila dipandang dari kenyataan harian manusia Tapi kekuatan dari karya sastra ini justru terletak dalam menampilkan impian-impian itu menjadi suatu jalinan kisah insani, yang membuat impian impian itu tampil sebagai cita-cita yang dirindukan manusia

    Siapa dapat memastikan apakah kenyataan itu sesungguh. nya impian dan impian itu justru sesungguhnya kenyataan? Karya sastra ini memberi harga yang mahal dan nilai yang tinggi terhadap impian manusia.

    Kelebihan:mempunyai daya tarik yang menarik dan bagus untuk di baca
    Kelemahan : bukunya terlalu tebal dan tulisannya terlalu rumit

    Nama :HARIS NASUTION
    Kelas :XI IPS 2
    No: 15

    BalasHapus
  60. Judul buku: jilbab traveler
    Penulis: asma Nadia
    Penerbit: asmanadia publishing house
    Tahun terbit: Oktober 2015
    Kota terbit: Depok
    Tebal buku: 376
    ISBN: 9786029055399



    Indrd Beirt Ada Jella Tarya Nur Medino Ferry Ardiansyah Ringgo Agus Rahman Morgan Oey Gring Ganesha Wawan Wanisar Dewi Yull Lee Won Joo Jonathan Mu Sim Sang Yun

    Manakah yang lebih penting bagi seorang gadis mencintai atau dicintai?

    Rania Timur Samudra hanya ingin menelusuri jejak jejak cinta Allah yang terhampar di bumi Namun yang terjadi, si albab Travele tak cuma menemukannya pada tempat-tempat ndah yang menakjubkan dan terkadang menikam emosi, tapi jejaku juga membayang pada laki-laki Korea yang memotret kehidupan ini dengan cintanya yang hitam putih.

    Pada sisi lain, seorang lelaki yang menjadi teman lama Rania, juga menawarkan pesona keindahan Lelaki itu bahkan berhasil menaklukkan ketakutannya sendiri demi membawa Rania terbang melintasi keinginan keinginannya

    Bumi dan segala isinya memang selalu menimbulkan rasa takjub Tapi cinta an Allah sematkan pada ruang kecil bernama hat, ternyata lebih meluapkan tauban dan sensasi pada kemahabesaran Nya

    Kelebihan: bukunya sangat menarik untuk dibaca para perempuan
    Kekurangan: bukunya terlalu tebal





    Nama:YOSI AYU NURITA PUTRI
    Kelas: XI IPS 2
    NO: 30

    BalasHapus
  61. Judul buku : anak Indonesia dan pak harto
    Penulis : G. Dwipayana
    Penerbit : PT CITRA LAMTORO GUNG PERSADA
    Tahun terbit : 1991
    Kota terbit : Jakarta
    Tebal buku : 248 Halaman
    ISBN : 979-8085-06-X
    Dalam lima tahun terakhir ini (1984-1989) lebih 43 ribu pucuk surat anak-anak Indonesia diterima oleh Presiden Soeharto. Isinya, tulisannya, gayanya sangat menarik. Adalah sayang jika surat-surat tersebut tidak dibaca oleh anak-anak/orang-orang yang lain tetapi mustahil pula jika kesemuanya diterbitkan. Oleh karena itu, meskipun sulit, dilakukan pemilihan diantaranya. Pedoman pemilihannya adalah isinya mewakili hal-hal yang unik, ada human interest, ada pendapat/saran, ada kritik, penyampaiannya yang jujur, dll. Mereka sederhana, akrab mengemukakan pikirannya, seolah-olah Presiden Soeharto adalah bapaknya sendiri, kakeknya, kakaknya, atau teman sepermainannya bahkan ada yang memanggil dengan sebutan "Anda". Gaya bahasanya juga mencerminkan hal itu. Sebagian suratnya dimulai dengan kalimat, "Halo, Pak Harto, apa kabar? Baik-baik saja bukan?" Penutupnya juga menarik dan segar, "empat kali empat sama dengan enam belas, sempat tidak sempat harus dibalas". Ada pula yang memberi catatan tambahan di bagian bawah, "kalau nggak balas, Bapak beda-bedain."Seorang anak bisa menceritakan riwayat hidupnya yang sebatang kara dengan tulisan tangan yang gemetar waktu menuliskannya. Seorang anak yang lain ingin desanya memiliki listrik. Yang lain lagi melaporkan bahwa kolam di kota kecil sudah berlumut. Keinginan mendapat foto keluarga yang ada tanda tangan Pak Harto memang paling banyak tetapi permintaan lain seperti sepeda, sepatu, buku, uang untuk membayar sekolah atau bus, cukup banyak juga bahkan ada yang meminta kaca mata, piano, dll. Ada juga yang berani mengkritik bahasa lisan Presiden.
    Kelebihan : menginspirasi bagi kami para pemuda untuk membangun bangsa Indonesia agar lebih maju lagi
    Kekurangan : Bukunya terlalu tebal


    NAMA : MOH AGENG RISKY
    KELAS : XI - IPS - 2
    ABSEN : 20

    BalasHapus
  62. Judul buku:ikan hias air tawar
    Penulis: pinus lingga. Heru susanto
    Penerbit:pt penebar swada
    Tahun terbit:1987
    Kota terbit:Jakarta pusat
    Tebal buku:236
    Isbn: 9798031725


    Na PINUS LINGGA terlahir 16 November 1958 di Medan, bukanlah orang baru di penerbit Penebar Swadaya dan di majalah pertanian Trubus Jabolan dari Sekolah Tinggi Publisistik (sekarang Institut Ilmu Sosial dan Politik) tahun 1983 ini pernah bekerja di Penebar Swadaya sebagai editor selama satu tahun (1982-1983). Setelah itu ia menjadi redaksi Trubus sampai se karang Di sela sela kesibukannya sebagai pemegang rubrik perikanan dan tanaman obat di majalah tersebut, beberapa buku terlahir sebagai karyanya. Semua diterbitkan oleh PT Penebar Swadaya Bertanam Belimbing, Resep Obat Tradisional, Hidroponik, Ikan Mas Kolam Air Deras, Singkong dalam Umbi-umbian, dan Petunjuk Penggunaan Pupuk. Buku Ikan Hias Air Tawar ini merupakan karya bersamanya dengan Heru Susanto.

    HERU SUSANTO seorang PPL Perikanan DKI Jakarta yang juga penulis produktif lahir di Klaten 4 April 1965, Dari usianya yang relatif muda ini beberapa buku telah ditulisnya yaitu Membuat Kolam ikan, dan Budidaya Ikan di Pekarangan. Tiga buku lainnya segera terbit menyusul adalah Budidaya Oskar, Budidaya Diskus, dan Budidaya Manvis Semua bukunya ini di terbitkan oleh PT Penebar Swadaya. Bagi

    pembaca Trubus terutama pecinta rubrik perikanan mungkin nama penulis ini sudah tak asing lagi, karena tulisan nya mengenai ikan hias sering dimuat di majalah tersebut.

    Ikan air tawar yang cantik untuk dipajang sangat banyak jenisnya. Dan karakter tiap-tiap jenis ikan ternyata banyak yang tak sama. Dengan mengetahui karakter ikan ini kita bisa menentukan ikan mans yang mau dicampur dengan ikan lain dan mana yang tidak. Dan juga bagaimana seharusnya cara memeliharanya. Ini semua Hanyalah satu sudut yang diulas penulis untuk para pemajang ikan hias. Dan bagi para pembudidaya, penulis sengaja menyuguhkan tata cara budidaya 47 jenis ikan hias. Leng kap dengan cara pembuatan akuarium dan kolam budidaya, serta cara mengkultur makanan alami ikan.

