Wednesday, January 25, 2012

CERPEN TEGAK LURUS DENGAN LANGIT DALAM TEORI STRUKTUR C. LEVI STRAUSS

Diposkan oleh Rizky Fitriyanti Pradani di 8:07 PM

Dalam analisisnya terhadap “Asdiwal”, Levi Strauss membedakan empat tataran yang di dalamnya terdapat oposisi, yaitu, (1)Tataran geografis, (2) tataran ekonomi, (3) tataran sosiologis, (4) tataran kosmologis.
Pertama, adalah tataran geografis, yaitu struktur yang menunjukkan letak terjadinya cerita tersebut. Tataran geografis juga menunjukkan pola perjalanan suatu masyarakat tertentu.
Kedua, struktur ekonomi. Struktur ekonomi adalah struktur yang berkaitan dengan mata pencaharian. Dalam uraiannya Levi strauss struktur ekonomi tokoh Asdiwal yang mencari ikan lilin yang kemudian mencari ikan salmon. Hal ini disebabkan adanya perubahan iklim dan kelaparan yang menimpanya. Untuk menemukan struktur ekonomi tersebut, Levi Strauss memerhatikan unsur mitos yang menceritakan pengalaman tokoh, yakni pada kegiatan ekonomi mereka.
Ketiga, struktur sosiologis. Struktur sosiologis berkaitan dengan masalah kemasyarakatan. Dengan demikian, wujudnya adalah organisasi masyarakat. Menurut Levi Strauss organisasi masyarakat merupakan sistem dualistis. Di samping berkaitan dengan oragnisasi masyarakat, struktur sosial juga berkaitan dengan status sosial tokoh. Status sosial tokoh tersebut terlihat pada hubungan anak-ayah-ibu-dan orang lain.
Keempat, struktur kosmologis. Kosmologis pada hakikatnya berkaitan dengan asal-usul, struktur, dan hubungan ruang dan waktu dalam alam semesta. Levi Strauss mengaitkan kosmologis dengan hal yang berbau gaib. Hal itu tampak pada kajiannya pada “Asdiwal” yang tokoh utamanya melakukan perjalanan kea lam gaib.
Tataran geografis cerpen ini sudah tergambar jelas dalam bagian awal cerpen yang menggambarkan setting tempat di desa dekat kaki bukit (paragraf empat).
Dalam cerpen Tegak Lurus dengan Langit tidak terlalu menonjolkan  aspek ekonomi dalam muatan cerpennya.
Unsur sosiologis berkaitan dengan masalah masyarakat ketika tokoh kita bertemu gadis lalu akan menikah dengan si gadis. Kemudian ternyata diketahui bahwa ayah tokoh kita hilang. Orang tua gadis tersebut tidak jadi menikahkan anaknya dengan tokoh kita. Alasannya karena asal—usul yang tidak jelas, tidak baik, sertamerta pernikahan oun dibatalkan.
Mengenai struktur kosmologis yang memasukkan unsur hubungan hal-hal ghaib dalam cerpennya. Contohnya pada paragraf kelima belas yang bercerita mengenai sosok ayahnya yang tiba-tiba duduk di kamar tengah, bolpoin di tangannya, formulir putih di hadapannya, suaranya lantang, wajahnya penuh prosa PGP. 

0 komentar:

Post a Comment

Karena Perbedaan Itulah Yang Menyatukan Kita. ( ^_^) Slideshow: Kelas’s trip to Surabaya, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Surabaya slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.
 

Serba Serbi Sastra dan Duniaku Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea