Thursday, December 27, 2012

SENI MENJUAL

Diposkan oleh Rizky Fitriyanti Pradani di 8:40 PM


Seni menjual adalah seni untuk mempengaruhi orang lain agar bersedia membeli barang/ jasa yang ditawarkan sehingga orang tersebut merasa memperoleh keuntungan dengan membeli dan memiliki barang/jasa tersebut.
Seni menjual dalam dunia kewirausahaan diantaranya adalah para penjual harus memiliki beberapa keterampilan yakni memiliki kemampuan menjual yang bisa memuaskan para pembeli atau pelanggan, memiliki kebanggaan sebagai penjual, memiliki pengetahuan yang luas dalam menjual, bisa melayani pelanggan dengan baik dan memiliki kepribadiaan (kejujuran, sopan, ramah) dalam melayani pelanggan.
Penjual yang memiliki sikap baik dan menyenangkan terhadap konsumen seperti penampilan dan sikap yang sopan serta berpikir positif dalam melayani konsumen dapat membuat konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Selain itu, penjual dapat memberikan perhatian kepada calon konsumen dengan memberikan informasi yang baik terhadap produk atau jasa tersebut seperti mendengarkan dan memahami kebutuhan konsumen serta mencurahkan perhatian penuh kepada konsumen. Selanjutnya setelah konsumen merasa tertarik dengan produk dan jasa yang ditawarkan, penjual harus segera melakukan tindakan untuk memberikan kemudahan kepada konsumen dengan mewujudkan kebutuhan konsumen dan menyatakan terimakasih dengan harapan konsumen kembali.
Maksud dan tujuan adanya seni menjual dalam kewirausahaan untuk membuat konsumen merasa nyaman ketika akan membeli barang/jasa yang ditawarkan sehingga tujuan/maksud penjual tercapai. Profesi penjual bukan hanya sebagai tugas sampingan, tetapi harus sebagai pekerjaan yang menghasilkan dan merupakan karir dalam hidup yang menantang.
Seorang penjual yang baik harus dapat menghadapi pembeli dengan cara yang benar agar pembeli membeli produk yang ditawarkan. Maka dari itu penjual harus dapat menciptakan suasana yang bersahabat dan harus menanamkan rasa percaya diri ketika menjual agar lebih meyakinkan pembeli terhadap barang/jasa yang ditawarkan.

0 komentar:

Post a Comment

Karena Perbedaan Itulah Yang Menyatukan Kita. ( ^_^) Slideshow: Kelas’s trip to Surabaya, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Surabaya slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.
 

Serba Serbi Sastra dan Duniaku Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea