MENUJU MASA DEPAN

Selasa, April 30, 2019

Kalau berbicara tentang kemacetan, saya pernah mengalaminya yang berimbas kepada keterlambatan. Kemacetan di kota besar pasti terjadi pada saat pagi, siang hari, dan sore hari. Pagi hari, pegawai kantor bersiap untuk berangkat bekerja, pada siang hari mereka sibuk mencari makan siang, dan pada sore hari adalah jam pulang kantor. Itu yang menjadi kemacetan sering terjadi. Selain itu warga yang sedang melakukan hajatan juga bisa menjadi faktor penyumbang kemacetan.

Saya pernah berangkat bekerja pada pukul 06.00 dan saat itu terjadi kecelakaan. Akibatnya seluruh jalanan macet total. Saya harus mencari celah-celah jalan untuk melaluinya menuju kantor. Sontak itu membuat jadwal hari itu berantakan. Tidak hanya polusi yang menggema, namun letih dan waktu akan menjadi kerugian terbesar saya. Lalu tiba di kantor tempat saya bekerja sekitar pukul setengah sembilan. Itu berarti saya harus kehilangan waktu satu setengah jam.


sumber: www.google.com/

Namun, saya masih mengucapkan rasa syukur. Beruntunglah orang seperti saya yang telah dianugrahi pekerjaan. Sebab sebagian orang masih ada yang kesulitan mendapatkan pekerjaan. Selalu bersyukur dengan pekerjaan saya saat ini. Karena masih banyak orang di luar sana yang pontang-panting mencari pekerjaan namun hasilnya nihil. Pengangguran terjadi di mana-mana. Bagi sobat semuanya harus semangat bekerja dan berusaha. Kegagalan adalah kunci awal menuju kesuksesan. Jika kita gagal, maka masih ada waktu untuk bangkit dan berusaha.

Kali ini saya akan membagikan cara mengatur waktu agar tidak terlambat ke kantor:
1.      Siapkan alarm, bangun lebih pagi
Bangun lebih pagi menjadi aktifitas pilihan yang sulit untuk sebagian orang. Rata-rata badan yang terlalu letih, tidak dapat dikontrol saat bangun. Alarm adalah solusi terbaik untuk membangunkan diri sendiri lebih pagi. Kalian bisa menggunakan handphone untuk menyetel alarm dan mengharuskan kalian untuk bangun pukul berapa.
2.      Sarapan terlebih dahulu
Tertidur selama delapan jam memang membuat perut kosong. Alangkah baiknya mengisi perut terlebih dahulu sebagai cadangan untuk kita lebih fokus nantinya. Sehingga berangkat ke kantor akan menjadi menyenangkan.
3.      Pilih transportasi umum
Transportasi menjadi hal yang sangat penting di dunia ini. Tidak hanya Indonesia, bahkan di luar negeri perihal transportasi menjadi hal yang utama. Bahkan di luar negeri telah disediakan alat transportasi yang canggih seperti kereta bawah tanah. Melalui alat transportasi tersebut, kita dapat menuju tujuan kita dengan baik. Tidak seperti dulu bahwa seseorang harus menempuh tujuan tertentu dengan berjalan kaki. Hal ini membutuhkan waktu dan tenaga yang sangat banyak. Berangkat ke kantor dengan kendaraan pribadi dirasa kurang efektif dan efisian. Apalagi jika kendaraan tersebut hanya berisi satu orang. Memilih transportasi umum jauh lebih efisien dan praktis.

Indonesia merupakan negara berkembang. Namun, ada perubahan peradaban baru yang telah digerakan untuk mempermudah dalam bertransportasi yakni LRT. LRT (Light Rail Transit) merupakan moda transportasi baru milik pemerintah DKI Jakarta. Operatornya adalah PT LRT Jakarta, anak perusahaan PT Jakarta Propertindo (JAKPRO).  Pembangunan tersebut dimulai pada April 2017. Pada tanggal 15 Agustus —14 September 2018 sudah mulai uji coba, tetapi belum sepenuhnya digunakan. Terutama masalah fasilitas umum seperti toilet.


sumber: www.google.com/

Keberadaan LRT akan menguntungkan bagi masyarakat kota-kota besar yang super sibuk seperti Jakarta dan Surabaya. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan LRT.
1.      Menghindari kemacetan.
Sepeda motor merupakan kendaraan yang paling mendominasi di Indonesia. Itulah sebabnya jalanan kota besar akan menjadi semakin padat jika LRT ini tidak ada. Penggunaan kendaraan pribadi akan menyebabkan penggunaan bahan bakar yang besar pula. Kemacetan di jalan akan menghabiskan bahan bakar yang tidak sedikit. Bahkan ada yang menyebutkan jika kerugian bahan bakar setara dengan biaya pembangunan infrastruktur.
2.      Lebih sehat.
Berhubungan dengan kemacetan, polusi yang ditimbulkan juga besar. Memang sekarang kendaraan sudah membuat teknologi ramah lingkungan yang menjadikan asap kendaraan tidak sebanyak zaman dulu. Tapi sama saja, zaman dulu asap kendaraan banyak tetapi kendaraannya sedikit, saat ini kebalikannya, jumlah kendaraan banyak tetapi asapnya bisa tereduksi. Pemakaian LRT akan membuat masyarakat menjadi lebih sehat karena tidak terpapar polusi udara. Berbagai penyakit jangka panjang muncul seperti kanker paru-paru, sinusitis, asma, dan lain sebagainya.
3.      Setara dengan negara maju seperti Jepang.
Sebagai Negara berkembang, kita harus selalu berusaha menjadi maju. Transportasi di Jepang merupakan transportasi paling maju di dunia. Bahkan jasa perkeretaapiannya hampir mencakup semua tempat tujuan. LRT merupakan gubrakan baru dalam bisnis perkeretaapian Indonesia menjajari Jepang.
sumber: www.google.com/

4.      Aman dan Terpercaya
Pemilihan transportasi harus didukung dengan keamanan penumpang. Dalam LRT dilengkapi dengan penunjang keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang. Fitur-fitur yang disediakan sudah sesuai stadar internasional seperti di negara-negara maju. Fitur-fitur tersebut contohnya PSD (Passenger Screen Doors), Passenger Help Point, Passenger Emergency Intercom (PEI), CCTV, Katup Pintu Darurat, Passenger Information Display (PDP), alat pemadam api, dan lain sebagainya.
5.      Lincah
Waktu adalah uang. Jadi sebaik-baiknya sarana transportasi adalah yang cepat. Semakin cepat akan membuat penumpang semakin mudah dalam menjalankan kesehariannya. Tidak dipungkiri bahwa jalur kereta menjadikan kita dapat sampai di tujuan lebih cepat. Kereta LRT Jakarta diproduksi langsung oleh Hyundai Rotem, Korea Selatan. “L” dari LRT ini pun menafsirkan kata Lincah. Hal ini dikarenakan desain dan kecepatannya yang sudah dibuat mirip dengan mobil balap.