    Kelebihan: bukunya sangat menarik untuk di baca
    Kelemahan: bukunya ketebalan



    Nama:Tahtako ilinggo winoto
    Kelas:XI - IPS 2
    No absen:27

    BalasHapus
  63. Judul buku: phantera leo
    Penulis:sabrina febrianti
    Penerbit:cloud books
    Tahun terbit:juni 2020
    Kota terbit:Depok,jawa barat
    Tebal buku:390 halaman
    ISBN:978-623-93325-5-6

    Ini kisah bunga yang mencoba untuk mekar dan kisah seseorang yang mempertahankan cintanya untuk masa depan.pilihan terberat dimana sahabat dan cinta jadi pilihan.nama lelaki itu phantera leo yang selalu membuat kesal.lelaki itu tiba tiba saja menyatakan cinta padanya,dan yang lebih mengejutkan lagi saat leo memberitahukan bahwa ia hanya di jadikan kekasih lelaki itu hanya untuk sandiwara belaka.ketika berbagai macam masalah datang,haruskah dirinya pasrah atau siap berperang untuk melawanya?atau berakhir menyedihkan dan hanyut dalam kesedihan?ini kisahnya,tentang lea dan leo soal keluarga,cinta,sahabat,

    Kelebihan:ilustrasi sangat menarik dan alurnya mudah di pahami
    Kelemahan:tulisanya banyak yang typo

    Nama:ahmad efendi
    Kelas:XI-ips 2
    No:2

    BalasHapus
  64. judul buku: bagaimana siswa belajar
    penulis: JHON HOLT
    penerbit: Pt gelora asmara Pratama
    tahun terbit: Januari 2012
    kota terbit: Jakarta
    tebal buku: 360 halaman
    ISBN: 9786022410409




    bagaimana siswa belajar
    In kunci yang dibahas dalam buku "Bagaimana Siswa Belajar ini adalah Bagaimana seharusnya guru mengajar agat siswanya dapat belajar dengan baik Kata kuncinya: TRUST CHILDREN Guru harus percaya bahwa anak anak bisa belajar sendiri. Manunia itu makhluk pembelajar Sejak lahir, mamusia sudah terarah untuk belajar. Kalau burung terbang, ikan berenang, manusia berpikir dan belajar Karena itu, siswa tidak perlu disuruh suruh, dipaksa paksa, apalagi

    ditakuti takuti agar mereka belajar Tugas guru adalah pertama menyediakan ruang dan sarana prasarana yang seluas luasnya untuk mereka belajar termasuk bereksplorasi dan berkreasi kedua memberikan bantuan dan bimbingan saat mereka memerlukan dan memintanya, ketiga mendengarkan dengan penuh respek saat mereka bicara atau mengungkapkan isi hati dan pikirannya keempat lebih banyak berdiri di belakang, dan sisanya membiarkan siswa belajar sendiri.

    Kalau sejak lah mereka yang sudah berpredikat makhluk pembelajar ini tetap tidak dapat belajar dengan baik, guru juga orang rua) diharapkan siap merefleksikan dan mengkaji ulang cara mengajarnya Maka, buku ini wajib dibaca

    oleh guru dan orang tua

    kekurangan: buku terlalu tebal

    kelebihan:sangat menarik karena mudah untuk dibuat belajar

    Nama:muhamad saifudin
    Absen:22
    Kelas: XI ips 2

    BalasHapus
  65. Judul Buku. :Jalan Bandungan
    Pengarang : Nh. Dini
    Penerbit : Djambatan
    Tahun : 1989
    Kota terbit : Jakarta
    Tebal Buku : 378
    ISBN : 9794284602