Kita tahu bahwa untuk merubah kebiasaan masyarakat yang telah lama menggunakan kendaraan pribadi ke LRT sangatlah sulit. Jika tidak disertai dengan sarana penunjang, keberhasilan pergantian pengguanaan sarana transportasi bisa sangat kecil. Jadi hendaknya pembangunan moda teransportasi juga disertai hal-hal yang melengkapinya.
Beberapa hal yang sangat penting dalam mendukung suksesnya moda transportasi masal antara lain sebagai berikut:
1.      SDM (sumber daya manusia)
Sumber daya menusia dalam hal ini meliputi pemerintah, masyarakat, hingga petugas LRT.
a.       Pemerintah sebagai pemangku kebijakan harus mengerti benar bahwa merubah kebiasaan masyarakat yang telah bertahun-tahun itu sangatlah sulit. Menjadi tugas berat pemerintah untuk memberi wawasan kepada masyarakat pentingnya moda tansportasi masal untuk masa depan.
b.      Masyarakat juga harus sadar bahwa rencana pembangunan yang saat ini mungkin merugikan mereka, untuk masa depan pasti ada manfaatnya. Hal berikutnya yang akan menarik masyarakat untuk menggunakan LRT adalah petugas. Antara pemerintah dan masyarakat harus saling mengerti kebutuhan masing-masing agar tidak ada pihak yang dirugikan.
c.       Keberadaan petugas di setiap stasiun haruslah memenuhi kriteria pelayan masyarakat seperti ramah. Petugas yang ramah akan membuat penumpang menjadi nyaman.
sumber: www.google.com/

2.      Integrasi.
LRT sebagai moda transportasi masal haruslah memudahkan dan terintegrasi dengan berbagai tempat. Pembangunan jalur-jalur harus melewati tempat-tempat umum yang biasa dituju oleh masyarakat seperti pusat perbelanjan, pusat kesehatan (puskesmas atau rumah sakit), pusat pelayanan masayarakat (Samsat, kantor Polisi, kantor-kantor pemerintahan), Bank, dan tempat-tempat wisata dalam kota.
3.      Depo.
Ada pepatah yang mengatakan meraih sesuatu itu lebih mudah daripada mempertahankan. Merawat sarana dan prasarana LRT yang sudah ada akan lebih sulit. Jadi keberadaan depo sangatlah penting. Kondisi depo yang tidak sesuai standar akan mengakibatkan perawatan LRT tidak sesuai dengan SOP. Akibatnya LRT akan terkesan kurang perawatan.
sumber: www.google.com/

4.      Stasiun.
Pembangunan stasiun yang merata akan memudahkan masyarakat untuk menentukan daerah tujuannya. Semakin banyak lokasi stasiun akan lebih menarik masyarakat untuk menggunakan LRT. Salah satu kekurangan moda transportasi masal jenis LRT adalah terbatasnya jumlah stasiun. Jika orang menggunakan kendaraan pribadi untuk mempermudah ruang gerak mereka, maka stasiun LRT wajib dibangun di setiap tempat. Hal tersebut akan membuat masyarakat berpikir ulang untuk menggunakan kendaraan pribadi.
sumber: www.google.com/

5.      Kenyamanan dan keamanan
Suasana di tempat-tempat pelayanan LRT seperti stasiun harus dibuat dengan senyaman-nyamannya dan harus mengutamakan keamanan. Penyediaan fasilitas seperti Retail Area, Ruang Menyusui, Toilet, Musala, Lift, Eskalator, dan Pos Kesehatan, bahkan Guiding Block, dan Elevator untuk penumpang disabilitas.
sumber: www.google.com/

Nah itu tadi tulisan singkat saya mengenai keberadaan LRT. Jika dibandingkan dengan naik kendaraan pribadi tentunya LRT akan menjadi pilihan terbaik. Saat macet, waktu yang dibutuhkan akan menjadi lebih lama. Mesin kendaraan pun menyala lebih lama yang berdampak pada tingginya konsumsi BBM. Tidak hanya itu polusi udara yang ditimbulkan juga akan mengganggu kesehatan. Dengan adanya solusi LRT, akan membawa perubahan yang sangat baik untuk kota-kota besar di Indonesia yang rawan kemacetan. Namun, jangan lupa untuk mematuhi aturan-aturan penggunaan fasilitas LRT. Semoga LRT selalu menjadi solusi terbaik untuk kita semua.

Disamping itu semua, adanya LRT diharapkan membuat perpindahan masyarakat dari satu tempat ke tempat lain menjadi mudah dan singkat sesuai dengan motto LRT “Moving People Connecting Communities”


You Might Also Like

0 Komentar