    Sebagai anak tertua, Muryati selalu menuruti permintaan orang tuannya. Hal itu dikarenakan ia hidup di dalam lingkungan yang menjunjung tinggi nilai-nilai etika. Ketika ayahnya memberitahu bahwa Widodo anak buahnya melamarnnya, Muryati langsung menerima lamaran itu, meskipun dengan syarat bahwa ia harus mengenal lebih dekat calon suaminnya itu.Setelah pertunangan dilakukan, keduannya saling menjajaki untuk mengenal pribadi masing-masing. Karena ada perbedaan pandangan antara Widodo dan Muryati, gadis itu sempat ingin memutuskan pertunangannya. Bagi Munarti, Widodo adalah orang yang mempunyai pandangan sempit dalam menilai arti sebuah keluarga. Selain itu, Muryati juga merasa aneh karena Widodo tidak pernah sekalipun memperkenaslkan mereka kepada keluargannya. Widodo sering beralasa yang tidak jelas apabila ditanya mengenai keluarga.
    Meskipun melalui masa-masa yang sulit, ternyata mereka berdua akhirnya menikah juga. Dalam kehidupan pernikahan, Muryati semakin mengetahui tabiat sang suami yang sebenarnya. Widodo bukanlah tipe suami yang baik. Ia kasar, tidak bertanggung jawab. Hal ini mulai dirasakan Muryati setelah mempunyai anak. Widodo belakangan ini tidak pulang ke rumah.
    Beberapa waktu kemudian, Muryati mengetahui sebab suaminya tak pulang. Hal itu karena ia ditahan pihak berwajib karena terlibat anggota partai komunis. Kabar itu tentu saja sangat mengejutkan hati Muryati. Dengan tiga anak peninggalam Widodo, beban Muryati bertambah berat.
    Untuk mengurangi beban pikirannya, Muryati kembali mengajar. Ketika pihak Kedutaan Belanda mengeluarkan beasiswa bagi guru yang ingin belajar di sana, Muryati ikut mendaftar. Hal itu sebagai salah satu cara Muryati keluar dari bayang-bayang suaminya.
    Pulang dari tugas belajar, Muryati menikah dengan Handoko, adik Widodo, yang dikenalnya waktu ia belajar di Belanda.
    Dibebaskannya para tahanan politik dari Pulau Buru membuat khawatir para istir yang dulu ditinggalkan, salah satunya Muryati. Meskipun kini ia resmi menjadi istri Handoko, kedatangan Widodo ke rumah Muryati di Jalan Bandungan membuat Muryati cemas. Dugaan Muryati terbukti. Pernikahan yang sudah dijalani Muryati selama tujuh tahun mulai terganggu oleh olah Widodo.

    Untuk sementara Handoko dan Muryati berpisah karena Handoko harus bekerja di Eropa. Mereka berpisah tapi tidak cerai. Mereka sepakat bahwa kebersamaan mereka tidak aka mudah dilupakan.


    Kelebihan: Bukunya menarik dan bagus untuk di baca.
    Kelemahan: Bukunya Sangat Tebal.






    Nama: Dhimas Bayu Dwi Pamungkas
    Kelas:XI-IPS 2
    No absen:08

    BalasHapus
  66. *JUDUL BUKU : LADANG PERMINUS*
    *PENULIS : RAMDHAN K.M*
    *PENERBIT : PT PUSTAKA UTAMA GRAFITI*
    *TAHUN TERBIT : 1990*
    *KOTA TERBIT : JAKARTA*
    *TEBAK BUKU : 328 HALAMAN*
    *ISBN 97O-444-093-0*

    *NOVEL ini mengisahkan nasib orang yang melawan arus.sebagai staf terpercaya.hidayat tidak bisa menutup mata dari tindakan korupsi dan manupulasi yang menggelenggak di kantor nya. tetapi sebagai bekas pejuang 45,yang jujur dan idealis ia bersikap menuruti pemerintah hatunya nuraninya sendiri sekalipun harus berjudi dengan karier kesehatan dan kans perekonomian sebagai gubernur jawa barat dengan teman yang di nafasi oleh jalinan unsur politik dengan gejolak perekonomian indonesia akibat harga minyak yang marah pada 70-an*

    *KELEBIHAN BUKU : SANGAT BAGUS*
    *KEKURANGAN BUKU : SANGAT BANYAK*

    Nama: Muchlas Mei Putra
    Kelas: 11 ips 2
    Absen: 22

    BalasHapus
  67. Judul : Hadiah dari Rantau
    Pengarang : Ismet Fanany
    Penerbit : Angkasa
    Tahun terbit : 2000
    Tebal buku : 176 halaman
    ISBN. : 979-665-310-9
    Hadiah dari Rantau adalah salah satu judul kumpulan cerpen karya Ismet Fanany,seorang cerpenis sekaligus kolumnis yang lahir di Kotapanjang, di luar kota Batusangkar, Sumatera Barat pada 9 April 1952. Dia menyelesaikan pendidikan Program Doktor di Cornell University, Amerika Serikat. Saat ini bertugas sebagai dosen dan pimpinan pada Indonesian Languange and Culture Studies, Faculty of Art, Deakin University, Melbourne, Australia. Karya-karyanya banyak dipublikasikan di Harian KOMPAS. Cerpennya terpilih sebagai cerpen terbaik KOMPAS tahun 1996 dan 1997. Bersama istrinya, Rebecca Fanany , menulis buku The Wisdom of Malay Proverbs.
    Secara keselurhan tema yang diangkat dalam kumpulan cerpen ini adalah kebiasaan suku Minangkabau yaitu merantau. Kenyataan sosial itu menjadi pondasi kumpulan cerpen ini.
    Salah satu judul cerpennya adalah Terima Kasih, John. Cerpen ini bercerita tentang kebaikan hati Pak Iskandar. Sebagai ketua program bahasa Indonesia di universitas raksasa di Amerika Serikat, selama beberapa tahun belakangan hamper tiap tahun dia member kesempatan kepada orang-orang Indonesia datang ke universitas itu untuk menjadi guru tamu. Kebaikan hati Pak Iskandar menjadikan ia seseorang yang disegani diantara orang-orang yang menjadi dosen di universitas itu.
    Cerpen berikutnya berjudul Ujung Sebuah Pelarian. Cerpen ini menceritakan tentang seorang anak gadis yang bernama Yuslini yang berprofesi sebagai penari. Karena bakat menarinya, ia pun mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Jakarta. Ia pun terkenal, hingga pada suatu hari usai pentas, ia diwawancari oleh seorang reporter koran berusia 40 tahun-an yang bernama Darius. Tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk mengenal lebih jauh dan akhirnya jatuh kedalam perbuatan hawa nafsu yang menodai kesucian masing-masing karena keduanya memiliki perangai yang sejenis. Hingga kenyataan yang harus dihadapi adalah, Yuslini yang berusia 25 tahun adalah putri dari Darius sendiri.


    kelebihan:Cerpen-cerpen yang disuguhkan dalam buku ini cukup bervariasi sehingga menyegarkan pengetahuan pembaca. Buku ini juga melukiskan tradisi ketimuran yang unik tentang manusia dan nilai-nilai persentuha antarbudaya. Beberapa cerpen memotret persoalan kemanusiaan yang terombang-ambing dalam pergeseran kebudayaan tersebut. Tidak terlalu menonjolkan majas dan perumpamaan seperti cerpen kebanyakan. Pencitraan latarnya pun cukup jelas dan variatif.

    kekurangan: Namun ada beberapa istilah atau nama tempat asing yang mungkin agak sulit dipahami pembaca awam, yaitu tempat-tempat yang latarnya di luar negeri, khususnya Amerika dan Australia. Sehingga agak sulit dibayangkan langsung oleh pembaca. Selain itu, ada pula beberapa cerpen yang butuh pemahaman yang cukup tinggi untuk tidak terkecoh dan awal cerita yang langsung percakapan dengan logat melayu.



    Nama :Candra Rizqi Seftian
    Kelas :XI IPS 2
    Absen :06

    BalasHapus
  68. Judul buku: hadiah dari rantau
    Penulis: Ismet Fanny
    Penerbit: angkasa Bandung
    Tahun terbit: Juni 2000
    Kota terbit: Bandung
    Tebal buku: 166 halaman
    ISBN: 9796653109

    Tujuh belas cerpen Ismet Fanany didalam kumpulan ini menarik untuk dibaca. pengalaman penulisnya yang hidup lebih lama didalam masyarakat yang berbeda kulturnya dari tradisi ketimuran memberikan warna unik tentang manusia dan nilai-nilai persentuhan antar budaya. Cerpen kedua yang judulnya dipilih sebagai judul kumpulan ini sangat sarat mempermasalahkan gegar budaya. Beberapa cerpen lain misalnya Separoh Jalan, Hai Namaku Bob, dan Terimakasih John, sangat apik memotret persoalan kemanusiaan yang terombang ambing dalam persentuhan dan pergesekan budaya.


    Kelebihan: bahasan dalam novel ini bagus .

    Kekurangan: covernya kurang menarik.

    Nama: Nanda Boy Al Hanafi
    Absen: 23
    Kelas: 11 IPS 2

    BalasHapus
  69. Judul buku: Bulan
    Penulis: Tere Liye
    Penerbit: Gramedia
    Tahun terbit: 2015
    Kota terbit: -
    Tebal buku: 400 halaman
    ISBN: 978-602-030-112-9

    Sinopsis
    Namanya Seli, usianya 15 tahun, kelas 10, dan dia salah satu teman baikku. Dia sama seperti remaja yang lain. Menyukai hal yang sama, mendengarkan lagu-lagu yang sama, pergi ke gerai fast food, menonton serial drama, film, dan hal-hal yang disukai remaja.

    Tetapi ada sebuah rahasia kecil Seli dan aku yang tidak pernah diketahui siapa pun. sesuatu yang kami simpan sendiri sejak kecil. Aku bisa menghilang dan Seli bisa mengeluarkan petir.

    Dengan itu, kami bertualang menuju tempat-tempat yang menakjubkan.

    Kelebihan:
    Dalam novel Bulan karya Tere Liye masih tetap mempertahankan ciri khasnya yakni petualangan di dunia paralel yang tentu saja kali ini tujuan Ali, Raib, dan Seli adalah Klan Matahari. Selain itu, nuansa petualangan di novel Bulan ini begitu terasa, seolah kita ikut berpetualangan, merasakan ketegangan yang dialami oleh ketiga sekawan ini dan Ily. Terutama bagian Raib yang tengah berjaga di malam hari, sambil menatap air terjun. Menurut saya bagian itu sangatlah menyentuh.



    Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Resensi Novel Bulan Karya Tere Liye", Klik untuk baca:
    https://www.kompasiana.com/adisuryo7107/605ee2a48ede48119e491332/resensi-novel-bumi-karya-tere-liye?page=2

    Kreator: Adi SuryoNugroho



    Kompasiana adalah platform blog, setiap konten menjadi tanggungjawab kreator.

    Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

    Kelemahan:
    pada novel Bulan adalah penokohan Ali. Sepanjang cerita Ali tidak terlalu mencolok, seolah dia adalah tokoh tambahan saja yang tidak memiliki peran dan terasa tergantikan oleh tokoh baru yang bernama Ily. Tidak seperti pada novel Bumi (novel pertama) yang di mana Ali memiliki peran seperti suka mencoba hal baru dan menjelaskan. Namun, di novel Bulan, Ali jarang sekali mencoba dan bahkan sepanjang cerita, Ali selalu saja mengeluh. Tetapi ciri khas Ali yang lain masih ada pada novel Bulan yaitu berpikir dan menjelaskan.



    Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Resensi Novel Bulan Karya Tere Liye", Klik untuk baca:
    https://www.kompasiana.com/adisuryo7107/605ee2a48ede48119e491332/resensi-novel-bumi-karya-tere-liye?page=2

    Kreator: Adi SuryoNugroho



    Kompasiana adalah platform blog, setiap konten menjadi tanggungjawab kreator.

    Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

    Nama: Hillal Firmansyah
    Kelas: XI IPS 2
    No absen: 16

    BalasHapus